News
Batal
KATEGORI
link has been copied
355
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/581e747398e31baa448b4568/buya-syafii-maarif-ahok-tidak-menghina-al-quran
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran POLITIK SABTU, 05 NOVEMBER 2016 , 21:43:00 WIB SEKIRANYA saya telah membaca secara utuh pernyataan Ahok di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, yang menghebohkan itu, substansi tulisan ini semestinya sudah disampaikan saat Karni Ilyas, Presiden Lawyers Club, mengundang saya pada 11 Oktober 2016 melalui studio Yogyakarta. Karena semula audio visual TVOne
Lapor Hansip
06-11-2016 07:08

Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran

Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
POLITIK SABTU, 05 NOVEMBER 2016 , 21:43:00 WIB

SEKIRANYA saya telah membaca secara utuh pernyataan Ahok di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, yang menghebohkan itu, substansi tulisan ini semestinya sudah disampaikan saat Karni Ilyas, Presiden Lawyers Club, mengundang saya pada 11 Oktober 2016 melalui studio Yogyakarta. Karena semula audio visual TVOne dari Yogya beberapa saat tidak berfungsi, sehingga saya tidak sempat mengikuti fatwa MUI yang juga dibacakan dengan penuh emosi malam itu. Baru belakangan saya dapat membaca isi fatwa itu melalui internet.

Dalam fatwa itu jelas dituduhkan bahwa Ahok telah menghina al-Quran dan menghina ulama dan harus diproses secara hukum. Tetapi malam itu, akal sehat saya mengatakan bahwa Ahok bukan orang jahat yang kemudian ditanggapi beragam oleh berbagai kalangan. Yang menghujat saya cukup banyak, yang membela pun tidak kurang. Semua berdasarkan fatwa MUI yang tidak teliti itu. Semestinya lembaga sebagai MUI mestilah menjaga martabatnya melalui fatwa-fatwa yang benar-benar dipertimbangkan secara jernih, cerdas, dan bertanggung jawab.

Dari berbagai sumber yang dapat ditelusuri via internet, keterangan lengkap Ahok di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, pada 27 September 2016 adalah sebagai berikut: "Jadi jangan percaya sama orang. Kan bisa aja dalam hati kecil bapak ibu ga bisa pilih saya, karena dibohongin pakai surat al-Maidah 51 macem-macem itu. Itu hak bapak ibu ya…" Perhatikan dengan seksama kutipan ini, apakah memang terdapat penghinaan terhadap al-Quran? Hanya otak sakit sajalah yang berkesimpulan demikian. Apalagi jika sampai menista Langit., jauh dari itu. Perkara dikesankan menghina ulama, saya tidak perlu bicarakan di sini, karena memang dalam sejarah Muslim sering bermunculan ulama jahat, penjilat penguasa dengan fatwa-fatwa murahannya.

Pokok masalah di sini adalah pernyataan Ahok di depan publik di sana agar "jangan percaya sama orang… karena dibohongin pakai surat surat al-Maidah 51." Ahok sama sekali tidak mengatakan bahwa surat al-Maidah 51 itu bohong. Yang dikritik Ahok adalah mereka yang menggunakan ayat itu untuk membohongi masyarakat agar tidak memilih dirinya. Bung Zuhairi Misrawi dalam pembicaraan telepon dengan saya pada 3 November 2016 mengatakan bahwa di beberapa masjid di Jakarta sudah lama dikobarkan semangat agar rakyat tidak memilih Ahok dalam pilkada 2017 karena dilarang oleh ayat di atas. Bagi saya, apakah Ahok terpilih atau tidak terpilih bukan urusan saya. Itu sepenuhnya urusan para pemilih DKI.

Saya tidak akan memasuki perang penafsiran tentang ayat itu. Pusat perhatian tulisan ini adalah bahwa tidak benar Ahok telah menghina al-Quran berdasarkan kutipan lengkap keterangannya di Pulau Pramuka di atas. Fatwa gegabah MUI ini ternyata telah berbutut panjang. Demo 4 November 2016 adalah bentuk kongkretnya. Semoga demo itu akan berlangsung tertib, aman, dan damai.

Tetapi jika terjadi insiden yang tidak diinginkan, MUI harus bertanggung jawab, karena gara-gara fatwanya, demo itu digelar. Kelompok garis keras merasa dapat amunisi untuk tujuan duniawinya. Kekerasan telah jadi mata pencarian. Adapun beberapa politisi yang membonceng fatwa ini, itu bukan untuk mencari kebenaran, tetapi semata-mata untuk mendapatkan keuntungan politik kekuasaan dalam rangka pilkada DKI Feb. 2017. Apakah kita mau mengorbankan kepentingan bangsa dan negara itu akibat fatwa yang tidak cermat itu? Atau apakah seorang Ahok begitu ditakuti di negeri ini, sehingga harus dilawan dengan demo besar-besaran? Jangan jadi manusia dan bangsa kerdil!

Tulisan yang senada dengan ini dapat dicari di internet, seperti ditulis oleh Ahmed Zainul Muttaqien di bawah judul: "Soal Kalimat Ahok," dan tiga artikel Zuhairi Misrawi dengan beberapa judul yang saling berkaitan.

Yogyakarta, 3 November 2016 [***]

Buya Syafii Maarif
(Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, cendekiawan muslim)

http://politik.rmol.co/read/2016/11/05/267191/Buya-Syafii-Maarif:-Ahok-Tidak-Menghina-Al-Quran-

nice!!
Diubah oleh wenz_ad
0
Tampilkan isi Thread
icon-close-thread
Thread sudah digembok
Halaman 18 dari 18
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:23
Quote:Original Posted By kasparov161


Sudah ada dasarnya kenapa kita umat muslim tidak boleh mengangkat orang nasrani sebagai pemimpin/ pelindung/ penolong. Lihat asbabun nuzul waktu ayat ini di turunkan


Kalau saya melihatnya dari perspektif yang diatur Undang-undang & Pancasila om, dimana pencalonan seorang pejabat bukan hanya milik agama tertentu saja. Apabila calon pemilih berkeyakinan bahwa calon gubernur A melanggar syariat, ya mereka memiliki hak untuk tidak memilih
Diubah oleh Danuemce
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:27
Quote:Original Posted By Danuemce
Kalau saya melihatnya dari perspektif yang diatur Undang-undang & Pancasila om, dimana pencalonan seorang pejabat bukan hanya milik agama tertentu saja. Apabila calon pemilih berkeyakinan bahwa calon gubernur A melanggar syariat, ya mereka memiliki hak untuk tidak memilih


Nah dan ulama berhak juga untuk menyampaikan meski satu ayat. Umat berhak juga untuk menerima ajaran ulama, atau pun menolak. Kenapa tim ahok kejang2? kalo dah fans ahok mau ayat kaya gimanapun juga kan ga peduli, ya gak? banyak kok kayak gitu, ga usah takut
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:29
Quote:Original Posted By kasparov161


Nah dan ulama berhak juga untuk menyampaikan meski satu ayat. Umat berhak juga untuk menerima ajaran ulama, atau pun menolak. Kenapa tim ahok kejang2? kalo dah fans ahok mau ayat kaya gimanapun juga kan ga peduli, ya gak? banyak kok kayak gitu, ga usah takut


maksudnya gak usah takut apa ya? Gagal paham nih.
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:29
Quote:Original Posted By SherrRFCora
Penyampaiannya tidak cman Almaidah doank lho. Memangnya bisa ayat itu berdiri sendiri. Khan ada sambungannya. Ente sudah baca keseluruhan Al Quran belum? Ngerti nggak dulu ceritanya gmn? Jangan dipotong kyk SBY Buni yani


Ingetin juga soal asbabun nuzulnya ayat tersebut diturunkan saat kejadian/peristiwa apa. Trus bilangin jg biar lbh afdhol suruh belajar ilmu alatnya (tata bahasa arab). Jgn cmn nerima mentah2 hasil terjemahan.
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:34
Quote:Original Posted By siluet_4


Ingetin juga soal asbabun nuzulnya ayat tersebut diturunkan saat kejadian/peristiwa apa. Trus bilangin jg biar lbh afdhol suruh belajar ilmu alatnya (tata bahasa arab). Jgn cmn nerima mentah2 hasil terjemahan.


Bisakah dijabarkan dimari Om? Supaya ane yang masih awam agama bisa sekalian belajar.
Diubah oleh Danuemce
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:42
Quote:Original Posted By Danuemce
Bisakah dijabarkan dimari Om? Supaya ane yang masih awam agama bisa sekalian belajar?


Waduh ane bukan ahlinya, makanya ga mau terlalu jauh menafsiri al-maidah 51. Soalnya jd ahli tafsir itu jg hrs bener2 demi kemaslahatan umat. Bukan sekedar demi nafsu ambisi sesuatu, sama jg saat memutuskan fatwa2. Nafsu saja sdh identik dgn hasil bisikan syaithon.
Fenomena penampakan jin di suatu tempat msh belum bisa menandingi fenomena tipu daya syaithon-iblis yg sgt halus saat merasuk di kalbu & pikiran manusia, gak ada yg bisa mendeteksinya walau sekaliber indigo2 sakti ahli supranatural.
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:49
Pemimpin apa teman setia? emoticon-Embarrassment
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:55
sidangnya terbuka, yang mau coba rusuh disitu harus langsung ditindak emoticon-Ngacir
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:55
Quote:Original Posted By Danuemce
maksudnya gak usah takut apa ya? Gagal paham nih.


ga usah takut ahok kalah cuma karena banyak ulama yg ngomong gitu
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 07:57
bullshit lah, kalo pendemo itu bener2 niatnya TULUS membela Allah.....
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 08:01
Quote:Original Posted By dealsuper
Permasalahannya tidak semata pada ada tidaknya kata "pakai", tapi ahok menyampaikan dalam kalimat pasif, dengan menyembunyikan subjek kalimat. konsekuensinya, semua yang menyampaikan almaidah 51 dituduh membohongi umat. para ulama kami, kiai-kiai, para ustad dan tokoh Islam yang mengajarkan ayat tersebut akan termasuk kedalamnya.
Walaupun ada 2-3 tafsir legal yang diakui, bukan berarti seseorang yg menyampaikan tafsir A benar, lalu yang mengajarkan tafsir B dianggap sedang berbohong. begitu juga sebaliknya, menyampaikan keduanya A atau B sama-sama benar dan diakui.
Dalam hal ini Ahok dalam pakaian dinasnya sedang mendelegitimasi dan hendak menjauhkan umat muslim dari pemimpin kaum muslimin.
(walaupun sedang kampanye agar orang pilih dia, ya tidak keterlaluan begini juga caranya).
Semoga yang merasa masih umat muslim segera insaf, dan non muslim tahu letak permasalahannya.

Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran


masbro masbro

Kalo gw gk percaya ama rasul lo, terus gw dianggap menistakan agama lo gitu?

Kalo gw gk percaya ama ulama lo, terus gw dianggap menistakan agama gitu?

Semua orang yg bukan dari agama gw, gw anggep boong.

Begitu juga agama lo, menganggap semua yg kecuali dari agama lo, pasti lo anggep boong.

Bro itu dasar Agama.

0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 08:01
Quote:Original Posted By perasim
tidak perlu membela Ahok
tidak perlu membela islam
Jika Percaya Tuhan itu ada dan Masih Hidup
Biar Dia mengerjakan bagianNya


adem gan. super sekali. kalo kata orang jawa "sopo sing salah, seleh".
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 08:06
Hahaha, cari terus ulama2 yg dukung ahox walaupun hoax sklipun...

Mang bner ga ad ada nastak yg ga goblog...
emoticon-Leh Uga
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 08:19
Quote:Original Posted By higgsboson
ya gan,

disini kan ada 2 subjek, orang munafik dan ahox
utk perkara orang munafik agan muak, kalau saya muntah
masalahnya, kita tidak bisa menghukum perkara munafik/penyakit hati
bahkan dimasa Rasulullah SAW sendiri juga sudah banyak orang munafik, tapi tidak bisa dihukum,
dan beliau ceritakan hanya kepada seorang sahabat "penjaga rahasia Nabi" yaitu sahabat Khuzaifah Al-Yamani

adapun persoalan ahox, saya mengikuti MUI yg menyatakan telah terjadi penistaan
seperti posting saya di depan, dibolak balik seperti apa pun kalimatnya, tetap kena
karena pernyataan ahox itu merujuk ke Qur'an, bahkan dgn jelas QS Al-Maidah 51

tentu agan tahu Ibu Rusgiani di Badung (Bali) yg dihukum 14 bln hanya karena mengatakan "canang jorok" dihadapan 3 temannya
padahal sama sekali ia tak bermaksud menghina
dari kasus ini saja sudah seharusnya ahox juga diproses hukum karena nkri adalah negara hukum

saya yakin, dari umat Islam masih ada calon pemimpin yg baik, jujur dsb
mungkin banyak persoalan yg menyebabkan mereka tidak bisa muncul atau berkiprah sebagaimana mestinya



mksdnya agan sudah paham bahwa mereka munafik tetapi tetap berprasangka bahwa Ahok menistakan agama hanya karna mengikuti MUI ?

yg begini yg bahaya, dan pola pikir seperti ini yg buat umat muslim d republik ini gampang di setir utk bela kepentingan suatu pihak dng iming2 jihad bela agama

soal yg d bali ane ga bisa komen krna memang ga tau permasalahannya.
ane jg ga tau arti canang buat umat Hindu
berhubung alhamdulillah ane muslim, ane bisa ngerasa bahwa apa yg d sampaikan Ahok ga ada sama sekali unsur penistaan agama

soal pemimpin muslim yg lain yg baik mnurut agan ya jelas ada, Risma, RK semuanya muslim dng sepak terjang yg ga d ragukan lg. tp utk pilkada Jkt anda tau sendiri lah stok yg tersisa siapa selain Ahok emoticon-Big Grin
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 08:30
Betuuulll buya emoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Buya Syafii Maarif: Ahok Tidak Menghina Al Quran
07-11-2016 08:40
Quote:Original Posted By aganaganaga
syafii maarif ya?

ingat umur pak..
jangan menjual agama hanya demi reputasi semu.



gitu ya gan, kenapa kok bisa kayak gitu? bisa jelasin gak?
0 0
0
Halaman 18 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia