zheeppj78Avatar border
TS
zheeppj78
iPhone Ulang Tahun ke-10, Ternyata Ini Dampaknya Buat Dunia!
emoticon-Selamatemoticon-Selamat emoticon-Selamat emoticon-Selamat



10 tahun lalu, alias tahun 2007, agan pake hp apaan? Kalo ane sih dulu masih SMP gan, seinget ane masih pake hp Nokia macem gini Gan. Sempet trending pada jamannya banget nih.



Kalo ngomongin gadget, seinget ane waktu jaman SMP itu yang lagi nge-hits masih era Nokia, hp flip juga, bahkan Blackberry aja baru ngetrend pas ane SMA, sekitar tahun 2009-2010an.



Tapi di belahan dunia lain, sebut aja di Amerika Serikat, Steve Jobs udah ngenalin Apple iPhone untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Januari 2007 di acara Macworld. Steve Jobs bilang kalo iPhone itu adalah “a widescreen iPod with touch controls, a revolutionary mobile phone and a breakthrough internet communications device.” -- iPod dengan layar lebar, telepon genggam revolusioner dan terobosan baru alat komunikasi internet.



Semenjak Steve Jobs ngomong itu untuk pertama kalinya, dunia gadget udah nggak sama lagi gan!



Sampe sekarang, Apple Inc. ternyata udah jual lebih dari 1 miliar iPhone. 1 miliar Gan, nol-nya ada SEMBILAN! Bukan cuma berdampak besar buat bisnis Apple, tapi juga berdampak pada kehidupan masyarakat digital di dunia.

Apa pengaruhnya?



Perusahaan teknologi tumbuh bak jamur di musim penghujan. Mulai dari Foxconn sebagai supplier hardwarenya, sampe rivalnya dalam perkembangan dunia smartphone kayak Motorola, Samsung sampe ke Xiaomi.



Kalo dulu sebelum adanya iPhone, mayoritas orang mengakses internet lewat PC atau desktop, dengan munculnya iPhone orang-orang lebih nyaman untuk mengakses internet menggunakan smartphone. Misalnya push email dan koneksi internet 24 jam yang didukung sama kapasitas batere yang bisa dibilang awet. Kalo sistem Symbian kan tampilan browser WAP-nya masih agak kurang nyaman, sedangkan iOS udah modern jadi user semakin nyaman buat pake.



iPhone juga bisa dibilang cikal bakal munculnya sejumlah raksasa software dunia. Kalo nggak ada iPhone, nggak akan ada tuh company macem Uber, Gojek, Instagram atau Snapchat kalo iPhone 3G dan software iPhone 2.0 di bulan Juli 2008 nggak buka akses ke third party apps buat device tersebut. FYI gan, third party apps itu nggak ada di iPhone generasi pertama gan!

Dengan adanya iPhone, company raksasa pembuat aplikasi dan game untuk App Store di IOS jadi makin berkembang pesat. Sampe saat ini, bahkan udah ada lebih dari 2 juta apps di iOS, yang juga jadi salah satu pendapatan Apple.



Kalo dilihat ke belakang, iPhone ini juga salah satu penyebab fenomena mundurnya perusahaan kamera raksasa karena pocket kamera jadi nggak laku. Ya abisan semua jadi makin efisien. Di satu device, agan bisa dapetin semuanya tanpa ribet. Contohnya, di Instagram ada hashtag #iphoneography dan #iphonesia yang booming banget, bahkan sampe sekarang masih sering dipake.



Bukan cuma itu, fenomena video online dan dunia jurnalistik juga bikin orang-orang dengan mudahnya ngerekam video atau film singkat. Citizen journalism alias jurnalisme warga makin booming dengan banyaknya video amatir yang beredar.



Yang paling penting, teknologi touchscreen iPhone ini jadi breakthrough di dunia smartphone, bisa dibilang Apple adalah trendsetter-nya! Kalo dulu emang banyak tuh jenis touchscreen tapi yang kalo ditekan harus pake kuku/ stylus alias layarnya masih resistive, kalo Apple dan smartphone sekarang jenisnya adalah capacitive dan udah multi-touch, yang lebih modern.



10 tahun sejak diperkenalkan Steve Jobs, iPhone tetep jadi primadona buat kelas smartphone high-end. Semacam naik kasta kalo udah punya iPhone terbaru. Tentunya nggak bisa lepas dari peran para publik figur yang jadi langganan beli device Apple ini. Meski harganya sangat nguras kantong buat sebagian besar orang, tapi masih banyak yang rela ngantre bahkan camping dari pagi buta atau malem sebelumnya buat jadi orang pertama yang ngedapetin device bikinan Apple.

Kalo agan, jadi salah satu fans berat Apple juga kah? emoticon-Cool


Source Source
0
51.9K
398
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.