iskrimAvatar border
TS
iskrim
Limbah Oli Bekas Bengkel Dibuangnya Kemana? (Berikut Infonya)
Limbah Oli Bekas Bengkel
Dibuangnya Kemana? (Berikut Infonya)




[ HT# 073 ]

Suatu ketika ane service motor di bengkel langganan
yang emang udah terkenal dan rame. Tapi baru kemarin ane kepikiran, kalau sehari aja ada 25 motor ganti oli berapa liter oli ditampung oleh bengkel, itu baru sehari, gimana kalau dikalikan sebulan, setahun? Nah lo, ane kepikirannya itu oli kan termasuk limbah berbahaya, secara oli termasuk bahan beracun dan menjadi musuh bagi tanah karena bisa mematikan unsur hara dan lumut yang tumbuh disekitarnya. Oli, menurut ahlinya adalah termasuk kategori limbah kelas berat yang sulit untuk diurai, bahkan bagi tubuh bisa menyebabkan sakit gagal ginjal, syaraf, dan penyakit kanker!


Semakin ane penasaran man-temans, gan and sista, akhirnya ane bertanya ke mekanik langganan ane yang biasa pegang motor ane. "Pakde, oli segitu banyaknya nanti dibawa kemana?", "Nanti ditampung di tong-tong gudang" katanya. Sayangnya, percakapan ane harus terhenti karena motor ane udah beres dan musti buru-buru udah mau jamnya nguli. Masih penasaran, dijalan ane terus kepikiran, dan dikesempatan yang ada ane coba gogling untuk mencari jawaban lebih lengkapnya.





SEKITAR OLI



Oli motor pertama ditemukan di Amerika oleh John Ellis, 1873, yang mendirikan Continuous Oil Refining Company, perusahaan yang kemudian menjadi produsen oli Valvoline. Pada saat itu, Ellis yang merupakan seorang dokter, sedang meneliti fungsi minyak mentah sebagai obat. Namun, Ia tidak berhasil menemukan kegunaan minyak sebagai obat, dan justru menemukan kegunaan minyak mentah sebagai pelumas.

Quote:




KEMANA OLI BERMUARA



Hasil tanya jawab ane dihari berikutnya bersama mekanik langganan ane tadi, dan hasil dari gugling dapet ane simpulkan bahwa bengkel wajib memiliki standar kesehatan dan keselamatan. Seperti :

Memiliki Saluran Pembuangan Yang Ramah Lingkungan
Quote:


Pengumpulan Limbah



Quote:





SETELAH ITU?



Quote:



Nah gimana man-temans, gan and sista, sekarang udah kebayang dong kemana limbah-limbah itu dibuang. Ternyata mereka yang kreatif dan memiliki jiwa wirausaha yang tinggi mampu mendaur ulang limbah oli menjadi bermanfaat kembali. Asalkan limbah oli tidak dimanfaatkan menjadi oli palsu ya!, bisa gaswat daaah urusannya. SALAM ISKRIM emoticon-Peace

guk



sumur: ref 1, ref 2, ref 3, ref 4, ref 5, ref 6, | sotosop: iskrim | sumur gambar: oom gugel





Main ke koleksi HT iskrim dan thread lainnya
>> klik disini gan <<

emoticon-Nyepi emoticon-Leh Uga emoticon-Nyepi

Diubah oleh Kaskus Support 12 25-12-2016 05:52
0
134.9K
455
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.