raul.garciaAvatar border
TS
raul.garcia
Minta Uang Damai Rp 300 Juta, Oknum Polisi di Polsek Gambir Tertangkap OTT
S U M B E R

Jakarta - Polda Metro Jaya terus melakukan upaya pemberantasan pungli dengan melakukan operasi tangkap tangan. Fungsi-fungsi pelayanan di kepolisian menjadi salah satu sasaran.

Selain fungsi pelayanan di lalu lintas, Polda Metro Jaya melakukan pembersihan di unit reserse. Seorang perwira di Unit Reserse Polsek Gambir, Iptu S ditangkap Bidang Propam Polda Metro Jaya karena meminta uang 'damai' kepada pelaku narkoba.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono saat dikonfirmasi membenarkan adanya OTT terhadap S.

"Iya betul. Ini merupakan bukti komitmen kami untuk membersihkan internal dari upaya pungli," ujar Awi kepada detikcom, Rabu (19/10/2016).

Awi menambahkan, pihaknya akan menindak tegas oknum yang melakukan pemerasan tersebut.

S ditangkap tangan oleh Propam Polda Metro Jaya pada Selasa (18/10) lalu setelah didapat informasi bahwa Subnit 1 Unitreskrim Polsek Gambir menangkap pelaku penyalahgunaan narkotika bernama Anto alias Awi.

Anto ditangkap tim yang dipimpin S di Diskotik Crown, Tamansari, Jakbar dengan barang bukti 20 butir narkoba. Alih-alih memproses hukum Anto, S justru meminta uang 'damai' kepada Anto dengan imbal balik tersangka Anton dibebaskan.

Tidak tanggung-tanggung, S meminta uang sebesar Rp 300 juta untuk pembebasan tersangka. Selanjutnya, Senin (17/10), timsus Propam Polda Metro Jaya melakukan observasi untuk mencari kebenaran informasi tersebut.

Saat itu, keluarga tersangka tidak jadi melakukan transaksi penyerahan uang lantaran tidak bisa menyanggupi uang Rp 300 juta dan hanya mampu memberikan Rp 100 juta.

Selanjutnya, Senin (18/10), keluarga tersangka akhirnya menyerahkan uang Rp 97 juta yang diterima langsung oleh S. Malam harinya, sekitar pukul 19.00 WIB, sesuai janjinya S melepas Anton.

Pada saat itulah Propam melakukan penangkapan terhadap S dengan barang bukti uang Rp 97 juta di meja ruangannya.


(mei/Hbb)


U P D A T E

Jakarta - Sub Direktorat Pengamanan Internal (Subsit Paminal) Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya menangkap tangan oknum polisi Polsek Gambir, Iptu S. Ia kedapatan meminta uang 'damai' Rp 300 juta kepada tersangka kasus narkoba, Anton.

Selain Iptu S, penyidik Subdit Paminal Bid Propam Polda Metro Jaya juga menangkap tiga anak buahnya yakni Aiptu T, Aipda AB dan Brigadir R yang bertugas di Subnit I Unitreskrim Polsek Metro Gambir.

"Keempatnya melakukan penyalahgunaan wewenang, membebaskan tersangka kasus narkoba dengan meminta uang sebesar Rp 300 juta kepada keluarga tersangka A ini," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/10/2016).

Awi mengungkap, kasus ini terbongkar setelah Subdit Paminal Bid Propam Polda Metro Jaya menerima informasi dari masyarakat bahwa ada tersangka kasus narkotika di Polsek Gambir yang dibebaskan. Informasi tersebut kemudian ditelusuri, sehingga penyidik mengetahui adanya 'jual-beli' perkara tersebut.

"Oknum ini melakukan transaksional akan membebaskan tersangka dengan persyaratan menyerahkan uang Rp 300 juta ke penyidik, tetapi keluarga hanya menyanggupi Rp 100 juta kemudian turun jadi Rp 97 juta," jelasnya.

Tersangka Anton ditangkap oleh pelaku pada tanggal 14 Oktober di sebuah diskotek di kawasan Tamansari, Jakarta Barat dengan barang bukti 20 butir ekstasi. Namun, dalam perjalanan proses penyidikan, keempat pelaku malah meminta uang apabila tersangka ingin dilepas.

Sesuai perjanjian, para pelaku tersebut kemudian melepas Anton dari Polsek Gambir pada tanggal 18 Oktober.

"Pada saat itulah, kemudian keempat oknum ini ditangkap dan dibawa ke Polda Metro Jaya untuk penyidikan di Propam," lanjutnya.

Dari mereka, penyidik menyita uang sebesar Rp 97 juta dan 20 butir ekstasi sebagai barang bukti.

Lebih jauh Awi mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembersihan di internal untuk memberantas pungli. Sasarannya yakni pelayanan di kepolisian hingga pelaporan kasus di kepolisian.


=================================================================================================

cuman OKNUM yah gan

gelo duit 86 minta 300 jeti emoticon-Wakaka
emoticon-Wakaka
Diubah oleh raul.garcia 19-10-2016 08:23
-1
13.5K
159
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.