others
Batal
link has been copied
284
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/582ab7a556e6afdf378b4569/kebiasaan-antri-orang-jepang-dan-apa-aja-yang-mereka-antrikan
Orang Jepang itu teratur banget, apalagi masalah antri.
Lapor Hansip
15-11-2016 14:22

Kebiasaan Antrinya Orang Jepang Itu Apa Aja Sih?

Past Hot Thread


MAIDO!


Halo lagi Agan & Aganwati.

Duh, udah beberapa minggu nih kita absen buat nge-share hal-hal atau kebiasaan yang ada di Jepang karena kerjaan lagi numpuk.emoticon-Mewek Hehehe.

Gimana kabarnya nih, Gan?
Mudah-mudahan sehat selalu dan mengingat kejadian yang menghebohkan Jakarta beberapa waktu lalu (baca: demo), ga bikin kita terpecah-belah ya. Terutama sering banget akhir-akhir ini Ane liat di timeline Facebook, temen-temen Ane pada ngeshare banyak hal deh tentang politik.
Intinya sih, setiap orang bebas berpendapat, yang penting rasa damai selalu dijaga ya, Gan. Negara kita cuma satu, saudara kita banyak, jadi yang dinomor satukan tetap harus rasa saling menghormati satu sama lain.

Oke, lanjut nih, Gan, obrolannya.
Sesuai dengan judul yang Ane kasih di atas, kali ini Ane mau ngebahas tentang kebiasaan orang Jepang buat ngantriin sesuatu. Segala sesuatu yang buat mereka biasa, kadang terlihat unik buat orang asing yang ga terbiasa ngeliatnya.

Coba deh yuk simak antrian apa aja yang kita maksud..

1. Cara Antri di Toilet yang Unik
Ini pernah Ane bahas sebelumnya di artikel kita di sini: Artikel Beberapa Hal yang Dibenci Orang Jepang dari Turis Asing
Seperti yang Ane tulis, cara antri di dalam toilet yang diterapkan di Jepang itu beda sama cara antri di toilet umum di negeri kita. Walaupun Ane udah liat di beberapa Mall tertentu yang menerapkan cara antri seperti ini, biasanya kalo di Indonesia itu diterapkan cara antri di Jepang kalo toiletnya super sempit dan ga bisa antri asal-asalan.
Sementara kalo di Jepang, mau itu toilet segede empang tetangga, pasti cara antrinya akan tetap sama. Tertib dan rapi.
Cara antri toilet Jepang & Indonesia


Nah, kalo menurut Agan, enakan antri yang cara mana? Bisa ngga ya diterapin di Indonesia cara begini?


2. Antri di Depan Kasir
Seandainya ada 2 atau lebih mesin kasir dan seleuruh mesinnya sedang penuh melayani pelanggan, cara antri yang kebanyakan diberlakukan adalah sama seperti cara mengantri di toilet. Beberapa orang akan mengantri di satu baris yang sama dan ada jarak sedikit jauh di depan kasir. Mereka akan antri dengan sabar, hingga giliran mereka untuk dilayani tiba.
Tanda antri di depan kasir

Selain ini dianggap lebih efektif, setiap orang akan merasa lebih adil perlakuannya. Di beberapa toko seperti convenience store, di lantai tepat di depan kasir biasanya ada stiker penunjuk tempat antri (tulisannya: antri di sini). Nah, untuk tempat-tempat yang tidak menggunakan stiker, biasanya diperbolehkan untuk antri di depan kasir masing-masing. Uniknya, untuk pelanggan yang emang udah biasa sama hidup tertib, akan otomatis antri satu baris dan ga perlu rebutan buat minta dilayani atau merasa dirinya paling cepat.

Eh tapi untuk kasir supermarket sih aturannya sama kayak supermarket di Indonesia. Tiap orang antri di depan tiap kasir dan setiap orang bebas milih mau antri di kasir yang mana yang menurut mereka paling cepet.


3. Menunggu Kereta Datang atau Angkutan Umum Lainnya
Capek-capek antri di halte bus, trus tiba-tiba pas busnya dateng ada orang yang nyelonong aja masuk ke dalam bus terus malah dorong-dorong? Atau waktu kita naik kereta dan pada waktu sampe di stasiun yang dituju, orang yang mau naik kereta nggak ngasih kita waktu buat turun, dan meereka malah maksa masuk?

Ga di negara A apa negara B, kejadian kayak gitu emang bikin kesel dan naik pitam! Ya gimana enggak, udah capek antri, apalagi kalo pas panas terik, atau pas udah capek kerja, tiba-tiba diperlakukan kayak gitu pasti bawaannya pengen ngomel-ngomel kan? (Hayo ngaku! Hahaha.) emoticon-Ngacir2

Nah kalo di Jepang, budaya mendahulukan yang udah antri atau mendahulukan yang mau turun dari kendaraan umum itu diprioritaskan. Orang-orang yang mau naik kereta biasanya kasih jalan ke orang-orang yang mau turun dari kereta. Kenapa? Simple, Gan. Biar lebih lancar aja sih sebenernya. Bukan karena hal lain atau apa. Tapi karena sebenernya kalo kita ga kasih prioritas orang yang mau turun dan maksain diri sendiri buat naik, yang ada malah macet di deket pintu kereta dan jadinya bakal makan waktu lebih lama. Buru-buru boleh, tapi egois nanti dulu deh!
antri kereta di Jepang

Hmm, walaupun kadang yang mau naik kereta suka ngeselin juga kalo pas penuh suka dorong-dorong sampe jadi tempe penyet (atau ane pernah juga sebelah sepatu Ane nyemplung ke kolong kereta), tapi yang mau keluar kereta pasti dikasih jalan duluan (baca: curcol).


4. Antri Mau Naik Tangga
Naik tangga aja ada aturannya? Duh, segitunya banget!
Kalo di Jepang, ada semacam “peraturan tidak tertulis” untuk naik tangga atau jalan kaki. Di Jepang, “hukumnya” untuk membuka sedikit jalan buat mereka yang memang buru-buru. Jadi orang-orang ga ada cerita tuh jalan seenak udel di tengah-tengah, atau kalo pas jalan bareng temen-temen ngabisin ruang jalan untuk mereka sendiri. Pasti secara tidak langsung (mungkin karena udah terbiasa) mereka akan sedikit menepi buat kasih jalan bagi mereka yang emang ngejar waktu.

linknya:
Budaya Antri Eskalator

Nah, untuk naik tangga atau eskalator itu pasti ada 2 jalur (udah kayak kendaraan aja). Kalo di Tokyo, untuk yang ngga buru-buru pasti akan jalan di sebelah kiri, dan yang buru-buru bisa melesat dengan super cepat dengan kecepatan angin (hahaha) di jalur sebelah kanan. Sementara kalo di Osaka adalah kebalikannya. Dengan fase kehidupan yang semua serba cepat, orang Jepang akan selalu memberikan ruang untuk mereka yang memang sedang buru-buru. Sementara kita yang orang asing akan berpikiran, “Yaelah, buru-buru amat…!!” hahahaha.

Tapi mungkin buat turis yang (harusnya) menikmati setiap sudut dari kota Jepang akan kesel kalo tiba-tiba ada yang ngeburu-buruin. Tapi coba diliat dari sisi mereka deh, kalo misalkan kita lagi buru-buru, terus orang di depan kita jalannya super lelet dan ga ngasih space sama sekali, kesel ga? Ya….gitu deh, hehehhe…

Makanya, kayaknya seru juga ya kalo orang Indonesia mulai nerapin hal ini. Kalo naik eskalator misalnya, coba buka jalan di sebelah kita untuk mereka yang mungkin emang buru-buru. Ga ada salahnya kok dicoba.
Okeee itu tangga jalan emang jalan sendiri, dan fungsi awal diciptain si tanggal jalan ya supaya kita ga perlu capek-capek naik tanga. Tapi pesan yang mau disampaikan ngga cuma sekedar “si tangga otomatis peringan gerak tubuh”, yaitu "supaya lebih cepat sampai di lantai berikutnya. Jadi itulah kenapa, di dunia ini PASTI ada orang yang memang buru-buru. Ya ngga?


5. Antri Beli Sesuatu yang Unik Sampe Berjam-jam
Nggak kalah sama Indonesia, di Jepang orang rela buat antri berjam-jam buat beli sesuatu yang unik. Makanan, barang-barang unik, merchandise limited edition, daaan lain-lain. Ngga capek apa ya itu kaki? Kalo misalnya berpikir antrian akan berhenti setelah beberapa waktu, jangan berharap, Gan. Biasanya kalo makanan yang popular, antrinya itu bisa berkelanjutan bertahun-tahun! Dan orang masih aja mau antri buat beli emoticon-Big Grin
Antri di Restoran Terkenal

Uniknya, di Jepang ada banyak banget event yang “mengharuskan” antri, atau si pembeli “rela” antri, atau toko yang “kalo nggak” antri ngga bisa beli. Hahaha. Ada banyak kategori konyol di sini. Tapi kadang seru aja ngeliatin mereka antri panjang untuk sesuatu yang menurut kita “yaelah!”. Hehehe. Ya nikmatin aja prosesnya deh, Gan.

6. Antri Beli Tiket Konser
Nah, kalo yang ini, keseringan bukannya beneran antri di toko penjual tiket atau semacamnya, Gan. Jadi gini, kalo di Jepang itu yang namanya beli tiket konser nggak segampang kayak beli tiket konser di Indonesia. Sering banget tiket dari band kesayangan kita tuh belinya harus diundi.

Maksudnya?
Kata “diundi” di sini tuh, setiap orang yang mau beli tiket biasanya harus daftar dulu jadi member fan club. Hmm, lebih simplenya gini nih, Gan. Jadi misalnya Ane suka sama Hirai Ken, dan kalo Ane mau nonton konsernya,, Ane bisa ikutan undina buat bisa beli tiket konser mereka. Nah syarat buat ikutan undian itu adalah jadi member. Dan kalo jad member itu biasanya kita harus bayar biaya member tahunan. Jumlahnya juga macam-macam, ada paketnya masing-masing. emoticon-Ngacir Tubrukan

Nanti kalo pas ada konser, kita akan dikasih tau lewat email, mau ikutan apa ngga. Kalo mau, nama kita akan diundi sama mereka. Sebetulnya tiket juga dijual biasa, tapi sering banget kalo konser itu tuh khusus buat member aja. Bahkan ane malah pernah denger kalo ada banyak banget fans-fans yang jadi member cuma supaya bisa ikutan nonton konser grup favorit mereka mau repot-repot daftar jadi member yang "ngga gratis" lho! *speechless deh.

Kalo Agan mau gak sampe kayak gitu? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)


Ada banyak fenomena atau kebiasaan unik dari Jepang, Gan. Pasti Agan juga udah pada tau. Atau mungkin udah bosen dengernya. Atau bahkan mungkin mikir "Jepang lagi, Jepang lagi bahasannya". Tapi ya berhubung kita emang bikin artikel di Forum Regional Jepang, mau gimana lagi. Masa bahas negara lain? Hahaha. emoticon-Hammer (S)

Kita berusaha buat kasih info lain di artikel kita berikutnya ya, Gan. Sampe ketemu lagi!

OOKINI!

Follow & Like Page kita yuk!
Facebook: https://www.facebook.com/karaksatours.id
Instagram: https://www.instagram.com/karaksatours.id
Twitter: https://www.twitter.com/karaksatours_id
Website: https://www.karaksatours.com
https://www.karaksahotels.com



Diubah oleh karaksa
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 15
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
23-11-2016 08:59
Budaya antri mereka ga seperti kita ya?
Bahkan mereka semua selalu tepat waktu(untuk jadwal transportasi umum), karena ketidak disiplinan adalah hal yang hina di mata mereka.

ane yakin seandainya Indonesia, bisa tertib, rapih dan taat berkendara, jalan raya kita ga seriweh sekarang. bahkan kecelakaan kendaraan bisa berkurang
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
23-11-2016 09:28
mungkin juga bisa di kasih ilustrasi atau foto sesungguhnya gan :beers
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
23-11-2016 19:17
arigatou gozaimasu.
Sore wa kakoi na.
Nice threat yak. Tambahin threat donk kakak. emoticon-Smilie
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
24-11-2016 06:16
Indonesia nyelak mulu
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
25-11-2016 04:26
sharing pengalaman aja waktu kesana.. emoticon-Big Grin
emang bener bgt budaya ngantri di Jepang patut dicontoh
apa apa ngantri apa apa ngantri
awalnya sih rada bete gara2 semua tempat ngantri emoticon-Nohope
cuman ngeliatnya rapih bgt
waktu gue ngantri tiket Universal, ajigile dari pagi udah panjang emoticon-Ngakak (S)
tapi mereka rela ngantri dan rapih, persis kalo ada final AFF disini
gue belum ngerasain ngantri toilet sih tapi ngantri restoran terkenal itu yg udah
dan bener2 mereka ngantrinya sabaaar banget emoticon-linux2
oh iya satu lagi.. kalo bikin restoran disana enak bgt
karena yg bersihin meja itu pelanggannya bukan yg kerja di restoran emoticon-Big Grin
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
25-11-2016 08:28
Quote:Original Posted By dioslz
sharing pengalaman aja waktu kesana.. emoticon-Big Grin
emang bener bgt budaya ngantri di Jepang patut dicontoh
apa apa ngantri apa apa ngantri
awalnya sih rada bete gara2 semua tempat ngantri emoticon-Nohope
cuman ngeliatnya rapih bgt
waktu gue ngantri tiket Universal, ajigile dari pagi udah panjang emoticon-Ngakak (S)
tapi mereka rela ngantri dan rapih, persis kalo ada final AFF disini
gue belum ngerasain ngantri toilet sih tapi ngantri restoran terkenal itu yg udah
dan bener2 mereka ngantrinya sabaaar banget emoticon-linux2
oh iya satu lagi.. kalo bikin restoran disana enak bgt
karena yg bersihin meja itu pelanggannya bukan yg kerja di restoran emoticon-Big Grin


Hahaha yoi, Gan..
Ane juga pernah bahas tuh yang beresin tray kita sendiri kalo di resto fastfood.
Manteplah, yang bagus2 gitu emang harus ditiru.

0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
29-11-2016 08:35
karena di jepang di ajarkan gans
kita mah di ajarkan akademik doang
iyak jadinya ngejar nilai saja
saling sikut menyikut
emoticon-Recommended Seller
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
29-11-2016 12:30
Quote:Original Posted By centshunter


komen kok emo doang gan. kayak g bs nulis aja.


nggak penting nurutin kata-kata dari iq jongkok macem loe

0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
29-11-2016 12:34
antri sembako mngkinn
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
30-11-2016 09:51
Kapan ngantriii duitnya gannn emoticon-Ultah emoticon-Purple Repost
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
30-11-2016 17:54
budayakan antriii wkwkw
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
30-11-2016 19:39
tertib banget y gan, perlu dicontoh ini agar di Indonesia juga bisa ada budaya antri yg tertib.
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
01-12-2016 06:43
Quote:Original Posted By andini.........
nggak penting nurutin kata-kata dari iq jongkok macem loe


bodoh aja lu tong. cm ngejar post
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
05-12-2016 20:56
nggak nurutin, iq jongkok
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
15-12-2016 01:07
sugoi nihon!

salah satu yg ane suka di jepang "bagian kiri eskalator untuk orang yg diam/santai, bagian kanan untuk yg sedang terburu-buru/lari"
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
05-01-2017 05:14
Antri rapih gini di stasiun manggarai mana bisa gan emoticon-Betty
0 0
0
Kebiasaan Antri Orang Jepang dan Apa Aja yang Mereka Antrikan?
05-01-2017 08:17
Hahaha TS nya juga suka Ken Hirai emoticon-Malu . Paling suka budaya antri dan eskalator gan. Entah kenapa kalo diterapin di Indonesia tuh susah banget emoticon-Sorry
0 0
0
Halaman 14 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia