News
Batal
KATEGORI
link has been copied
340
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5863df23582b2e5a378b4568/xenology-mengapa-manusia-tak-pernah-kembali-lagi-ke-bulan
Pengantar Thread misi ke bulan yang terakhir dilakukan oleh manusia terjadi pada 44 tahun yang lalu. semenjak itu tak pernah ada misi lagi ke tetangga terdekat bumi, bulan .. justru sekarang NASA dan Amerika sebagai pemimpin teknologi luar angkasa sedang berfokus untuk melakukan misi ke Mars. soal apakah memang ada pendaratan di bulan pada waktu itu rasanya bisa dipastikan memang ada, bukti nyatan
Lapor Hansip
28-12-2016 22:49

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Quote:
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Pengantar Thread

misi ke bulan yang terakhir dilakukan oleh manusia terjadi pada 44 tahun yang lalu.

semenjak itu tak pernah ada misi lagi ke tetangga terdekat bumi, bulan .. justru sekarang NASA dan Amerika sebagai pemimpin teknologi luar angkasa sedang berfokus untuk melakukan misi ke Mars.

soal apakah memang ada pendaratan di bulan pada waktu itu rasanya bisa dipastikan memang ada, bukti nyatanya adalah sample batuan bulan - dengan komposisi beda dengan batuan bumi - yang dibawa pulang oleh beberapa misi Apollo (ada 270 batuan bulan yang dibagikan oleh USA ke negara2 di dunia sebagai cindera mata, yangmana hari ini 2/3nya hilang secara misterius .. gak tau juga Indonesia dikasih apa enggak sample batuan bulan tersebut).

setelah 1972, program ke bulan mendadak berhenti total (jangankan mengirim manusia ke bulan, rover penjelahjah aja keknya gak ada yang dikirim ke bulan) , beberapa mengatakan itu disebabkan masalah biaya, yang benar saja .. masa kalau masalah biaya sekarang mau ada misi ke Mars yang lebih jauh.

thread ini mencoba membahas konspirasinya sebagaimana bagian dari Xenology, tapi bisa saja mungkin agan pembaca menyumbang pendapat, beropini baik secara ilmiah maupun enggak tentang alasan alasan lain kenapa misi ke bulan dihentikan.

lepas dari konspirasi dan kontroversi, mudah mudahan thread ini bisa jadi bacaan pengisi waktu yang menghibur, thanks.


(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

13-12-1972: Misi Terakhir Manusia Mengorbit Bulan

Apollo 17 merupakan misi pendaratan berawak terakhir.

Misi penerbangan berawak ke Bulan, Apollo 17 telah berhasil mendarat di permukaan Bulan pada pertengahan Desember 1972.

Misi Apollo 17 merupakan program Apollo dari Badan Antariksa Amerika Serikat, dan merupakan pendaratan keenam dan terakhir di satelit Bumi tersebut.

Dalam misi tersebut diawaki oleh Eugene Cernan sebagai komandan, Ronald Evans sebagai pilot modul komando dan Harrison Schmitt sebagai pilot modul bulan.

Apollo 17 diluncurkan dari Bumi pada malam hari 7 Desember 1972. Pada 10 Desember, misi Apollo 17 sudah masuk ke orbit Bulan dan pada 13 Desember, misi sudah ada di permukaan Bulan.

Dalam misi tersebut, Evans berada di orbit Bulan di modul komando (CSM) sementara Cernan dan Schmitt menghabiskan waktu lebih dari tiga hari di lembah Taurus-Littrow di permukaan bulan. Keduanya menyelesaikan aksi berjalan (extravehicular activity) di Bulan, mengambil sampel di Bulan dan memasang instrumen penelitian.

Bagi Cernan, aksi berjalan di permukaan Bulan itu merupakan yang ketiga bagi dia. Cernant dan Schmitt tercatat merupakan manusia yang ke-11 dan ke-12 yang berjalan di Bulan. Misi berjalan di Bulan pada Apollo 17 merupakan sekaligus aksi berjalan di Bulan yang terakhir.

Setelah Cernent dan Schmitt mengambil sampel dan memasang instrumen penelitian di permukaan, Evans mengambil pengukuran dan memfoto dari orbit menggunakan Scientific Instruments Module di CSM.

Ketiganya kemudian kembali ke Bumi pada 19 Desember setelah menjalankan 12 hari misi.

Misi ini begitu istimewa sebab, Apollo 17 merupakan misi pendaratan berawak terakhir.

Misi Apollo 17 saat itu memecahkan beberapa rekor di antaranya pendaratan ke Bulan terlama, aksi berjalan di Bulan terlama, pengambilan sampel Bulan terlama dan waktu terlama misi di orbit Bulan.

Misi tersebut juga menempatkan Cernant sebagai manusia terakhir yang meninggalkan jejak kakinya di permukaan Bulan. Cernant merupakan orang terakhir yang berjalan di Bulan dan yang terakhir memasuki modul misi pada 13 Desember, sebelumnya Schmitt telah memasuki modul menanti Cernent. Tercatat keduanya menjalankan aktivitas berjalan di permukaan Bulan selama tujuh jam 15 menit.

Sehari kemudian, kedua awak Apollo 17 itu naik dari permukaan Bulan dengan memanfaatkan Lunar Module.

artikel pic asli di http://teknologi.news.viva.co.id/new...engorbit-bulan

Quote:
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Pesawat Apollo 11, Misteri Manusia Terakhir Di Bulan 40 Tahun Lalu


Setelah kesuksesan misi peluncuran pesawat Apollo, mengapa NASA tak pernah mengirimkan manusia kembali ke Bulan selama lebih dari 40 tahun? Terakhir kali NASA mengirimkan manusia ke Bulan tahun 1972 dengan menggunakan Apollo 17, seharusnya saat ini akan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi lebih maju.

Apakah Anda yakin bahwa program NASA meluncurkan manusia ke Mars akan berhasil? Sekalipun Obama menegaskan bahwa ditahun-tahun mendatang eksplorasi luar angkasa akan lebih terfokus pada planet Mars. Tetapi mengapa NASA tak pernah mengirimkan astronot-nya kembali ke Bulan setelah 40 tahun keberhasilan misi pesawat Apollo? Mengapa NASA tidak membangun pangkalan di Bulan daripada di orbit Bumi? Dan misteri itu tersimpan bersama misi penerbangan mereka, terlebih pada pesawat Apollo 11 dan Apollo 13.
Pesawat Apollo Digantikan, Mengapa?…

Sejarah program pesawat ruang angkasa dimulai dengan Proyek Mercury, dimana pada waktu itu Amerika menggunakan Redstone dan roket Atlas untuk mengirim manusia dalam misi suborbital dan orbital. Kemudian setelah keberhasilan proyek ini diikuti dengan proyek Gemini yang menggunakan roket Titan untuk meluncurkan dua orang ke orbit bumi, termasuk misi Extra Vehicular Activity yang membantu astronot berkelana di luar pesawat ruang angkasa.

Melalui keberhasilan proyek diatas memicu proyek pesawat luar angkasa selanjutnya yang disebut Apollo. Proyek ini menggunakan roket Saturn V untuk mengirim manusia ke Bulan, dimana pesawat Apollo 1 sebenarnya menjadi salah satu uji coba sistem yang gagal, kebakaran yang menewaskan astronot Grissom, White, dan astronot Chaffee. Gus Grissom seorang kritikus aspek tertentu tentang program luar angkasa dan nyaris tewas sebelum kejadian ini, ketika kapsul Mercury tenggelam ke laut setelah pendaratan.

Banyak misi yang pernah diuji coba pemerintahan Amerika, dan banyak juga mengalami keberhasilan. Seperti pesawat Apollo 7 dengan misi berawak di orbit Bumi, pesawat Apollo 8 berhasil membawa tiga orang ke Bulan meskipun mereka tidak mendarat. Pesawat Apollo 9 menguji peralatan Lunar Module Excursion (LEM) dan prosedur Docking di orbit Bumi, dilanjutkan dengan pesawat Apollo 10 yang membawa manusia ke Bulan dan dua awak turun menggunakan LEM sejauh sepuluh mil dari permukaan Bulan tapi tidak mendarat.

Tapi ada beberapa misi yang dianggap sangat misterius, setelah keberhasilan beberapa proyek penerbangan astronot, misi selanjutnya dianggap banyak orang sebagai kunci misteri pendaratan manusia di Bulan. Kabarnya pesawat Apollo 11 dianggap penting bagi ‘golongan’ tertentu yang berhasil mendarat di Bulan pada tanggal 20 Juli 1969. Tanggal ini merupakan tanggal Heliks meningkatnya konstelasi Sirius di belahan bumi utara (tanggal yang sangat penting bagi orang-orang Mesir kuno, terkait Dewa Isis). Sementara Buzz Aldrin dikabarkan melakukan upacara misterius selama 33 menit setelah keberhasilan pendaratan.

Misi berikutnya diikuti dengan peluncuran pesawat Apollo 12 yang mendarat dengan sukses, tetapi Apollo 13 benar-benar mendapatkan angka sial. Setalah lepas landas dari Bumi pada jam 1:13 (menurut jam militer tepat pada jam 13:13) tanggal 11 April 1970, dan mengalami ledakan misterius pada tanggal 13 April. Apollo 13 direncanakan mendarat di Bulan titik kordinat wilayah Fra Mauro, dimana wilayah itu berada dalam kegelapan. Kemudian Apollo 14, Apollo 15, Apollo 16 dan Apollo 17 mengalami kesuksesan besar.

Teknologi roket Saturn V kemudian ditinggalkan dengan alasan pemborosan biaya, karen sistem peluncuran ini hanya berfungsi sekali pakai. Amerika kemudian mengembangkan sistem Space Shuttle yang sebenarnya membutuhkan biaya operasional lebih mahal, meskipun pada kenyataannya sebagian besar dapat digunakan kembali. Dan fakta misteri yang terjadi selama ini, misi pesawat berawak telah mencapai keberhasilan spektakuler dimasa lalu,…

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

tetapi mengapa NASA belum pernah mengirim manusia kembali ke Bulan? Terakhir kali NASA mengirimkan manusia ke Bulan tahun 1972 dengan menggunakan Apollo 17, seharusnya saat ini akan menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi lebih maju.

Beberapa orang tidak pernah percaya dengan pendaratan di Bulan, bahkan hal ini terjadi sejak masa-masa penerbangan pesawat Apollo. Dan selama bertahun-tahun keraguan itu semakin besar, apalagi saat ini NASA tak pernah lagi mengirimkan astronot kembali ke Bulan. Sebuah buku karya Mary dan David Bennett Percy yang berjudul Dark Moon menjelaskan tentang perjalanan astronot ke Bulan akan membutuhkan waktu sekitar dua jam. Rute menuju Bulan penuh radiasi yang dianggap sangat mematikan, bahkan lebih mematikan dari partikel yang terperangkap pada uji coba nuklir di atas atmosfer pada tahun 1962.

Video Lunar Module yang lepas landas dari Bulan tidak menunjukkan tanda-tanda adanya asap roket ataupun debu, dan pendaratan tidak meninggalkan debu di kaki pesawat. Kamera Hasselblad yang digunakan para astronot yang dipasang pada pakaian ruang angkasa setinggi dada, hampir mustahil beroperasi sambil mengenakan setelan tebal dan rumit.

Richard Hoagland dan Mike Bara menyebutkan, bahwa sejarah rahasia NASA tidak cukup memiliki bukti kuat. Tanggal aneh dan penentuan waktu yang melibatkan angka suci, apakah kebetulan dalam misi Apollo 13 seperti semacam ritual aneh atau Teater bukan penyebab utama kecelakaan? NASA menggunakan nama Mitologi Pagan pada sebagian besar roket dan program misi-nya (Apollo juga dianggap sebagai dewa yang bisa membawa wabah penyakit dan mematikan). Misi mereka menggambarkan konstelasi Orion (Sirius) sangat penting bagi Mesir kuno. Ada satu landasan peluncuran yang disebut White Sands Missile, dan itu disebut Launch Complex Thirty Three. Dan ada juga satu landasan pacu di Cape Canaveral yang juga disebut-sebut sebagai Runway Thirty Three. Soal ‘Thirty Three’ saya tak perlu menjelaskan panjang lebar, silahkan Anda cari penjelasannya sendiri.

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Konspirasi Pendaratan Module Pesawat Apollo Di Bulan

Jadi ada dua kemungkinan, mungkin saja manusia pernah mendarat di Bulan, atau ada utusan lain yang mengorbit ke Bulan. Disebutkan para astronot pesawat Apollo melihat dan merekam benda misterius di orbit Bumi dan Bulan, melihat lampu aneh di permukaan Bulan, detektor seismik pada misi pertama mendeteksi tapi tak ada bukti meteor yang menjelaskan adanya lampu.

Jika manusia tidak pernah mendarat di Bulan, darimana asal batu bulan sebanyak 800 pon yang dibawa astronot? Bebatuan ini dikirim ke laboratorium di seluruh dunia, dan rasio isotop batu bulan berbeda dengan batu yang ada di Bumi.

Ada konspirasi yang menyebutkan, mungkin bebatuan itu benar-benar dibawa oleh astronot dalam sebuah program ruang rahasia, dan program misi yang muncul di publik hanya bertujuan sebagai propaganda untuk menutupi keberadaan program rahasia dan teknologi canggih yang digunakan. Sangat mungkin NASA memiliki teknologi Electrogravitik, tapi skenario ini tampaknya terlalu mengada-ada.

Konspirasi lainnya, mungkin astronot memang pernah mendarat tetapi hanya sekali atau dua kali dan misi pesawat Apollo lainnya adalah palsu. Motifnya untuk menutupi foto asli dengan merubah (kemungkinan) adanya struktur atau pesawat ruang angkasa lain di Bulan. Hoagland dan Bara serta peneliti lainnya telah memberikan bukti sangat kuat yang menyatakan bahwa beberapa jenis peradaban meninggalkan struktur di permukaan Mars dan Bulan, dan ada kemungkinan bahwa mereka masih hidup.

Lalu, bagaimana dengan Mars Curiosity dan rencana NASA mengirimkan manusia ke planet Mars? Saya tidak beranggapan bahwa hal ini terlalu berambisi, serangkaian uji coba mungkin akan mengulang tragedi yang pernah terjadi pada misi pesawat Apollo. Dan lebih buruk dari itu, NASA tidak akan membuka keseluruhan fakta yang mereka temukan di permukaan Mars. Mungkin NASA sudah diperingatkan, ‘jangan kembali ke Bulan’ hingga misi penerbangan Apollo selanjutnya dihentikan. Semua ini masih menjadi misteri, benarkah ada peradaban di Bulan hingga mengorbankan serangkaian penerbangan pesawat Apollo?

artikel asli di http://misteridansejarah.blogspot.co...i-manusia.html



emoticon-Ngacir
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 17
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
30-12-2016 20:41
Quote:Original Posted By anakingusan90
kalau explorasi planet ada hak klaim mengklaim ga sih, misalkan amerika berhasil mendarat dimars nah astronotnya menancapkan bendera amerika disana dan didokumentasikan, maka negara lain ga boleh mengeksplorasi daerah dimars tsb .

kalau khayalan liar ane sih amerika berhasil mengirimkan pesawat kesuatu planet disana tidak ditumpangi manusia tapi sepasang monyet betina & jantan, nah ternyata monyet tsb berhasil hidup dan berkembang biak ,seiring berjalannya waktu ternyata evolusi monyet tsb sangat cepat terciptalah peradaban yang sangat hebat, entar keturunan monyet itu mengexplorasi bumi...... planet apes mode on..... emoticon-Hammer2

Revisi khayalan agan.
Misal jangan sepasang monyet.
Tapi sekelompok kera besar (misal simpanse).
Jadi berkurang potensi masalah macam masalah genetika akibat incest...

Monyet = monkey =/= ape
1 0
1
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
31-12-2016 01:56
Emg lg gk ad tiket promo aj x
emoticon-Traveller
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
31-12-2016 09:06
@ all yang mampir, thanks.

Quote:Original Posted By anakingusan90
kalau explorasi planet ada hak klaim mengklaim ga sih, misalkan amerika berhasil mendarat dimars nah astronotnya menancapkan bendera amerika disana dan didokumentasikan, maka negara lain ga boleh mengeksplorasi daerah dimars tsb .


secara teori harusnya milik bersama umat manusia.

Quote:
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Siapa Pemilik Bulan yang Sah Secara Hukum?

Memandang bulan saat sedang purnama penuh, sering bertanya-tanya pada diri sendiri. Siapa, atau negara manakah yang berhak mengklaim sah secara hukum memiliki tanah bulan? Apakah USA atau Rusia yang telah menancapkan benderanya di sana, atau yang lainnya?

Ternyata pada tahun 1967, sekitar 98 negara yang tergabung di PBB telah meratifikasi perjanjian Outer Space Treaty, yang diinisiasi oleh 3 negara besar yaitu USA, UK (Inggris), dan USSR (Rusia). Perjanjian tersebut antara lain menyatakan bahwa luar angkasa merupakan daerah yang bebas untuk dieksplorasi dan digunakan oleh semua negara, kemudian bulan dan benda langit lainnya harus digunakan secara eksklusif untuk tujuan damai, dan yang paling penting adalah daerah luar angkasa tidaklah tunduk pada suatu keuntungan nasional suatu negara dengan cara klaim kedaulatan, penggunaan, pekerjaan atau dengan cara lainnya.

Jadi jelaslah sudah jawaban atas pertanyaan di atas.

Namun perkembangan teknologi dan hasil eksplorasi pada tanah di bulan telah jauh merubah keadaan sejak 1967.

Hal ini secara tegas dinyatakan oleh Dr. Ian Crawford, seorang professor planetary science pada Birkbeck University of London, yang juga seorang penasehat dalam Human Spaceflight and Exploration Science Advisory Committee (HESAC) pada European Space Agency (ESA), dalam sebuah wawancara dengan Radio BBC UK pada tanggal 26/01/2014.

"Ada argumen yang kuat untuk mengembangkan hukum internasional di area ini karena pada tahun 1967 itu tidak dipertimbangkan bahwa orang lain selain negara dan bangsa akan mampu mengeksplorasi bulan," kata Crawford. "Jadi jelas hal tersebut telah berubah sekarang dan ada argumen untuk mengembangkan perjanjian luar angkasa untuk memasukkan organisasi swasta yang mungkin ingin memanfaatkan bulan atau ada kemungkinan terjadinya pariwisata ruang angkasa."

Memangnya apa saja yang terdapat pada bulan sehingga bisa diperebutkan?

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Selain faktor pariwisata luar angkasa, yang jelas bisa sangat menguntungkan karena banyak sekali orang kaya raya di dunia ini yang ingin merasakan pergi ke bulan tanpa terlalu mempedulikan besarnya biaya, ternyata bulan diketahui juga menyimpan banyak material langka dan sangat berharga, seperti europium, tantalum, potassium, phosphorus, thorium, dan terutama adalah Helium-3.

Helium-3 adalah atom Helium (He) yang telah kehilangan sebuah neutron, merupakan sumber energy masa depan dan disebut para ilmuan sebagai "sumber energi fusi sempurna yang bisa menggantikan minyak dan gas", dan juga paling aman, karena skenario kegagalan terburuk pada reaktor fusi dengan bahan bakar Helium-3 tidak akan menghasilkan kematian sipil karena paparan radiasi yang signifikan. Diklaim, helium-3 bisa menghasilkan energi dunia untuk kebutuhan selama 10.000 tahun.

Di bumi, Helium-3 adalah produk sampingan pada proses pemeliharaan senjata nuklir, karenanya bisa disebut sebagai sumber energi terbarukan, dan dari proses tersebut hanya terdapat beberapa puluh kg saja yang berhasil dikumpulkan sampai saat ini. Namun batuan bulan diperkirakan menyimpan sekitar satu juta ton lebih Helium-3.

Berapa memang kebutuhan Helium-3 pada reaktor fusi? Para ilmuwan memperkirakan bahwa hanya dengan sekitar 40 ton Helium-3 sudah dapat mencukupi seluruh kebutuhan energi di USA selama setahun penuh.

Cara menambang Helium-3 juga cukup mudah : panaskan batuan bulan sampai derajat tertentu, dan gas tersebut akan diperoleh, tentu dengan proses pemurnian selanjutnya. Dan dengan asumsi harga pasaran akan mencapai sekitar US$ 10 juta per kg, maka daerah bulan akan menjadi semacam The Next Persian Gulf.

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Sampai saat ini reaktor fusi dengan bahan bakar Helium-3 masih dalam tahap pengembangan. Namun jika benar-benar terwujud, maka kebutuhan Helium-3 ini akan segera saja melebihi pasokan yang sudah ada, dan harapan yang diketahui adalah depositnya pada tanah bulan. Beberapa negara yang telah berhasil mendarat di bulan, seperti AS, Rusia, dan China, dan juga yang telah berhasil membuat misi tanpa awak di bulan seperti India, Jepang, dan juga ESA, adalah entitas yang berpotensi sebagai pelaku penambangan Helium-3 dan mineral sangat langka lainnya. Ditambah dengan pihak swasta (contoh Artemis Project) yang juga punya potensi sama di bidang penambangan selain pariwisata dan kolonisasi di bulan, maka kegiatan eksploitasi di bulan kemungkinan akan menimbulkan perselisihan sengit dengan satu pertanyaan besar: Siapa atau Negara mana yang berhak mengklaim sah secara hukum memiliki tanah bulan?

Contoh nyata adalah China, yang pada bulan Desember 2013 lalu, telah berhasil mendaratkan wahana penjelajahnya di bulan, dan telah mengungkapkan terus-terang niatnya untuk menambang Helium-3.

Perjanjian Outer Space Treaty 1967 juga tidak menyebut sama sekali tentang para pelaku yang berstatus di luar pemerintahan yang mengklaim hak properti di bulan. “Tidak ada larangan melakukannya, tidak ada ijin melakukannya. Benar-benar tidak menyebut sama sekali”, kata Joanne Gabrynowicz, seorang profesor hukum ruang angkasa di University of Mississippi yang juga bertindak sebagai pengamat resmi terhadap upaya PBB untuk mengawasi penggunaan kerangka hukum yang mengatur ruang angkasa.

Sebenarnya pernah dibuat perjanjian baru pada 1984 bertajuk “Moon Agreement” yang diinisiasi oleh PBB yaitu Office for Outer Space Affairs, yang menyatakan bahwa lingkungan bulan tidak boleh terganggu, hanya bisa dipergunakan hanya untuk tujuan perdamaian, bahwa bulan dan sumberdaya alamnya adalah warisan bersama umat manusia, dan bahwa sebuah rezim internasional "harus ditetapkan" untuk mengatur eksploitasi sumber daya alam bulan ketika eksploitasi tersebut kemudian akan mungkin dilakukan.

Isi perjanjian tersebut terang dan jelas: tidak ada pihak yang dapat memiliki sebuah potongan kecil dari batuan bulan tanpa negosiasi lebih lanjut. Masalahnya adalah bahwa tujuh negara yang telah meratifikasi Moon Agreement ternyata bukanlah negara yang telah berinvestasi pada penjelajahan ruang angkasa. Bahkan negara-negara seperti AS, China dan Rusia ternyata tidak ikut terlibat di dalamnya, dan akibatnya perjanian tersebut sia-sia belaka dan tidak mengikat secara hukum sama sekali.

Sebenarnya, kondisi saat ini memang belum begitu genting. Kegiatan ekspoitasi bulan merupakan aktivitas yang masih sangat mahal (misalnya diperlukan biaya US$ 25 ribu untuk setiap kg berat pesawat dan muatannya supaya bisa lepas dari gravitasi bumi) dan teknologi yang diperlukan untuk juga masih belum tersedia, mungkin dalam beberapa dekade lagi. Namun pertanyannya sekarang apakah layak dan bermanfaat untuk mengembangkan alat pendarat dan infrastrukturnya sebagai tanda dimulainya industri berbasis pemanfaatan tanah bulan.

Mungkin nanti pada suatu saat ketika ada suatu negara atau perusahaan swasta yang pertama kali benar-benar bisa mengklaim dan mengeksploitasi batuan bulan, barulah timbul reaksi dan urgensi dari negara-negara di dunia ini untuk bersama-sama memperbaharui Outer Space Treaty 1967.

artikel asli di http://www.kompasiana.com/irawan2000...331164168b45e0



emoticon-Ngacir
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
31-12-2016 10:57
Quote:Original Posted By f4u.corsair
@ all yang mampir, thanks.

secara teori harusnya milik bersama umat manusia.

emoticon-Ngacir


In your dream ...

Kalo aturan mengenai klaim tanah baru dipake, karena Amerika yang pertama menancapkan bendera di sana, maka bulan resmi menjadi milik Amerika, setidaknya di seputaran bendera itu ditancapkan. Masalahnya adalah seberapa besar "seputaran bendera" itu, karena hukum di bumi mengenai "tanah baru" kan dibuat dengan patokan laut, padahal di bulan gak ada lautnya.

Selain itu juga ada pertimbangan mengenai kemampuan pemegang klaim untuk mempertahankan dan membangun wilayah yang diklaim (ingat kasus Sipadan dan Ligitan). Kalo kemudian ada negara lain yang nancepin bendera juga di sana, maka tentu saja perlu dilihat kemampuan Amerika mengusir atau mencabut bendera lawannya, atau paling tidak, seberapa dekat bendera baru dengan bendera Amerika sampe Amerika gak mempermasalahkannya.

0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
31-12-2016 12:14
Pindah ke bulan bikin warung biar ramean dikit emoticon-Cool
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
31-12-2016 20:40
kita ga kebulan lagi krn memang spy tdk ditambang mengingat pentingnya bagi bumi jd Bulan tdk boleh rusak

sadar, wake up konspirasi kok terus
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
31-12-2016 22:47
Quote:Original Posted By peyotpetot


In your dream ...

Kalo aturan mengenai klaim tanah baru dipake, karena Amerika yang pertama menancapkan bendera di sana, maka bulan resmi menjadi milik Amerika, setidaknya di seputaran bendera itu ditancapkan. Masalahnya adalah seberapa besar "seputaran bendera" itu, karena hukum di bumi mengenai "tanah baru" kan dibuat dengan patokan laut, padahal di bulan gak ada lautnya.

Selain itu juga ada pertimbangan mengenai kemampuan pemegang klaim untuk mempertahankan dan membangun wilayah yang diklaim (ingat kasus Sipadan dan Ligitan). Kalo kemudian ada negara lain yang nancepin bendera juga di sana, maka tentu saja perlu dilihat kemampuan Amerika mengusir atau mencabut bendera lawannya, atau paling tidak, seberapa dekat bendera baru dengan bendera Amerika sampe Amerika gak mempermasalahkannya.



lama gak ketemu om peyotpetot. emoticon-Om Telolet Om!

makanya teorinya gitu prakteknya entahlah. emoticon-Ngakak (S)

soalnya di praktek.. eksplorasi, ekspedisi kan juga pakek biaya dan riset, astronot yang dikirim juga ada resiko berhubungan dengan keselamatannya.

nanti kalau dibahas lebih jauh malah salah salah bisa sampek sosialisme vs kapitalisme, kebersamaan mankind hanya mimpi indah dan sekedar plakat yang tergeletak di bulan (yang mungkin saja telah atau akan dibaca oleh aliens).


emoticon-Ngacir
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
01-01-2017 19:41
Quote:Original Posted By f4u.corsair
@ all yang mampir, thanks.



secara teori harusnya milik bersama umat manusia.




emoticon-Ngacir


thanks pencerahannya gan..... emoticon-Shakehand2
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
01-01-2017 21:20
Quote:Original Posted By anakingusan90


thanks pencerahannya gan..... emoticon-Shakehand2


iya sama sama. emoticon-Stick Out Tongue

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Sejarah Eksplorasi Luar Angkasa

Apa sih yang dimaksud dengan eksplorasi luar angkasa?

Eksplorasi luar angkasa mencakup ilmu dan teknologi yang digunakan manusia untuk menyelidiki keadaan luar angkasa dan benda-benda langit seperti bintang, planet dan bulan-bulannya, serta lainnya.

Manusia menghabiskan begitu banyak dana, daya dan upaya untuk mengeksplorasi luar angkasa dan alam semesta lho. Mengapa? Memang manusia selalu ingin tahu tentang segala sesuatu termasuk alam semesta. Manusia tidak pernah puas dengan apa yang sudah diketahuinya dan selalu ingin tahu lebih banyak lagi.

Astronomi Kuno

Upaya mengeksplorasi luar angkasa dapat dikategorikan kepada tiga hal yaitu astronomi, pengiriman wahana tak berawak, dan pengiriman wahana berawak. Astronomi adalah ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Sampai pertengahan abad 20, astronomi masih menjadi satu-satunya cara mengeksplorasi alam semesta.

Para ilmuwan sudah sejak dahulu mempelajari tata surya, ruang bintang, atmosfer bumi, hingga lingkungan di luar angkasa. Penentuan dan perhitungan-perhitungan terbit dan terbenamnya matahari, bulan dan bintang-bintang telah dilakukan dengan cara kuno. Banyak peradaban lama yang memiliki observatorium kuno, lho. Pengetahuan tentang alam semesta berkembang terus. Pada abad ke-6 dan ke-7 mulailah berkembang teori bumi itu bulat. Pada abad ke-3 mulai timbul keyakinan bumi mengelilingi matahari. Nicolaus Copernicus kemudian mengemukakan teori bahwa planet-planet termasuk bumi mengedari matahari dengan teratur.

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Teleskop Membuka Era Baru

Pada tahun 1609, dunia astronomi memasuki era baru. Saat itu Galileo Galilei mulai menggunakan teleskop buatannya sendiri untuk mengamati langit. Ia antara lain mengamati kawah di permukaan bulan, matahari, bintang dan planet-planet. Temuannya yang penting adalah bulan-bulan besar yang mengelilingi Jupiter, yakni bulan Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Dengan teleskop, pengamatan langit menjadi semakin detil. Perkembangan teleskop pun semakin canggih. Sekarang teleskop bisa menyelidiki bagian langit yang sangat jauh. Teleskop tidak hanya ditempatkan di bumi tapi juga di luar angkasa sehingga pengamatan tidak terganggu atmosfer bumi. Observatorium luar angkasa bisa mengamati langit dengan jauh lebih teliti daripada teleskop jaman Galileo.

artikel pic asli di http://www.orbitdigital.net/article/...i-luar-angkasa

Quote:
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Sejarah Eksplorasi Luar Angkasa (part II)

The Space Age

Pada pertengahan abad 20, manusia memasuki the Space Age, di mana manusia bumi mulai mengirim wahana ke luar angkasa. Berawal dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi roket khususnya yang berbahan bakar cair. Dengan roket yang makin canggih, manusia bisa menciptakan pesawat atau wahana yang mampu mencapai luar angkasa.

Pengiriman wahana antariksa dimulai dengan peluncuran Sputnik 1 oleh Uni Soviet Oktober 1957 disusul Explorer 1 AS Januari 1958. Selama lima dekade berikutnya, ribuan wahana antariksa berbagai ragam dan tujuan diluncurkan.

Pengiriman wahana ke berbagai planet pun membuka wawasan baru tentang alam semesta di luar bumi yang kita pijak. Wahana antariksa mengirimkan gambar-gambar planet yang sangat mengesankan yang tidak kita ketahui sebelumnya. Begitu banyak wahana antariksa yang dikirim, terlalu banyak untuk kita sebutkan semua. Beberapa di antaranya adalah Explorer, Voyager, Surveyor, Pathfinder, Galilieo, Giotto, Luna, Mariner, Phobos, Pioneer, Surveyor, VeGa, Venera, Viking, Voyager dan banyak lagi. Wahana dikirim ke orbit bumi, juga ke bulan, planet-planet, bahkan ke orbit matahari. Manusia juga berhasil mendaratkan wahana di bulan dan di planet lain. Contohnya saja Rover Spirit dan Opportunity di planet Mars. Penyelidikan benda-benda langit pun makin menarik saja.

Salah satu misi yang paling sukses adalah Voyager 1 dan 2 yang diluncurkan 1977. Sampai sekarang Voyager masih mengarungi luar angkasa. Keduanya sudah hampir meninggalkan tata surya dan akan memasuki ruang antar bintang.

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?

Misi Berawak Ke Luar Angkasa

Tahukah kalian, sejak ribuan tahun lalu manusia memimpikan bepergian ke luar angkasa. Tetapi baru di abad-20 itu menjadi kenyataan.

Pengiriman manusia ke luar angkasa tidak mudah lho. Lingkungan di luar angkasa tidak ramah ganas untuk manusia. Di sana tidak ada tekanan udara, tidak ada oksigen untuk bernafas, ada bahaya radiasi, suhu sangat ekstrem (sangat panas atau sangat dingin), dan bahaya lainnya. Karenanya astronot harus memakai pakaian khusus yang menyediakan udara bertekanan dan oksigen yang diatur menyerupai keadaan di bumi. Begitu pula pesawat antariksa berawak, harus dilengkapi pengatur suhu dan kelembaban.

Pengiriman manusia ke luar angkasa dirintis oleh Uni Soviet dengan mengirimkan Yuri Gagarin ke orbit bumi. Puncak pengiriman misi berawak dicapai pada akhir tahun 1970-an, saat AS berhasil mendaratkan manusia di bulan dengan program Apollo. Setelah itu ada pula masa manusia mendiami stasiun luar angkasa seperti Salyut, Mir, hingga Stasiun Antariksa Internasional. O ya, salah satu terobosan penting dalam penerbangan luar angkasa adalah hadirnya ulang-alik sejak 1981. Hingga sekarang sudah lebih dari 400 manusia yang berhasil ke luar angkasa, dan 12 di antaranya telah berjalan di atas permukaan bulan.

Masa Depan Eksplorasi Luar Angkasa


Eksplorasi luar angkasa mahal dan berbahaya. Tetapi manusia terus ingin menjelajahi ruang yang dianggap paling berbahaya dari semua tempat yang pernah dieksplorasi manusia.

Sesudah ini apalagi ya teman-teman? Ya, manusia ingin menjelajahi planet Mars. Memang sampai sekarang belum memungkinkan, tetapi beberapa dekade yang akan datang siapa tahu? Mungkin kelak kalian akan menyaksikan sejarah baru saat manusia menjelajahi permukaan Mars.

artikel pic asli di http://orbitdigital.net/article/seja...ngkasa-part-ii



emoticon-Ngacir
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
02-01-2017 01:27
welkam cyiiiin!

(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
02-01-2017 10:57
Bulan memang unik

Tanpa bulan maka bumi tidak akan eksis sebagai tmpt tinggal yg nyaman bagi makhluk organik emoticon-Big Grin

Daya tarik bulan menyebabkan Medan magnet bumi tetap berjalan sehingga melindungi manusia dari radiasi matahari
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
04-01-2017 07:23
mungkin nasa ga liat ada potensi di bulan makanya stop ke sana makanya mereka nyari planet lain,nah mungkin mars ada potensi makanya dibanyakin ke sanaemoticon-Big Grin

ntah potensi apa,alien mungkinemoticon-Shutup
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
06-01-2017 21:47
Karena disana ada transformers emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
07-01-2017 09:43
Nanti indonesia yg ke bulan, di saat negara lain mampu ngirim ekspedisi antar galaksi, indonesia baru bisa kirim ke bulan emoticon-army:
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
09-01-2017 01:51
yaelah orang ini lagi.
kayaknya TS kebanyakan makan Teori Kopinasi -___-

Klo menurut ane dananya dibuat misi luar angkasa lain. contoh nya aja misi ke mars.
Diubah oleh YudhaXperia
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
09-01-2017 02:12
oalah.. gara2 ulah alien toh emoticon-Ngakak
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
09-01-2017 03:01
konspirasi tingkat akut inimah gan..
tapi btw seru juga sih lebih bermanfaat daripada debat politk emoticon-Ngakak
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
09-01-2017 03:29
Ya karena di bulan gak ada apa apa, pengeluaran tidak sebanding dengan kegunaan data yang didapat

sekarang itu jamannya nyari exoplanet, neliti mars, karena lebih berguna data yang didapat
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
09-01-2017 05:33
next.! mendarat di inti bima sakti emoticon-Big Grin
0 0
0
(Xenology) Mengapa Manusia tak Pernah Kembali Lagi ke Bulan ?
09-01-2017 05:35
Hal seperti ini emg menarik untuk dibaca emoticon-Matabelo
0 0
0
Halaman 2 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia