hellucinationAvatar border
TS
hellucination
Turis Bebas Dari PPN?






Mungkin banyak yang bertanya kenapa?

Sebelumnya kita harus tahu apa itu PPN, VAT dan GST.

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen. Dalam bahasa Inggris, PPN disebut Value Added Tax (VAT) atau Goods and Services Tax (GST). PPN termasuk jenis pajak tidak langsung, maksudnya pajak tersebut disetor oleh pihak lain (pedagang) yang bukan penanggung pajak atau dengan kata lain, penanggung pajak (konsumen akhir) tidak menyetorkan langsung pajak yang ia tanggung.

Indonesia menganut sistem tarif tunggal untuk PPN, yaitu sebesar 10 persen

Pada dasarnya semua barang dan jasa merupakan barang kena pajak dan jasa kena pajak, sehingga dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), kecuali jenis barang dan jenis jasa sebagaimana ditetapkan dalam Pasal 4A Undang-Undang No. 8/1983 tentang Pajak Pertambahan Nilai Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang No. 18/2000 tidak dikenakan PPN, yaitu:

Spoiler for Barang tidak kena PPN:


Spoiler for Jasa Tidak Kena PPN:


Sumber





Sebagai wisatawan yang bukan Warga Negara Indonesia, mereka tidak wajib membayarkan pajak karena mereka tidak mendapatkan manfaat dari pembayaran pajak tersebut. Namun disetiap pembelian barang dan jasa yang mereka beli di Indonesia dikenakan Pajak sebesar 10% di dalam struknya. Pemerintah Indonesia memberlakukan VAT (Value-Added Tax) Refund untuk wisatawan agar tidak kena pajak. Pengembalian bisa dilakukan secara tunai maupun kartu kredit.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya belanjaan si turis bisa di-refund PPN-nya. Yang paling utama adalah turis tersebut bukan Warga Negara Indonesia atau bukan Permanent Resident of Indonesia yang tinggal atau berada di Indonesia tidak lebih dari 2 (dua) bulan sejak tanggal kedatangannya.Dan yang kedua, bukan kru dari maskapai penerbangan.

Untuk dapat melakukan klaim pengembalian PPN ini, Barang yang dibeli harus dari toko retail yang ikut menjadi partisipan program VAT Refund di Indonesia dengan minimal pembelian adalah Rp.5.000.000.-(lima juta rupiah) dalam satu strok (one valid tax invoice). Tanggal pembelian tidak lebih dari 1 bulan sebelum Turis tersebut meninggalkan Indonesia/ ketika pengajuan klaim sesaat sebelum boarding.

Adapun dokumen yang harus ditunjukkan pada saat melakukan permintaan kembali atas PPN dan PPnBM yang sudah dibayar, sesuai dengan ketentuan Pasal 16E ayat (4) UU PPN adalah :
  • Paspor
  • Pas naik (boarding pass) untuk keberangkatan ke luar Daerah Pabean; dan;
  • Faktur Pajak.
Agar proses klaim PPN ini berjalan lancar, Turis harus membawa invoice asli dan special tax invoice dari Kasir tempat belanja barang tersebut.



Dengan program ini, para Turis yang datang ke Indonesia dapat menikmati fasilitas ini dengan datang ke konter VAT Refund di beberapa bandara di Indonesia yakni :
1. Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta
2. Bandara Adisucipto, Yogyakarta
3. Bandara Juanda, Surabaya
4. Bandara Kualanamu, Medan
5. Bandara Ngurah rai, Bali





Hal ini berlaku juga untuk kita yang gemar berbelanja di luar negeri, jangan lupa untuk klaim GST (Good and Services Tax) Refund yang berkisar antara 5-17% tergantung kebijakan di setiap Negara.Tentu saja pajak ini akan lebih terasa kalau membeli barang2 mahal. Tetapi batasan minimum-nya ternyata bisa jadi lumayan rendah.

Note: Cukai di Indonesia dan VAT/GST adalah dua hal yang berbeda. Pajak VAT/GST adalah sama dengan Tax yang biasanya di Indonesia dikenakan pada pajak makanan yang tertulis 10% yang ada di nota atau struk pembelian, kurang lebihnya VAT/GST adalah demikian. Jadi bukan berarti dengan kita klaim VAT/GST Refund maka kita bebas pajak cukai di Indonesia.




Quote:


Quote:





Cara Klaim GST Refund Di Singapore
VAT Refund For Foreigner in Indonesia ( Tax Refund)
Pengembalian PPN (VAT Refund)
FAQ VAT Refund
Turis Bisa Tarik Pajaknya Lagi, Asalkan?
Tax Rebate di Benua Eropa




Diubah oleh hellucination 27-12-2016 06:49
0
21.1K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.