Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
239
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/585c64d2d89b09f65d8b4567/bentuk-bentuk-diskriminasi-yang-dialami-oleh-lgbtiq
Pernahkah Sahabat mendengar tentang LGBTIQ? LGBTIQ merupakan singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Intersex, dan Queer. Komunitas LGBTIQ merupakan salah satu dari komunitas sosial yang sering mendapatkan stigma dan diskriminasi, khususnya di Indonesia. Bahkan, komunitas ini sering tidak diakui keberadaannya dalam tatanan sosial. Ini dipengaruhi oleh masih banyaknya masyarakat yang m
Lapor Hansip
23-12-2016 06:42

Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ

Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ


Pernahkah Sahabat mendengar tentang LGBTIQ?

LGBTIQ merupakan singkatan dari Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Intersex, dan Queer. Komunitas LGBTIQ merupakan salah satu dari komunitas sosial yang sering mendapatkan stigma dan diskriminasi, khususnya di Indonesia. Bahkan, komunitas ini sering tidak diakui keberadaannya dalam tatanan sosial. Ini dipengaruhi oleh masih banyaknya masyarakat yang menutup mata terhadap keberadaan komunitas ini. Sebagian, yang disebut sebagai homophobic yakni orang-orang yang anti terhadap komunitas LGBTIQ, menganggap bahwa LGBTIQ merupakan suatu penyakit menular. Padahal sejak tahun 1970-an, Asosiasi Psikiater Amerika (APA), sudah menghapus homoseksual dari daftar gangguan mental.

Lalu apa saja bentuk diskriminasi yang dialami oleh komunitas LGBTIQ, baik yang dilakukan oleh masyarakat maupun oleh negara? Ayo, kita simak!

1.Diskriminasi di Aspek Sosial

Dalam ranah sosial, contoh diskriminasi yang dialami oleh komunitas LGBTIQ adalah pemaksaan untuk menikah dengan seseorang yang tidak mereka cintai dengan anggapan bahwa pernikahan itu bisa menyembuhkan mereka. Padahal itu hanya mitos semata. Belum lagi diskriminasi berupa kekerasan yang dialami komunitas ini. Pada tahun 2013, Arus Pelangi merilis penemuannya yang menunjukkan bahwa sebanyak 89,3% LGBTIQ di Indonesia pernah mengalami kekerasan. Yakni kekerasan psikis (79,1%), kekerasan fisik (46,3%), kekerasan ekonomi (26,3%), kekerasan seksual (45,1%), dan kekerasan budaya (6,3%).



2. Diskriminasi di Aspek Hukum

Banyak dari komunitas LGBTIQ yang mendapatkan diskriminasi dalam ranah hukum berupa perlakuan berbeda saat mereka terlibat dalam kasus hukum, baik sebagai korban maupun pelaku, dan adanya aturan yang dibuat pemerintah pusat maupun daerah yang mendiskriminasi hak-hak mereka. Seperti, peraturan daerah (perda) yang menyatakan bahwa komunitas LGBTIQ termasuk dalam kegiatan pelacuran, yakni Perda Provinsi Sumatera Selatan No. 13 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Maksiat dan Perda Kota Palembang No. 2 Tahun 2004 tentang Pemberantasan Pelacuran.



3. Diskriminasi di Aspek Pendidikan./center]
Di bidang pendidikan, komunitas LGBTIQ mendapatkan diskriminasi berupa terbatasnya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan formal dengan mengakui orientasi mereka secara terbuka. Sebagian besar harus menutupi orientasi seksual asli mereka karena takut dikeluarkan dari sekolah atau dicemooh oleh komunitas sekolahnya.



[center]4. Diskriminasi di Aspek Politik

Sementara itu, di dunia politik, belum ada keterwakilan dari komunitas ini. Yang disebabkan oleh tidak adanya kesempatan yang bebas untuk terlibat di dalam dunia politik praktis, baik dengan menjadi anggota partai politik atau menjadi pejabat. Ini membuat banyak kebijakan pemerintah yang masih bersifat diskriminatif terhadap komunitas LGBTIQ.



5. Diskriminasi di Aspek Budaya

Salah satu bentuk diskriminasi yang dialami oleh komunitas LGBTIQ di aspek budaya adalah adanya usaha untuk menghapus dan menghilangkan nilai-nilai budaya yang ramah terhadap mereka. Misalnya, budaya Bissu di Sulawesi Selatan yang hampir punah diberantas komunitas DI-TII.

Teman-teman LGBTIQ juga manusia, yang memiliki hak asasi sama seperti manusia lain. Jadi tidak seharusnya mereka mendapat diskriminasi hanya karena orientasi seksual yang berbeda.
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 12
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 06:48
yukk kembali ke jalan yang lurus emoticon-Jempol
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 06:50
penyakit lah bro ... gmn kalo nular ke ane
emoticon-Ngakak
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 06:52
keturunan kaum sodom nih..
matinya di kasih ujan batu
profile-picture
rasyahhh memberi reputasi
1 0
1
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 06:59
Kaum hina emang patut diberantas emoticon-Najis

lubang taik itu bau gan emoticon-Marah
Diubah oleh air656
profile-picture
rasyahhh memberi reputasi
1 0
1
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:13
ya itulah resikonya, kagak usah protes

emoticon-Blue Guy Bata (L)


emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:15
sakit AIDS bisa jadi, sakit jiwa mungkin, sakit pantat sudah pasti...
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:16
Orang2 dungu kok dibela. Disembuhin yg bener emoticon-Smilie
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:17
LGBTIQ dipiara manusia akan musnah soalnya gak akan pernah punya anak, mari kita ajak tobat kembali ke jalan yang benar sebelum terlambat.
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:18
mejeng di pekiwan ah, no comment deh
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:18
Ngerusak moral, akhlak, penyakit menular emoticon-Takut
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:18
ente harus berlindung dibalik #badja ... dan kampanyekan toleransi terhadap minoritas bersama hohok dan djajang
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:22
LGBT lagi emoticon-Takut (S)
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:41
bawah ane nih gan ketua nya emoticon-Takut (S)




emoticon-Om Telolet Om!
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 07:59
Ketauan sakit masih aja bela diri, mending berobat gih. emoticon-Big Grin
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 08:01
wkkk maho detected gan
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 08:02
sakit koq dibela

yg ga mau tobat bisa dimusnahkan
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 08:11
apasih nih,penyakit kok banggaemoticon-Cape d... (S) tobat lu,sebelom terlambat,jadi maho mah gabakal punya anak
semoga lo mendapatkan hidayah buat tobat yeemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 08:16
Harus di rehab
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 08:20
lgbt kalau sah akte lahirnya apa emoticon-Big Grin
0 0
0
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
23-12-2016 08:21
Bentuk-bentuk Diskriminasi yang Dialami Oleh LGBTIQ
om ts pasti maho
0 0
0
Halaman 1 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia