masterphotoshopAvatar border
TS
masterphotoshop
Buku-Buku Ilmiah Paling Laris di Dunia

Mungkin agan selalu berpikir bahwa buku laris itu biasanya berupa novel atau komik. Tapi tahukah agan bahwa sebenarnya, ada juga loh buku-buku ilmiah yang begitu laris di pasaran? Nah, di sini ane mau bahas tentang buku-buku ilmiah atau pengetahuan umum yang sangat disukai oleh pembaca awam di seluruh dunia. Semoga bisa menjadi referensi bacaan agan.

------ ------ ------ ----- -----

Thinking, Fast and Slow


"Thinking, Fast and Slow" adalah buku psikologi-ekonomi karya psikolog asal Israel yang telah mendapatkan Penghargaan Nobel, Daniel Kahneman. Buku yang dirilis pada tahun 2011 ini merupakan hasil riset penulis tentang bias kognitif dan perilaku manusia dalam mengambil keputusan terkait keuangan. Buku ini juga menjelaskan 2 sistem perilaku manusia yakni perilaku cepat yang terjadi karena emosi serta perilaku lambat yang terjadi karena berpikir logis. Buku ini memaparkan segala macam kelemahan manusia yang terjadi akibat bias kognitif dan perasaan emosi yang menimbulkan pengambilan keputusan yang tidak optimal, sehingga para pembaca bisa sadar akan kesalahan mereka yang biasa mereka lakukan sehari-hari. Lewat buku ini, setiap pembaca bisa lebih mengasah kemampuan mereka dalam mengambil keputusan dan mengoptimalkan hidup mereka.

------ ------ ------ ----- -----

A Short History of Nearly Everything


"A Short History of Nearly Everything" adalah buku rangkuman sejarah karya Bill Bryson yang dirilis pada tahun 2003. Sebagaimana judulnya, buku ini merangkum sejarah dari (nyaris) semua hal di dunia. Buku yang langsung menjadi best-seller di pekan pertama perilisannya ini membedah semua bidang ilmu pengetahuan dengan bahasa yang sangat mudah dipahami dan diikuti. Bill mengatakan bahwa alasannya menulis buku ini karena merasa tidak puas dengan buku-buku sejarah dan sains yang membingungkan dan sepotong-sepotong. Maka dari itu, dalam buku ini, Bill merangkum semua peristiwa dan teori penting dalam runutan deskripsi berdasarkan 3 pertanyaan: kenapa? bagaimana? dan kapan? Sehingga para pembaca bisa benar-benar memahami sejarah perkembangan peradaban manusia selama lebih dari dua ribu tahun terakhir.

------ ------ ------ ----- -----

What If?


"What If?" adalah buku sains komedi karya seorang blogger asal Amerika Serikat, Randall Munroe. Buku yang telah menjadi best-seller internasional ini dirilis pada tahun 2014. Buku ini berisi ratusan jawaban ilmiah dari pertanyaan iseng dan absurd yang melampaui batas imajinasi. Sebenarnya buku ini adalah adaptasi dari blog Randall Munroe yang berisi webcomic sederhana. Semua pertanyaan absurd dalam buku ini adalah kiriman dari para pembaca blog Randall Munroe yang beralamat di xkcd.com. Keistimewaan lain dari buku ini selain menambah pengetahuan dan menghibur, buku ini juga dilengkapi gambar komik menarik yang mengilustrasikan pertanyaan absurd dan jawaban ilmiahnya. Dibandingkan dengan buku lain dalam daftar ini, bisa dibilang "What If?" adalah buku paling ringan yang sudah seharusnya coba agan baca.

------ ------ ------ ----- -----

Guns, Germs, and Steel


"Guns, Germs, and Steel" atau "Senjata, Kuman, dan Baja" adalah buku sejarah dan antropologi karya profesor geografi Amerika Serikat, Jared Diamond. Buku yang dirilis pada tahun 1997 dan langsung menjadi best-seller ini bermula dari perjalanan sang profesor ke tanah Papua. Teman beliau yang merupakan orang Papua terheran-heran dengan berbagai macam teknologi canggih yang dibawa oleh sang profesor ke tanah Papua. Lalu orang Papua itu berkata, kenapa orang bule bisa menciptakan barang-barang ajaib sementara orang Papua masih begitu tertinggal? Sang profesor pun lalu menulis buku ini sebagai jawaban atas pertanyaan temannya itu. Buku ini menjelaskan kenapa orang kulit putih bisa lebih maju daripada bangsa lain? Apa sebabnya? Apakah itu faktor ras? Apakah itu faktor lingkungan? Ataukah ada faktor lainnya? Jared Diamond membawa kita kembali ke zaman prasejarah dan merunut perjalanan umat manusia di seluruh penjuru dunia untuk mencari tahu kenapa peradaban orang kulit putih bisa lebih maju dari segi teknologi, seni, sosial, budaya, maupun politik. Semua jawabannya dijelaskan dalam buku "Guns, Germs, and Steel" dengan begitu jelas dan didukung data-data yang valid.

------ ------ ------ ----- -----

A Brief History of Time


"A Brief History of Time" atau "Sejarah Singkat Waktu" adalah sebuah buku sains populer karya Fisikawan Inggris, Stephen Hawking. Buku tipis yang dirilis pada tahun 1988 ini adalah buku sains paling laris sepanjang masa dengan penjualan mencapai 10 juta salinan dan menjadi best-seller internasional selama 4 tahun berturut-turut. Ketika pertama kali dirilis, "A Brief History of Time" langsung mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan ilmuwan maupun masyarakat umum. Buku ini menjawab berbagai macam misteri alam semesta seperti bagaimana awal mula alam semesta, keberadaan alien, cara kerja waktu, takdir, sampai teori time-travel (perjalanan melintasi waktu). Uniknya, semua hal itu dibahas dengan gaya bahasa yang ringan sehingga orang awam bisa memahaminya dengan baik. Stephen Hawking berkata bahwa sudah seharusnya sains dijelaskan dengan cara yang lebih sederhana sehingga orang-orang bisa tercerahkan oleh kebenaran sains.

------ ------ ------ ----- -----

The Origin of Species


"The Origin of Species" atau "Asal Usul Spesies" adalah buku sains karya ahli geologi Inggris, Charles Darwin. Buku ini merupakan kesimpulan dari serangkaian penelitian Charles Darwin selama puluhan tahun terhadap fosil makhluk hidup. Buku yang dirilis pada tahun 1859 ini menjelaskan bahwa mulanya hanya ada sedikit spesies makhluk hidup di dunia. Namun untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, setiap spesies mengalami perubahan-perubahan fisik yang minim. Kemudian, perubahan-perubahan fisik yang minim itu diturunkan secara genetika kepada generasi selanjutnya selama ribuan tahun (proses evolusi), hingga akumulasi dari perubahan-perubahan fisik yang kecil itu akhirnya menghasilkan perubahan fisik yang besar, maka lahirlah spesies yang beragam di dunia sesuai dengan lingkungan dimana mereka tinggal. Kesimpulannya, semua spesies adalah saudara yang berkaitan secara biologis satu sama lain. Buku ini disambut sangat baik oleh para ilmuwan karena telah menjawab misteri keberagaman spesies dengan jawaban ilmiah yang sangat kuat. Namun buku ini juga mendapat kritikan keras dari kaum religius karena buku ini menyatakan bahwa manusia adalah keturunan kera.

------ ------ ------ ----- -----

The God Delusion


"The God Delusion" atau "Delusi Akan Tuhan" adalah sebuah buku filsafat populer karya Filsuf Inggris, Richard Dawkins. Buku kontroversial yang dirilis pada tahun 2006 ini mendapat sambutan yang beragam. Sebagian orang memujinya sebagai sebuah buku revolusioner yang membantah pemahaman yang mapan, namun sebagian orang terutama yang berasal dari lingkungan religius mengkritik keras buku ini karena berani menyangkal keberadaan Tuhan. Terlepas dari itu semua, buku yang juga menjadi best-seller internasional ini telah mengubah tatanan dunia, mengubah cara pandang orang terhadap agama, dan mengubah arah kehidupan umat manusia. Keunggulan dari buku ini adalah penggunaan data dan fakta ilmiah (terutama dalam bidang fisika dan biologi) untuk setiap argumen yang ditawarkan, sehingga orang yang menggunakan akal sehat sulit sekali menolak apa yang disampaikan oleh Dawkins.
Diubah oleh masterphotoshop 28-01-2017 11:49
rigavervian
rigavervian memberi reputasi
1
71.8K
318
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.