droidlime.com
TS
droidlime.com
Hands-on: OPPO A39



OPPO F1s Black Edition atau dikenal sebagai Raisa Phone ternyata bukanlah smartphone penutup OPPO untuk tahun 2016 ini. Secara tiba-tiba, OPPO menghadirkan A39 sebagai smartphone selfie yang ditujukan untuk segmen kelas menengah dengan harga Rp2,8 juta. Smartphone ini pun menjadi penengah antara OPPO A37 dan OPPO F1s. Berikut adalah pengalaman kami saat pertama menggunakannya.

Desain familiar
Dari pandangan pertama, kami sudah bisa menebak kalau smartphone satu ini bakal terlihat identik dengan para pendahulunya. Ya, mungkin karena masih berasal dari keluarga Selfie Expert, maka desainnya sama seperti smartphone selfie OPPO sebelum-sebelumnya. Memegang OPPO A39 hampir tak ada beda seperti saat kami memegang OPPO A37 atau OPPO F1s.

Smartphone ini memiliki sudut-sudu yang melengkung di keempat sisinya. Bagian belakang cukup polos hanya terdapat kamera utama dan logo OPPO. Sementara di sisi depan terdapat layar seluas 5,2 inci (1.280 x 720 piksel) yang dipercantik lengkungan 2,5D. Plus, OPPO juga sudah melindunginya dengan Gorilla Glass 4.

Bisa dibilang, bodi OPPO A39 cukup ramping dengan ketebalan 7,6 mm. Nah yang cukup menarik adalah adanya tiga slot kartu yang menyatu dalam satu tray di sisi kanan bodinya. Ada dua slot kartu nano SIM yang sudah mendukung jaringan 4G serta satu slot microSD dengan kapasitas maksimal 256 GB.

Paket penjualan lengkap
Hampir seluruh smartphone OPPO keluaran tahun 2016 dibekali paket penjualan yang lengkap. Begitu pun OPPO A39 yang datang dengan boks berwarna putih ini. Saat kami buka, layar smartphone ternyata sudah dipasangi lapisan antigores. Plus ada sebuah casing transparan (jelly case) untuk melindungi bodinya. Sisanya, terdapat paket penjualan standar. Dimulai dari charger (non VOOC), kabel data USB yang cukup solid dan tebal, earphone standar, serta SIM card ejector.

OPPO F1s versi terjangkau
Setelah meng-install aplikasi AIDA64, kami pun menyimpulkan kalau OPPO A39 adalah versi terjangkau dan minimalis dari OPPO F1s. Dengan perbedaan harga Rp700 ribu, OPPO memangkas dimensi layar, resolusi kamera, serta menghilangkan sensor sidik jari. Sementara jeroan di dalamnya bisa dibilang serupa.

OPPO A39 dan F1s sama-sama mengandalkan CPU octa-core MediaTek MT6750 yang dipacu pada kecepatan 1,5 GHz. Sementara kapasitas RAM-nya 3 GB ditemani storage 32 GB. Oh ya, kami lupa kalau baterai A39 ternyata juga lebih kecil. Ya, dengan bodi yang lebih ramping, OPPO A39 membawa baterai 2.900 mAh, alias 175 mAh lebih kecil ketimbang F1s (3.075 mAh).

Kamera selfie 5 MP
Di atas kertas, resolusi kamera depan milik OPPO A39 jauh tertinggal dibanding F1s. Padahal kamera utama adalah jualan utamanya. Tapi saat kami coba, perbedaan kualitas foto selfie milik A39 dan F1s tidak jauh-jauh amat. Dengan konfigurasi dan kondisi memotret yang sama, kami mendapati hasil selfie F1s hanya sedikit saja lebih terang.

Bisa jadi karena ada teknologi Beautify 4.0 yang disematkan sehingga wajah secara otomatis bakal terlihat halus. Kamera depan ini juga bisa hasilkan foto terang karena menggunakan sensor 1/4 inci. Sementara untuk memotret dengan kamera belakang, ada kamera beresolusi 13 MP yang kualitasnya hampir sama seperti F1s atau F1s Plus.

Video hands-on


0
23.2K
31
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
Android
icon
29.4KThread12.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.