daniswararindiAvatar border
TS
daniswararindi
Pengalaman Seleksi PT Paragon Technology and Innovation(PT PTI)
Pernah dengar nama perusahaan ini? Bagi temen2 yang saat ini berstatus sebagai jobseeker pasti pernah mendengar nama ini.. perusahaan ini sebenernya terhitung perusahaan baru, namun pada perkembangannya, perusahaan ini maju dengan sangat cepat dan mampu menjajari perusahaan2 besar lainnya.

Saya akan mencoba sedikit memberi gambaran mengenai company profile nya. PT PTI merupakan salah satu perusahaan manufaktur, dan mungkin temen2 ketahui, salah satu brand nya yang sangat terkenal, yang iklannya muncul di tipi, yang sering sponsorin ini itu. Yup ! Wardah !

Wardah sendiri adalah brand lokal yang saat ini berkembang sangat pesat dan mampu menyejajarkan diri dengan beberapa brand2 internasional seperti Revlon, Maybeline, Ultima, Loreal, dan lain2. Sebagai brand pertama yang berlabel halal, Wardah memiliki tempat tersendiri di dunia kosmetik. Kenapa kosmetik harus halal dan lain sebagainya(mungkin lain waktu akan saya share juga)

Selain wardah, PT PTI juga memiliki brand lain, yang saat ini sudah beredar di pasaran diantaranya Putri(Hair treatment), Make Over(profesional make up), Vivre(kalo gak salah udah launching), IX(proses), dan lain2, kalo gak salah sih ada itu. Saat ini PT PTI sudah memiliki 29 cabang yang sering kita sebut Distributor center dan 1 cabang internasional di Malaysia, dengan omset yang cukup wow

nah, kenapa saya share mengenai pengalaman saya pada saat seleksi PT PTI, karena kemaren sempet beberapa temen yang tanya, apa aja sih prosesnya, gimana caranya supaya bisa masuk, dan lain2. Saya sendiri juga gak tau -_- itu kebijakan para direksi. Tp mengenai proses tahapannya, let check it out….

Test Awal dan Interview tertulis

Test ini dilaksanakan di UGM Pada test ini berisi mengenai serangkaian test mirip dengan psikotest sederhana. Kita diberi soal, saya agak lupa kurang lebih ada 50 soal multiple choice. Kemudian kita mengisinya pada LJK. Setelah selesai kita lanjut dengan interview tertulis. Kita diberi sekitar 10 pertanyaan yang terkait dengan personality dan pendapat2 kita pada suatu masalah. Saya rasa tes awal ini bukan masalah. Karena saya yakin pasti banyak yang lolos pada tahap ini. Setelah selesai interview biasanya akan dilanjutkan test pauli. Buat temen2 yang belum tau test pauli itu apa, bisa browsing di internet. Intinya pada test pauli ini, kerjakan secepat mungkin, jawab, tulis, lanjutkan, begitu seterusnya. Jangan terfokus pada 1 atau 2 angka dalam waktu yang sama. Intinya. Jangan berpikir. Pikiran hanya memperlambat. Pauli kan cuma berisi angka2 sederhana, jadi gak usah mikir ngerjainnya yang penting cepat dan benar. Alhamdulillah, saya adalah salah satu dari yang sekian banyak yang lolos. Kalo gak salah waktu itu pelamarnya ada sekitar 2000(katanya sih). Kebetulan waktu itu saya melmar dari jobfair UGM. Oh iya, saat test ini, PT PTI memberikan snack utk coffee break dan voucher tiket nonton gratis

Psikotest Lengkap

Psikotest lengkap ini dilaksanakan di UAD ya kalo gak salah emoticon-Stick Out Tongue sebenarnya saya agak surprise dari awal karena HRD yang mendampingi test ini terlihat masih sangat muda. Saat test awal juga kita di dampingi oleh tim yang isinya orang2 yang masih sangat muda.

Serangkaian test ini mirip dengan psikotest pada umumnya., misalnya logika, deret, bangun, bahasa, dan ada pertanyaan psikologi yang berkaitan dengan, saya adalah, terus disuruh milih kecenderungan kita yang mana. Namun bila saya boleh membandingkan dengan psikotest saat MODP Muamalat, test ini cenderung lebih ringan, karena alokasi waktunya juga pas dan tidak di drill, jadi masih ada jeda untuk bernapas, jadi kita gak capek2 bgt deh. Selain itu ada istirahat siang. Dan yang membuat saya senang adalah, PT PTI menyediakan makan siang (seumur2 baru kali ini test dapet makan siang) dalem hati aku. Wah, perusahaannya turah2 duit nih, kemaren dikasih snack dan tiket nonton, sekarang dapet makan siang emoticon-Big Grin. psikotest berlangsung sampai sore. Sebulan kemudian saya mendapatkan sms, mengenai informasi bahwa saya lolos. Alhamdulillah.

Interview psikolog

Test selanjutnya adalah interview psikolog. Waktu itu sebenernya saya berdua dengan teman saya yang juga lolos sampai tahap ini. Pertanyaan psikolog ini diantaranya kelebihan, kekurangan kita. Pengalaman kerja, pengalaman organisasi, kenapa kamu melamar disini padahal basicmu kan ini, apa yang membuat kamu pantas bekerja di perusahaan ini, mengapa kamu melamar posisi ini, dll. Kuncinya dalam interview ini adalah jadi diri sendiri dan jujur, karena psikolog tau lo kalo kita lagi boong, jangan sekali2 boong.

Awalnya, saya agak pesimis, karena kebetulan dapet psikolog yang jutek (maap yah emoticon-Stick Out Tongue) waktu sharing ma temenku, dia bilang katanya psikolognya enak banget, santai, dll. Tapi alhamdulillah, beberapa minggu kemudian saya mendapat informasi bahwa saya lolos. Sedangkan teman saya, sedang kurang beruntung, sehingga belum bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya

Interview direksi

Interview direksi dilaksanakan di Jakarta. Ada 11 orang yang akhirnya lolos sampai ke interview direksi. Mereka berasal dari berbagai jurusan. Oh iya, , mengenai posisi yang saya lamar, berubah2 setiap tahap seleksi, karna jujur saja, sebenarnya saya masih meraba2 seperti apa sebenarnya posisi yang pas untuk saya. Awalnya saya memilih RND, kemudian GIP, kemudian saat interview direksi saya bilang mau brand development aja emoticon-Stick Out Tongue

Untuk biaya transportasi ke Jakarta diganti 100% kok, jadi temen2 tenang aja emoticon-Smilie pertanyaanya interview kurang lebih dengan pas interview psikolog, tapi saya merasa lebih rileks karna seperti berkumpul keluarga(maklum direksi ini ada 6 orang yang isinya ibu, bapak, anak dan menantu)Saya juga merasa comfort di tengah2 mereka. Interview berlangsung selama setengah jam. Kemudian bergantian dengan peserta lain



Seminggu kemudian saya mendapatkan sms dan email dari Bu Ratih Finance manager, yang intinya saya diterima di perusahaan tersebut. Dan email yang saya terima berisi mengenai offering gaji. Kalo saya boleh berpendapat, sebenarnya untuk standard fresh graduate, lebih dari cukup. Dengan beberapa pertimbangan dan masukan dari orang tua, akhirnya saya memutuskan untuk bekerja di perusahaan ini. Posisi saya pada waktu itu adalah GIP yang kemudian menjadi bussiness development. Yang membuat saya surprise adalah mengetahui bahwa sayalah satu2nya yang lolos dari interview direksi, alhamdulillah. Ini semua tidak lebih karna saya lebih beruntung saja. Nah, walaupun saya hanya bertahan 8 bulan disini karena pada akhirnya saya harus melanjutkan S2, banyak pelajaran yang saya dapatkan disini, dan tentunya bertemu dengan orang2 yang sangat luar biasa seperti Pak Harman, Pak Salman, dan Pak Bakat. Terimakasih keluarga besar PTI emoticon-Smilie semoga maju terusemoticon-Kiss (S)
MonkeyBrekele
tien212700
gustav45
gustav45 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
298.8K
286
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & Profesi
icon
37KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.