- Beranda
- The Lounge
Pilih Desain MRT "Jangkrik" Atau Aerodinamis, Gan?
...
TS
ridwantawakal
Pilih Desain MRT "Jangkrik" Atau Aerodinamis, Gan?
Quote:
Pagi/Siang/Sore/Malem. Agan semua. Ketemu Ane lagi nih hehehe, semoga pada sehat dan banyak rezeki semua yaa sebelumnya Makasih banyak udah ngeluangin sedikit waktunya buat ngebaca Thread sederhana ane. kali ini Ane mau share ke agan2 semua mengenai 2 desain MRT jakarta yang lagi booming saat ini
Quote:
Quote:
Udah tau belum gan? Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono, baru-baru ini menginginkan agar desain kereta MRT Jakarta diubah. Menurutnya, desain MRT yang ada lebih mirip kepala jangkrik dan ingin agar desain diubah menjadi lebih aerodinamis dan sporty, seperti Apollo.
Padahal Perubahan desain yang diinginkan Sumarsono ini dinilai akan berdampak pada perubahan rancangan stasiun, kapasitas kereta, hingga sistem persinyalan gan. hmmm...
Padahal Perubahan desain yang diinginkan Sumarsono ini dinilai akan berdampak pada perubahan rancangan stasiun, kapasitas kereta, hingga sistem persinyalan gan. hmmm...
Quote:
Desain Depan Lurus Ada Pertimbangannya
Spoiler for Desain Lurus:
Quote:
Sebenarnya Menurut Direktur PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Tuhiyat, rancangan kereta dengan desain depan lurus sebenarnya sesuai dengan fungsi kereta yang akan digunakan untuk layanan kereta di dalam kota. Di kota besar lain di seluruh dunia, desainnya sama loh gan, dengan bagian depan lurus karena kereta akan mengalami pemberhentian dan rutenya akan berbelok-belok.
Hal ini dianggap berbeda dengan kereta antar kota dengan jarak jauh yang tidak mengalami banyak pemberhentian dan rutenya tidak berbelok-belok. Karena itulah, kereta rute jarak jauh bisa dirancang dengan model melengkung di bagian depannya, gan. Selanjutnya Ia menyamakan dengan kereta cepat Shinkansen di Jepang dengan model melengkung di bagian depan karena memang kereta antarkota.
Hal ini dianggap berbeda dengan kereta antar kota dengan jarak jauh yang tidak mengalami banyak pemberhentian dan rutenya tidak berbelok-belok. Karena itulah, kereta rute jarak jauh bisa dirancang dengan model melengkung di bagian depannya, gan. Selanjutnya Ia menyamakan dengan kereta cepat Shinkansen di Jepang dengan model melengkung di bagian depan karena memang kereta antarkota.
Quote:
Biaya & Waktu
Spoiler for Estimasi:
Quote:
Walaupun tidak ada perubaha terhadap jadwal produksi, tapi diperkirakan akan ada penambahan biaya produksi hingga menjadi Rp 64 miliar , gan. Estimasi biaya perubahan adalah senilai 156 juta yen (Rp 18,2 miliar) yang akan ditinjau lebih lanjut dengan penjabaran lebih rinci.
Namun, Sumarsono membantah bahwa perubahan desain ini akan memakan biaya Rp 64 miliar. Menurutnya, perubahan desain ini tidak akan menelan biaya apapun karena yang menambah biaya tersebut adalah salah satu desain lainnya dengan bagian depan lebih mancung yang sudah bukan menjadi desain yang dipilih. Selain itu, desain tersebut akan menyebabkan keterlambatan karena butuh tambahan waktu satu tahun.
Karena itulah, akhirnya desain yang digunakan adalah desain yang sudah ada yang bisa dipilih oleh PT MRT, yaitu desain MRT berwarna hijau yang disebut Sumarsono mirip jangkrik dan MRT warna biru dengan bentuk kepala lebih aerodinamis. sesuai dengan perkataanya:
Namun, Sumarsono membantah bahwa perubahan desain ini akan memakan biaya Rp 64 miliar. Menurutnya, perubahan desain ini tidak akan menelan biaya apapun karena yang menambah biaya tersebut adalah salah satu desain lainnya dengan bagian depan lebih mancung yang sudah bukan menjadi desain yang dipilih. Selain itu, desain tersebut akan menyebabkan keterlambatan karena butuh tambahan waktu satu tahun.
Karena itulah, akhirnya desain yang digunakan adalah desain yang sudah ada yang bisa dipilih oleh PT MRT, yaitu desain MRT berwarna hijau yang disebut Sumarsono mirip jangkrik dan MRT warna biru dengan bentuk kepala lebih aerodinamis. sesuai dengan perkataanya:
Quote:
Bukan kami lakukan redesign, bukan, melainkan adalah mukanya ada dua pilihan, kami bikin (minta) yang aerodinamis. Bukan me-redesign ya, tetapi memilih dua
Quote:
Pilihan Desain Kepala
Spoiler for Desain:
Quote:
Penampakan di atas adalah MRT 'jangkrik' dengan warna hijau ya gan, kalau rancangan kereta yang ada sudah sesuai dengan fungsi kereta. MRT digunakan sebagai layanan kereta perkotaan, berbeda dengan kereta antar kota.
Maka tidak heran bagian depan kereta begitu lurus. Tuhiyat beralasan kalau nantinya MRT akan mengalami banyak pemberhentian dan melalui rute yang berkelok-kelok. Nah, keinginan Soni, menurut Tuhiyat adalah bentuk kepala yang melengkung. Namun, hal tersebut adalah untuk kereta jarak jauh atau antar kota.
Gambar di atas adalah penampakan aerodinamis permintaan Soni. Meski begitu, kereta jarak jauh itu tidak banyak berhenti dan melalui rute yang berkelok-kelok, gan. Tidak heran, tampilannya melengkung. Kereta berkecepatan tinggi yang dimaksud Tuhiyat baru menggunakan bentuk kepala melengkung, seperti Shinkasen.
Maka tidak heran bagian depan kereta begitu lurus. Tuhiyat beralasan kalau nantinya MRT akan mengalami banyak pemberhentian dan melalui rute yang berkelok-kelok. Nah, keinginan Soni, menurut Tuhiyat adalah bentuk kepala yang melengkung. Namun, hal tersebut adalah untuk kereta jarak jauh atau antar kota.
Gambar di atas adalah penampakan aerodinamis permintaan Soni. Meski begitu, kereta jarak jauh itu tidak banyak berhenti dan melalui rute yang berkelok-kelok, gan. Tidak heran, tampilannya melengkung. Kereta berkecepatan tinggi yang dimaksud Tuhiyat baru menggunakan bentuk kepala melengkung, seperti Shinkasen.
Quote:
Quote:
PENUTUP
Quote:
Terima kasih buat semua agan2 yang udah bersedia mampir ke thread sedrhana ane. semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan buat Agan/Aganwati semua.. Jangan ngaku kaskuser kalo cuma jadi silent reader . Bagi yang punya saran atau kritik monggo dilontarkan di kolom komentar . Ane Gak Nolak untuk ditimpuk yang ijo2 . Kaskuser sejati pasti ninggalin jejak.
Quote:
Baiklah gan. segitu aja informasi yang ane dapet dan ane bisa share ke agan2 semua disini. mohon maaf apabila ada salah penafsiran atau ada perbedaan pendapat antara tulisan ane dengan pengalaman agan/aganwati semua. Jangan lupa mampir ke Thread ane yang lainnya:
ERP, Fitur Baru Kota Jakarta Untuk Mengurangi Kemacetan
Begini Gan, Dampak Urbanisasi Terhadap Lahan di Kota Besar!
Ternyata Hal Sepele Ini Bisa Menyebabkan Kebakaran!
Begini Rencana Pembangunan LRT di Jakarta!!
Sebentar Lagi, Ke Bandara Soetta Bisa Naik Kereta!
Misteri Hilangnya Lantai 4 Pada Gedung Bertingkat
Seperti Apa Sih Trotoar Jakarta, di Masa Depan?
Jalan Simpang Susun pertama di Indonesia, Akan selesai Pertengahan 2017!
Seberapa Sering Barang di Kamar Mandi Harus Diganti?
Transportasi Massal Jakarta tidak seburuk Kota besar di Luar Negeri!
Prospek Properti Di Sekitar Stasiun MRT. Bakalan Naik Pesat Gan!
Hal-Hal Sepele yang Kadang Bikin KZL!!!
Kota Kurang Bersahabat untuk Pengemudi di Indonesia.
Ini Dia Daftar Rumah Susun MURAH di Jakarta!
Pilih Interior Desain Atau Kontraktor?
3 Bahan Bangunan Yang Mirip Tapi Beda!
Tax Amnesty Itu Apa Sih? Tujuannya Buat Apa?
Gimana Sih Alur Peraturan Ganjil Genap Berlaku? Kapan? Dimana Aja?
Begini Gan, Dampak Urbanisasi Terhadap Lahan di Kota Besar!
Ternyata Hal Sepele Ini Bisa Menyebabkan Kebakaran!
Begini Rencana Pembangunan LRT di Jakarta!!
Sebentar Lagi, Ke Bandara Soetta Bisa Naik Kereta!
Misteri Hilangnya Lantai 4 Pada Gedung Bertingkat
Seperti Apa Sih Trotoar Jakarta, di Masa Depan?
Jalan Simpang Susun pertama di Indonesia, Akan selesai Pertengahan 2017!
Seberapa Sering Barang di Kamar Mandi Harus Diganti?
Transportasi Massal Jakarta tidak seburuk Kota besar di Luar Negeri!
Prospek Properti Di Sekitar Stasiun MRT. Bakalan Naik Pesat Gan!
Hal-Hal Sepele yang Kadang Bikin KZL!!!
Kota Kurang Bersahabat untuk Pengemudi di Indonesia.
Ini Dia Daftar Rumah Susun MURAH di Jakarta!
Pilih Interior Desain Atau Kontraktor?
3 Bahan Bangunan Yang Mirip Tapi Beda!
Tax Amnesty Itu Apa Sih? Tujuannya Buat Apa?
Gimana Sih Alur Peraturan Ganjil Genap Berlaku? Kapan? Dimana Aja?
Quote:
KOMENG KASKUSER
Spoiler for Komeng:
Quote:
Original Posted By gazart►
Prototype / Mockup nya udah jadi di pabrikan Jepang nya sana dan siap dibawa ke Jakarta
Design nya paling beda dan tiada duanya di dunia, gak seperti design KRL kebanayakan di Jepang.
Design nya paling beda dan tiada duanya di dunia, gak seperti design KRL kebanayakan di Jepang.
Quote:
Original Posted By zhuIato►ane demen yg jangkrik. lagian nih udah ada julukannya.
A : pulang naik apa?
B : jangkrik bos
cakep kan
A : pulang naik apa?
B : jangkrik bos
cakep kan
Quote:
Original Posted By uray24►Setau ane sih desain model peluru itu didasarkan kecepatan kereta itu sendiri..
Shinkansen itu lihat dulu stasiun pemberhentiannya..sedikit banget n jauh2 jarak2nya..TGV di Perancis malah buat antar negara ke Italia lho..
Desain kepala peluru adalah untuk membelah arah kecepatan angin..kalo kecepatan shinkansen kepalanya kotak, bisa retak itu kaca depan karena hembusan angin..
Ga usah jauh2, mobil sport aja kepalanya ga ada yang kotak..beda ama truk yang bukan didesain buat kecepatan tinggi..
Contoh lain ? Ya pesawat terbang..kaca kokpit pasti didesain model peluru biar angin bebas melewati pesawat dan pesawat ga terlalu ketahan terpaan angin..
Ah sudahlah..toh di Pemda dan DPRD banyak orang berijazah tinggi2 ko..percaya aja deh selama ga ada fatwanya..padahal hijau itu kan warna identik agamis..
Shinkansen itu lihat dulu stasiun pemberhentiannya..sedikit banget n jauh2 jarak2nya..TGV di Perancis malah buat antar negara ke Italia lho..
Desain kepala peluru adalah untuk membelah arah kecepatan angin..kalo kecepatan shinkansen kepalanya kotak, bisa retak itu kaca depan karena hembusan angin..
Ga usah jauh2, mobil sport aja kepalanya ga ada yang kotak..beda ama truk yang bukan didesain buat kecepatan tinggi..
Contoh lain ? Ya pesawat terbang..kaca kokpit pasti didesain model peluru biar angin bebas melewati pesawat dan pesawat ga terlalu ketahan terpaan angin..
Ah sudahlah..toh di Pemda dan DPRD banyak orang berijazah tinggi2 ko..percaya aja deh selama ga ada fatwanya..padahal hijau itu kan warna identik agamis..
Quote:
Quote:
Original Posted By kitamerdeka►saya suka desainnya biarpun diblg mirip jangkrik, tapi saya suka. Dan yg plg pnting saya sangat suka "MRT" sdh bs ada di jakarta, sdh gk mikir lg mau gmana desainnya, udh bisa punya "MRT" aja udh suka bgt
Quote:
Original Posted By apaandah►milih ijo gan lebih keren , kalo di tokyo kayak yamanote line E235 yang baru
Quote:
Original Posted By OkaWiradarma►ini kasusnya kayak di film the dictator
aladeen maunya nuklir yang runcing wkwk
aladeen maunya nuklir yang runcing wkwk
Quote:
Original Posted By glucky►kalau ente nanya ane. sejujurnya ane lebih suka warna biru itu. terlepas dari anggaran dan waktu dan lain lain. entah kenapa yang hijau untuk jadi MRT kurang pas, lebih cocok jadi Tram kayak di melbourne. :belumtidur kalau kereta silver dan MRT biru. simplicity aja sih design nya.:belumtidur
Quote:
Original Posted By kingjoker666►yang penting aman nyaman dan penumpangnya bening2
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 626 suara
Pilih MRT Hijau Atau Biru Gan?
MRT Hijau
75%MRT Biru
25%Diubah oleh ridwantawakal 23-01-2017 06:18
0
68K
Kutip
550
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.2KThread•87.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya