victimofgip.919
TS
victimofgip.919
PBNU Protes Keras Sikap Ahok ke Kiai Ma'ruf Amin






Jakarta - Terdakwa kasus dugaan penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mempersoalkan bantahan Ketum MUI Ma'ruf Amin soal percakapan telepon dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Karena Ma'ruf membantah adanya telepon dari SBY itulah, Ahok berencana menempuh jalur hukum atas kesaksian Ketum MUI tersebut.

Baca juga: Ahok Persoalkan Bantahan Ma'ruf Amin soal Telepon dari SBY

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Helmy Faisal Zaini, mengatakan pihaknya menyayangkan pernyataan dan sikap Ahok terhadap Kiai Ma'ruf saat persidangan kemarin. Pernyataan itu, kata dia, telah menyinggung perasaan banyak kalangan kiai dan juga anak muda Anshor.

"Saya menyayangkan sekali, kami protes keras terhadap yang disampaikan Pak Ahok," kata Helmy saat berbincang dengan detikcom, Rabu (1/2/2017).

Helmy pun meminta Ahok untuk membatalkan rencana melaporkan Kiai Ma'ruf tersebut. Ahok juga diminta untuk segera melakukan klarifikasi untuk mendinginkan suasana.

"Kiai Ma'ruf lepas dari yang disampaikan karena beliau Rois Aam PBNU. Tolong ikut menjaga orang yang kami hormati. Ada caranya kalau mau berbeda pendapat. Tidak seperti ini," kata Helmy.

Pagi ini, tim kuasa hukum Ahok menegaskan bahwa mereka tidak akan melaporkan Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin ke kepolisian.
Kuasa hukum Ahok, Humphrey Djemat, mengatakan kalimat memproses secara hukum tersebut ditujukan kepada saksi pelapor pada persidangan sebelumnya, bukan untuk Ma'ruf Amin.

"Pak KH Ma'ruf Amin kan bukan saksi pelapor, sedangkan yang kami laporkan balik (Habib Muchsin dan Habib Novel) itu diduga mengeluarkan keterangan tidak benar di bawah sumpah. Jadi tak mungkin kami mau melaporkan Pak KH Ma'ruf Amin yang menjadi saksi karena menjelaskan soal Pendapat dan Sikap Keagamaan MUI," ujar Humphrey dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/2/2017).

Helmy mengaku sudah mendengar rencana pembatalan tersebut. Namun dia tetap mengimbau agar Ahok menyampaikan secara langsung. "Kami menunggu imbauan pak Ahok untuk membatalkan itu (laporan)," kata dia.


https://m.detik.com/news/berita/d-34...iai-maruf-amin

Bacot pengacara si Ahok berbeda dengan bacot si Ahok sendiri dalam sidang.

Quote:


NU yang tadinya diam mau diseret juga ke dalam konflik. Ckckckck
0
5.1K
52
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.