Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
59
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585c4d18e05227ac298b4567/misteri-iklan-majalah-yang-memberitahukan-waktu-penyerangan-pearl-harbor
Teori konspirasi iklan-majalah (majalah New Yorker 22 November 1941) yang diduga memberikan informasi terselubung penyerangan Pearl Harbor masih menjadi pro-kontra. hingga saat ini sekurangnya ada 2 sumber dari website besar yang memuat kisah ini, yaitu Time dan LA Times ,sedangkan fakenewschecker sendiri menyebut cerita ini sebaga "Berita yang tidak dapat dipercaya". Teori konspirasi in
Lapor Hansip
23-12-2016 05:00

Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor (update)

Quote:
Quote:Teori konspirasi iklan-majalah (majalah New Yorker 22 November 1941) yang diduga memberikan informasi terselubung penyerangan Pearl Harbor masih menjadi pro-kontra. hingga saat ini sekurangnya ada 2 sumber dari website besar yang memuat kisah ini, yaitu Timedan LA Times ,sedangkan fakenewschecker sendiri menyebut cerita ini sebaga "Berita yang tidak dapat dipercaya".

Quote:Teori konspirasi ini muncul disebabkan oleh iklan misterius di majalah New Yorker 16 hari sebelum penyerangan Pearl Harbor yang penuh dengan makna ganda. Begitu kuatnya makna tersembunyi pada iklan tersebut hingga banyak orang di masa itu menyebut iklan itu adalah sebuah peringatan kepada seseorang mengenai waktu penyerangan Jepang ke Pearl harbor.


Teaser iklan bisa dilihat di bawah ini.

Teaser iklan
Quote:Teks dibaca "Achtung! PERINGATAN! Alarm! "Di bawahnya, pembaca dianjurkan untuk" Lihat Iklan Halaman 86. "


Quote:Pada teaser iklan terdapat gambar dadu yang memperlihatkan tanggal penyerangan, Sepertinya iklan dipasang oleh perusahaan bernama Monarch Publishing CO.

Iklan yang tampil pada halaman 86 memperlihatkan gambar aneh, yaitu sekelompok orang yang memainkan dadu di dalam bunker, ada pengulangan kata "Achtung! PERINGATAN! Alarm! " dan merujuk sebuah permainan yang di sebut "Deadly Double"
Iklan halaman 86
Setelah serangan Pearl Harbor, ribuan rumor membanjiri Markas FBI. Salah satu rumor yang paling menonjol adalah iklan "The Deadly Double". Ratusan pembaca mencurigai itu pesan rahasia, yang dirancang untuk memperingatkan mata-mata Jepang dan Nazi tentang serangan yang akan datang.


Quote:Agen FBI menemukan bahwa iklan dipasang oleh Monarch Trading Company (sebuah perusahaan palsu), oleh seorang laki-laki kulit putih, yang tidak memberikan namanya, dia membawa iklan ke kantor New Yorker dan membayar tunai. Dia juga tidak memberikan alamatnya. Anehnya lagi, beberapa minggu kemudian FBI mengidentifikasi mayat dengan ciri-ciri si pemasang iklan, sepertinya dia mati ditempat akibat penganiayaan.

Nelson, sebagai penasehat sejarah untuk LIFE VR virtual-reality experience Remembering Pearl Harbor mengatakan tidak terlalu yakin bahwa iklan tersebut adalah peringatan, tapi kalau iklan itu bukan sebuah peringatan, apa lagi?


Quote:
Update:

sory agan-agan pas bikin thread ane udah keburu ngantuk, jadi nggak panjang lebar ngejelasin.emoticon-Big Grin
ane jelasin lagi deh pake bahasa sendiri biar enak dibaca.

Jadi gini gan, 16 hari sebelum penyerangan Pearl Harbor, ada seseorang yang memasang iklan di majalah New Yorker, pemasang iklan itu misterius, nggak diketahui namanya siapa?alamatnya dimana? dia membayar iklan secara cash/tunai. Isi iklannya pun nggak kalah misterius (lihat gambar di spoiler pertama)

iklan yang dipesan oleh orang tersebut ada di dua halaman berbeda. pada halaman pertama (yang disebut iklan teaser), pada headline nya terdapat kata "Achtung, Warning, Alerte", yaitu dari 3 bahasa berbeda. Achtung (jerman: Bahaya!), Warning (inggris: Peringatan!), Alerte (perancis: Peringatan!).

dibawah headline "Achtung, Warning, Alerte", ada tulisan "Lihat iklan di halaman 86".

Pada iklan pertama juga terdapat gambar 2 buah dadu yang berbeda warna yaitu hitam dan putih. angka yang terdapat pada dadu, bukan angka yang layaknya kita lihat pada dadu umumnya (umumnya 1-6 atau satu titik hingga 6 titik). gambar dadu ini memberikan multi-interpretasi, tapi pada pada dadu putih terlihat jelas angka 12 mengisyaratkan bulan, dan pada dadu hitam terdapat angka 7 yang mengisyaratkan tanggal penyerangan. (penyerangan terjadi 7 desember 1941).

Belum ada sumber yang bisa menginterpretasikan makna sisa angka dan huruf XX pada dadu.
Quote:
Update:
XX bisa jadi bermakna Double-Cross System atau XX System, yaitu antisipasi spionase atau operasi-penipuan yang dilakukan oleh layanan keamanan Inggris. menjadikan spionase musuh sebagai double agen atau agen ganda. sumber di sini

di bawah gambar dadu ada tulisan "Monarch Publishing Co.", sepertinya nama perusahaan yang memasang iklan tersebut, tapi setelah iklan itu menjadi rumor dan dilakukan penyelidikan, tidak pernah ada perusahaan yang memiliki nama itu (pada masa itu).

Iklan kedua di halaman 86 terlihat gambar sekelompok orang sedang bermain dadu, didalam bunker (lebih tepat air-raid shelter, yaitu perlindungan serangan udara). dibawah gambar lagi-lagi ada tulisan "Achtung, Warning, Alerte" (lihat spoiler kedua untuk gambar).


Pada copy iklan memiliki arti seperti ini:
Quote:Kami harap anda tidak akan pernah menghabiskan malam di musim dingin yang panjang di dalam bunker/air shelter (perlindungan serangan udara), cuma naluri yang wajar untuk berjaga-jaga, jika anda tidak terlalu sibuk antara sekarang hingga natal, kenapa tidak santai dan merencanakan list (berisi barang) yang nanti anda butuhkan .... makanan kaleng, tentunya, dan lilin, air (botol), gula, kopi atau teh, brandy dan rokok, sweater dan selimut, buku atau majalah, vitamin kapsul, dan meskipun sudah tak ada waktu, serius, untuk memikirkan apa yang sedang fashionable/tren (diartikan: tren), kami bertaru bahwa banyak dari teman anda untuk ingat untuk mencantumkan (dalam list) dadu dan chip yang merupakan permainan favorit dari Chicago (The Deadly Double)

dan lagi-lagi, bunyi copy ini memiliki multi-interpretasi, Permainan Chip dan Dadu The Deadly Double benar-benar ada, Tapi nama perusahaan yang membuat bukan Monarch Publishing Co.

Setelah penyerangan Pearl harbor, dan Amerika masuk dalam kancah perang dunia ke-2, seorang pilot yang sedang melakukan penerbangan di rute pasifik selatan bernama Joseph Bell membawa penumpang seorang intelejen yang bercerita kepada Joseph, bahwa banyak agen intelejen yang menduga bahwa iklan The Deadly Double merupakan pesan rahasia. Para agen intelejen berusaha untuk memecahkan rahasia, akan tetapi semuanya berakhir di jalan buntu. hal ini ditulis oleh Craig nelson dalam bukunya "Pearl Harbor: From Infamy to Greatness"

Kenapa iklan ini dianggap teori konspirasi? karena banyak kejanggalan yang ada pada iklan ini, termasuk pemasangan iklan yang jauh hari sebelum penyerangan Pearl harbor.

Untuk nasib pemasang iklan yang menemui ajal secara tragis, itu dari sumber ini ,diwebsite itu tidak menyebutkan sumber darimana dia mendapat informasi.

untuk sumber lain berbahas inggris bisa agan check di majalah Time atau LA Times atau membaca langsung buku Craig Nelson.

Banyak kecurigaan masyarakat pada masa itu bahwa pemerintah Amerika sebenarnya telah mengetahui akan terjadi serangan di Pearl Harbor, dan menutup-nutupinya untuk kepentingan tertentu, seperti yang diketahui, efek dari penyerangan PearlHarbor adalah terlibatnya Amerika dalam perang dunia ke-2.

Begitulah agan-agan yang budiman sedikit penjelasan dari ane semoga bermanfaat, dan kalau nggak keberatan boleh deh cendol-cendolan gan

emoticon-heartemoticon-heart emoticon-heart emoticon-heart emoticon-heart emoticon-Cendol Gan emoticon-heart emoticon-heart emoticon-heart emoticon-heart emoticon-heart


Quote:
Sebaik-baiknya kaskuser adalah mereka yang Rate dan Share, dan secakep-cakepnya kaskuser adalah mereka yang wancen alias dermawan cendol

emoticon-Toastemoticon-Toast emoticon-Leh Uga emoticon-Toast emoticon-Toast

Terima Kasih Sudah Mapir ke Thread ane, skalian maen-maen gan ke thread ane yang laen, kali aja nemu jodoh




Diubah oleh didiscoopy
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 3
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 05:04
Wew gk nyangka kan dibalik rahasia ada rahasia emoticon-Cool
Ngisi PERTAMAX dulu dah emoticon-Ngakak
Diubah oleh Vagabond008
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 05:15
Cepet amatpertamaxnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 05:23
iklannya udah expired nih.


emoticon-Ngakak
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 05:26
Hmmm bisa jadi bisa jadi emoticon-Sundul Up
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 06:42
Dari segimana yg menyiratkan serangan pearl harbor gan? Monggo dijelaskan sedkit. Bukan cuma dicopas aja
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 06:47
kalo dinalar apa mungkin amerika yg militernya sekuat itu bisa kecolongan ??
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 06:47
jangan terjadi peperangan lagi
emoticon-Bingung
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:20
yah mungkin dia tau rencana penyerangannya bre

emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:25
ijin nyimak dan cerna dulu gan..
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:40
Ga ngerti
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:43
efek asal copas jadi ya begitu
ga dijelasin sama ts nya&gaada sumber
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:46
yg beginian ini memang sulit dipercaya, tapi kadang konspirasi itu benar adanya emoticon-Thinking
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:48
ga ada penjelasan nya nih
:capedeh
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 07:50
Bisa2
Gara2 ini mamarika gak ikutan perang dunia, jadi ikut ikutan
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 08:03
Begitu banyak misteri di dunia ini yang tak terpecahkan... Jika menyangkut perang dunia mungkin saja teori konspirasi ini benar ada nya
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 08:07
masih sebuah mistery gan emoticon-Wink
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 08:14
Kongspirasi dari jaman baheula gan emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 08:17
wow serem gan emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 08:17
wow serem gan emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
23-12-2016 08:19
Misteri Iklan Majalah Yang Memberitahukan Waktu Penyerangan Pearl Harbor
adek mo mam dulu emoticon-Ngacir
0 0
0
Halaman 1 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia