andhikaspratamaAvatar border
TS
andhikaspratama
Nih Gan, Sejarah Perkembangan Game Online Di Indonesia!
Halo gan.. Apa kabar neh? emoticon-Hai



Kali ini gue pengen bahas tentang sejarah game online. Buat kalian nih, terutama yang ngaku gamer, tau kagak kalo Nexia adalah game pertama yang masuk ke dunia game online di Indonesia. Terus sekarang ini mulai deh banyak nama-nama game online yang terkenal kayak game-game yang bakal gue jelasin dibawah ini.





1. Nexia Online



Usut punya usut ternyata Nexia adalah game online yang pertama kali hadir di Indonesia. Game ini dirilis oleh BolehGame di bulan Maret tahun 2001 dan sekaligus jadi pencetus dari kehadiran game-game online yang lainnya. Walau game ini termasuk game yang sederhana, Nexia berhasil punya komunitas sendiriTapi sayang, game ini gak bisa bertahan lama. Nexia ditutup setelah 4 tahun rilis di Indonesia. Salah satu kenangan manis dari Nexia game ini adalah saat itu gamers Indonesia baru mulai mengenal system ID dan password. Dan lagi, saat itu gamer masih didominasi kaum adam aja.



2. RF Online



Beberapa orang bilang pada era RF ini adalah era revolusi game di Indonesia, karena saat itu banyak game-game online baru yang bemunculan dalam waktu yang hampir bersamaan. Karena game ini jugalah para gamer dipaksa buat nge-upgrade computer mereka, soalnya game-game waktu itu udah pake grafsi tiga dimensi. Game Lyto yang mendominasi pada zaman itu adalah RF dan Seal, yang udah pake grafis 3D.

Gamer yang tadinya cuma maen buat seneng-seneng, mulai ngalamin perubahan, mereka udah mulai serius dalam bermain game. Bukan cuma buat nyari temen, tapi juga nyari kekuasaan dan kemenangan.



3. Ayo Dance



Disini, para cewek udah mulai maen game online di era Ragnarok. Tapi, kehadiran gamer cewek di game online ini Cuma terjadi di AyoDance. Di game ini, mereka gak cuma coba ikut main, tapi juga aktif dan adiktif sama game ini, sampe ada yang rela ngabisin waktu dan uang yang gak sedikit.

Dan kayaknya AyoDance ini berhasil ngerubah trend game online dari sebuah permainan sampe jadi wadah buat cari ketenaran. Dalam game ini semua orang pengen eksis. Mereka rela ngapain aja demi dapetin sebuah popularitas, seperti memperbanyak koleksi avatar maupun ngadu level siapa yang tertinggi.



4. Point Blank



Bisa jadi Point Blank adalah fenomena unik di dunia game online di Indonesia. Game ini mampu dapetin angka jutaan buat pemainnya, dan jumlah penggemar di fanpagenya yang mencapai jutaan orang. Game ini menyentuh semua kalangan, mulai dari kelas atas, menengah hingga bawah. Bahkan ada artis yang ikut main Point Blank juga.

Ini game favorit ane gan, dari jaman dia baru keluar di Indonesia dan belom lama yang maenin, gue udah maenin ini di warnet wkkwkk. Dulu gue langganan banget ke warnet tiap pulang kuliah buat maen PB. Sekarang pun gue masih maen PB tapi bukan di warnet, melainkan pake laptop gaming sendiri. Gue pake laptop gaming Lenovo Ideapad 700. laptop ini punya kemampuan multimedia mumpuni yang dibekali prosesor Intel Core i7 generasi ke-6 dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 960 M.
Seneng banget gue maen PB pake laptop gaming Lenovo IP 700. Kualitas grafis dan kinerjanya oke, gag pake lag, gambar tajem dan 3D gamenya lebih kerasa karena menggunakan ultra setting. emoticon-Cool
Selain itu, perpaduan antara prosesor Intel Core i7 generasi ke-6 dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 960 M mampu menjalankan game-game terbaru dengan lancar. Desainnya pun terlihat casual dan elegan,
sehingga cocok untuk dibawa ke kampus maupun digunakan ketika meeting dengan klien. Hehehe. Tapi ane gak ngegame waktu kerja kok gan. Cuma pas lagi rehat aja. emoticon-Big Grinemoticon-Hammer (S)

refrensi



5. Clash Of Clans



Clash Of Clans adalah game strategi yang dikembangkan oleh Supercell, sebuah perusahaan video game asal Finlandia.

Permainan ini dirilis pada 2 Agustus 2012 untuk android. Permainan ini dirilis secara internasional di Google Play.

Clash of Clans adalah sebuah game multiplayer online di mana pemain membangun komunitas, melatih pasukan, dan menyerang pemain lain untuk mendapatkan emas dan Elixir, yang dapat digunakan untuk membangun pertahanan yang melindungi pemain dari serangan pemain lain ‘, dan untuk melatih dan meng-upgrade pasukan. Permainan ini juga dilengkapi kampanye pseudo-satu pemain di mana pemain harus menyerang serangkaian benteng desa goblin.






Itulah gan, sejarah game online sebelum seramai sekarang. Hahaha. Mana nih yang mau share tentang game di masa lalu? emoticon-Ngakak (S)

Diubah oleh andhikaspratama 18-12-2016 11:49
0
63.8K
573
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.