alviss21Avatar border
TS
alviss21
Mafia 3 Good or Bad ? (Review)
Mafia 3 merupakan action-adventure game yang dibuat oleh Hangar Games dan 2K games untuk PC, PS4 dan Xbox One. Mafia 3 merupakan seri ke 3 dari seri Mafia. Bertempat di kota New Bordeaux kota fiksi yang dibuat berdasarkan New Orleans tahun 1968. Cerita di game ini berfokus pada Lincoln Clay, seorang yatim piatu dan seorang mantan tentara di perang Vietnam yang memiliki misi untuk membangun organisasi criminal baru untuk mengalakahkan mafia Italia Sal Marcano . Game ini rilis 7 October 2016.
Game ini memiliki hype yang cukup tinggi di kalangan para gamer. Banyak pencinta mafia 2 dan pemain baru dalam mafia series yang tidak sabar dengan game ini. Game open world yang berbasis dengan gaya hidup mafia merupakan game yang mirip dengan GTA Series tetapi diambil dengan alur yang berbeda. Sekarang pertanyaannya apakah Mafia 3 Good or Bad?


Game ini memiliki beberapa kejelekan maupun kebaikan dalam game ini. Ini merupakan pandangan saya setelah memainkan game ini dan setelah membaca beberapa review. (Review dari PS4)

1. Grafik

Di jaman sekarang game Triple A seperti Mafia 3 ini diharapkan mempunyai grafik yang bagus atau setidaknya game yang memiliki tema yang hampir sama dengan GTA diharapkan memiliki grafik yang sama. Tetapi, hal ini tidak terlihat dalam game ini. Banyak review yang mengatakan grafik dalam game ini tidak konsisten. Di satu saat seperti pada saat cutscene game ini memiliki grafik yang bagus dan lip sync karakter yang baik. Akan tetapi dunia open worldnya tidak seperti itu. Dari mobil yang hampir semua terlihat sama, langit yang tidak kelihatan real, terutama pada saat malam hari dan hujan.

2. Gameplay

Oke grafik bukan segalanya dalam game, setidaknya apakah gameplaynya memuaskan? Jawabanku cukup baik. Banyak review terutama di Pc mereka mengatakan banyak bug yang terjadi. Akan tetapi untuk pengalaman pribadi saya, saya tidak mengalami bug-bug yang sampai mengganggu pengalaman saya untuk memainkan game ini. Shooting dalam game ini sangat memuaskan, lalu stealth dalam game ini juga cukup baik. Pernah dalam1 misi aku menyelesaikan hanya dengan stealth. Driving dalam game ini untuk pertama kali serasa berbeda tapi setelah beberapa saat bisa terbiasa. Animasi dalam membunuh musuh lewat stealth maupun dengan tembak sangat memuaskan.
Spoiler for Gameplay:


3. Misi/Story

Oke misi ataupun story dalam game ini sangat memiliki dampak yang besar. Untuk sederhananya aku akan menjelaskan tentang misi dalam game ini. Jadi misi kita didasarkan dari distrik-distrik di kota tersebut. Dalam 1 distrik ada 1 bos yang harus kita bunuh. Sebelum kita bertemu bos tersebut, kita harus mengalahkan 2 underboss atau 2 misi.Jadi dalam 1 distrik ada 2 misi underboss lalu baru ke boss distrik tersebut. Nah yang menyebalkannya lagi sebelum kita dapat bertemu underboss tersebut kita harus membuat kerusakan untuk para underboss tersebut dengan cara menyerang markas-markas mereka sampai menghasilkan kerusakan atau kerugian yang ditetapkan (biasanya sekitar 50.000 USD). Setelah melakukan hal tersebut barulah kita dapat mengalahkan underboss tersebut. Hal itu dilakukan lagi untuk underboss satunya. Setelah 2 underboss dikalahkan barulah boss distrik tersebut keluar dan bisa dikalahkan. Untuk 3 distrik pertama mungkin hal tersebut cukup menyenangkan, akan tetapi bila hal itu diulang sampai 12 distrik, sehingga hal itu menjadi cukup membosankan. Itu merupakan salah satu dampak yang cukup besar dalam game ini yang membuat game ini mendapatkan review yang tidak cukup baik. Tapi untuk Story’nya sendiri game ini memiliki cerita yang bagus menurut pandangan saya . Bagaimana kita melihat aksi Lincoln untuk melakukan balas dendam dengan menghancurkan semua usaha Sal Marcano. Terutama ending cerita ini menurutku benar-benar memuaskan dengan kita diberi 2 pilihan yang sangat tidak ditebak.

4. Character

Dari segi karakter dalam game ini cukup baik. 3 karakter underboss Lincoln Clay : Cassandra, Thomas Burke, Vito Scaletta memiliki background masing-masing. Ketiga karakter tersebut cukup menarik di awal game. Akan tetapi menjelang pertengahan hingga akhir game ketiga karakter tersebut seperti tidak dipergunakan dengan baik dalam main story Lincoln clay. Sehingga 3 karakter tersebut hanya berasa sebagai pelengkap. Berbeda dengan John Donovan yang merupakan partner Lincoln Clay yang selalu berperan penting dalam semua misi Lincoln dalam menjalankan misinya. Father James sebagai orang yang selalu berusaha menyadarkan Lincoln bahwa apa yang dilakukannya itu tidak benar juga cukup menarik dalam game. Keluarga Marcano yang dipimpin oleh Sal Marcano juga merupakan pilihan yang menarik sebagai musuh Lincoln Clay.

Dari beberapa hal tersebut menurut saya game ini merupakan game yang menyenagkan untuk dimainkan terutama dalam hal Story dan Character yang terdapat dalam game ini. Akan tetapi gameplay atau misi yang terlalu banyak diulang, karakter penting seperti Vito,Cassandra, Thomas Burke yang tidak terlalu diperhatikan, membuat game ini menjadi sedikit membosankan. Hasil akhir menurut pendapat saya game ini memiliki rating 3/5 (Average, Menyenangkan untuk dimainkan) . Game ini bisa menjadi lebih baik bila grafik yang memiliki lebih baik atau konsisten, misi yang lebih bervariasi atau tidak terlalu sering diulang, dan penggunaan karakter yang lebih baik.


Menurut agan-agan sekalian bagaimana? emoticon-Toast
0
16K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
Games
icon
38.8KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.