News
Batal
KATEGORI
link has been copied
146
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/586336f45a51637f2e8b4569/polisi-akan-minta-keterangan-saksi-terkait-kasus-habib-rizieq
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Sihab dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penistaan agama dan ujaran kebencian. Polda Metro Jaya pastikan akan menindak lanjuti laporan yang dilayangkan pada Selasa (27/12) itu. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan laporan tersebut ditindak lanjuti dengan dimulainya proses peny
Lapor Hansip
28-12-2016 10:52

Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq

Quote:REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Sihab dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penistaan agama dan ujaran kebencian. Polda Metro Jaya pastikan akan menindak lanjuti laporan yang dilayangkan pada Selasa (27/12) itu.

Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq


Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan laporan tersebut ditindak lanjuti dengan dimulainya proses penyelidikan lebih dulu untuk mengkonfirmasi apakah benar ada tuduhan seperti dalam laporan itu. "Kami akan lakukan penyelidikan," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/12).

Pihaknya akan memulai penyelidikan dengan meminta keterangan dari sejumlah saksi. Hal itu termasuk kemudian mendatangkan para saksi ahli, misalnya ahli IT, ahli pidana, dan ahli bahasa.

"Memeriksa saksi- saksi, saksi ahli, pidana, dan sebagainya. Kami kumpulkan semuanya, baru kami lakukan gelar perkara," ujar Argo.

Namun perihal proses gelar perkara, kata dia, belum diketahui apakah akan dilakukan secara terbuka seperti saat gelar perkara kasus penistaan agama yang disangkakan ke Ahok di Mabes Polri. "Kita tunggu saja bagaimana nanti akan dilakukan," kata dia.


Laporan tersebut dilakukan oleh pengurus pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PP-PMKRI) pada Senin (26/12). Laporan tersebut dilakukan atas ceramah Rizieq yang diunggah di media sosial yang diduga menistakan agama Kristen. Selanjutnya Rizieq kembali dilaporkan oleh Doddy Abdullah pada Selasa (27/12) atas ceramah Rizieq yang dianggap mengandung ujaran kebencian. Doddy khawatir jika hal tersebut dibiarkan justru akan melahirkan perpecahan antarpenganut agama di Indonesia.

"Unsur penistaan jelas, tapi kami fokus pada ujaran kebencian. Di situ dia jelas mengolok ajaran agama lain, di situ dia mengatakan 'kalau Tuhan beranak siapa yang jadi bidan?'" kata Doddy di Mapolda Metro Jaya kemarin.
SUMBER


Selamat, Menuju garansi 5-6 tahun Indonesia tanpa bibib emoticon-Ultah

Quote:
Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)


Pasal 156
Barang siapa di rnuka umum menyatakan perasaan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beherapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. Perkataan golongan dalam pasal ini dan pasal berikutnya berarti tiap-tiap bagian dari rakyat Indonesia yang berbeda dengan suatu atau beberapa hagian lainnya karena ras, negeri asal, agama, tempat, asal, keturunan, kebangsaan atau kedudukan menurut hukum tata negara.

Pasal 156a
Dipidana dengan pidana penjara selama-lumanya lima tahun barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan:
a. yang pada pokoknya bcrsifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia;
b. dengan maksud agar supaya orang tidak menganut agama apa pun juga, yang bersendikan Ketuhanan Yang Maha Esa.
Diubah oleh re.eitan2
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 8
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:14
Zaman dulu, menjaga isi ceramah cuma buat kalangan sendiri itu gampang. Cukup adakan di tempat tertutup atau tersendiri. Di dalamnya, mau caci maki agama lain segala macam, tidak akan ada yang protes, semua yang hadir mengamini.

Zaman sekarang, cukup perlu satu rekaman video yang diupload ke internet untuk mengubah "kalangan sendiri" menjadi "di muka umum".

Tapi, yah, mau gimana lagi. Sudah konsekuensinya ajaran agama-agama kita...
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:16
mantap pak pol
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:18
Congor onta akhir nya kena batu nya. Haha..... masukin aja ini barang, Indonesia aman dah .
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:26
Quote:Original Posted By muka.tembok.3
ah yg ini aja menghina aman kok emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakaka

Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq


hubungannya sama ahok apa om
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:44
Quote:Original Posted By muka.tembok.3
ah yg ini aja menghina aman kok emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakaka

Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq


Yah udh sih gan yg ini Lo laporin aja juga,, klo Rizieq bener ga ush tkut,tinggal ikuti aja prosesnya,, ini kayanya komitmen yg di langgar Rizieq sendiri,klo kt Rizieq kan Ahok ga berhak komentarin alquran yg bukan agamanya,sharusnya itu berlaku jga buat Rizieq jgn komentarin yesus,di Al-Quran kan ga di sebutin Yesus ya, yg ada Isa putra Maryam,, komentari aja Isa,tpi ini sbnernya keseleo lidah saja,tpi ahok bukanya keseleo lidah juga,,heheee karma memang ada dan saya saya percaya itu
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:45
Quote:Original Posted By bakaqua


kerukunan umat beragama versi indonesia bray....cek dulu apa itu aturan "hanya untuk kalangan sendiri" emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


mana aturan yg bilang begitu?
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 14:50
Hakim memvonis Bibib, Hakimnya yang masuk penjara

0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 16:38
Quote:Original Posted By .soroga.


sumpah ini komentar absurd dan gak tau apa apa loh ... alias main ucap

di gereja ada sound system dan di gereja gereja uda disetel biar suara yang ada gak sampai keluar ke mana mana
malah banyak gereja yang pakai bambu di sekeliling halaman karena bambu efektif sebagai penyerap polusi suara

apa pernah lo saksiin ada gereja yang kotbah pendeta atau pasturnya sampai kedengeran ama orang luar ?
emoticon-Wink
kalau mesjid banyak ... emoticon-Peace


Benar kalo gereja soundnya cuman ada di dalam gereja beda dgn mesjid tau sendirilah

Yg islam pernah dengar nda kalau pastur/pendeta khotbahnya kedengaran sampe luar?

Pernah liat kebaktian/pengajiannya org nasrani kalo kotbah suara pendeta/pasturnya kedengaran sampe luar nda? (disini kita bisa bedain yg namanya toleransi mohon maaf kalo org islam toleransinya cuman sekedar di mulut doang)

Kalo di dekat rumah ane pengajiannya suka pake toa yah palingan cuman sekedar polusi suara ditahanin ajalah sampe tu pengajian selesai

Beda dgn si bibib dah jelas pake toa sampe kedengaran orang luar, isinya pun jelekin agama orang wajar2 lah dilaporin
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 17:09
Quote:Original Posted By nekoyashikki
ane yakin lepas tu habib, boro-boro agama, urusan hukum negara yg udah jelas dia menghina pancasila ga ada yg nangkep kan? emoticon-Toast


emoticon-Motret emoticon-Sundul
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
28-12-2016 22:38
Quote:Original Posted By bhethoro.kolo
kalo konteksnya ceramah dilingkungan pengajian (internal)
spertinya ga masuk PENIStaan deh,
ga usah munafik lah, terkadang ceramah di gereja pun ga jauh beda nyindir umat lain, meskipun ga setiap waktu & ga setiap gereja, tapi OK lah itu untuk lingkungan mereka, dan itu tidak sampai diunggah ke internet & tidak jadi konsumsi publik emoticon-Embarrassment

nah yang unggah itu yang perlu di bina emoticon-Embarrassment


biar pengadilan yg menentukan si rizieq menghina atau tidak
kalau elu yg menentukan sama saja dgn jeruk makan jeruk
yg unggah gak bisa disalahkan. kalau gak ada rizieq, apa yg akan diunggah?
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 01:05

bre mungkin dia ga ngerti 'offside' yg ente maksud..

Quote:Original Posted By riry7djoe


lah trus ngapain si risik bahas Yesus... emoticon-Hammer tuh namanya offside


0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 02:18
Lakum dinukum waliyaddin gan..yg penting kite2 yg disini kaga usah saling ribut dgn agama masing2..
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 03:42
yg dengerin ceramahnya juga segala direkam jadi konsumsi publik di ig udah terguncang sampe di apus videonya,
ahok juga kayanya kapok upload2 video lagi di youtube
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:20
Quote:Original Posted By gurrenn


mana aturan yg bilang begitu?


Tau gak darimana aturan buku keagamaan harus dikasih embel2 "untuk kalangan sendiri"? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:23
Quote:Original Posted By victimofonta5


Yakin neh gk hobi bilang Alkitab dipalsukan?emoticon-Big Grin


Yakin dong emoticon-Cool
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:24
Quote:Original Posted By pampers


apa hubungannya emoticon-Ngakak


Berhubungan atuh...

Si bibib di depan umat Islam mengajarkan Tuhan tidak beranak. Dan ini disebut menista Kristen. Dengan logika goblok yang sama maka ketika umat Kristen mengatakan Yesus anak Allah sama saja menista Islam.

Paham tong? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:27
Quote:Original Posted By SVDragunova


berarti lu akui habib rizieq menghina kan ? benar2 pemimpin berkualitas dgn tingkat spiritual yg tinggi emoticon-Big Grin

ternyata menghina agama lain itu 'masih' masuk dalam 'kerukunan beragama' asal dalam kalangan sendiri. (padahal ada buku karangan kalangan ente yg diJUAL BEBAS yg isinya menyerang agama lain) emoticon-Big Grin

sebut merk secara jelas emoticon-Big Grin


Oo tidak...wong si bibib lagi ngomong di depan umat muslim dengan ngutip ajaran Islam perihal Allah itu enggak beranak kok...kalo dia ngomong gitu di depan jemaat Kristen baru ada kemungkinan dia menista agama emoticon-Ngakak
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:38
Quote:Original Posted By muka.tembok.3
ah yg ini aja menghina aman kok emoticon-Wkwkwkemoticon-Wakaka

Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq


mau kayak buni yani lu blay di bui, pake transkrip gitu.. emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:39
Quote:Original Posted By sayhitoyourmom
sidang ahok, FPI full siaga
sidang HR, FPI full siaga
ni orang-orang kapan istirahatnya emoticon-Wink

😂😂😂
Nambahin gan:
Ni orang-orang kapan kerjanya
0 0
0
Polisi akan Minta Keterangan Saksi Terkait Kasus Habib Rizieq
29-12-2016 08:43
Quote:Original Posted By bakaqua


Tau gak darimana aturan buku keagamaan harus dikasih embel2 "untuk kalangan sendiri"? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


gue punya al-quran ga ada tuh embel2 tulisan ky gitu
gue beli bible jg ga dicek tuh ktp gue

sekarang mana buktinya hukum penistaan agama cuma berlaku antar agama?
0 0
0
Halaman 5 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia