jethardinAvatar border
TS
jethardin
Fenomena "OM TELOLET OM” sudah dimulai Satu DEKADE yang lalu.


Tetiba saja linimasa kita di dunia maya sejak 2 hari yang lalu dihebohkan dengan kata-kata ini: "OM TELOLET OM"
Semua diawali ketika beberapa DJ terkenal dunia dispam oleh anak-anak indonesia dengan " OM TELOLET OM"

Spoiler for Tweet DJ 1:


Api ini dengan cepat menyebar ke berbagai belahan dunia...

Spoiler for Tweet DJ lain:


Para DJ yang memiliki banyak followers di seluruh dunia ini membuat orang-orang di negara barat bertanya-tanya tentang apa sih TELOLET itu?
Spoiler for Jadi viral! :


Seiring munculnya penjelasan tentang apa itu arti telolet yang akrab dengan anak-anak di indonesia tentang bis yang memberikan klakson dengan suara unik yang mirip dengan synth yang sering digunakan dalam Musik EDM.

Spoiler for Apa sih telolet itu?:


Dan just like that, the phenomenon blasted over the internet...

Berbagai Aktor, Aktris, DJ, Buzzer, Youtuber dan berbagai produk memanfaatkan momen ini dengan membuat konten bertema TELOLET... apa yang berawal dari hanya:

Spoiler for Kayak gini:


Dalam semalam berubah menjadi FENOMENA DUNIA, Orang penasaran dengan apa itu OM TELOLET OM dan berusaha mencari asal muasal trend absurd ini, dan menemukan berbagai hal menarik seputar TELOLET...


Spoiler for jadi viral dimana-mana:


Sebenarnya telolet berasal dari daerah Jawa Tengah, dimana anak-anak di daerah seputar Jepara sering mengintai bus antar provinsi yang sering lewat dengan menggunakan klakson cicada yang berbunyi unik .. Seperti bisa dilihat dibawah, untuk beberapa supir yang suka ngoprek, mereka bisa mengkustom telolet ini menjadi beberapa tipe emoticon-Smilie

'Om telolet om' adalah sebuah teriakan yang biasa diucapkan oleh anak-anak di pinggir jalan ketika sebuah bus melintas dengan harapan sopir akan membunyikan klakson yang unik. "Telolet telolet," begitu bunyinya.

Ini mendadak jadi populer Selasa (20/12) malam setelah berbagai DJ terkenal mencuitkannya. Tapi sebelum itu, video-video lucu memperlihatkan orang-orang dewasa meminta 'telolet' ke supir bus sudah lebih dulu viral di Facebook. Tampaknya ada tren 'telolet challenge' dan 'demam telolet' yang sudah beberapa pekan menggerilya dari satu akun ke akun lain.

Dalam video-video yang memancing tawa itu, terlihat ekspresi kegembiraan tersendiri ketika Anda berhasil meminta supir membunyikan klakson dengan lambaian tangan dan teriakan, "Om telolet ommmmmm!" beramai-ramai.

Tapi bagaimana telolet ini bermula? Siapa yang bertanggung jawab atas kegaduhan ini?

Zaenal Arifin dari Bismania Community mengatakan bahwa bunyi klakson telolet sudah mulai terdengar satu dekade lalu. Klakson itu tidak spesifik dimiliki oleh jenis bus tertentu, melainkan hasil modifikasi yang dilakukan perusahan otobus (PO).

"Awalnya tiga corong, kemudian ada yang empat corong (lubang suara angin), bahkan ada yang enam lubang yang kemudian bunyinya dimodifikasi sesuai kreativitas," katanya. "Konsepnya seperti nada dering monophonic ponsel, lagu-lagunya ondel-ondel, lagunya 'Jablay' Titi Kamal."

Dia mengklaim bahwa kebiasaan meminta klakson itu dimulai dari kebiasaan para penggemar bus yang sering memotret bus. "Sebagai balasan, supir bis biasanya kasih dim atau kasih klakson."

Adalah perusahaan otobus Efisiensi yang pertama mempopulerkan klakson telolet tersebut, kata Zaenal.

Manajer Komersil PO Efisiensi Syukron Wahyudi menceritakan bahwa sekitar 10 tahun lalu pemiliknya, Teuku Eri Rubiansah, pergi ke Arab Saudi dan mendengar bunyi klakson yang unik.

"Mendengar suara klakson di sana berbeda, dia memutuskan membeli untuk bisnya. Khususnya di bus reguler dari Cilacap Jogja, Purwokerto - Jogja, dan Purbalingga - Jogja."

Tapi awalnya klakson ini ternyata malah direspons negatif karena suaranya yang dinilai terlalu keras. Sampai-sampai, pihak PO meminta sopir-sopir mereka tidak membunyikan klakson itu di tempat-tempat tertentu karena masyarakat tidak terima dengan bunyi itu, cerita Syukron.

"Mulai disukai tiga empat tahun terakhir karena mulai banyak PO-PO yang juga menggunakan. Di beberapa daerah tertentu malah orang-orang minta klaksonnya dibunyikan. Kita merasa bangga juga, karena bisa dibilang kita yang pertama yang pakai klakson tiga corong.

Spoiler for Jadi bisa diapa-apain nih :




Selain dari model suara yang dihasilkan klakson telolet ini, cara para anak-anak dan orang-orang ini untuk memanggil juga tak kalah menarik (norak), mulai dari bawa karton besar bertuliskan OM TELOLET OM, sampai teriak-teriak pakai toa...



Spoiler for Tipe manggilnya juga beda-beda lho! :


Dari trend yang menyebar cepat ini, salah satu DJ: @firebeatz sudah berhasil membuat remix yang keren banget lho:

Spoiler for Dibuat Remix ama DJ dunia! :




Sementara di Indonesia, tidak mau kalah, para youtuber juga berlomba bikin video dan karya yang berhubungan dengan fenomena TELOLET Iini..


Spoiler for Youtuber local ikut heboh!:



Hingga artikel ini ditulis, 'om telolet om' sudah disebut lebih dari 500.000 kali di Twitter (menjadi salah satu topik populer dunia) dan juga disinggung lebih dari 80.000 kali di Facebook.

"Fenomena Om telolet Om membuat saya gembira karena ternyata masih banyak orang asik di dunia ini. Seneng ya seneng aja gituuuu.....," cuit fotografer @arbainrambey.

"Indonesia giving the world the best meme to close 2016 in the best possible way. OM TELOLET OM," kata yang lain. (red- Indonesia memberikan meme terbaik untuk menutup tahun 2016 dengan cara yang paling keren. OM TELOLET OM!)

Lainnya memberi peringatan serius. "Jangan sampai om telolet om diklaim oleh negara tetangga maka dari itu om tolong om @jokowi jadikan tanggal 21/12 sebagai libur hari telolet nasional."

Menurut agan apakah fenomena ini kebetulan, ataukah anak-anak Indonesia emang udah jengah dengan ribut-ribut politik di Indonesia, dan bertekad memunculkan trend ini ke dunia supaya pada adem dan nggak ributin hal nggak penting lagikah?

Peace!:
telolet4 emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om! emoticon-Om Telolet Om!

Tambahan dari agan sekalian:

Quote:


Diubah oleh jethardin 24-12-2016 14:54
0
33.3K
204
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.