.tomahawk.Avatar border
TS
.tomahawk.
Rush Money Jadi Viral di Medsos, Ini Penjelasan BCA



TEMPO.CO, Jakarta - Penarikan uang besar-besaran di sejumlah bank menjadi viral di media sosial. Sejumlah akun di Facebook mengunggah foto-foto antrean orang yang diklaim sedang menarik dananya di sejumlah bank nasional, di antaranya BCA. Dalam foto-foto yang beredar, rush money atau penarikan uang besar-besaran itu dilakukan di BCA cabang Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan.

Namun rumor itu dibantah Direktur PT Bank Central Asia Tbk Henry Koenaifi. Ia mengklaim aksi penarikan uang besar-besaran atau rush money itu tidak terjadi. "Pondok Indah Mall 2 kan pusat perbelanjaan, memang sering ramai. Tidak ada (rush money). Baru cek ke kantor cabang Pondok Indah, semua normal dan sudah tutup operasional," kata Henry saat dihubungi Tempo, Selasa, 22 November 2016.

Dalam foto yang beredar di media sosial sore ini, terdapat antrean yang mengular di depan kantor cabang BCA dan Bank Mandiri di PIM 2. Menurut informasi yang beredar, antrean itu merupakan antrean aksi rush money.

Menurut Henry, foto tersebut merupakan foto saat akhir pekan menjelang Idul Fitri lalu. Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo sependapat dengan Henry. "Sepertinya itu antrean sebelum libur Lebaran."



Isu rush money menggelinding setelah aksi demo 4 November 2016. Ajakan menarik uang dari bank-bank nasional dan memindahkannya ke bank syariah pada 25 November 2016 marak beredar di jejaring sosial.

Hal ini membuat geram pemerintah. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar penghasut rush money diusut tuntas. Sri Mulyani mengatakan penarikan uang massal tidak akan menguntungkan masyarakat. “Terutama masyarakat kecil,” ujarnya di Aula Dhanapala, Jakarta, Selasa, 22 November 2016.


Kapolri Jenderal Tito Karnavian bahkan mengancam akan menangkap penyebar hoax ajakan rush money. Melalui unit cyber, polisi akan mencari dalang penyebar ajakan ini.

Isu Rush Money news

Negara ya negara kite2, kalau ampe susah yang susah juga kite2 semua, terutama masyarakat kecil

Mari dijaga bersama NKRI agar kokoh berdiri dan RI bisa dikenal positif di dunia internasional

Foto2 isu rush money ada di posting berikutnya

emoticon-Motret
0
28.7K
349
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.