novtoon
TS
novtoon
Sssstt.. Ini Rahasia Besar Biar Jakarta Gak Macet 100% Worked
Ada beberapa tips optional maupun berkelanjutan yang bisa mengatasi kemacetan jakarta dan tentunya tidak akan dibahas semua, semua yang dibahas disini adalah kemungkinan besar sudah dipikirkan namun ada banyak hal yang dikorbankan jadi tidak mungkin diaplikasikan.

1. Menghentikan penambahan transportasi pribadi khususnya roda 4

Spoiler for mobil:


Coba anda bayangkan, sebentar lagi akan ada mobil yang murah memasuki pasar indonesia dan jika ini tidak diantisipasi maka Jakarta akan dua kali lipat lebih padat dari dulu.

Jika dipikirkan lagi pemerintah sudah mengajak masyarakat untuk ke transportasi umum, akan tetapi yang menjadi masalah adalah keamanan dan kenyamanannya.

Beberapa cara ekstrim yang bisa dilakukan adalah memberhentikan penjualan mobil dari perusahaan pemroduksi mobil untuk di Jakarta atau pembatasan penggunaan kendaraan roda 4 dengan cara menaikkan harga mobil pribadi atau membatasi produksi kendaraan roda 4.

Resiko : Akan berakibat fatal pada perusahaan dan tenaga kerja, adanya kesenjangan sosial yang tinggi.

2. Menyaring penduduk

Spoiler for penduduk:


Pembatasan masuknya warga yang menetap di Jakarta adalah salah satu kunci mengatasi kemacetan di Jakarta, salah satu penyebab datangnya masyarakat luar pulau yang datang ke Jakarta yaitu lowongan kerja, karena hanya Jakarta lah yang menawarkan pekerjaan dengan ragam pilihan dan gaji yang cukup besar, untuk itu pembatasan ini sangat diperlukan. Fakta yang mengejutkan adalah Jobstreet dan Jobsdb sudah berhasil membawa tenaga kerja dari luar setidak nya 25 juta orang dalam hanya waktu 1 tahun.

Dengan gantinya sebaiknya perusahaan besar dialihkan pusat kantornya ke luar kota yang menjadi sub ibu kota, sehingga tujuan masyarakat tidak hanya ke Jakarta.

Resiko : Ada nya pemisahan penduduk dari keluarga, keterpaksaan penduduk untuk pindah, kemungkinan demo besar dengan mengkambing hitamkan salah satu sasaran politik.

3. Membuat jalan alternatif

Spoiler for jalur alternatif:


Jalan layang di Jakarta sudah cukup banyak namun tidak melepaskan kota ini dari kemacetan, dibutuhkan banyak penambahan jalan khusus seperti jalan tol dan jalan layang bahkan jalur bawah tanah.

Resiko : Jika jalur bawah tanah diberlakukan, akan menimbulkan pergolakan tanah yang tinggi dan memungkinkan untuk longsor, pembangunan jalan layang membutuhkan biaya yang besar.

4. Merehabilitasi pengangguran, gelandangan dan PSK

Spoiler for gelandangan:


Membuat tempat khusus untuk merehabilitasi pengangguran gelandangan dan PSK dari tidak berguna di Jakarta menjadi berguna. Ada sebuah penampungan yang menempa mereka dalam kejiwaan, mental dan bakat. Dan penerapan ini sifatnya berkewajiban, khusus untuk pengangguran jika ada keluarga yang menampungnya tidak akan dilakukan rehabilitasi.

Resiko : Butuh biaya tambahan yang menyerap anggaran negara jika yang menanggung adalah negara dan bukan sukarelawan, kesulitan dalam mengolah orang tersebut dengan kemungkinan besar kriminalitas yang tinggi.

5. Mengganti alat transportasi

Spoiler for alat transportasi:


Ini adalah yang memiliki pengaruh terbesar dan memiliki resiko besar juga, tentunya ada pro kontra dalam penggantian alat transportasi ini, adalah sebuah alat transportasi yang menghubungkan terminal satu dengan yang lainnya, dengan bantuan suatu tekanan dan magnet kendaraan ini akan bergerak dan sampai dengan cepat tanpa hambatan, pemberhentiannya pun diatur oleh mesin. Jika transportasi ini sukses diluncurkan maka anda bisa ke Jogjakarta dari Jakarta hanya 15 menit saja.

Resiko/Kekurangan : Kendaraan ini masih dalam taham pengembangan dan kemungkinan akan selesai dalam tahun 2030 jika direalisasikan, membutuhkan adaptasi yang besar dalam suatu negara, membutuhkan biaya super besar dalam pembangunannya maupun proyeknya.

6. Membuat Ibu Kota kedua

Spoiler for Jakarta:


Bukan hanya nama yang dipajang sebagai ibu kota, itu tidak akan cukup membuat masyarakat pergi kesana, kegiatan politik dan negara setidaknya setengah harus menuju ke Ibu Kota kedua tersebut, diharapkan perusahaan besar tertarik berinvestasi di kota tersebut dan menjadi Jakarta kedua.

Resiko : Agak kerepotan dalam pemindahan pemerintahan ke kota tersebut, Ada kemungkinan perselisihan dengan penduduk asli dari kota tersebut.


Source dan baca lainnya di sini


Diubah oleh novtoon 06-01-2017 01:54
0
13.9K
166
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.