• Beranda
  • ...
  • Pilkada
  • Tanggapi Sandiaga, Ahok: Pakai Mobil Rp 300 T Boleh, Asal Bayar Pajak

iloen
TS
iloen
Tanggapi Sandiaga, Ahok: Pakai Mobil Rp 300 T Boleh, Asal Bayar Pajak
Jakarta - Tak seperti Sandiaga Uno yang bakal melakukan moratorium pada mobil dengan harga di atas Rp 3 miliar, cagub DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) justru memperbolehkan orang kaya di Jakarta membeli mobil mewah.

Ahok mengatakan hal tersebut dengan satu syarat yakni pemilik membayar pajak atas mobil mewah yang mereka beli. Selain itu, mobil mewah tersebut juga harus membayar jika melintas di jalan yang telah menerapkan sistem Electronic Road Pricing (ERP).

Menurut Ahok, pajak yang didapat dari pembelian mobil mewah tersebut dapat dimanfaatkan oleh pemerintah untuk pembangunan di DKI.

"Jadi yang kaya mau pakai mobil Rp 300 triliun silakan. Pajak BPKB dan STNK mengikuti harga mobil. Saya senang kalau orang beli mobil mewah-mewah silakan saja. Tapi kalau kamu mau pakai jalan, mau lewat dikenai bayaran (ERP)," terang Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

Selain itu, Ahok juga menanggapi program cawagub nomor urut 3, Sandiaga Uno yang memperbolehkan mobil ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) beredar di jalanan Jakarta justru hal yang salah.

Malah, banyaknya mobil LCGC di Jakarta akan menambah kemacetan sebab mobil tersebut dapat dibeli dengan harga terjangkau. Sebab itu, untuk memfasilitasi transportasi warga kelas bawah dan menengah, Ahok mengatakan lebih baik membuat moda transportasi massal yang berkualitas.

"Dulu ingat enggak waktu keluar mobil Low Cost yang murah itu lho. Semua ahli mengatakan kalau dibiarkan mobil murah dijual maka kemacetan akan makin meningkat. Jadi saya percaya teori kalau mobil murah banyak dijual, maka tentu akan nambah macet nambahi subsidi BBM. Jadi kalau bagi kami subsidi menengah ke bawah adalah membangun kereta api, MRT kepada mereka," imbuhnya.
(nkn/bag)

Quote:


keliatan kan?
yang mengerti permasalahan dan punya solusinya, di banding yang meraba2 permasalahan dan ngga punya solusi emoticon-Peace
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
24.8K
374
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilkada
Pilkada
icon
5.3KThread659Anggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.