others
Batal
link has been copied
338
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57d8e65192523368478b4569/beberapa-bukti-kalo-jepang-itu-customer-oriented-banget
Halo Agan & Aganwati. Wah, ane seneng banget baca-bacain respon dari Trit kita kemaren tentang hal-hal yang ga disukain sama orang Jepang dari para turis asing. Ane setuju dan terharu sama pendapat-pendapat Agan & Aganwati semuanya yang berharap di Indonesia juga bisa setertib Jepang. Paling ngga ada kemungkinan anak cucu kita bisa ngikutin niat mulia Agan & Aganwati semuanya yak! Hehhe.. Soalnya
Lapor Hansip
14-09-2016 12:55

BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET

Past Hot Thread


MAIDO!

Halo Agan & Aganwati.
Wah, ane seneng banget baca-bacain respon dari Trit kita kemaren tentang hal-hal yang ga disukain sama orang Jepang dari para turis asing. >>> Link Thread "Hal yang tidak disukai orang Jepang dari turis asing"

Ane setuju dan terharu sama pendapat-pendapat Agan & Aganwati semuanya yang berharap di Indonesia juga bisa setertib Jepang. Paling ngga ada kemungkinan anak cucu kita bisa ngikutin niat mulia Agan & Aganwati semuanya yak! Hehhe..
Soalnya kan kebaikan itu harus bermulai di satu titik dan satu waktu biar bisa menular. AMIN! emoticon-Kiss

Buat trit kali ini, ane mau nulis tentang hal-hal yang dipikirin sama perusahaan Jepang, terutama di dunia servis atau produsen makanan. Hal-hal di bawah ini beneran bikin konsumen nggak pusing dan kalo menggunakan atau makan atau minum atau apalah, semuanya jadi lebih mudah dan praktis. (Jadi tugas Product Development di Jepang biasanya bakalan berinovasi terus menerus, Gan!).

Apa aja sih hal-hal yang dipikirin sedemikian rupa sama perusahaan di Jepang sebelum launch produk mereka supaya si konsumen juga seneng? ….psssst, kadang orang Jepang sebagai konsumen malah ga sadar lhooo kalo teknologi yang mereka ciptakan itu mempermudah kita melakukan banyak hal. Yang biasanya ngeh sama praktisnya barang-barang mereka adalah orang asing, termasuk ane! Apa aja sih contoh-contohnya? Simak di bawah ini nih, Gan:

1. KEMASAN PLASTIK YANG MUDAH DIBUKA

Apa sih maksudnya?
Jujur, Gan, sebelum ane nyobain camilan khas Jepang, ane juga ga menyadari ini. Jadi kalo Agan beli camilan (coklat, biscuit, permen, dll), Agan harus buka bungkus plastiknya kan?
Atau misalnya kemasan isi ulang shampoo, conditioner, atau sabun badan juga agan harus sobek ujungnya baru dituang ke dalam botol kan?

Nah, yang namanya Jepang itu, ga perlu tenaga atau bahkan gunting buat buka di tempat yang disebut di bungkus “potong di sini”. Semua kemasan ini gampang banget dibuka di tempat yang udah ditentukan.
Kecuali kalo tangan Agan licin atau keringetan, disaat tangan dalam keadaan kering ga akan diperlukan alat khusus kayak cutter, gunting, atau yang lainnya buat ngebuka kemasan itu.

Jadi kalo ada tulisan “sobek di sini”, percayalah, Gan, itu ga bikin kesel. Hahaha.
Ga percaya? Coba nanti pas ke Jepang dibuktiin langsung yaa..

Bungkus Snack di Jepang yang Kemasannya Mudah dibuka


2. SEDOTAN MINUMAN KEMASAN YANG IMUT DAN MUDAH DILEPAS DARI KEMASANNYA

Ngomongin soal minuman kemasan seperti kopi, coklat, atau yang lainnya, ane masih keinget versi Indonesianya. Gimana ane harus nyabut kemasan sedotan dari lem keras yang nempel di kemasan kertas, nyobek ujung pembungkus sedotan, dan baru bisa dipake buat minum.

Di Jepang, sedotan dibuat sangat praktis untuk kemasan minuman. Emang ga semua kemasan pake sedotan jenis ini, tapi kalo dia dibuat jadi satu dengan kemasan minuman itu, gampang banget ngambilnya.

Agan cuma perlu dorong sedotan ke arah bawah, dan nanti sedotan itu bakalan keluar dengan mudah. Apalagi sedotan itu kadang dibuat bertumpuk. Jadi sedotannya kayak punya lantai hahahaa (susah jelasinnya). Liat aja fotonya ya.

Foto minuman kemasan dan sedotannya. Cara ngambil sedotannya cukup didorong aja nggak perlu tenaga



3. WADAH KARTU COMMUTER YANG PRAKTIS!

Di Jepang, bisa dibilang kendaraan umum seperti kereta adalah kendaraan yang jadi andalan buat berpindah tempat. Apalagi buat pulang-pergi kerja. Nah, jam-jam rush hour di Jepang yang selalu berdesakan membuat kita malas dan jadi ga praktis kalo harus berkali-kali ngeluarin dompet cuma buat ambil kartu commuter. Apalagi kalo naro kartunya itu di dompet atau kantung kemeja juga kalo pas didorong orang sana-sini bisa aja jatuh dan hilang. *SAD…… emoticon-Hammer (S)

Makanya di Jepang itu yang namanya tempat kartu khusus buat kartu commuter laris manis tanjung kimpul. Kita ga perlu repot-repot ngeluarin kartu dari dalam tas atau sibuk ubek-ubek kantong buat nemuin si kartu.

Cukup tarik tempat kartunya, dan voila! Bisa sampe ke tempat sensor kita harus menempelkan kartu deh supaya bisa keluar dari stasiun. Praktis banget!
Saking jadi barang yang esensial, yang jual juga banyak banget dan banyak yang dihias lucu-lucu. Yang ane punya ini Cookie Monster dari serial anak-anak Sesame Street. Ada juga yang lain-lain dan harganya juga beragam. Keliatan banget ya kalo kebutuhan buat naro tempat kartu commuter itu besar.

Salah satu contoh tempat kartu commuter. Kalo ditarik, talinya yang fleksibel bisa sampe ke layar gerbang masuk stasiun


4. ONIGIRI


Buat pecinta Onigiri dan pernah makan onigiri di Indonesia yang dijual di Convenience Store, kualitas yang dibikin sam bungkus plastik di Jepang beda. Hehehhe.

Penampakan bungkus Onigiri dan angka sebagai tahap membuka bungkusnya


Jadi Onigiri ini termasuk makanan yang laku banget di Jepang buat ganjel lapar. Bentuknya yang segitiga atau bulat dan dibungkus apa pun selain nori, bisa ga terjamin kebersihannya kalo kita makan pas sambil jalan dan ga ada tempat cuci tangan.
Jadi solusi yang dikasih sama Jepang adalah, teknologi bungkus yang dibuat sedemikian rupa jadi pas kita buka itu bungkus onigiri sebelum dimakan jadi gampang banget. Segampang 1-2-3!



Sama yang kayak ane bilang tadi di awa, Gan. Tempat ngerobek bungkusnya ini tuh gampang banget dan tinggal narik-narik aja. Simple banget sampe ane terharu.
Makasih, Jepang! HAHAHAHA.

Tahapan digambar dengan jelas



5.SUARA AIR BANJUR DI TOILET

Mungkin udah pada tau soal teknologi Jepang yang ini. Tapi pasti ada yang belum deh! Hehehe.
Jepang itu sebetulnya orang-orangnya pemalu(malu-in). Hahaha. Jadi di toilet Jepang itu ada tombol yang fungsinya buat nyamarin suara yang ditimbulkan saat kita buang air kecil atau besar. Suaranya itu hampir sama kayak suara toilet dibanjur dan besar-kecil suaranya bisa disesuaikan dengan seberapa hebohnya kita pas buang air. Kalo pas mules, yaaa, dipol-in aja itu volumenya. Hahaha.

Dulu waktu ane belom terbiasa ama fungsi toilet ini, termasuk cuek juga sih sama suara-suara. Mau tiba-tiba pas mules terus ken*ut misalnya. Hahahhaa. (kemudian mulai pake-pake bahasa absurd).
Tapi sekarang, jangankan buang angin, suara buang air kecil aja bakalan jadi malu banget kalo kedengeran orang juga.

Yaa, gitu deh. Hehe. emoticon-Malu (S)

>>>Info tambahan:
Di negara semaju Jepang yang teknologinya udah luar biasa, percaya nggak kalo di tiap sisi jalan raya masih ada telepon umum yang berfungsi dengan baik dan bisa dipakai untuk telepon di dalam dan luar negeri?
Walaupun telepon umum itu fasilitas umum yang udah jadul banget, tapi keberadaannya jadi berarti banget terutama buat turis yang misalnya ga ada hape atau ga bawa WiFi portable dan nyasar atau cuma mau kasih tau orang rumah kalo mereka udah sampe di Jepang.
Atau misalnya pas hape lagi lowbat dan yang ada cuma telepon umum pasti bakalan ngebantu banget yaa..


Enaknya tinggal di negeri yang “Customer Oriented” tuh kurang lebih kayak yang ane contohin di atas, Gan. Produsen di Jepang sebisa mungkin menempatkan dirinya di kaki konsumen. “Kalau saya sebagai konsumen, buat bungkus kacang ini cara buka yang paling enak gimana ya?” dan lain-lain. Jadi, semua produk-produk yang kasat mata diciptain dengan pemikiran khusus. Semua diberlakuin hukum “Sebab-Akibat”.

Bukannya ane bolak-balik muji negara tetangga ya, Gan. Tapi karena Jepang selalu berpikir selangkah lebih maju dengan persiapan yang selalu luar biasa matang, kayaknya udah waktunya kita juga mengikuti jejak mereka yang selalu kreatif tapi dalam hal yang positif.
Anak negeri kita banyak banget yang akhirnya malah kerja ke negeri lain karena ngerasa negara lain lebih nyaman atau lebih ini dan itu. Semoga yang baca thread ini bisa jadiin ini sebagai bahan kreatifitas buat majuin fasilitas atau produk bangsa sendiri yaaa ^^

Udah waktunya kita bangkit! emoticon-Peluk
Indonesia nggak kalah dari Jepang! emoticon-Ngacir2


OOKINI!

Follow info dari kita supaya nggak ketinggalan ya!
Facebook: https://www.facebok.com/karaksatours.id/
Instagram: http://www.instagram.com/karaksatours.id/
Twitter: http://www.twitter.com/karaksatours_id/
Website: http://www.karaksatours.com/
Hotel website: https://www.karaksahotels.com/

Diubah oleh karaksa
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 17 dari 18
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
25-10-2016 14:53
kakkoi nee emoticon-Rate 5 Star
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
18-11-2016 08:55
Wah seru nih bahasannya ^^

Sebenernya kalo menurut ane sendiri sih setuju kalo orang Indonesia banyak yang kreatif,
tapi yang mau "berubah" itu dikit, Gan.
Contohnya kita punya pemimpin yang bagus kayak Jokowi & Ahok, tapi tetep yang ga suka dan seneng sama yang "lama".
Kenapa? Karena banyak dari kita yang gampang "nyaman" sama apa yang udah ada (padahal yang nyaman2 juga banyak bobroknya).
Terus kalo keadaan ga berubah, ujung2nya nyalahin orang (sebutin aja semua, termasuk pemerintah nanti juga disalahin). hihihi.
Atau kalo ada perubahan sedikit yang bersifat "beda", ada aja pihak tertentu yang manfaatin keadaan buat bikin suaasana panas.
Itulah kenapa Ane setuju juga kalo negara kita mungkin bakal berubah setelah ratusan tahun emoticon-Big Grin (plisss mudah2an jangan).

Tapi Ane tau banget kualitas asli dari bangsa Ane, Gan. Kita punya banyak bibit luar biasa yang cuma nunggu bersinar aja.
Dan semogaaa, ngga lari ke negeri orang karena kurang dihargai di negeri sendiri atau capek sama keadaan di Indonesia yang suka mikirin hal-hal ga jelas. Yuk semangat sama2 membangun bangsa kita biar ga kalah sama negara lain! emoticon-Kiss emoticon-Peluk
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
18-11-2016 08:56
Quote:Original Posted By xaberius


ya kan bapak Ahok dan bapak jokowi pemimpin tertinggi dki dan indonesia telah menunjukkan perubahannya.
ya merak yang harus kita conto. yang lain biarkan aja.
kita manusia cenderung melihat yang jelk tapi kita mesti belajar melihat sisi baiknya
kemudian berubahlah sampai orang lain meniru perubahan kita
ga perlu digembor2kan supaya orang lain liat kita berubah.
biasanya klo gembor2 saat berubah itu cuma pencitraan

belajar juga dari tanaman. tanaman bertumbuh bukan saat matahari ada tapi saat malam datang.
mereka tumbuh tidak untuk dilihat tapi untuk memberi manfaat



Wah seru nih bahasannya ^^

Sebenernya kalo menurut ane sendiri sih setuju kalo orang Indonesia banyak yang kreatif,
tapi yang mau "berubah" itu dikit, Gan.
Contohnya kita punya pemimpin yang bagus kayak Jokowi & Ahok, tapi tetep yang ga suka dan seneng sama yang "lama".
Kenapa? Karena banyak dari kita yang gampang "nyaman" sama apa yang udah ada (padahal yang nyaman2 juga banyak bobroknya).
Terus kalo keadaan ga berubah, ujung2nya nyalahin orang (sebutin aja semua, termasuk pemerintah nanti juga disalahin). hihihi.
Atau kalo ada perubahan sedikit yang bersifat "beda", ada aja pihak tertentu yang manfaatin keadaan buat bikin suaasana panas.
Itulah kenapa Ane setuju juga kalo negara kita mungkin bakal berubah setelah ratusan tahun (plisss mudah2an jangan).

Tapi Ane tau banget kualitas asli dari bangsa Ane, Gan. Kita punya banyak bibit luar biasa yang cuma nunggu bersinar aja.
Dan semogaaa, ngga lari ke negeri orang karena kurang dihargai di negeri sendiri atau capek sama keadaan di Indonesia yang suka mikirin hal-hal ga jelas. Yuk semangat sama2 membangun bangsa kita biar ga kalah sama negara lain!

0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
20-11-2016 18:43
Semoga Indonesia juga bisa menjadi seperti itu. Walaupun kayaknya itu sulit.
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-11-2016 09:02
tetap semangat dan tetap usahakan yang terbaik untuk bangsa ini.
usahakanlah negara indonesia karena kesejahteraannya adalah kesejahteraan kita juga
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-11-2016 15:49
Memanjakan pengguna banget ya gan emoticon-2 Jempol
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
13-01-2017 02:45
pegi mati dhe
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
16-01-2017 10:02
Oh itu toh guna nya musik di wc. Ane kira orang jepang ga suka bawa hp ke wc, jadi biar ga bosen sambil puter musik wkwkwk
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
16-01-2017 21:20
bener banget gan..
hampir sama kaya china. tapi entah kenapa ane lebih nyaman liburan di jepang..
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
09-02-2017 21:10
Pasti jepang klo buat sesuatu dipikirin sampe detail detail nya.
Mantaps
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
27-04-2017 14:26
kalau di indonesia,,, tulisan potong disini atau sobek disini,,, nyobeknya sulit banget ,,, kadang harus pake gigi dulu baru kesobek,,, mungkin di kira produsennya kita punya gigi kuat kayak anj*ng
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
04-06-2017 18:23
ajib beut emoticon-Hammer2
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
12-06-2017 06:48
wiiiiih keren gan! Makanya kenapa org Indonesia banyak traveling ke Japan. Menurut agan daerah mana aja yang harus pertama dikunjungi oleh newbie?
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
12-06-2017 06:49
wiiiiih keren gan! Makanya kenapa org Indonesia banyak traveling ke Japan. Menurut agan daerah mana aja yang harus pertama dikunjungi oleh newbie?
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
12-06-2017 10:18
wiiiiih keren gan! Makanya kenapa org Indonesia banyak traveling ke Japan. Menurut agan daerah mana aja yang harus pertama dikunjungi oleh newbie?
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
29-08-2017 00:17
Ane keturunan indo-japanese, saking lamanya disini sampe lupa bahasa dan huruf2 kanji emoticon-Malu
Diubah oleh fuma.kotaro
1 0
1
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
22-11-2017 20:14
Setuju banget, servicenya emang keren kalo di Jepang.
Service logistik kurir disana juga keren, barang kiriman pasti utuh dan aman.
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
19-01-2018 10:56
seneng banget traveling kejepang,.aku udah 2x. desember 2016 dan november 2017.. bener bener baik loh orang orangnya..kita tanya apa mereka niat nolngin,gw beli tas michael kors disana,walaupun mgkin lebih murah beli di indo.tapi pelayanannya itu,bagus banget.kayak beli barang harga 20jutaan aja.. pdhl cmn 4juta,tp mereka loh layanin gw,ambilin tas yg gw cmn padahal pegang2 aja,mereka ampe anterin gw kedepan pintu bawain belanjaan gw yg kecil itu 1 tas aja, dan BOW 90 Derajat pas gw uda pergi,emang bener bener mantap deh jepang...makanya gw emosi tuh liat si logan paul bertingkahlaku gk sopan dijepang
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
20-01-2018 06:35
Jd pengen lahir disono...
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
07-02-2018 20:31
ane pernah gan belanja ke gotemba, di sana kan banyak FO ya, ane mampir dari 1 toko ke toko lain otomatis barang bawaan makin banyak yak, tiap ane ke toko berikutnya pasti ane ditawarin kantong plastik yg ukuran besar buat semua belanjaan ane biar muat 1 tentengan, padahal di toko itu ane cuman beli sepatu sepasang tapi dikasih tas ukuran medium karena si kasir lihat ane bawa2 belanjaan dari toko2 sbelumnya. Simpel sih tapi care bgt dan merhatiin bgt kebutuhan konsumennya sekaligus jd strategi iklan yg bagus soalnya tas dari toko dia yg jadi bungkus semua belanjaan ane ditenteng ke mana2 🤣
0 0
0
Halaman 17 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia