News
Batal
KATEGORI
link has been copied
19
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58919b27d44f9f081d8b458c/kota-kota-di-indonesia-timur-lebih-pintar-menata-ekonomi
Dua mobil melintas di jalan trans Sulawesi Palu-Manado-Makassar yang baru saja selesai pembangunannya di Tanantova, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (24/1/2017). Berada jauh dari pusat pemerintahan tak mengartikan sebuah daerah tidak bisa menjadi mandiri. Buktinya, sebuah studi yang dilakukan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) menunjukkan enam dari sepuluh kota dengan tata kelol
Lapor Hansip
01-02-2017 15:24

Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi

Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
Dua mobil melintas di jalan trans Sulawesi Palu-Manado-Makassar yang baru saja selesai pembangunannya di Tanantova, Donggala, Sulawesi Tengah, Selasa (24/1/2017).
Berada jauh dari pusat pemerintahan tak mengartikan sebuah daerah tidak bisa menjadi mandiri.

Buktinya, sebuah studi yang dilakukan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) menunjukkan enam dari sepuluh kota dengan tata kelola ekonomi terbaik keseluruhannya berada di Indonesia bagian timur.

Enam kota tersebut antara lain Ambon, Manado, Kendari, Palu, Makassar, Samarinda,dan Gorontalo. Sementara, empat kota dengan tata ekonomi terbaik lainnya adalah Pontianak, Banda Aceh, Kendari, dan Semarang. Adapun Pontianak terpilih menjadi kota paling baik di antara sembilan lainnya.

Ada 10 indikator dalam penilaian tata kelola ekonomi oleh KPPOD ini. Direktur Eksekutif KPPOD, Robert Na Endi Jaweng mengatakan dalam Republika, seluruh indikator ini memperlihatkan bahwa peningkatan kinerja tata kelola tidak lagi didominasi daerah-daerah di Indonesia Barat.

Indikator tersebut antara lain perizinan usaha, ketenagakerjaan, biaya transaksi, akses dan kepastian hukum, interaksi pemerintah daerah dengan pelaku usaha, program pengembangan usaha swasta, kapasitas dan integritas kepala daerah, infrastruktur daerah, keamanan dan resolusi konflik, serta kualitas peraturan daerah.

Pontianak, dinilai unggul terutama pada variabel kualitas infrastruktur dan kapasitas serta integritas kepala daerah. Berbanding terbalik dengan Pontianak, Medan menempati posisi paling bawah sebagai kota dengan hampir seluruh variabel tata ekonominya buruk.

Robert mengatakan, bahwa inovasi yang dilakukan pemerintah daerah menjadi faktor kunci dalam perbaikan tata kelola di daerah Indonesia Timur.

Pemerintah Gorontalo misalnya, mendapat penilaian terbaik dalam program pengembangan usaha swasta. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan pengembangan klaster komoditas unggulan UMKM hingga tingkat kecamatan lewat program Kawasan Ekonomi Kecamatan (KEK).

Ada juga Palu yang ternyata bersih dari pungutan liar atau retribusi pemerintah daerah yang memberatkan pelaku usaha. Dijelaskan Robert dalam ANTARA, di Palu, bukan hanya bebas dari pungutan informal, pelaku usahanya juga secara korporatif tidak merasa keberatan terhadap biaya pajak, retribusi, dan donasi Pemda yang sifatnya resmi.

Begitu pula Makassar yang cukup baik dalam menata ekonominya, terutama dalam interaksi antara pemerintahnya dengan pelaku usaha. Di Makassar, pemerintah daerahnya mengembangkan program Smart City (kota pintar) dan forum komunikasi rutin bulanan dengan pelaku usaha.

Namun, prestasi kota-kota di Sulawesi itu ternyata jauh dibandingkan kota-kota besar di Jawa seperti Bandung dan Surabaya. Bandung berada di peringkat 16, sementara Surabaya di peringkat 27 dari 32 kota yang dinilai. Sementara Jakarta tidak masuk penilaian karena merupakan ibu kota Negara.

Robert mengatakan, Walikota Bandung Ridwan memang cukup popular, namun kepemimpinannya dinilai belum terlembagakan. Hal itu terbukti dengan kasus korupsi yang menjerat salah satu anak buahnya.

Surabaya juga sama, menang banyak hal, tapi kalau bicara soal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Surabaya paling tidak maju.

Studi TKED 2016 sendiri bertujuan untuk memberikan gambaran kualitas tata kelola ekonomi di 32 daerah non-ibukota di Indonesia. Gambaran kualitas diukur berdasarkan sejumlah variabel pilihan yang menjadi domain kewenangan pemerintah daerah dan berbasis kebutuhan dunia usaha.

Robert tak lupa menyarankan, strategi perbaikan iklim investasi dan daya saing daerah dapat dimulai dengan meningkatkan tata kelola, dan juga perluasan reformasi, khususnya reformasi regulasi, kelembagaan, dan pelayanan usaha di bidang ekonomi.
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...menata-ekonomi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi Kinerja pemerintah daerah masih rendah

- Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi Pertemuan ormas Islam dan toleransi yang mengendur

- Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi Untung rugi perubahan penentuan TDL bagi PLN

0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
01-02-2017 19:27
Quote:Original Posted By habib.enthusia
pontianak dan kota kota di indo timur bisa maju karena pemimpinnya lebih sekuler dan liberal. jauh dari kata fanatisme di dukung masyarakatnya yg lebih moderat.


dasar gila lo, gak beres lo ya? apa2 dikaitin dengan fanatik. apa hubungan ekonomi sama fanatik? makanya jangan lama2 jadi kaum tai.
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 09:00
Quote:Original Posted By kimak.kw1


dasar gila lo, gak beres lo ya? apa2 dikaitin dengan fanatik. apa hubungan ekonomi sama fanatik? makanya jangan lama2 jadi kaum tai.


onta terguncang, dasar tai onta
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 09:29
Quote:Original Posted By habib.enthusia
pontianak dan kota kota di indo timur bisa maju karena pemimpinnya lebih sekuler dan liberal. jauh dari kata fanatisme di dukung masyarakatnya yg lebih moderat.


Itu 4 lainya termasuk aceh, brati aceh termasuk sekuler dan liberalisme. Sedangkan jakarta tdk disebut brati jakarta dekat dgn fanatisme? Bgitu ya gan?
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 09:33
Quote:Original Posted By kimak.kw1


dasar gila lo, gak beres lo ya? apa2 dikaitin dengan fanatik. apa hubungan ekonomi sama fanatik? makanya jangan lama2 jadi kaum tai.


makanya lu maen maen lah sekali kali ke luar daerah yang muslim jadi minoritas tapi minoritas menjadi pemimpin salam dari timur indonesia emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 10:31
Quote:Original Posted By kalongklik


makanya lu maen maen lah sekali kali ke luar daerah yang muslim jadi minoritas tapi minoritas menjadi pemimpin salam dari timur indonesia emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


ane muslim gan dari jawa.ane kerja di laha,ambon.. udh ngerasain jadi minoritas bertahun2...
tapi penduduk asli sini malah lebih sopan dibanding org dari kampung ane...

lebih kerasan disini kayaknya...
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 10:37
Quote:Original Posted By petot666


ane muslim gan dari jawa.ane kerja di laha,ambon.. udh ngerasain jadi minoritas bertahun2...
tapi penduduk asli sini malah lebih sopan dibanding org dari kampung ane...

lebih kerasan disini kayaknya...


enak to gan kadang mereka yang hidup di jawa belom merasakan karena ruang maen mereka sempit dan tidak berkembang makanya mudah di susupi paham radikal emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga apalagi kasus panas menjelang pemilihan lihat sendiri kasus pilkada jakarta sampe mremen kemana mana emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 11:43
Quote:Original Posted By kimak.kw1


dasar gila lo, gak beres lo ya? apa2 dikaitin dengan fanatik. apa hubungan ekonomi sama fanatik? makanya jangan lama2 jadi kaum tai.


liat tuh jabar yg mepet ibukota negara
doa,doa,doa emoticon-Leh Uga
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 12:47
ane harus pindah dari jabar.. emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 15:38
Manusia manusia so paling mengerti mulai bermunculan emoticon-Big Grin
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 16:23
dikit dikit tubir endonesa
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 16:31
Quote:Original Posted By kalongklik


makanya lu maen maen lah sekali kali ke luar daerah yang muslim jadi minoritas tapi minoritas menjadi pemimpin salam dari timur indonesia emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Quote:Original Posted By petot666


ane muslim gan dari jawa.ane kerja di laha,ambon.. udh ngerasain jadi minoritas bertahun2...
tapi penduduk asli sini malah lebih sopan dibanding org dari kampung ane...

lebih kerasan disini kayaknya...



Sebenernya yg ngerusuh diJakarta apalagi soal agama kan dari dulu ya ormasnya itu lagi itu lagi
sekarang lg dapet job Politik, makanya nih ormas banyak naik panggung
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 16:34
Quote:Original Posted By emas.muda





Sebenernya yg ngerusuh diJakarta apalagi soal agama kan dari dulu ya ormasnya itu lagi itu lagi
sekarang lg dapet job Politik, makanya nih ormas banyak naik panggung


gw heran agama buat politik akhirnya meremen sampe kepada keamanan negara mana temen kantor sumbu pendek semua lagi emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga pusing ane tiap hari denger
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 16:51
Quote:Original Posted By pornwoow


Itu 4 lainya termasuk aceh, brati aceh termasuk sekuler dan liberalisme. Sedangkan jakarta tdk disebut brati jakarta dekat dgn fanatisme? Bgitu ya gan?


baca beritanya yang betul

Quote:Sementara Jakarta tidak masuk penilaian karena merupakan ibu kota Negara.
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 21:24
keren emoticon-2 Jempol
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
02-02-2017 22:33
Agama dan Politik harusnya jangan digabung soalnya ilmunya beda
Agama itu Apa adanya
Sedangkan Politik Ada apanya
Ilmu agama ada 10orang lihat ayam semua jawab ayam, bener
Kalo politik ada 10orang lihat ayam 1orang jawab ayam tp 9orang bilang sapi, jadilah itu sapi emoticon-Big Grin

Waduh ane kenapa nih tiba2 =D
Diubah oleh avrison7
0 0
0
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
03-02-2017 06:27
Karena timur identik dengan keterbelakangan maka pemimpinnya juga punya ambisi lebih gan untuk membangun daerah.

Beda sama yang udah agak ke barat, mentang-mentang udah maju terus duit masuk ke kantong pemimpin semua.

Padahal harusnya pembangunan jangan pernah berhenti kalo memang masih belum memadai emoticon-Smilie

Uang pembangunan juga kan dari udunan rakyat dalam bentuk pajak. Masa iya sih mau dikorupsi terus? Sampai kapan? emoticon-Frown
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Kota-kota di Indonesia Timur lebih pintar menata ekonomi
03-02-2017 09:51
Mungkin Mereka gak dipalak sama pihak" yg 'berwajib',gan...
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia