News
Batal
KATEGORI
link has been copied
23
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5854aab1c2cb175a038b4569/teknologi-dan-cara-kerja-kereta-ultra-cepat-jepang-maglev
TOKYO - Jepang saat ini tengah mengembangkan kereta (KA) ultra cepat, Maglev. Laju kereta ini melebihi kecepatan KA pendahulunya, Shinkansen. Maglev mampu meluncur hingga 603 kilometer per jam. Bagaimana kereta api KA ultra cepat ini bekerja? Maglev merupakan singkatan dari magnetic levitation. Kereta ini mengambang 10 mm di atas rel dan didorong oleh magnet bermuatan listrik. Prinsip kerja kereta
Lapor Hansip
17-12-2016 10:02

Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev

Quote:
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev


TOKYO - Jepang saat ini tengah mengembangkan kereta (KA) ultra cepat, Maglev. Laju kereta ini melebihi kecepatan KA pendahulunya, Shinkansen. Maglev mampu meluncur hingga 603 kilometer per jam.

Bagaimana kereta api KA ultra cepat ini bekerja? Maglev merupakan singkatan dari magnetic levitation. Kereta ini mengambang 10 mm di atas rel dan didorong oleh magnet bermuatan listrik. Prinsip kerja kereta Maglev berdasarkan fisika sederhana, di mana kutub magnet yang berbeda menarik dan kutub magnet yang sama akan saling mendorong.

Dengan mendinginkan kekuatan elektromagnet, para pakar mampu mengangkat kereta itu hingga 10 mm di atas rel. Lalu, kekuatan elektromagnet lainnya digunakan untuk mendorongnya. Karena bergerak di atas udara yang memiliki sedikit gesekan, kereta ini mampu melaju dengan mulus dan sangat cepat.

Hampir 98% bahan penyusun relnya terbuat dari magnet superkonduktor. Sehingga kereta sebesar ini bisa tetap lengket dengan relnya meski meluncur dengan speed 500 kilometer per jam.

Ada tiga jenis teknologi Maglev, yakni yang tergantung pada magnet superkonduktivitas (suspense elektrodinamik), lalu yang mengandalkan elektromagnetik terkontrol (suspensi elektromagnetik) dan yang paling anyar adalah yang paling ekonomis, menggunakan magnet permanen (induktrack).

Saat ini di dunia, Jepang dan Jerman adalah negara terdepan dalam mengembangkan KA dengan teknologi Maglev. Jerman fokus mengembangkan jenis Suspensi Elektromagnetik Sistem (EMS) , yang disebut Transrapid. Sementara Jepang mengembangkan kereta Maglev menggunakan sistem suspensi elektrodinamik (EDS), yang berdasarkan pada gaya tolak-menolak magnet.

Komponen yang dibutuhkan dalam EDS di antaranya sumber daya listrik yang besar, kumparan logam pada lintasan rel serta elektromagnet yang cukup kuat pada bagian bawah kereta.

http://autotekno.sindonews.com/read/...lev-1481817925


wah kapan indonesia bisa ngembangin yg bgtu ya? emoticon-Big Grin
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 10:23
Wah lbh cepat dari Shinkansen

600km/hour berarti 2x lbh CPT Dr Shinkansen tercepat(Hayabusa) namun masih kalah dibanding pesawat



0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 11:04
Quote:Original Posted By lafemme.nikita
Wah lbh cepat dari Shinkansen

600km/hour berarti 2x lbh CPT Dr Shinkansen tercepat(Hayabusa) namun masih kalah dibanding pesawat


warbiayaza.. smoga Indo bisa berbuat yang sama emoticon-Traveller
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 11:05
Quote:Original Posted By lighthades


warbiayaza.. smoga Indo bisa berbuat yang sama emoticon-Traveller


klo disini lebih ngurusin yg.. ah sudahla.. emoticon-Traveller
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 12:43
Quote:Original Posted By lighthades


warbiayaza.. smoga Indo bisa berbuat yang sama emoticon-Traveller


Jgn kebanyakan mimpi emoticon-Ngakak

Indo Baru level bangun monorail(disebagian kecil wilayah indoneSia) emoticon-Ngakak

Ga usah ngarep Mau punya Shinkansen..50 tahun lagi Mngkn Baru Boleh ngarep emoticon-Ngakak
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 15:19
ini di Shanghai udah beroperasi sejak 2004 dari bandara ke pusat kota...

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Shan...i_Maglev_Train

investasinya gila bro. Mahal bingit...
Diubah oleh untaker
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 15:57
Quote:Original Posted By lafemme.nikita
Jgn kebanyakan mimpi emoticon-Ngakak

Indo Baru level bangun monorail(disebagian kecil wilayah indoneSia) emoticon-Ngakak

Ga usah ngarep Mau punya Shinkansen..50 tahun lagi Mngkn Baru Boleh ngarep emoticon-Ngakak


anggap aja gitu gan kecuali ada keajaibanemoticon-Wakaka
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 15:59
Quote:Original Posted By loveluv
klo disini lebih ngurusin yg.. ah sudahla.. emoticon-Traveller



iya gan yang disini lebih suka yang itu ...dan itu buat negeri ini susah sekali maju...emoticon-Traveller
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 16:08
duhh... pengen deh nyobain kereta cepat emoticon-Angel
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 16:17
Quote:Original Posted By victoriajsmine
duhh... pengen deh nyobain kereta cepat emoticon-Angel


tenang gan sebentar lagi indo bakalan punya kok, kereta cepat syariah 212
namanya ontarail
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 17:03
Quote:Original Posted By untaker
ini di Shanghai udah beroperasi sejak 2004 dari bandara ke pusat kota...

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Shan...i_Maglev_Train

investasinya gila bro. Mahal bingit...



abe pernah nyobain neh, ga kerasa 400kpj.

tp tetep milih jepun
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 19:47
Quote:Original Posted By kavling.syurga


tenang gan sebentar lagi indo bakalan punya kok, kereta cepat syariah 212
namanya ontarail


ontatrail.. keren.. ada yg 1 punuk .. ada yg 2 punuk emoticon-Wakaka
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
17-12-2016 21:52
Quote:Original Posted By kavling.syurga


tenang gan sebentar lagi indo bakalan punya kok, kereta cepat syariah 212
namanya ontarail


Kurang ajar. Berani-beraninya menghina binatang suci. Binatang suci itu sangat dicintai 72 bidadari surga.
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 05:41
Lebih realistis bangun bandara udara dengan kapasitas besar

Investasi ngga abis modal banyak

Masalahnya kalau di bandara nungguny yg lama
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 06:21
Mantaap kereen om
Nunggu indonesia bisa kek gitu
Tau kapan hehehe...
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 08:30
nunggu lebaran kuda, sapi dan kebo kah baru dibikin di Indonesia tuh kereta cepat emoticon-Hammer2
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 08:39
Quote:Original Posted By informan.a1


wah kapan indonesia bisa ngembangin yg bgtu ya? emoticon-Big Grin


mustahil bre, indonesia kayaknya gk mau kerjasama dgn jepang, contoh real kereta cepat jakarta bandung aja made in CHINA emoticon-Ngakak
pdhl jepang mau buatin kereta bagus dan low bunga, tp tetep aja milih china.. payah emoticon-Leh Uga
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 08:48
Ngarep banget Indonesia bikin beginian, mayoritas warganya aja masih ributin hal remeh temeh.
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 11:34
Quote:Original Posted By untaker
ini di Shanghai udah beroperasi sejak 2004 dari bandara ke pusat kota...

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Shan...i_Maglev_Train

investasinya gila bro. Mahal bingit...


ini pernah ane cobain, warbyasa, Nikung kecepatan 300kpj miring 20-30 Drajat takut dan asik.

Kalau diindonesia ditunggu dengan "doa" nanti bisa muncul dengan sendirinya
Diubah oleh blackneck9999
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 11:59
gilee udah 600km/jam emoticon-Belo
yang kayak gini gak cocok di Indonesia..
0 0
0
Teknologi dan Cara Kerja Kereta Ultra Cepat Jepang Maglev
18-12-2016 12:51
wih komennya pasti udah pada buat byk karya tuh di rl nya .
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia