Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
594
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b93bfb96bde6e1548b4568/komunitas-slackware
Pendahuluan Sebelum memulai threat baru Komunitas Slackware, ijinkanlah kami mempperkenalkan diri, slakers.id adalah shared id yang dirawat oleh agan null.slack, agan felixyt dan agan imanulyaqin yang bertujuan untuk merawat dan memperbaiki threat pengguna slackware yang udah ada sebelumnya yaitu The Slackware Club yang di prakarsai oleh agan alergiuang dan dirawat oleh senior-senior pengguna slac
Lapor Hansip
21-08-2016 12:28

Komunitas Slackware


Komunitas Slackware


Quote:
Pendahuluan


Sebelum memulai threat baru Komunitas Slackware, ijinkanlah kami mempperkenalkan diri, slakers.id adalah shared id yang dirawat oleh agan null.slack, agan felixyt dan agan imanulyaqin yang bertujuan untuk merawat dan memperbaiki threat pengguna slackware yang udah ada sebelumnya yaitu The Slackware Club yang di prakarsai oleh agan alergiuang dan dirawat oleh senior-senior pengguna slackware awal.

Maka dengan demikian threat ini merupakan official threat yang khusus membahas tentang Slackware.


Komunitas Slackware


Sepatah-duapatah kata sambutan dari Momod MasterWayne ..

Quote:Original Posted By MasterWayne
Selamat atas rumah barunya bagi rekan2 slackers

mohon dirawat rumahnya, apabila memerlukan bantuan kedepannya terutama tuk indexing, jangan sungkan hubungi kami jajaran moderator ataupun linux enthusiast agar dapat meneruskan informasi ke kami secara lebih cepat.

Regards,
MW




Quote:
Peraturan dalam Threat

Pada dasarnya peraturan di threat Komunitas Slackware ini sama dengan threat lainnya, kami tidak akan meminta anda untuk mengikuti banyak aturan boleh OOT asal tidak berlebihan, jika sudah berlebihan lebih baik pindah ke Lounge Linux yang memang dikhususkan untuk mengobrol seputar linux. Hargailah TS dan pengguna lainnya yang benar-benar ingin belajar.

Semoga threat ini menjadi wadah bagi komunitas slackware untuk berbagi ilmu, informasi, tips dan triks, dll seputar penggunaan Slackware.


Apa itu Slackware
sumber : wikipedia

Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro Linux awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix.

Nama Slackware
Nama "Slackware" berasal dari fakta bahwa distribusi ini dimulai sebagai sebuah proyek pihak swasta tanpa komitmen apa-apa. Untuk mencegah proyek ini menjadi terlalu serius pada awalnya, Volkerding memberi nama yang lucu itu, yang kemudian tetap bertahan bahkan setelah Slackware menjadi proyek serius.[2] Kata "Slack" (kendor) di Slackware merujuk pada istilah "Slack" seperti yang digunakan oleh Gereja para SubGenius.

Sejarah Slackware
Slackware pada awalnya merupakan turunan dari Softlanding Linux System, yang paling populer dari distribusi Linux asli. SLS mendominasi pasar sampai para pengembang membuat keputusan untuk mengganti format executable-nya dari a.out ke ELF. Ini bukan keputusan yang populer di kalangan basis pengguna SLS pada saat itu. Patrick Volkerding meluncurkan versi modifikasi dari SLS, yang dia beri nama Slackware. Rilis pertama Slackware, 1.00, diluncurkan pada tanggal 16 Juli 1993. Berupa sebuah citra 3½" floppy disk yang tersedia melalui FTP.

Pada tahun 1999, Slackware berkali-kali dirilis, mulai dari rilis nomor 4 sampai 7. Hal ini dijelaskan oleh Patrick Volkerding sebagai upaya pemasaran untuk menunjukkan bahwa Slackware adalah sebuah distro Linux yang up-to-date sebagaimana distro-distro lainnya, yang kala itu banyak yang telah melepas nomor 6 (seperti Red Hat yang merilis setiap revisi dari distribusinya dengan kenaikan dari 4.1 ke 5.0 bukan 3.1 ke 3.2 sebagaimana Slackware). Slackware memang memiliki beberapa rilis Beta dalam rentang 6.x, tetapi hal ini tidak dihitung sebagai rilis resmi.

Pada tahun 2005, lingkungan desktop GNOME telah dihapus dari rilis yang akan diluncurkan, dan diserahkan kepada dukungan komunitasnya. Penyingkiran GNOME dianggap oleh sebagian komunitas Linux sebagai tindakan yang menggemparkan karena lingkungan desktop tersebut banyak digunakan di distro-distro Linux. Sebagai balasan, beberapa proyek berbasis komunitas mulai menawarkan distribusi GNOME lengkap untuk Slackware.

Filosofi Slackware
Banyak pilihan desain di Slackware dapat dilihat sebagai contoh dari prinsip KISS. Dalam konteks ini, "sederhana" merujuk ke sudut pandang desain sistem, dan bukannya kemudahan penggunaan. Kebanyakan perangkat lunak dalam Slackware menggunakan mekanisme konfigurasi yang disediakan oleh penulis asli masing-masing perangkat lunaknya; hanya sedikit mekanisme umum di distribusi ini. Akibatnya, hanya terdapat beberapa perangkat GUI untuk mengkonfigurasi sistem. Ini menyebabkannya kurang ramah pengguna. Kritikus menganggap instalasi distribusi ini memakan waktu dan sulit dipelajari, sedangkan pendukungnya menganggapnya fleksibel dan transparan serta menyukai pengalaman yang diperoleh dari proses pembelajaran.

Manajemen Paket
Sistem manajemen paket Slackware dapat menginstal, upgrade, dan menghapus paket dari sumber lokal, tetapi tidak akan mencoba untuk melacak atau mengelola dependensi, pengguna harus memastikan senidiri bahwa sistem telah memiliki semua perpustakaan sistem dan program-program yang dibutuhkan oleh paket baru (yang akan diinstal). Jika ada yang kurang, mungkin tidak ada indikasi sampai pengguna berupaya untuk menggunakan perangkat lunak yang baru diinstal.

Paket-paket Slackware adalah tarballs yang diringkas secara gzip dan memakai nama file yang berakhir dengan .tgz dan .txz. Paket berisi file yang berupa bagian dari perangkat lunak yang diinstal, serta file-file tambahan yang berguna untuk sistem manajer paket Slackware. File yang berupa bagian dari perangkat lunak yang diinstal tersebut akan diatur, sehingga bila diekstrak ke dalam direktori root, file-file tersebut akan ditempatkan di lokasi instalasinya. File-file lain adalah file yang ditempatkan di direktori install/ dalam paket.

Dua file yang umumnya ditemukan di direktori install/, adalah file-file slack-desc dan doinst.sh. File-file ini tidak ditempatkan langsung ke file system dengan cara yang sama seperti yang file lain dalam paket. File slack-desc adalah file teks sederhana yang berisi keterangan mengenai paket yang diinstal. Ini digunakan ketika melihat paket menggunakan manajer paket. File doinst.sh merupakan shell script yang biasanya ditujukan untuk menjalankan perintah atau membuat perubahan yang tidak dapat dilakukan dengan mengubah isi paket. Script ini dijalankan pada akhir instalasi sebuah paket.

Resolusi Dependensi
Sementara Slackware itu sendiri tidak mempunyai alat untuk secara otomatis menata dependensi bagi pengguna dengan secara otomatis dengan mengunduh dan menginstalnya, beberapa perangkat lunak pihak ketiga ada yang dapat memberikan fungsi ini, mirip dengan cara APT di Debian.

Slackware 9.1 memasukkan Swaret dan slackpkg sebagai tambahan paket di CD kedua, tetapi tidak menginstal salah satunya dengan standar. Swaret telah dihapus dari distribusi Slackware sejak dari versi 10.0 tetapi masih tersedia sebagai paket dari pihak ketiga.

slapt-get tidak menyediakan resolusi dependensi untuk paket-paket yang disertakan dalam distribusi Slackware. Namun ia menyediakan kerangka kerja untuk resolusi dependensi pada paket-paket yang kompatibel dengan Slackware, serupa dengan metode APT. Beberapa sumber paket dan distro-distro berbasis Slackware memanfaatkan fungsi ini.

Alternatif lain adalah pkgsrc dari NetBSD yang menyediakan dukungan untuk Slackware. pkgsrc menyediakan resolusi dependensi baik untuk paket sumber maupun biner.

Semenjak versi 13.0, slackpkg sudah disertakan pada direktori ap/ untuk memudahkan penggunanya mengelola paket-paket Slackware. Paket ini sudah disertakan sejak versi 12.1, tetapi masih berada di direktori extra/.

Rilis
Rilis Slackware x86 stabil terbaru adalah 14.2 (sejak 30 Juni 2016), yang berisi dukungan untuk Linux 4.4.14.

Ada juga rilis Slackware yang masih dalam pengujian/pembangunan yang disebut '-current' (kini) yang dapat digunakan untuk konfigurasi terbaru.

Arsitektur Perangkat Keras
Slackware terutama dikembangkan untuk perangkat keras PC berarsitektur x86. Namun pernah ada versi resmi untuk arsitektur DEC Alpha dan SPARC. Sejak 2005, ada sebuah port resmi ke arsitektur System/390. Ada juga versi yang tidak resmi untuk arsitektur ARM, Alpha, SPARC. PowerPC dan x86-64 (Slamd64 dan Bluewhite64.

Slackware 13.0 dan yang lebih baru dirilis dalam dua versi, yaitu versi PC berarsitektur x86 (32 bit) dan PC berarsitektur x86 64 (64 bit). Pengembangan Slackware ARM telah dimulai sejak versi 13.37 dan rilis terbarunya adalah Slackware ARM 14.2. Sayangnya, pengembang Slackware ARM menyatakan bahwa pengembangan Slackware ARM akan berhenti pasca dirilisnya Slackware ARM 14.2, namun Slackware ARM 14.2 akan terus mendapatkan pembaruan seperti halnya Slackware 14.2.

Pihak Ketiga
Cinnamon, MATE, Dropline GNOME, GSB: GNOME SlackBuild, GWARE and Gnome-Slacky adalah proyek-proyek yang ditujukan untuk menawarkan paket Slackware untuk GNOME. Proyek-proyek ini muncul karena Slackware tidak resmi menyertakan GNOME, tetapi banyak pengguna menginginkan GNOME terinstal tanpa harus melalui proses panjang dengan mengkompilasinya dari kode sumber.

Proyek lain untuk membangun GNOME adalah SlackBot, sistem skrip pembuatan otomatis.

Di samping paket repositori tidak resmi terdaftar di atas, ada proyek yang relatif baru yang disebut SlackBuilds.org yang bertujuan untuk menyediakan skrip pembuatan untuk mengkompilasi perangkat lunak tambahan dan membuat paket Slackware.

Link berguna seputar Slackware dari sesepuh ..


bersambung
Diubah oleh slakers.id
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
linux-dan-os-selain-microsoft--mac
Linux dan OS Selain Microsoft & Mac
1.1K Anggota • 4.2K Threads
Halaman 6 dari 28
Komunitas Slackware
19-10-2016 19:29
Gan, 3 hr yg lalu kan ane hbs ganti power supply & mobo. emoticon-Frown
2 hr yg lalu si ane lancar2 aja, tp screen-nya melebar gitu klo pas ane maximize. emoticon-Cape d...
Tp ane lg males ngoprek waktu itu, begitu ane oprek kmrn pas bagian monitor (bkn di monitornya, tp di settingan Slackware-nya). Tiba2 pas hbs startx jd blank screen gan, jd item semua. emoticon-DP
Tp ane iseng cek tanggal & shutdown sebelum ane startx lancar2 aja si emoticon-Bingung
Tolongin ane dong mastah emoticon-Mewek
profile-picture
bohhay memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Slackware
21-10-2016 07:26
Quote:Original Posted By Alianz

Saya pake yang ini, repackage dari rpm, lancar om
Code:
https://slackbuilds.org/repository/14.2/office/libreoffice/


kemarin udah saya coba pake yang ini, bisa gan emoticon-Ngakak (S)

nah malah sekarang masalahnya itu gaada suara gan, ada yang ngalamin kah? Slackware 14.1 kemaren sih lancar, ini ane fresh install 14.2 gaada suara emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Komunitas Slackware
21-10-2016 15:24
Quote:Original Posted By korned
Gan, 3 hr yg lalu kan ane hbs ganti power supply & mobo. emoticon-Frown
2 hr yg lalu si ane lancar2 aja, tp screen-nya melebar gitu klo pas ane maximize. emoticon-Cape d...
Tp ane lg males ngoprek waktu itu, begitu ane oprek kmrn pas bagian monitor (bkn di monitornya, tp di settingan Slackware-nya). Tiba2 pas hbs startx jd blank screen gan, jd item semua. emoticon-DP
Tp ane iseng cek tanggal & shutdown sebelum ane startx lancar2 aja si emoticon-Bingung
Tolongin ane dong mastah emoticon-Mewek

sejak slackware 14.0 saya ga pernah setting manual bagian xorg nya... karena udah auto detect sm xorg nya. emoticon-Peace
coba reinstall aja om paket xorg nya.

klo pake nvidia, coba setting dari nvidia control centernya.
klo pake radeon, ane mending milih bawaan xorg dibanding yg dari amd.

Quote:Original Posted By RyanRa


kemarin udah saya coba pake yang ini, bisa gan emoticon-Ngakak (S)

nah malah sekarang masalahnya itu gaada suara gan, ada yang ngalamin kah? Slackware 14.1 kemaren sih lancar, ini ane fresh install 14.2 gaada suara emoticon-Cape d... (S)

chipset sound nya apa om?
coba edit/tambah file /etc/modprobe.d/snd-hda-intel.conf
trus isi baris sini di dalamnya:
Code:
options snd-hda-intel model=auto

kemudian coba reboot sistem nya
0 0
0
Komunitas Slackware
21-10-2016 15:27
Quote:Original Posted By RyanRa

nah malah sekarang masalahnya itu gaada suara gan, ada yang ngalamin kah? Slackware 14.1 kemaren sih lancar, ini ane fresh install 14.2 gaada suara emoticon-Cape d... (S)


klo pake alsamixer, coba ketik di terminal

alsamixer

set <Independent> ke ON
0 0
0
Komunitas Slackware
21-10-2016 15:42
im back \(^_^)/

iya merek chipset soundnya dicari tau dulu

perintah-perintah untuk liat hardware
- lspci
- lsusb
- dmesg
dst

tapi ane selama nginstall slackware nggak pernah bermasalah samaa sound.. biasanya autodetect .. cemiwiiw
0 0
0
Komunitas Slackware
21-10-2016 15:48
btw .. di pc kantor udah pindah ke slackware 14.2 64 bit .. alasannya biar kayak orang2.. #ahsudahlah

barusan streaming youtube normal2 aja suaranya..

nganu
Diubah oleh imanulyaqin
0 0
0
Komunitas Slackware
23-10-2016 21:35
gan ane baru pertama kali nih pake os selain windows mau coba install slackware terus kaya gini gan
slackware


itu emang kaya gitu atau gimana gan? mohon pencerahanya mastahhemoticon-Shakehand2
Diubah oleh jamalakbaralam
0 0
0
Komunitas Slackware
24-10-2016 04:33
Quote:Original Posted By jamalakbaralam
gan ane baru pertama kali nih pake os selain windows mau coba install slackware terus kaya gini gan
slackware


itu emang kaya gitu atau gimana gan? mohon pencerahanya mastahhemoticon-Shakehand2

space harddisknya kurang mungkin.
0 0
0
Komunitas Slackware
24-10-2016 05:12
Quote:Original Posted By 912xx
space harddisknya kurang mungkin.



perasaan space nya masih banyak gan
0 0
0
Komunitas Slackware
24-10-2016 07:54
Quote:Original Posted By jamalakbaralam

perasaan space nya masih banyak gan

buat cek disk free, ketik

df -l

klo memang free space masih banyak coba partisinya di cek pake fsck atau e2fsck. misalnya partisi linux di /dev/sda1:

fsck -C /dev/sda1
atau
e2fsck -v -y /dev/sda1

kurang lebih gitu gan. manualnya ada di

man fsck
dan
man e2fsck
0 0
0
Komunitas Slackware
24-10-2016 08:56
Quote:Original Posted By 912xx
buat cek disk free, ketik

df -l

klo memang free space masih banyak coba partisinya di cek pake fsck atau e2fsck. misalnya partisi linux di /dev/sda1:

fsck -C /dev/sda1
atau
e2fsck -v -y /dev/sda1

kurang lebih gitu gan. manualnya ada di

man fsck
dan
man e2fsck


udah gan.
kalo ini kan saya udah install tapi kenapa ga bisa cari sinyal wifi ya?
/:)/

0 0
0
Komunitas Slackware
24-10-2016 19:51
Quote:Original Posted By null.slack

sejak slackware 14.0 saya ga pernah setting manual bagian xorg nya... karena udah auto detect sm xorg nya. emoticon-Peace
coba reinstall aja om paket xorg nya.

klo pake nvidia, coba setting dari nvidia control centernya.
klo pake radeon, ane mending milih bawaan xorg dibanding yg dari amd.


chipset sound nya apa om?
coba edit/tambah file /etc/modprobe.d/snd-hda-intel.conf
trus isi baris sini di dalamnya:
Code:
options snd-hda-intel model=auto

kemudian coba reboot sistem nya


Cr cek taunya ane pake nvidia atau radeon gimn ya? emoticon-Hammer2
Ane tanya mbah Gugel malah banyak yg jelasin tentang Ubuntu emoticon-DP
profile-picture
bohhay memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Slackware
25-10-2016 16:59
baru selesai install libreoffice 5.2.2.2
jgn dibuka
0 0
0
Komunitas Slackware
26-10-2016 16:09
Quote:Original Posted By korned


Cr cek taunya ane pake nvidia atau radeon gimn ya? emoticon-Hammer2
Ane tanya mbah Gugel malah banyak yg jelasin tentang Ubuntu emoticon-DP

coba ketik :
Code:
lspci -vv

cari di bagian VGA compatible controller atau Display controller
0 0
0
Komunitas Slackware
28-10-2016 13:41
Quote:Original Posted By jamalakbaralam


udah gan.
kalo ini kan saya udah install tapi kenapa ga bisa cari sinyal wifi ya?
/:)/



mungkin driver (modul kernel) dari wifi nya belum diinstall ..

merek wifinya apaan gan ?

btw : jaman dulu ane baru belajar linux namanya modul kernel.. alasannya kita pake perintah2 lsmod, insmod, rmod, modprobe, dst..

sekarang udah ganti namanya jadi driver.. di os sebelah namanya masih kext (kernel extension).. takut salah nyebut emoticon-Leh Uga emoticon-Cool
Diubah oleh imanulyaqin
0 0
0
Komunitas Slackware
29-10-2016 18:43
Quote:Original Posted By jamalakbaralam


udah gan.
kalo ini kan saya udah install tapi kenapa ga bisa cari sinyal wifi ya?
/:)/



NetworkManager-nya udah di jalanin belom gan?
fresh install gak otomatis jalan tuh NetworkManager, kasih hak eksekusi dulu di /etc/rc.d/rc.networkmanager terus jalanin.

Kalo untuk scan doang bisa pake iw atau iwlist
0 0
0
Komunitas Slackware
31-10-2016 20:28
Quote:Original Posted By null.slack

coba ketik :
Code:
lspci -vv

cari di bagian VGA compatible controller atau Display controller


Cr scroll ke atasnya gimn ya gan klo di terminal emoticon-Malu
Ane cb pake less atau ctrl + panah atas sm bawah tetep aja ga bs gan emoticon-No Hope
Cr artikel lain jg blm nemu tentang scroll di Slackware emoticon-No Hope

Gila dah, dulu make Ubuntu sm Debian aja merasa minoritas, giliran pake Slackware minoritas bngt ini informasinya jg. emoticon-Ngakak
Tp tetep aja ane penasaran dr td siang nyari solusinya emoticon-Hammer2
profile-picture
bohhay memberi reputasi
1 0
1
Komunitas Slackware
31-10-2016 21:52
Quote:Original Posted By korned


Cr scroll ke atasnya gimn ya gan klo di terminal emoticon-Malu
Ane cb pake less atau ctrl + panah atas sm bawah tetep aja ga bs gan emoticon-No Hope
Cr artikel lain jg blm nemu tentang scroll di Slackware emoticon-No Hope

Gila dah, dulu make Ubuntu sm Debian aja merasa minoritas, giliran pake Slackware minoritas bngt ini informasinya jg. emoticon-Ngakak
Tp tetep aja ane penasaran dr td siang nyari solusinya emoticon-Hammer2

harusnya di-pipe pake program less mau pake tanda panah atas/bawah.
coba deh yg lebih simple pake
Code:
lspci -k | grep 'VGA\|Display' -A 3


semoga membantu emoticon-Smilie
Diubah oleh null.slack
0 0
0
Komunitas Slackware
03-11-2016 04:59
pagi...

current sudah update lagi... tapi masih update untuk security patch terutama masalah Dirty COW yang lagi heboh. emoticon-Smilie
changelog slackware64-current
0 0
0
Komunitas Slackware
03-11-2016 09:27
Quote:Original Posted By null.slack
pagi...

current sudah update lagi... tapi masih update untuk security patch terutama masalah Dirty COW yang lagi heboh. emoticon-Smilie
changelog slackware64-current


emoticon-Ultah

eh tapi ane nggak pake current ya.. ane pake nya rilis stabil emoticon-Toast
0 0
0
Halaman 6 dari 28
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia