News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Mau Saldo GoPay? Yuk ikutan Survei ini GanSis!
46
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585e42d2162ec2553b8b4568/ketua-umum-mui-hukum-ucapan-selamat-natal-boleh-asal-untuk-nabi-isa
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengatakan, hukum ucapan selamat Natal boleh diucapkan asalkan hanya untuk Nabi Isa AS. Seperti diketahui, MUI belum lama ini mengeluarkan fatwa haram bagi umat Muslim mengenakan atribut non Muslim terutama Natal. JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengatakan, hukum ucapan selamat Natal boleh diucapkan asalkan han
Lapor Hansip
24-12-2016 16:41

Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa

Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengatakan, hukum ucapan selamat Natal boleh diucapkan asalkan hanya untuk Nabi Isa AS. Seperti diketahui, MUI belum lama ini mengeluarkan fatwa haram bagi umat Muslim mengenakan atribut non Muslim terutama Natal.


JAKARTA - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin mengatakan, hukum ucapan selamat Natal boleh diucapkan asalkan hanya untuk Nabi Isa AS. Seperti diketahui, MUI belum lama ini mengeluarkan fatwa haram bagi umat Muslim mengenakan atribut non Muslim terutama Natal.

Akan tetapi, untuk masalah ucapan selamat Natal sendiri, sepertinya antara MUI dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memiliki pandangan yang sama, hukumnya boleh asalkan untuk memperingati lahirnya Nabi Isa.

Hingga saat ini, masalah hukum ucapan selamat Natal selalu kontroversi dan perdebatan banyak orang. Sebagian mengatakan boleh mengucapkan selamat Natal dan sebagian mengharamkan. Untuk ucapan Natal kepada umat Nasrani memang belum ada pembahasan khusus, hanya terkait penggunaan pada masalah atribut semata.

Hukum untuk merayakan Natal bagi seorang Muslim telah ada, fatwanya sendiri adalah haram. Ini karena sifatnya ritual sehibgga berbeda dengan ucapan. Namun, apabila bersifat resmi karena selaku pemimpin yang adil seperti yang dilakukan Presiden RI juga para pejabat, maka hal tersebut masih diperbolehkan.

“Sebaiknya umat Muslim jangan mengucapkan selamat Natal kepada umat lain karena masih banyak perdebatan, kecuali jika untuk (memperingati kelahiran) Nabi Isa AS karena masih menjadi Nabi Allah SWT, maka diperbolehkan,” terang Ma’ruf di Jakarta belum lama ini.

Menurut Ma’ruf, jika masih ada perbedaan (polemik), secara pribadi ia tidak akan melakukan hal tersebut, kecuali untuk masalah ucapa selamat Tahun Baru itu masih diperbolehkan.

Senada, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menegaskan, apabila ucapkan selamat Natal bukan sesuatu hal yang bermasalah diucapkan umat Islam, akan tetapi tetap hanya satu yaitu ditujukan kepada Nabi Isa, bukan orang lain.

“Hukum mengucapkan selamat Natal diperbolehkan, tetapi yang kita ucapkan tersebut atas kelahiran dari Nabi Isa. Boleh mengucapkannya asal bukan untuk ‘Anak Tuhan’ yang dipercaya mereka, ” tegasnya saat menghadiri acara haul ketujuh almarhum Gusdur di Jalan Warung Sila, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat 23 Desember 2016.

http://www.makassarterkini.com/berit...untuk-nabi-isa
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 19:04
Quote:Original Posted By kopaser
Ucapan natal itu wujud komunikasi antar makluk Tuhan demi kebaikan..

Bahkan bisa jdi masuk kedalam bagian dari iman kepada nabi dan rosul.
..
Btw kalau Natal adalah perayaan syukuran kelahiran Nabi Isa Putra Mariyam . Yg lahir entah tanggal 25 des atau hari laenya, . gue ngucapin Selamat atas perayaan kelahiran Nabi Isa bagi yg merayakanya. emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller

setuju gan, demi keharmonisan antar makhluk tuhan..

cuma ucapan 'selamat natal' saja cukup menurut saya, 'atas nabi Isa'nya ya cukup sebagai pemahaman pribadi saja (dalam hati/sama-sama tahu), gak perlu disebutin karena kalau disebutin justru bisa merusak tujuan yang di bold di atas.

kalau saya pribadi justru ini sebuah amalan baik karena pertama kita mensyukuri kelahiran nabi Isa dan kedua kita membuat orang lain senang sekaligus bisa memperkuat kerukunan sesama umat beragama.

0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:01
tolong nasbung dan nastak gencatan bacotan dulu hari ini dan besok
setelah itu baru kita perang lagi
gw baru selesai ibadah natal ne
gw cuma mau ucapin
SELAMAT HARI NATAL DAN TAHUN BARU 2017
buat seluruh warga bp yang merayakannya
salam damai
emoticon-Christmas🎅🎅
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:06
Emang Nabi Isa AS penganut kresten?
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:07
Dagelan
Plintat plintut
Ora jelas
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:09
emang yakin nabi isa lahir 25 desember???
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:09
om 480t om
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:13
makin lama makin tolol nih tiap taun emoticon-Tai
drpada sibuk ngurusin agama sebelah, mending introspeksi ama agama sndiri setahun ini gmana?

umatnya msih banyak yang amburadul gtu akhlaknya dah sibuk komenin saudara beda iman emoticon-thumbdown
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:19
lucu juga nih orang,,

emangnya yang lahir tgl 25 des itu siapa? emoticon-Big Grin

mau yang lahir itu zeus, hercules, xena warrior princess mah gua bodo amat

yang jelas ada perayaan hari besar keagamaan dari salah satu agama resmi yang ada di Indonesia dimana ada rekan dan kerabat yang ngerayain

dan atas perayaan tersebut saya mengucapkan selamat hari Natal..

udah gitu doang
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
1 0
1
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:22
Didasari iri hati karena sinterklas lebih terkenal dari nabi? MUI memang isinya kebencian. emoticon-Traveller
Diubah oleh Ailean
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:27
kita sebagai muslim jangan gampang percaya sama informasi negatif tentang islam, 
kita harus cari tau dulu kebenarannya,

jangan terpancing sama oknum2 yang tidak bertanggung jawab, 

mereka malah seneng kalau liat kita sebagai muslim sendiri menjelek2an ulama kita(ayoo hati2 dalam menerima informasi negatif)

jangan takut kalau ada oknum yang memperalat agama untuk kepentingan pribadi, Allah maha melihat kok, biarkan azab-Nya yang berjalan,

yang penting kita sebagai muslim tidak terpecah belah dan jangan mau di adu domba
emoticon-Maaf Aganemoticon-I Love Indonesia

#islamituindah
profile-picture
Exorcizm memberi reputasi
0 1
-1
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:38
Pusing ye mau nyelametin natal aje emoticon-Leh Uga
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:40
wkwkwkwk mambrah2 bohongnya ketahuan ora jelas
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:40
Haha, Lucu. Lha kalo pengertian Natal Adalah Lahirnya Anak Tuhan Gimana
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:41
Emangnya nabi isa merayakan natal??
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:41
Sejujurnya ane tiap tahun dapat ucapan selamat natal dari temen ane muslim, demikian juga sebaliknya ane tiap tahun ucapin selamat idul fitri buat teman2 ane yg muslim. Kalau emang kgak bisa ucapin karena emang fatwanya, ane hargai kq dan bagi ane hal itu bukan masalah besar.
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 21:43
Peduli amat ama ulama yg ada di MUI sono, temen gue banyak yang natalan + tahun baruan. Fatwa lu gak ngaruh ke gue.
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 22:09
Happy Milad Isa... agak janggal seh. Tapisudahlah
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 22:44
Quote:Original Posted By benci.kaskus
Selamat Natal Nabi Isa emoticon-Big Grin


Ooo seperti itu............emoticon-Cool
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 22:54
Ane lebaran ikut silahturahmi
Ga ada diajaran agama ane nggak boleh merayakan hari raya lain
Asal hati tetap percaya aja emoticon-Cool
0 0
0
Ketua Umum MUI: Hukum ucapan selamat Natal boleh asal untuk Nabi Isa
24-12-2016 23:01
Quote:Original Posted By showmessage
Emang tanggal lahir nabi isa as kapan pak ketua??

emoticon-Ngakak


pas ada kejadian meteor garden, di saat tongsamcong mengambil kitab suci ke barat bersama tiga muridnya emoticon-Leh Uga
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia