andrianushoAvatar border
TS
andrianusho
Orang Islandia dan Mitos Lokal Tentang Gerbang Neraka

exploringtheearth.com


Liburan ke Islandia, wisatawan akan disuguhi keindahan alam Islandia yang berselimut mitos lokal. Ada sebuah kaldera yang dianggap gerbang ke neraka.

Tempat yang dimaksud gerbang neraka itu adalah Krafla, sebuah kaldera berdiameter sekitar 10 km di Myvatn, bagian utara Islandia. Kalau dari ibukota Islandia, Reykjavik, bisa dicapai dengan naik mobil selama 6 jam.

Ditengok dari BBC, Kamis (4/5/2016), Krafla memiliki dua kawah yang masing-masing bernama Leirhnjukur and Víti. Viti sendiri jika diartikan ke bahasa Indonesia artinya neraka.

Nah, menurut mitos yang banyak beredar di masyarakat setempat, kawasan Krafla ini disebut-sebut sebagai gerbang neraka. Bahkan ada juga yang menyebutkan kalau kaldera di kawasan gunung berapi aktif itu merupakan tempat para iblis mendarat setelah diusir dari surga. Hiii!
Spoiler for :

Belum selesai sampai di situ, cerita rakyat setempat juga ada yang mengaitkan kaldera ini dengan keberadaan troll, makhluk garang yang bersembunyi di bawah tanah dan menjadi batu jika terkena sinar matahari.

Terlebih, banyak batuan di Krafla yang berbentuk seperti sosok yang berjongkok. Kemunculan mitos-mitos itu tak lepas dari kawasan Krafla yang memang terkesan suram. Tak ada manusia ataupun hewan yang hidup di sana. Areanya dipenuhi hamparan bebatuan hitam, asap putih keluar dari balik bebatuan dan tak jarang ada letupan lava.

Dengan adanya mitos mengerikan tentang Krafla, bukan berarti tempat ini tak menarik dikunjungi. Cukup banyak turis yang liburan ke Islandia merasa penasaran dan datang langsung ke sana.
Spoiler for :

Ada jalan setapak dari kayu yang telah disiapkan untuk dilewati pengunjung. Sangat bijak untuk tetap melangkah di atas jalanan ini karena permukaan di sekitar Krafla bisa dibilang hangat, bahkan panas. Tidak disarankan untuk memakai sandal jepit, turis harus pakai menjelajah pakai sepatu demi keamanan.

Sekitar 18 km di sebelah selatan Krafla, ada lagi wilayah tak kalah suram. Di sana perbukitan Dimmuborgir yang bila diartikan adalah kastil hitam.
Spoiler for :

Tampilan area tersebut bagaikan kerajaan goblin, dengan batu granit hitam yang besar seperti pilar. Batuan di sini kebanyakan memang berwarna hitam dan tak ada tanda-tanda kehidupan.

Salah satu yang menarik perhatian adalah Dimmuborgir’s Kirkjan yang berupa gapura hitam dengan semacam terowongan di bawahnya. Sekilas seperti pintu bangunan gotik.

Objek tersebut dikelilingi batu-batu vulkanik yang terbentuk secara natural 2.300 tahun lalu. Kalau ingin mengunjunginya pun bisa. Traveler dapat melanjutkan perjalanan ke Dimmuborgir ini dari Krafla dengan mengendarai mobil sekitar 1,5 jam. Liburan ke Islandia, siap-siap saja melihat pemandangan dahsyat seperti ini.
Spoiler for :


Baca juga:



Diubah oleh andrianusho 25-01-2017 01:46
0
51.3K
287
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.