Tech
Batal
KATEGORI
link has been copied
4994
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/56d97b2d14088d2c108b4568/panduan-ups---part-1
Disclaimer: Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang UPS. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatkan adalah semata untuk pertimbangan kesederhanaan dan kemudahan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan UPS. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining, ko
Lapor Hansip
04-03-2016 19:10

Panduan UPS

Disclaimer:
Sebelum anda membaca panduan ini, perlu diketahui saya bukanlah insiyur elektro atau ahli elektronik yg mengerti 100% tentang UPS. Panduan ini ditujukan kepada orang awam, kalo ada yg terlewatkan adalah semata untuk pertimbangan kesederhanaan dan kemudahan untuk dibaca dan dimengerti dan untuk tujuan fokus pada pembahasan UPS. Panduan ini jauh dari sempurna so please no complaining, koreksi dengan data valid sangat disarankan.


Pertanyaan seputar ups bisa disampaikan di forum ini, yg bertanya via pm tidak akan direspon...


PRINSIP KERJA UPS


Setiap PC membutuhkan daya listrik. Kalau aliran listrik (main power) terputus, PC akan mati (tidak berfungsi). Fungsi dasar UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah menyediakan suplai listrik SEMENTARA ke beban (PC) tanpa terputus pada saat main power nya tidak bekerja agar seluruh proses dapat dihentikan dengan benar, seluruh data dapat disimpan dengan aman, dan komputer dapat dimatikan dengan benar. Jadi fungsi UPS itu BUKAN agar user tetap dapat bekerja.

UPS memiliki dua sumber daya listrik : Primary Power Source dan Secondary Power Source. Salah satunya berasal dari main power (stop kontak / PLN), satunya dari baterai UPS. Di dalam UPS terdapat Switch yang mengatur sumber daya listrik mana yang digunakan untuk menyediakan suplai listrik ke beban (PC). Jika Primary Power Source tidak berfungsi, Switch akan mengaktifkan Secondary Power Source secara otomatis. Begitu juga sebaliknya jika Primary Power Source sudah kembali berfungsi.

PSU komputer membutuhkan arus listrik AC, sedangkan arus listrik dari baterai adalah DC. Oleh karena itu, di dalam UPS terdapat Inverter yang mengubah arus DC dari baterai menjadi arus AC. Di dalam UPS juga terdapat Rectifier yang mengubah arus AC dari main power menjadi arus DC untuk mengisi baterai pada saat main power bekerja.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 1 : Diagram paling simpel dari UPS

Udah pake UPS pas listrik mati kok PC tetep restart? Jangankan pas PLN mati, pas PLN hidup aja PC bisa restart sendiri.

Ada beberapa jenis gangguan suplai daya listrik ke PC antara lain :

1. Noise
Ini kalo tegangan (voltase) naik/turun tapi cuma sedikit (persentasenya kecil). Kalo standar 220 volt, sekitar 200 - 240 volt itu masih bisa dianggap noise. Kalopun selisih banyak, biasanya bertahap (gak langsung drop banget atopun tinggi banget). Noise yang macem begini biasa diatasi pake AVR. Tapi ya itu, AVR pun ada kelasnya. Ada yang cuma model sirkuit harga 50 ribuan, ada yang servo-motor harga 200 ribuan, ada yang ferro-resonant harga 700 ribuan (untuk 500VA semua loh). Ada harga ada rupa lah. PSU yang bagus juga biasanya sanggup ngatasi masalah Noise walopun gak pake AVR di luar PC.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 2 : Sinyal AC yang terganggu oleh Noise

2. Blackout
Ini kalo main power (PLN) tidak bekerja. Fungsi dasar UPS untuk mengatasi Blackout. Kalo mau ngetes fungsi UPS yang paling dasar ini ya cabut aja kabel power UPS nya dari stop kontak pas komputernya nyala. Tinggal diliat komputernya mati/restart gak.

3. Brownout / Sag
Ini kalo tegangan (voltase) dari main power turun (drop) dan naik lagi (kembali) dalam waktu yang sangat cepat. Dropnya bisa nyampe separo dari yang seharusnya, dan waktunya hanya sepersekian detik. Kita kadang bisa mendeteksi adanya Brownout ini ketika lampu di ruangan seperti berkedip.

Penyebab Brownout pada umumnya adalah karena ada tambahan beban berat (heavy load) di jaringan listrik, misalnya ada yang nyalain mesin las listrik atau mesin produksi kapasitas besar. Tambahan bebannya itu gak harus di rumah / kantor kita lho, bisa aja tetangga kita yang nyalain mesin trus pengaruh ke listrik kita lewat jaringan PLN.

Brownout ini lebih berpotensi menimbulkan masalah dibanding Blackout. UPS murahan belum tentu bisa ngatasi masalah Brownout ini. Yang harus diingat, kemampuan UPS untuk mengatasi Brownout ini TIDAK BISA dites dengan cara memutus main power ke UPS & menyambungnya kembali walaupun dalam waktu yang sangat singkat. Dulu UPS yang kualitasnya kurang bagus saya colokin ke stavolt, komputernya dinyalain, trus power switch dari stavoltnya di-off & on-kan secepat mungkin, komputer gak mati / restart. Tapi pas lampu di ruangan kedip, komputernya tetep restart juga.

4. Surge & Spike
Kebalikan dari Brownout / Sag, ini kalo tegangan (voltase) dari main power melonjak dan turun lagi (kembali) dalam waktu yang sangat cepat. Naiknya bisa nyampe puluhan kali dari yang seharusnya, dan waktunya hanya sepersekian detik. Jadi kalo tegangan normal listrik kita 220 volt, surge ini bisa bikin jadi 2000 volt atau bahkan 10000 volt.

Penyebab Surge pada umumnya adalah karena ada berhentinya beban berat (heavy load) di jaringan listrik, misalnya pas mesin las listrik atau mesin produksi kapasitas besar dimatiin. Surge juga bisa terjadi ketika main power kembali nyala setelah terjadinya Blackout.

Istilah Spike lebih sering dipake untuk lonjakan tegangan akibat petir (lightning strikes). UPS berkualitas tinggi biasanya juga dilengkapi dengan Surge Protector.

JENIS - JENIS UPS

Pada dasarnya, UPS cuma ada 2 jenis, yaitu OFFLINE dan ONLINE. Perbedaannya adalah pada sumber daya listrik mana yang jadi Primary Power Source, mana yang jadi Secondary Power Source.

Pada UPS jenis OFFLINE, sumber listrik primer adalah stop kontak / PLN, sumber listrik sekunder adalah inverter (dari baterai). Beberapa yang termasuk istilah lain ataupun varian dari OFFLINE UPS ini antara lain : Standby UPS, Ferroresonant-Standby UPS, Line-Interactive UPS, Voltage & Frequency Dependent (VFD) UPS, Voltage Independent (VI) UPS.

Karakteristik penting yang ada pada Offline UPS adalah adanya Switch Time atau Transfer Time, yaitu waktu yang diperlukan oleh Switch untuk pindah dari sumber listrik primer ke sumber listrik sekunder pada saat sumber listrik primer dianggap gagal berfungsi, sehingga ada jeda waktu dimana beban tidak mendapat listrik.

Panduan UPS - Part 1

Gambar 3 : Offline UPS
Garis putus - putus menunjukkan sumber listrik sekunder


Offline UPS generasi sekarang biasanya memiliki Transfer Time kurang dari 4 milidetik (4 ms). Cukupkah Transfer Time segitu? Tergantung PSU nya. Di PSU ada spesifikasi Hold Time atau Holdup Time yang menunjukkan berapa lama PSU masih bekerja sebelum benar - benar mati jika aliran listrik terputus.

Penjelasan soal Hold Time atau Holdup Time bisa dilihat di threadnya Bung Khurios2000 yang udah di-sticky. Yang penting Transfer Time nya UPS harus lebih kecil daripada Hold Time nya PSU. Adanya Transfer Time membuat sebagian orang tidak menganggap Offline UPS sebagai UPS karena tidak benar - benar "uninterruptible".

Sepanjang pengalaman saya, Transfer Time 4 ms biasanya cukup untuk PSU abal-abal sekalipun. Cara membuktikannya ya sama dengan cara membuktikan kemampuan UPS mengatasi Blackout seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Pada UPS jenis ONLINE, sumber listrik primer adalah inverter (dari baterai). Inverter bekerja terus - menerus menyediakan listrik dari baterai untuk beban (PC), sedangkan rectifier dari AC ke DC bekerja terus - menerus untuk mengisi baterai. Itu sebabnya juga disebut DOUBLE CONVERSION UPS atau DOUBLE CONVERSION ONLINE UPS. Kalau main power tidak berfungsi, hanya rectifier dari AC ke DC yang berhenti bekerja, sedangkan kerja inverter tidak berubah (tidak ada Transfer Time / Switch Time). UPS jenis ini juga disebut Voltage & Frequency Independent (VFI) UPS karena tegangan dan frekuensi outputnya tidak dipengaruhi oleh input.

Pada Online UPS juga terdapat Switch yang otomatis mengambil aliran listrik dari sumber listrik sekunder (langsung dari PLN) jika inverter / baterai tidak bekerja. Biasanya Switch ini juga bisa difungsikan secara manual (manual bypass) untuk maintenance baterai. Tidak adanya Transfer Time / Switch Time membuat sebagian orang menyebut Online UPS sebagai "True UPS".

Panduan UPS - Part 1

Gambar 4 : Online UPS
Garis putus - putus menunjukkan sumber listrik sekunder



SPESIFIKASI UPS

Kalo milih UPS, ada spesifikasi yang bisa dibaca di box / manual / website nya. Di sini cuma dibahas beberapa spesifikasi yang penting untuk diperhatikan.

1. UPS Type / Topology
Jenis UPS ini yang paling penting. Intinya: ONLINE atau OFFLINE? Biasanya, kualitas inverter di Online UPS secara umum lebih baik daripada di Offline UPS. Hal ini karena diasumsikan inverter di Offline UPS hanya berfungsi kadang - kadang dan dalam waktu yang relatif singkat. Jadi kalo kualitasnya gak persis ama listrik PLN ya dianggap gak terlalu berisiko merusak PC. Beda dengan Online UPS yang inverternya bekerja terus - menerus, jadi kualitas outputnya harus bener - bener bagus.

2. Load Rating (Capacity & Run Time)
Kapasitas UPS tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Mau dipake berapa PC? Total daya berapa Watt? Yang harus diingat, kapasitas UPS (juga perhitungan beban) ini bisa dinyatakan sebagai Apparent Power, bisa juga sebagai True Power.

True Power = Power Factor x Apparent Power

Biasanya Apparent Power dinyatakan dalam satuan VA (Volt-Ampere), sedangkan True Power biasa dinyatakan dalam satuan Watt. Jadi ada UPS yang nulis spec Maximum Load-nya 600VA (480 Watt). Artinya Apparent Power = 600VA, True Power = 480Watt, Power Factor = 0,8. Kalo di spec UPS cuma ada Apparent Power (pake satuan VA), untuk amannya ambil Power Factor (faktor daya) = 0,6.

UPS yang bagus biasanya dia punya tabel / gambar Run Time seperti ini.

Panduan UPS - Part 1
profile-picture
profile-picture
twaw dan aksa123 memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Halaman 67 dari 250
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 07:16
Quote:Original Posted By kykiskie


ane kaga paham teknis UPS gan makanya minta rekomen dimari emoticon-Big Grin
langsung sebut barang aja gan biar gampang hehe



klo lbh spesifik ke merk n jenis ane takut subjektif. kecuali agan mau denger saran subjektif ane.
masing2 orang beda pertimbangan. List UPS FullSinewave page 1 post 4 sprtinya sdh cukup. sesuaikan daya dan kantong aja.
dan pndpt pribadi pertimbangkan menggunakan UPS Sinewave Second berkualitas jika baru tidak sanggup atau berat beli kalaupun dipaksain.
Diubah oleh twaw
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 07:27
Quote:Original Posted By divus


wadoh edit ane gak masuk ya ternyata
jadi gan synthesized sinewave itu = pure sinewave kah ?
ICA 2000 VA + AVR - CT1082B kalo itu agan reccomend gk gan ?
oh iya ane pake nya vga rx480 rencana mau nambah 1 lgi jdi crossfire kalo nvdia sejenis sli gitu de, kalo processor i7 2600 sama hdd wd blue 1 mau nambah 1 lgi
atau agan bisa rekomen psu ke ane aja gan.. hehe sorry gan bnyk mw nya nih emoticon-Sorry



klo PSU mungkin bisa melampir ke forum PSU. mereka lbh ahli dan sesuai kualifikasinya.

Pure Sinewave itu cm ada 2 jenis, Sinewave (aja tulisannya, gk pake embel2 tulisan apapun didepan. klopun gk pakai berarti gk fullsinewave) dan Online Sinewave (krn tipe online merk apapun sdh pasti sinewave krn UPS berjalan dgn inverter dan ambil daya pada saat mati lampu atau nyala PLN dari baterai trs).

Merk itu ane gk berani gan.
klo gk mau ribet pilih UPS Sinewave merk ternama. sprti PSU sertifikasi 80++ merk yg sdh ada. gmn gitu jika kita pilih PSU sertifikasi 80++ merk indo atau cina kita tidak tahu kualitasnya gmn??? bgitu jg pemilihan UPS.
dan salah satu kita tahu, siapa2 aja yg pakai UPS tsb, review2 UPS tsb, dan testi salam pemakaian UPS tsb (tentu dgn melihat spesifiaksinya jg ya. krn ada PSU berjalan dgn baik diSpesifikasi standar kantoran/warnet cukup pakai PSU bawan casing tp giliran di pakai warnet gaming pasti pemilihan PSUnya biasanya berubah).

mudah2an membantu gan.
Diubah oleh twaw
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 08:22
Quote:Original Posted By twaw


ada kok beberapa kasus. disini tertulis kok coba aja agan flashback atau cari google UPS meledug, keluar asap, keluar percikan api/partikel dr UPS. dan Tipe2 biasa UPS low end.

weh ada juga ya... sip deh... makasih infonya gan, saya jadi lebih hati2... emoticon-shakehand
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 08:28
Quote:Original Posted By twaw


gan, klo listriknya gk stabil coba dh alternatif pasang Stabilizer servo motor (merk cina jg gk apa).
msh bunyi cetak2 gk?
240v itu sbnrnya lumayan tinggi untuk Brownout dan perpindahan itu kadang sepersekian detik yg tidak bs ditangkap oleh software monitoring.


wah baru ngaskus ni gan, itu jd urutannya stabilizer dulu -> ups -> pc ya? merk apa gan kira2 yg harga tengah2 tp lumayan buat stabilizernya?ga pernah pake stabilizer soale..oiya, skrang udah ga smpe si 240an,..

cuma pagi suka ga stabil, skrang rata2 gerak di 199-215..dulu kayaknya lg ada sesuatu entah apa..msh suka nyetak kalo tiba2 turun ke 204 cuma sering kalo pagi TT_TT
Diubah oleh ThisLifeEnd
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 09:13
gan, PSU gw SF450 bronze(450W)
gw itung sistem PC pake psu calculator dg full load 24 jam jalan terus menerus result psu calculator
daya yg kluar max 294W

rencana mau beli ICA 700 VA
udh cukup nggak ya ?
Diubah oleh Charimanto
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 10:00
bagi yg bingung menghitung2 kalkulator UPS mungkin bisa mampir ke situs ini.

http://www.apc.com/id/en/tools/ups_s...S/en/home/load
http://upsselector.eaton.com/Calculator
http://upsselector.eaton.com/Load

Hitung sendiri ya...
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 10:56
Quote:Original Posted By twaw
bagi yg bingung menghitung2 kalkulator UPS mungkin bisa mampir ke situs ini.

http://www.apc.com/id/en/tools/ups_s...S/en/home/load
http://upsselector.eaton.com/Calculator
http://upsselector.eaton.com/Load

Hitung sendiri ya...


Sebenarnya sih gw pikir2 700VA udh cukup (max load sistem 295W ~ 600VA)
tp yg gw tanyain tuh, PSU 450W nggak jadi beban si UPS kan ?
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 12:48
Numpang nanya gan, mendingan ambil ICA ST623B ato APC SUA750i ya?
Kalo merek & kualitas sih udah pasti APC ya, tapi yg apc kan dayanya cuma 500w tuh, sedangkan yg ICA dapet 600w & lebih murah.

PSU pake 760w. Apa aman kalo beli ups yang dayanya dibawah spek psu?
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 13:58
Quote:Original Posted By twaw


Kualitas ya, pasti jauh kualitas UPS online sinewave walaupun untuk merk lokal untuk keluaran ourput baik colok listrik maupun backup. klo spare part ini dilihat sbrp terkenal dan dipakai produk tsb. klo spare part original baru gk perlu khawatir ada perwakilan perdagangan masing2 UPS di negara kita, cm untuk harga jgn kaget untuk komponen2nya bisa sgt mahal skali.
ane ganti UPS SUA1000i untuk baterai aja ya UPS pnya ane sndiri klo perwakilan resmi bisa dapat 1unit UPS Sinewave Second malah UPS Online Sinewave sprti laplace itu.

Baterai UPS Online memang cenderung cpt soak cm klo kita pinter merawatnya bisa sgt awet dan baterai juga ada kualitas merknya. yg lbh mahal dan bermerk lbh awet sprti panasonic dan disni pemilihan tahun produksi pabrik juga diperhatikan dan original dr baterai tsb. oh ya, jgn bermerk tp produksi lama baterai tsb psti umur jg lbh pendek cm harganya bisa jauh lbh murah (untuk yg mau menghemat untuk membangun sistem UPS ya). Umur UPS biasanya 1-3 mlh ada smp 5thn tergantung cara ngerawat dan kualitas merknya.
merk paling bagus stahu ane hitachi made in japan. bagus csb, panasonic.


thank you mas bro infonya...
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 15:43
gan ups cucok buat pc ane apaanya..
ane mlah gank ngerti sinwave apfc apalah wkwkw.. udah baca2 page depan pusing pale ane..
spek:
i5-4460
mobo : asrock lupa seri murah
2x4gb patriot
LCD LG 19inc
vga: r9-270x
hdd: 1tB
ssd; 240gb
psu: enermax maxpro 500w

recom apaanya gan.. biar bisa shutdown aja.. 5 menit ae gak sampe paling..
budget tipis gan.. hahahaha mentok 800k
Diubah oleh ojez
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 16:40
Quote:Original Posted By twaw
PowerSupply dalam PS3 klo gk salah sdh APFC (efisien, stabil dan teknologi terbaru bkn jadul). Klo saran saya sih sbaiknya untuk alat sensitif sprti konsol game pakai UPS Sinewave. sayang jg, Konsol mahal ditandemkan dgn UPS ala kadarnya.
apalagi untuk bisa save game bbrp wktu.
mungkin agan bnar emoticon-No Hope ane baru beli apc backup bx650 (sblmny jg prolink pro700sfc sama) dan malah g bisa back up ps3 tp klo led tv masih nyala. itu kira2 apanya


0 0
0
Panduan UPS - Part 1
26-11-2016 23:12
Quote:Original Posted By w3n_m1ng


klo utk mau lihat ups masih layak ato ga outputnya ketika PLN padam, coba di ukur pakai voltage meter + frequency meter. Krn d indo menganut 50Hz, selain tegangan harus bagus, frekuensi juga oke, sehingga peralatan yg di backup bs tetep awet..

volt&frequency meter


udah di tes kondisi input pln diputus dites pakai dmm output 218V, frekuency meter kebetulan ga ada tapi berdasarkan indikator ups 50Hz, indikator led cloud malah normal lagi ga terang redup, kasusnya seperti random. ane jadi curiga wd cloudnya yang agak bermasalah.
tapi logikanya seharusnya ga ada hubungan mau dites pln padam atau hidup, ini kan ups type online output dari inverter kecuali di bypass (koreksi jika salah)
Diubah oleh breeze11
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 06:16
Quote:Original Posted By b_boyz
Numpang nanya gan, mendingan ambil ICA ST623B ato APC SUA750i ya?
Kalo merek & kualitas sih udah pasti APC ya, tapi yg apc kan dayanya cuma 500w tuh, sedangkan yg ICA dapet 600w & lebih murah.

PSU pake 760w. Apa aman kalo beli ups yang dayanya dibawah spek psu?

Aman sih tapi ada syaratnya, ukur dulu pake wattmeter beban total ketika peralatan nyala semua (cpu+monitor+ modem+dsb), nah daya tsb merupakan daya real dari beban puncak, dari daya real tsb d tambah 10% utk power cadangan, jika hasil akhir masih lbh besar daya ups brarti amanemoticon-Smilie

Diubah oleh w3n_m1ng
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 06:22
Quote:Original Posted By breeze11
udah di tes kondisi input pln diputus dites pakai dmm output 218V, frekuency meter kebetulan ga ada tapi berdasarkan indikator ups 50Hz, indikator led cloud malah normal lagi ga terang redup, kasusnya seperti random. ane jadi curiga wd cloudnya yang agak bermasalah.
tapi logikanya seharusnya ga ada hubungan mau dites pln padam atau hidup, ini kan ups type online output dari inverter kecuali di bypass (koreksi jika salah)



knp d tes pas pln padam? krn masalah power tjd ketika pln padam kan? klo masalah terjadi pas pln hidup ya ups harus d tes sejak pln hidup.. frekuensi itu penting, klo frekuensi salah bs2 banyak peralatan yg rusak.. cuman klo psunya sensi, kadang minta ups yg full sine wave.
Ato bisa jadi switching time ups terlalu lama jadinya bikin wd cloud error ketika pindah dari pln ke aki.
Klo kejadian setiap kali pln padam wd cloud ikut error, ya kita bs pilih salah satu utk d ganti, bisa ups, bisa wd cloudnya.
Pertimbangannya klo ups uda agak lama usia >5tahun, mending upsnya di ganti. klo usia lbh tua wd nya ya lbh baik wd nya d gantiemoticon-Toast
Diubah oleh w3n_m1ng
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 06:27
Quote:Original Posted By w3n_m1ng
knp d tes pas pln padam? krn masalah power tjd ketika pln padam kan? klo masalah terjadi pas pln hidup ya ups harus d tes sejak pln hidup.. frekuensi itu penting, klo frekuensi salah bs2 banyak peralatan yg rusak.. cuman klo psunya sensi, kadang minta ups yg full sine wave.
Ato bisa jadi switching time ups terlalu lama jadinya bikin wd cloud error ketika pindah dari pln ke aki.
Klo kejadian setiap kali pln padam wd cloud ikut error, ya kita bs pilih salah satu utk d ganti, bisa ups, bisa wd cloudnya.
Pertimbangannya klo ups uda agak lama usia >5tahun, mending upsnya di ganti. klo usia lbh tua wd nya ya lbh baik wd nya d gantiemoticon-Toast

ups online selalu modus batere, gak ada switching time transfer time dsb
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 06:34
Quote:Original Posted By hachi.man
ups online selalu modus batere, gak ada switching time transfer time dsb


iya menurut teori mah seharusnya online ups tidak ada switching time, tapi siapa tau kalo merk tertentu menyalahi pakem aturan tsb?
Bisa jadi ada komponen ups juga yg mulai soak kan? Soalnya merk biasa banyak yg ga standart, kecuali merk terkenal pasti ikut standart iso ups.
Contohnya aja: merk non terkenal menulis ups ini sanggup 500watt. tapi ga d tulis itu watt continuos ato watt max, ketika di tes dengan beban max d banding ups apc dg watt yg sama bisa jadi ups merk biasa ini ga mampu backup ketika pln padam.
Jadi jangan percaya 100% pada spek kecuali merk terkenal, apalagi ups klo uda berumur banyak yg uda mulai soak komponennya.
Selain UPS bisa jadi upsnya oke2 aja, cuman wd nya yg nyeleneh atw uda mulai error.
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 06:50
Quote:Original Posted By w3n_m1ng


iya menurut teori mah seharusnya online ups tidak ada switching time, tapi siapa tau kalo merk tertentu menyalahi pakem aturan tsb?
Bisa jadi ada komponen ups juga yg mulai soak kan? Soalnya merk biasa banyak yg ga standart, kecuali merk terkenal pasti ikut standart iso ups.
Contohnya aja: merk non terkenal menulis ups ini sanggup 500watt. tapi ga d tulis itu watt continuos ato watt max, ketika di tes dengan beban max d banding ups apc dg watt yg sama bisa jadi ups merk biasa ini ga mampu backup ketika pln padam.
Jadi jangan percaya 100% pada spek kecuali merk terkenal, apalagi ups klo uda berumur banyak yg uda mulai soak komponennya.
Selain UPS bisa jadi upsnya oke2 aja, cuman wd nya yg nyeleneh atw uda mulai error.

komponen soak gak membuat ups online jadi offline
udah beda topologi
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 07:01
Quote:Original Posted By hachi.man
komponen soak gak membuat ups online jadi offline
udah beda topologi


iya beda topologi, tapi beda kemampuan pula klo komponen uda soak gan.. seharusnya kuat sesuai max daya tertulis bs jadi skrg menurun ga sekuat kondisi barunya..
Jd menurut agan masalah penyebabnya n solusi dari case tsb gmn?
wd cloud error ketika pln padam, upsnya pake laplace online.emoticon-Toast
Diubah oleh w3n_m1ng
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 07:34
Quote:Original Posted By w3n_m1ng
iya beda topologi, tapi beda kemampuan pula klo komponen uda soak gan.. seharusnya kuat sesuai max daya tertulis bs jadi skrg menurun ga sekuat kondisi barunya..
Jd menurut agan masalah penyebabnya n solusi dari case tsb gmn?
wd cloud error ketika pln padam, upsnya pake laplace online.emoticon-Toast

komponen soak?

ada 2 komponen yg biasanya soak di ups: batere dan kapasitor
tinggal ganti kapasitor yg soak udah bisa bikin ups ganteng lagi
banyak contohnya
0 0
0
Panduan UPS - Part 1
27-11-2016 11:43
Quote:Original Posted By twaw
kyknya UPSnya cacat tuh. coba aja return. jgn coba2 bongkar nnti garansi void.

thanks gan sudah di reply
kalo garansi nya udah lewat, kira2 komponen apa yg mesti diganti kalo seperti itu kejadiannya?

0 0
0
Halaman 67 dari 250
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia