f4u.corsair
TS
f4u.corsair
Jika Menggali Lubang Lurus hingga Tembus, Apa yang Ada di Sisi Lain Bumi ?


Mengenal Antipode

Dalam geografi, antipode adalah dua tempat yang terletak di belahan bumi yang berlawanan. Dua titik yang antipodal dari satu tempat ke tempat lain terhubung oleh garis lurus yang melewati garis tengah bumi.


berapa jarak terjauh antara satu tempat di bumi dengan tempat yang lain ?

tempat terjauh di bumi dari satu lokasi tepat berada di balik bumi di bawah posisi kaki seseorang yang berdiri di lokasi tersebut, seseorang harus melewati lautan, kota, rimba belantara sejauh 20.000 km selama berbulan bulan bertahun tahun agar bisa mencapai tempat tersebut.

tetapi perjalanan super jauh tersebut bisa dipersingkat dan bisa mengirit 7500 km caranya ialah dengan menggali sebuah lubang menembus bumi lurus ke sisi sebaliknya, jaraknya sekitar 12.500 km.



dulu cerita favorit masa kecil bocah di Amerika ialah kalau menggali tanah di bawah kaki sampai tembus di permukaan bumi di sisi lainnya, maka lokasinya itu di Cina.

kalau bocah bocah US bermain tanah dan mulai menggalinya, orang tuanya yang sewot akan berteriak " hei, nak berhentilah menggali sampai ke China ayo masuk dan bersihkan dirimu."

bagaimana dengan kenyataan yang sebenarnya ? faktanmya ialah bila memang dibuat terowongan lurus maka US mainland akan tembus ke arah Eropa di sekitaran Prancis dan China akan tembus ke Amerika tapi bagian selatan di sekitar Argentina, Chile, Uruguay dan Brazil.

lalu bagaimana bila di Indonesia, dimana lokasi antipodenya ?



kalau sesorang menggali lubang lurus dari Jakarta maka di sisi sebaliknya bumi ia akan muncul di kota Bogota, kalau ia sial mungkin nongolnya pas di tengah tembak menembak antar kartel Kolombia. sedangkan kalau beruntung ia akan nongol di kamar mandi miss universe asal Kolombia.

beberapa contoh lokasi lain antipode diantaranya:

1. Christchurch (Newzeland) >< A Curuna (Spanyol)
2. Hamilton (New Zealand) >< Córdoba (Spain)
3. Hong Kong >< La Quiaca (Argentina)
4. Junín (Argentina) >< Lianyungang (China)
5. Padang (Indonesia) >< Esmeraldas (Ecuador)
6. Palembang (Indonesia) >< Neiva (Colombia)
7. Rafaela (Argentina) >< Wuhu (China)
8. Segovia (Spain) >< Masterton (New Zealand)
9. Tauranga (New Zealand) >< Jaén (Spain)
10. Ulan Ude (Russia) >< Puerto Natales (Chile)
11. Valdivia (Chile) >< Wuhai (China)
12. Whangarei (New Zealand) >< Tangier (Morocco)



hingga hari ini belum pernah ada terowongan yang menembusbumi lurus antara 2 titik antipodal, seandainya seseorang punya kekasih di Bogota, bisa saja untuk menghemat waktu dan biaya menggali terowongan tembus kesana, selain irit biaya ..perjalanan pesawat sehari bisa ditempuh hanya 40 menit dengan melompat ke lubang antipode.

tapi sebaiknya sebelum mulai menggali melakukan cek lokasi dulu di http://www.findlatitudeandlongitude..../antipode-map/

karena gara gara 2/3 dari bumi adalah lautan, bisa saja anda sebenarnya berniat menggali terowongan ke Bogota tapi malah tembus ke Krusty Krab bersama Plankton, SpongeBob, Squidward dan Patrick.

dari berbagai sumber

Quote:




emoticon-Ngacir
0
189.5K
664
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.