others
Batal
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
280
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/58003ab6c2cb17b1438b4569/apa-aja-mitos-mitos-seru-soal-pekerja-kantoran-salary-man-di-jepang
Sambil menikmati musim gugur di Jepang yang udah mulai dateng, plus cuaca dingin yang udah mulai bikin mengigil, Karaksa balik lagi buat ngeshare hal-hal yang menurut kita unik di Jepang.
Lapor Hansip
14-10-2016 08:53

APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?

Past Hot Thread

MAIDO!


Halo Agan & Aganwati!
Udah kangen belom? Hehehe..emoticon-Peluk

Sambil menikmati musim gugur di Jepang yang udah mulai dateng, plus cuaca dingin yang udah mulai bikin mengigil,
Karaksa balik lagi buat ngeshare hal-hal yang menurut kita unik di Jepang. Setelah beberapa artikel yang kita tulis dan dapet tanggapan menarik dari Agan & Aganwati, kita jadi pengen ngelanjutin berbagi info soal Jepang. Terutama soal budaya Jepang yang mungkin jarang dibahas atau masih asing di kuping orang Indonesiaemoticon-Betty (S)

Untuk Thread kali ini, kita mau ngebahas seputar pekerja kantoran di Jepang yang udah terkenal banget sama label "Workaholic", alias pekerja (terlalu) keras. Hahaha. Siap-siap ya! emoticon-Ngacir2

Pekerja kantoran, yang dalam bahasa inggris biasa disebut Office Wokers" punya istilah sendiri dalam bahasa Jepang. Di sini, mereka disebut sebagai “Sararii-man”, yang diambil dari bahasa Inggris “Salary Man”, karena mereka menerima upah tiap bulan. *jadi mulai dari sini ane sebut Sarariman ye, Gan..

Para Sarariman ini mempunyai keunikan tersendiri buat orang-orang asing, baik yang ke sini cuma jalan-jalan atau memang baru mulai tinggal di Jepang dan kebetulan ketemu mereka di jalan-jalan Jepang. Saking banyak kesamaan dari kekhasan mereka, kita-kita sebagai orang asing malah sering ngerasa lucu sendiri, bahkan bertanya-tanya atau bikin analisa sendiri yang macem-macem dalam kepala.

Terus, apa aja sih kekhasannya pekerja kantoran di Jepang?

1. UNIKNYA BAJU KERJA YANG KITA PIKIR ITU SEBAGAI SERAGAM

>>> Pemandangan sejumlah karyawan kantoran berjas rapi, kemeja, dan dasi ngga aneh tiap pagi atau sore hari waktu berangkat dan pulang kerja di dalam kereta. Kayak udah jadi seragam, para pekerja kantoran ini kayak ngerasa pake baju ke kantor harus kayak gitu. Kalo perempuan biasanya minus dasi. Yang wajib dipakai untuk perempuan adalah stoking minimal senada dengan warna kulit. Dan percayalah, Gan, bahwa pake stoking buat perempuan itu WAJIB! Walaupun bukan peraturan kantor, kalo ngga pake bakalan dianggap ga tau manner. Nah, kalo kebetulan pake celana panjang, perempuan harus pake kaos kaki kecil khusus sepatu kerja.

Walaupun pemandangan ini banyak di tahun 90an, di tahun 2000an juga masih banyak yang pake "seragam" ini, sementara peraturan stoking dan kaos kaki kecil khusus sepatu kerja perempuan masih bertahan sampe sekarang.

Setelah isu pemanasan global meningkat dan Jepang mau ikutan kontribusi di dalamnya, pakaian kerja dengan konsep “Cool-biz” mulai diterapkan di kantor-kantor (baik pemerintahan maupun swasta). Selain itu juga buat hemat listrik, Gan, karena di Jepang nggak pernah pake AC kayak di Indonesia yang sampe 18 derajat Celsius, kebiasaan pake jas dan dasi jadi bikin gerah dan ga nyaman selama kerja. Di kantor Jepang itu standar setting pendingin atau pemanas pas musim panas atau dingin adalah 28 derajat Celsius.

Btw, budaya “Cool-Biz” itu apa sih?
Ini adalah system baru yang memperbolehkan setiap karyawan pake kemeja lengan pendek atau kaos polo shirt ke kantor supaya di musim panas si pekerja ngga kegerahan. Apalagi kalo harus keluar kantor. Ga mau dong ya ketemu client tapi basah gobyosss. Hehehe. emoticon-Hammer (S)

Foto Sarariman
*source: https://introvertjapan.com/2014/01/1...anese-culture/

2. NOMIKAI DAN “(N)OMMUNICATION”

>>>Orang Jepang itu hobi minum-minum, terutama di malam hari. Dan itu bukan mitos. Agan & Aganwati sih udah pasti taulah ya. Mau sama temen atau sama client, mereka sering banget ngadain makan bareng atau minum bareng. Dalam bahasa Jepang, kebiasaan ini disebut “Nomikai”.

Pada saat minum bareng sama client, biasanya sambil ngelobi dan ngobrolin bisnis juga. Jadi urusan bisnis bisa jadi lebih lancar dan jarak yang tadinya jauh akan jadi lebih dekat. Tempat diadain Nomikai itu juga ngga selalu di karaoke atau di restoran mahal, Gan. Kadang di kedai minuman kecil yang hangat dan akrab.

Foto Nomikai
*source: https://www.emaze.com/@AIQTCTII/ABSOLUT
Karena pada saat minum dan ngobrol ini urusan bisnis jadi lancar dan jadi deal yang bagus, makanya disebutlah kegiatan ini jadi “NOMMU-NICATION”, ya asalnya dari kata “Nomu” yang artinya minum, “communication” yang artinya komunikasi. Jadi kalo dijadiin satu sih komunikasi sambil “Nomikai”. Hahaha, ribet. Untuk lebiasaan yang satun ini, selama ngga ujung-ujungnya korupsi sih, gapapa ya ^^ Namanya juga bisnis, harus banyak modalnya. Hihihihi.

3. AKRABNYA JUNIOR & SENIOR (BOS) BEDA ANTARA SIANG & MALAM?

>>>Maksudnya?
Menyambung topik di atas, pekerja kantoran itu sering banget jalan minum bareng sama senior dan bosnya setelah pulang kerja. Jadi nggak sama client aja, mereka juga sesama temen kantor biasanya ngelepasin penat setelah seharian kerja atau kalo diadain pas hari Jumat sih biar plong aja gitu setelah seminggu penat banget sama urusan kerjaan.

Kalo Agan & Aganwati nanti maen ke Jepang dan masuk ke kedai minuman, pemandangan sekelompok orang yang rame itu bisa jadi salah satu cirinya. Biasanya di saat kumpul barengan, ga ada lagi tuh batesan antara atasan atau senior-junior. Mereka semua bisa lepas bercanda sampe cekakakan.

Tapi uniknya, besoknya waktu mereka ketemu di kantor, KAYAK UDAH NGGA ADA APA-APA! Tiba-tiba semua jadi dingin lagi. Hahaha. Maksudnya bukan dingin marah apa gimana, tapi kayak semalem ga ada kejadian apa-apa. Pernah nih, Gan, temen ane pas lagi nomikai ama temen kantor dan si bos rame-rame heboh banget dan si bos juga ngebuka diri dan ga galak sama sekali. Bahkan becandanya udah kayak temen aja gitu. Tapi besokannya pas temen ane cekikikan setengah becanda negor si bos, si bosnya ngga gubris sama sekali bahkan agak judes mukanya. emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Foto Nomikai dengan Bos
*source: https://en.wikipedia.org/wiki/Nomikai

Temen ane panik dong ya, kirain dia marah atau gimana. Nanyalah ama Manager ane. Ternyata kata dia, “Di Jepang itu harus bisa nempatin diri. Bukan berarti kalo kita udah deket pas lagi nomikai bareng, terus besokannya bisa semena-mena. Jadi bukannya dia marah, tapi emang itu udah biasa di sini”, gitu katanya. emoticon-Hammer (S)
Wiihh, serem juga ya. Tapi semenjak itulah temen ane mulai kebiasa dan nempatin diri sesuai dengan waktu dan tempatnya. Pelajaran yang berharga banget jadinya!

Kalo di Indonesia gimana ya? ……Ah, ane ga mau jawab ah. Hahaha.

4.PULANG KERJA HARUS MALEM?

>>>Duh udah gak zaman kayaknya ya?
Emang sih, dulu itu banyak banget karyawan yang nerapin begitu. Itung-itung sekalian lembur nunggu bos pulang. Tapi sekarang udah nggak lagi, Gan. Cuma perusahaan Jepang kolot aja yang masih begitu. Makin kesini perusahaan Jepang udah mulai kebuka. Mungkin karena udah mulai banyak pengaruh dari budaya luar termasuk Amerika kali ya.

Apalagi sekarang ada penghematan listrik. Makin banyak yang lembur, artinya daya listrik akan dibuang percuma. Jadi semua karyawan bahkan diimbau untuk pulang tepat waktu supaya hemat energi.

Tapi ya untuk anak-anak baru yang baru aja kerja di perusahaan, otomatis pulangnya agak belakangan sih, Gan. Malu ama senior juga hihihihi..

5. MENGANUT KEPERCAYAAN “BEKERJA SEUMUR HIDUP DI SATU PERUSAHAAN”

>>>Kayaknya hal ini yang paling disalutin sama negara-negara yang tau sama pandangan dan cara hidup dari orang Jepang. Ya ga semuanya salut sih. Ada beberapa yang beranggapan itu ga masuk akal, dan lain-lain. Tapi sebenernya itu sebagai salah satu bukti aja kalo orang Jepang itu ngga gampang menyerah dan lari dari masalah. Atau misalnya udah "stuck" sama kerjaan. Biasanya mereka bisa kasih proposal untuk proyek-proyek baru ke kantor supaya nggak bosen. Karena orang-orang yang punya banyak ide dan kontribusi besar ke perusahaan itulah biasanya yang bakalan gampang naik jabatan atau gede bonusnyaemoticon-Kiss

6. BANYAK POTONGAN GAJINYA?

>>>Nah, kalo yang ini bener banget, Gan. Tapi potongannya itu bukan buat yang aneh-aneh kok. Dan potongannya itu bukan buat kantor juga, melainkan buat tabungan masa tua atau asuransi kesehatan dari pemerintah. Besarnya potongan biasanya bisa sekitar 20-30% dari gaji (NANGIS GA???). Jadi itu termasuk pajak penghasilan, asuransi kesehatan dari pemerintah, asuransi jaminan kecelakaan dari kantor (kalo kenapa-kenapa pas lagi ke kantor misalnya), dan uang jaminan masa tua. Jadi kalo nanti pada pensiun, tiap bulan mereka bisa dapet uang tunjangan, Gan. Makin besar potongan (atau makin besar gaji), makin besar juga tunjangan bulanan pas udah pensiun nantinya.

Tapi yang jadi masalah sekarang adalah, jumlah anak-anak yang makin dikit sementara orang tua lebih dominan. Ini dikhawatirin sistem kesejahteraan masa tua bakal berenti di suatu titik karena emang udah ga ada lagi yang biayain. Jadi ada kemungkinan generasi muda yang sekarang mati-matian bayar tunjangan masa tua, ga bakalan dapet pas mereka udah tua karena udah diberentiin dari pemerintah.

*source: http://vip.blomaga.jp/articles/43984.html

7. GAMPANG DEPRESI DAN MUTUSIN BUNUH DIRI KARENA GA KUAT?

>>>Wah, bunuh diri emang jadi masalah yang paling berat di Jepang selain berkurangnya generasi penerus, alias populasi menurun. Tapi ada kecenderungan stress di tempat kerja karena tekanan dari berbagai pihak menjadi pemicu para Workaholic ini buat mengakhiri hidupnya dengan cara yang paling cepat. Apalagi kalau ternyata berhutang banyak, Gan. Jadilah masalahnya bertumpuk-tumpuk.

Nah, buat yang punya hutang banyak, biasanya orang Jepang yang berpikiran pendek bakalan jadiin cara ini buat "ngebantu keluarga".Maksudnya? Jadi orang Jepang yang punya asuransi jiwa biasanya memilih untuk bunuh diri karena beranggapan dengan kepergiannya, si keluarga bakal ngedapetin hak asuransi yang lumayan dan bisa bayar hutang. Tapi kenyataannya ngga selalu gitu, Gan. Sekarang perusahaan asuransi juga makin ketat. Ada yang ga bakal cair uangnya kalo alasan kematiannya adalah bunuh diri.

Btw, tau ga, cara paling favorit buat bunuh diri di Jepang selain minum racun atau gantung diri? Cara lainnya adalah loncat ke rel kereta api! Tapi, karena sering banget dan bisa menyebabkan kerugian, sekarang peraturannya adalah keluarga yang ditinggalkan akan dikenakan biaya perbaikan dan denda.
Duh…… emoticon-Mewek

Kayaknya udah panjang nih cerita ane. Segini aja dulu ya, Gan. Mudah-mudahan informatif dan bisa jadi pengetahuan dikit-dikit aja buat yang belum tau. Mungkin ada hal lainnya, tapi ini sih yang Ane perhatiin banyak selama Ane ada di sini.
Silakan kalo ada masukan yang membangun, diinfoin aja ke Ane yaa.

Sampe ketemu lagi di Thread berikutnya! emoticon-Ngacir Tubrukan

OOKINI!


Lebih dekat dengan karaksa yuk!
Facebook http://www.facebook.com/karaksatours.id
Twitter http://www.twitter.com/karaksatours_id
Instagram http://www.instagram.com/karaksatours.id
Website https://www.karaksahotels.com/ & https://www.karaksatours.com/

Diubah oleh karaksa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arisentris. dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 14 dari 15
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
27-10-2016 16:33
Gan itu berarti sudah menjadi WNA ya? Bukan kewarganegaraan indo lagi? Kalo kerja dijepang?
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
29-10-2016 03:46
Wuih ane baru tau nih gan. Ty infonya ya gan emoticon-Toast
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
31-10-2016 13:18
wah apa kabar ya kawan gw yang banting setir dari guru bahasa jepang kerja di jepang cuma gara2 kepincut ama cew sono? ampe negara sendiri dijelek2in. dan jadi wna sono. rasain deh lohemoticon-Wkwkwk
bongkar gan!!! biar yang suka delusi pada sadaremoticon-Toast
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
04-11-2016 07:47
Quote:Original Posted By karaksa


tergantung kantornya kok gan. Sekarang malah ada kantor yang ngebolehin rekan sekerja nikah dan ga harus keluar kantor. Palingan pindah divisi aja. Soalnya kantor2 udah pada tau kalo ekonomi sulit seandainya yang kerja cuma seorang doangan. Gitu, Gan.



hahaha yoi gan. Tapi itu semua semacam subsidi silang sih gan. Jadi uang yang dikeluarin itu diputer buat ningkatin kesejahteraan si pembayar juga dan bisa langsung dirasain manfaatnya.
Ini paling berasa kalo pas sakit sih gan. Biaya kesehatan murah banget di sini.



Yoi bener banget Gan.
Biarpun dibayar lembur dan gajinya jadi gede, namanya manusia juga perlu istirahat.
Dulu sampe ada loh gan, ga ada yang ambil cuti tahunan. ckckck. Pekerja keras apa keblinger ya..............



Tar ane tulis, ente malah ilfil lagi gan.
Cerita cewe jepang ama imagenya yang tersebar di indonesia kan beda ama aslinya.
Agan siap menerima kenyataan pahit? eaaaa hahaha



Wah, ane jd penasaran dah gmn bedanya
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
06-11-2016 18:56
Quote:Original Posted By karaksa


Boleh kok, apalagi kalo karena agama ya. Misalnya kita muslim, pasti ga akan dipaksa. Bahkan temen kantor ane yang sibuk sendiri nanyain ane boleh makan ama minum apa aja.



wekawekaweka



anen ye gan? lol



haha. kebetulan aja kali gan.



ga ada gan. yang ada bonus setahun 2x. besarnya tergantung hasil kerja sama keuntungan kantor.



yoi. tapi bisa diliat negaranya berkembang kaya gimana.



anen anet.



hahaha banyak kok gan. sekarang mulai banyak yang kerja dari rumah juga.


selamat hari barcen sedunia emoticon-Leh Uga
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
10-11-2016 13:37
AKRABNYA JUNIOR & SENIOR (BOS) BEDA ANTARA SIANG & MALAM? emoticon-Matabelo
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
18-11-2016 08:59
Quote:Original Posted By .ali.arroughi.
AKRABNYA JUNIOR & SENIOR (BOS) BEDA ANTARA SIANG & MALAM? emoticon-Matabelo


Yoi, Gan. Siang akrab juga sih, tapi kalo pas pergi rame2 pas malam hari itu biasanya jauh lebih akrab dan bisa gila2an.
Tapi besokannya harus tau diri dan ga kebablasan jadi songong. Hahahha
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
22-11-2016 12:27
Quote:Original Posted By lighthades



ini gan yang buat penasaran ...aslinya lebih baik apa kurang....emoticon-Matabelo


yg selama ini kita liat di film2 cuman hasil make up aja gan....
coba kalo ente kesini dan meneliti sendiri...

waktu itu ane pernah nemu satu cewe di train dalam perjalanan ke kantor...
niat hati mau nampa pagi2.....pas mau dideketin ternyata oh ternyata......

ke kantor cuma modal makeup doang.... emoticon-Thinking
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
22-11-2016 20:59
Quote:Original Posted By nyanun
yg selama ini kita liat di film2 cuman hasil make up aja gan....
coba kalo ente kesini dan meneliti sendiri...

waktu itu ane pernah nemu satu cewe di train dalam perjalanan ke kantor...
niat hati mau nampa pagi2.....pas mau dideketin ternyata oh ternyata......

ke kantor cuma modal makeup doang.... emoticon-Thinking


sudah terbayang apa yg agan maksud....rencana gue sih tahun depan ke sana gan....emoticon-Cool

0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
23-11-2016 19:22
mau nanya aja nih master.
Sbenernya rata2 staff biasa si jepun brapa sih salery nya? Beda yak staff kantoran sama buruh pabrik.
Kok tetangga gw ada yg jadi TKI si Jepang, dia sanggup ngirim buat orang di rumah 10 juta/bulan. Wow bingitsssemoticon-Frown
Diubah oleh morishima.
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
24-11-2016 15:01
Quote:Original Posted By morishima.
mau nanya aja nih master.
Sbenernya rata2 staff biasa si jepun brapa sih salery nya? Beda yak staff kantoran sama buruh pabrik.
Kok tetangga gw ada yg jadi TKI si Jepang, dia sanggup ngirim buat orang di rumah 10 juta/bulan. Wow bingitsssemoticon-Frown


Staff yang dimaksud itu karyawan kantoran ya?
Ane bagi2 info setahu ane aja yak, Gan.

Di Jepang itu biasanya ada beberapa kategori pekerja:
1. Part timer: sifatnya kerja non kontrak, kapan aja mau kerja bisa atur jadwal.
Bayaran gaji per jam. Dan bisa kerja di beberapa tempat sekaligus.
Biasanya yang mempekerjakan itu seperti supermarket, convenience store, kantor pos, dll.
Yang banyak kerja part time itu biasanya mahasiswa atau ibu rumah tangga yang cari tambahan uang.
Kalo mahasiswa asing dibatashi 28 jam/minggu dan ga boleh lebih.

2. Pekerja kantoran.
Ada 2 macam, yang kontrak dan tetap. Kontrak itu ada yang outsource, atau langsung dipekerjakan sama kantornya tapi sistem kontrak.
GAjinya bulanan, bukan perjam lagi. Kalo freshgraduate, salarynya berkisar antara 180.000-200.000 yen/bulan (gross, jadi masih dipotong pajak dan asuransi dll). Biasanya gaji bersihnya sekitar 150-170.000 yen. Nanti dari situ naik terus sesuai performance.
Tiap tahun ada bonus. Ada yang 2 kali ngeluarin bonus di bulan Juni dan Desember, ada juga yang sekali, dan kalo apes ya ga ada bonus.
Nah, jumlah sekali bonus juga macem2, ada 50% dari gaji, ada yang berpuluh2 kali lipat.

3. Pekerja magang, atau biasa disebut kenshuusei atau jisshuusei
Ada yang swasta dan dari pemerintahan Indonesia (G to G, atau kerjasama Government to Government).
Sifatnya kontrak 3 tahun dan ga bisa perpanjang. Gajinya pertama kalo ga salah 100.000 nanti naik per tahunnya 10.000 yen.
Sudah termasuk asrama, jadi ga usah bayar lagi. Ada biaya lembur juga, jadi semakin banyak lembur, ya makin banyak juga dapetnya.

4. Perawat dari Indonesia
Ane kurang paham nih ama yang ini, hehehe.

Nah, kalo tetangga ente bisa kirim 10 juta per bulan jadi TKW mah gokil banget bisa hemat2. Mungkin dia ga punya hape, ga makan, dan ga pergi kemana2. Cuma kerja aja terus balik, terus makannya nebeng temennya di kamar sebelah biar gratis. Ane jadi iri :nyantai
Tapi ya mungkin emang lemburannya banyak, Gan. Kerja di Jepang berat beut, hehehe ga cuma enak2nya doang dapet duit.

Tapi ya gitu, kalo bisa hemat mah enak banget bisa nabung buat pulang kampung nantinya (y)

Good luck, Gan!

*1 yen = 115 rupiah
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
24-12-2016 21:51
Malam gan, kebetulan udah lama banget ga main ke sini. Ikut nimbrung sekalian curhat ya gan. Ane kebetulan saat ini kerja di daerah kagurazaka, tokyo. Di laboratorium gigi palsu.
Mau nanggepin aja, karena ane sendiri itungannya udah level salaryman, hampir semua yang dikatakan om ts ini benar adanya:
1. Buat salariman, emang wajib udah pake jas buat yg laki, cuma ane ga pernah pake, baju bebas, sandalan juga boleh, tapi tetep kudu pake kaos kaki, karena di sini emang lab bikin gigi palsu, ane bagian general affairnya dan 1 1 nya staf orang asing di sini. Jadi ngga terlalu ketat soal berpakaian, tapi kalo mau kelaur ketemu tamu, wajib pake jas, kemeja, spatu pantofel
2. Yup nomikai itu bisa dibilang wajib, kalo ga pernah ikut nomikai, ente bakal dianggap kuper, dan orang jadi bakal males kalo komunikasi sama agan, entah sama rekan bisnis atau teman kantor. Di jepang komunikasi itu penting, kalo cuma diemmm aja, diajak ga mau, bakal kesulitan sendiri ntar terutama di jenjang karir
3. Ini benar ini, di kantor pas jam kerja sama non kerja kaya bumi dan langit. Ane kalo sama temen kantor dan atasan di luar jam kerja akrab banget, sampe diundang party ke rumahnya, dikenalin keluarganya juga, tapiiiiii di kantor boro2 senyum, nyapa bos aja, bos diem aja cuman lewat doang. Ini karena orang jepang sangat profesional, jam kerja ya kerja. Kalo mau kenalan (sapa tau ada cewe yg agan taksir di kantor, hehehe) jgn pernah pake jam kerja buat kenalan, habis ente pasti. Dianggap ga tau aturan
4. Ini yang ane rasa parah bener. Jam kerja kantor ane jam 8.30 sampe 17.30 aja, ga ada duit lembur. Tapiiiii karena di sini bikin gigi palsu kan, banyak yg kadang salah buat terus butuh revisi sampe kerjaannya numpuk banyak. Ane sendiri aja kerja sampe jam 20.00 minim setiap harinya lo, kalo yang dental technicannya mala bisa sampe jam 23.30. Ini hal biasa di jepang, kudu bener siap mental, tapi anehnya jam kerja di sini rasanya cepat. Jadi waktu segitu ga bgitu terasa bagi ane. Libur cuma minggu, holyday, sama hari sabtu minggu ke 1,3 tiap bulan
5. Sekarang udah mulai banyak yg mindsetnya nggak gini, sekarang banyak banget orang2 yg mulai pindah kerja, kalo mreka merasa gaji ga memuaskan atau faktor lainnya.tapi walau gitu, masih banyak juga orang yg beranggapan sekali masuk sini ya sampe mati gw di sini.
6. Ini juga tepat, potongan gaji sangat kerasa, kalo di tokyo itu gaji 30 man ga kerasa bos, uda kena pajak 20%, trus biaya apato, daerah sini 1 kamar apato perbulan kena 10 man, gila kan? Cuma sepetak kecil padahal, abis itu kena tsuukin, tagihan hp, dll. Kalo makan ga ngirit siap2 rata tuh dompet. Tentu saja eebagai gantinya di sini soal kesehatan, hoken dijamin. Tapi jujur aja sampe skrg belum pernah pake tuh. Sakit terparah ane cuma masuk angin aja di sini. Pilek aja ga pernah
7. Hmm kalo yg ini jujur aja belum pernah liat langsung, cuma ane saranin buat yg pingin kerja di jepang, dibuat enjoy aja, jgn terlalu kepikiran susah, sulit, dll. Ane sendiri juga kadang kerja mayan banyak bikin miss, memang agak susah kalo orang indo kerja di Jepang awal awalnya. Temukanlah sesuatu yang menarik bagi agan selama di Jepang, senangkan hati agan sendiri. Kalo ane sih, ada 1 cewek staf kantor yg ane taksir. Ane sendiri semangat buat kerja dengan memantapkan diri kalo datang kantor buat ketemu doi aja udah senang banget ane. Hahaha

Dibikin enjoy aja kalo jadi salaryman itu. Itu prinsip ane buat jaga kewarasan di sini


Diubah oleh animegic
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
13-01-2017 13:09
Quote:Original Posted By animegic
Malam gan, kebetulan udah lama banget ga main ke sini. Ikut nimbrung sekalian curhat ya gan. Ane kebetulan saat ini kerja di daerah kagurazaka, tokyo. Di laboratorium gigi palsu.
Mau nanggepin aja, karena ane sendiri itungannya udah level salaryman, hampir semua yang dikatakan om ts ini benar adanya:
1. Buat salariman, emang wajib udah pake jas buat yg laki, cuma ane ga pernah pake, baju bebas, sandalan juga boleh, tapi tetep kudu pake kaos kaki, karena di sini emang lab bikin gigi palsu, ane bagian general affairnya dan 1 1 nya staf orang asing di sini. Jadi ngga terlalu ketat soal berpakaian, tapi kalo mau kelaur ketemu tamu, wajib pake jas, kemeja, spatu pantofel
2. Yup nomikai itu bisa dibilang wajib, kalo ga pernah ikut nomikai, ente bakal dianggap kuper, dan orang jadi bakal males kalo komunikasi sama agan, entah sama rekan bisnis atau teman kantor. Di jepang komunikasi itu penting, kalo cuma diemmm aja, diajak ga mau, bakal kesulitan sendiri ntar terutama di jenjang karir
3. Ini benar ini, di kantor pas jam kerja sama non kerja kaya bumi dan langit. Ane kalo sama temen kantor dan atasan di luar jam kerja akrab banget, sampe diundang party ke rumahnya, dikenalin keluarganya juga, tapiiiiii di kantor boro2 senyum, nyapa bos aja, bos diem aja cuman lewat doang. Ini karena orang jepang sangat profesional, jam kerja ya kerja. Kalo mau kenalan (sapa tau ada cewe yg agan taksir di kantor, hehehe) jgn pernah pake jam kerja buat kenalan, habis ente pasti. Dianggap ga tau aturan
4. Ini yang ane rasa parah bener. Jam kerja kantor ane jam 8.30 sampe 17.30 aja, ga ada duit lembur. Tapiiiii karena di sini bikin gigi palsu kan, banyak yg kadang salah buat terus butuh revisi sampe kerjaannya numpuk banyak. Ane sendiri aja kerja sampe jam 20.00 minim setiap harinya lo, kalo yang dental technicannya mala bisa sampe jam 23.30. Ini hal biasa di jepang, kudu bener siap mental, tapi anehnya jam kerja di sini rasanya cepat. Jadi waktu segitu ga bgitu terasa bagi ane. Libur cuma minggu, holyday, sama hari sabtu minggu ke 1,3 tiap bulan
5. Sekarang udah mulai banyak yg mindsetnya nggak gini, sekarang banyak banget orang2 yg mulai pindah kerja, kalo mreka merasa gaji ga memuaskan atau faktor lainnya.tapi walau gitu, masih banyak juga orang yg beranggapan sekali masuk sini ya sampe mati gw di sini.
6. Ini juga tepat, potongan gaji sangat kerasa, kalo di tokyo itu gaji 30 man ga kerasa bos, uda kena pajak 20%, trus biaya apato, daerah sini 1 kamar apato perbulan kena 10 man, gila kan? Cuma sepetak kecil padahal, abis itu kena tsuukin, tagihan hp, dll. Kalo makan ga ngirit siap2 rata tuh dompet. Tentu saja eebagai gantinya di sini soal kesehatan, hoken dijamin. Tapi jujur aja sampe skrg belum pernah pake tuh. Sakit terparah ane cuma masuk angin aja di sini. Pilek aja ga pernah
7. Hmm kalo yg ini jujur aja belum pernah liat langsung, cuma ane saranin buat yg pingin kerja di jepang, dibuat enjoy aja, jgn terlalu kepikiran susah, sulit, dll. Ane sendiri juga kadang kerja mayan banyak bikin miss, memang agak susah kalo orang indo kerja di Jepang awal awalnya. Temukanlah sesuatu yang menarik bagi agan selama di Jepang, senangkan hati agan sendiri. Kalo ane sih, ada 1 cewek staf kantor yg ane taksir. Ane sendiri semangat buat kerja dengan memantapkan diri kalo datang kantor buat ketemu doi aja udah senang banget ane. Hahaha

Dibikin enjoy aja kalo jadi salaryman itu. Itu prinsip ane buat jaga kewarasan di sini




Makasih responnyam, Gan.
Emang kan kalo ngeliat Jepang semua yang kita bauyangin yang wah2nya aja. Padahal ada banyak hal yang kita musti 3-4 kali lebih struggle pas di sini dibandingin pas diIndonesia. Ya dinikmatin aja, Gan.
Hidup itu pillihan. Kerjain atau tinggalin emoticon-Big Grin

Semangat!
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
16-01-2017 21:17
nyimak ah...
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
25-02-2017 02:38
kaya di op nih "kanpaiii...."
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
02-04-2017 13:37
Wah bekerja di jepang yah. Gebetan ane pgn bgt kerja dijepang tpi dia belum tau alurny gmn. Ini lg browsing browsing. Mungkin ga atau yg tau alur nya gmn mencari kerja dan tgl disana?

Makasih banyak agan agan
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
03-10-2017 13:28
Quote:Original Posted By antzseo
Gimana ya kallo sistem kerja orang indo juga nganut sistem kerja orang jepang emoticon-Hammer2


Bisa kok gan, dan banyak juga yg survive, buktinya kalau org2 sini gak bisa ikutin budaya kerja mereka gak bakal mungkin jepang bangun banyak kantor cabang di Indo..gak mungkin juga mereka mau invest besar2an di sini kalau workers disini pada lembek2 hehe,.emoticon-siul
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
15-10-2017 08:03
Sebagian besar yg di blg ts benar.
Kebetulan ane kerja sebagai engineer disini, khususnya bagian design. Jadi ane ke kantor pakai jaket khusus dr kantor. Kalau kantor ane bebas sih mau pakai atau tidak tuh jaket, yg penting harus pakai kemeja dan celana formal untuk ngantor, terkecuali ada kerjaan di luar ketemu client atau rekan kerja dr perusahaan lain, sudah wajib pakai jas, lengkap dgn pin perusahaan tempat kita kerja, yg di sematkan di jas yg kt pakai, dan satu lagi harus siapin kartu nama, karna kemungkinan besar kita bakal tukaran kartu nama di luar sana. Dan ada juga caranya untuk tukaran kartu nama. Point pentingnya jgn sampai salah gan, krn kita bs dianggap gak menghargai client ataupun rekan kerja. Oia untuk kemeja lengan panjang atau pendek, itu terserah sih, namun biasanya musim panas, byk yg pakai lengan pendek, sedangkan mw masuk ke musim dingin, semua bakal pakai lengan panjang.

Dan untuk lembur, kalau perusahaan ane, tidak ada kewajiban untuk lembur, malah disuruh cepat pulang. Tergantung deadline kerjaan kita sih, kalau semuanya udah beres sih, tdk masalah lgsg plg, tapi namanya cepat pulang jg malu gan, krn semuanya pada lembur dan mungkin krn kantor ane juga nih, kalau kita lembur bakal dapat uang lembur, jd semuanya pd semangat lembur kali ya.

Untuk acara minum atau nomikai nih, emg benar sih, hubungan senior sm junior agak berbeda dgn yg dikantor biasanya, tapi ya pintar" aja sih kita ambil hati senior. Dan lagi setiap bulan di tempat ane ada acara nomikai. Nah keuntungan kita yg junior nih, biasa yg bayar makan para senior, yg junior gak diizinin untuk ikut bayar makan, atau pun kalau hrs bayar, kt dibuat yg plg murah, krn dianggap blm punya uang. Tapi momen bgt gak bakal berlangsung lama gan, saat junior baru dtg, giliran kita yg bayarin, bs modar.haha

Untuk potongan gaji, yg kerja di Jpg pasti tau, yg ada buat sakit hati. Kita harus byr asuransi, pajak, uang untuk masa pensiun dll. Habis deh tuh gaji.hehe
Diubah oleh tian14
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
22-11-2017 20:26
Quote:Original Posted By tian14

Untuk potongan gaji, yg kerja di Jpg pasti tau, yg ada buat sakit hati. Kita harus byr asuransi, pajak, uang untuk masa pensiun dll. Habis deh tuh gaji.hehe


Tapi potongan pajak dll nantinya kembali dalam bentuk fasilitas/program2 kesejahteraan masyarakat kan?
0 0
0
APA AJA MITOS-MITOS SERU SOAL PEKERJA KANTORAN (SALARY-MAN) DI JEPANG?
24-12-2017 19:58
Quote:Original Posted By jualtiketjepang


Tapi potongan pajak dll nantinya kembali dalam bentuk fasilitas/program2 kesejahteraan masyarakat kan?


Yang jadi masalahnya, kalau emg lu udah putuskan bakal tinggal seumur hidup di Jpg sih oke gan, tapi kalau suatu saat punya rencana mau balek ke Indo. Uang yg di bayar seperti nenkin apa bs balek 100%?Agan lembur setengah mampus, tapi terakhir potongan pajak juga besar, rasanya nyesakin. Tapi kalau soal sampai kekurangan sih enggak. Hanya ingin beritahu kalau di Jepang itu pendapatan sejalan dengan biaya kebutuhan hidup.
Diubah oleh tian14
0 0
0
Halaman 14 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
sfth-back-to-black
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia