others
Batal
link has been copied
338
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57d8e65192523368478b4569/beberapa-bukti-kalo-jepang-itu-customer-oriented-banget
Halo Agan & Aganwati. Wah, ane seneng banget baca-bacain respon dari Trit kita kemaren tentang hal-hal yang ga disukain sama orang Jepang dari para turis asing. Ane setuju dan terharu sama pendapat-pendapat Agan & Aganwati semuanya yang berharap di Indonesia juga bisa setertib Jepang. Paling ngga ada kemungkinan anak cucu kita bisa ngikutin niat mulia Agan & Aganwati semuanya yak! Hehhe.. Soalnya
Lapor Hansip
14-09-2016 12:55

BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET

Past Hot Thread


MAIDO!

Halo Agan & Aganwati.
Wah, ane seneng banget baca-bacain respon dari Trit kita kemaren tentang hal-hal yang ga disukain sama orang Jepang dari para turis asing. >>> Link Thread "Hal yang tidak disukai orang Jepang dari turis asing"

Ane setuju dan terharu sama pendapat-pendapat Agan & Aganwati semuanya yang berharap di Indonesia juga bisa setertib Jepang. Paling ngga ada kemungkinan anak cucu kita bisa ngikutin niat mulia Agan & Aganwati semuanya yak! Hehhe..
Soalnya kan kebaikan itu harus bermulai di satu titik dan satu waktu biar bisa menular. AMIN! emoticon-Kiss

Buat trit kali ini, ane mau nulis tentang hal-hal yang dipikirin sama perusahaan Jepang, terutama di dunia servis atau produsen makanan. Hal-hal di bawah ini beneran bikin konsumen nggak pusing dan kalo menggunakan atau makan atau minum atau apalah, semuanya jadi lebih mudah dan praktis. (Jadi tugas Product Development di Jepang biasanya bakalan berinovasi terus menerus, Gan!).

Apa aja sih hal-hal yang dipikirin sedemikian rupa sama perusahaan di Jepang sebelum launch produk mereka supaya si konsumen juga seneng? ….psssst, kadang orang Jepang sebagai konsumen malah ga sadar lhooo kalo teknologi yang mereka ciptakan itu mempermudah kita melakukan banyak hal. Yang biasanya ngeh sama praktisnya barang-barang mereka adalah orang asing, termasuk ane! Apa aja sih contoh-contohnya? Simak di bawah ini nih, Gan:

1. KEMASAN PLASTIK YANG MUDAH DIBUKA

Apa sih maksudnya?
Jujur, Gan, sebelum ane nyobain camilan khas Jepang, ane juga ga menyadari ini. Jadi kalo Agan beli camilan (coklat, biscuit, permen, dll), Agan harus buka bungkus plastiknya kan?
Atau misalnya kemasan isi ulang shampoo, conditioner, atau sabun badan juga agan harus sobek ujungnya baru dituang ke dalam botol kan?

Nah, yang namanya Jepang itu, ga perlu tenaga atau bahkan gunting buat buka di tempat yang disebut di bungkus “potong di sini”. Semua kemasan ini gampang banget dibuka di tempat yang udah ditentukan.
Kecuali kalo tangan Agan licin atau keringetan, disaat tangan dalam keadaan kering ga akan diperlukan alat khusus kayak cutter, gunting, atau yang lainnya buat ngebuka kemasan itu.

Jadi kalo ada tulisan “sobek di sini”, percayalah, Gan, itu ga bikin kesel. Hahaha.
Ga percaya? Coba nanti pas ke Jepang dibuktiin langsung yaa..

Bungkus Snack di Jepang yang Kemasannya Mudah dibuka


2. SEDOTAN MINUMAN KEMASAN YANG IMUT DAN MUDAH DILEPAS DARI KEMASANNYA

Ngomongin soal minuman kemasan seperti kopi, coklat, atau yang lainnya, ane masih keinget versi Indonesianya. Gimana ane harus nyabut kemasan sedotan dari lem keras yang nempel di kemasan kertas, nyobek ujung pembungkus sedotan, dan baru bisa dipake buat minum.

Di Jepang, sedotan dibuat sangat praktis untuk kemasan minuman. Emang ga semua kemasan pake sedotan jenis ini, tapi kalo dia dibuat jadi satu dengan kemasan minuman itu, gampang banget ngambilnya.

Agan cuma perlu dorong sedotan ke arah bawah, dan nanti sedotan itu bakalan keluar dengan mudah. Apalagi sedotan itu kadang dibuat bertumpuk. Jadi sedotannya kayak punya lantai hahahaa (susah jelasinnya). Liat aja fotonya ya.

Foto minuman kemasan dan sedotannya. Cara ngambil sedotannya cukup didorong aja nggak perlu tenaga



3. WADAH KARTU COMMUTER YANG PRAKTIS!

Di Jepang, bisa dibilang kendaraan umum seperti kereta adalah kendaraan yang jadi andalan buat berpindah tempat. Apalagi buat pulang-pergi kerja. Nah, jam-jam rush hour di Jepang yang selalu berdesakan membuat kita malas dan jadi ga praktis kalo harus berkali-kali ngeluarin dompet cuma buat ambil kartu commuter. Apalagi kalo naro kartunya itu di dompet atau kantung kemeja juga kalo pas didorong orang sana-sini bisa aja jatuh dan hilang. *SAD…… emoticon-Hammer (S)

Makanya di Jepang itu yang namanya tempat kartu khusus buat kartu commuter laris manis tanjung kimpul. Kita ga perlu repot-repot ngeluarin kartu dari dalam tas atau sibuk ubek-ubek kantong buat nemuin si kartu.

Cukup tarik tempat kartunya, dan voila! Bisa sampe ke tempat sensor kita harus menempelkan kartu deh supaya bisa keluar dari stasiun. Praktis banget!
Saking jadi barang yang esensial, yang jual juga banyak banget dan banyak yang dihias lucu-lucu. Yang ane punya ini Cookie Monster dari serial anak-anak Sesame Street. Ada juga yang lain-lain dan harganya juga beragam. Keliatan banget ya kalo kebutuhan buat naro tempat kartu commuter itu besar.

Salah satu contoh tempat kartu commuter. Kalo ditarik, talinya yang fleksibel bisa sampe ke layar gerbang masuk stasiun


4. ONIGIRI


Buat pecinta Onigiri dan pernah makan onigiri di Indonesia yang dijual di Convenience Store, kualitas yang dibikin sam bungkus plastik di Jepang beda. Hehehhe.

Penampakan bungkus Onigiri dan angka sebagai tahap membuka bungkusnya


Jadi Onigiri ini termasuk makanan yang laku banget di Jepang buat ganjel lapar. Bentuknya yang segitiga atau bulat dan dibungkus apa pun selain nori, bisa ga terjamin kebersihannya kalo kita makan pas sambil jalan dan ga ada tempat cuci tangan.
Jadi solusi yang dikasih sama Jepang adalah, teknologi bungkus yang dibuat sedemikian rupa jadi pas kita buka itu bungkus onigiri sebelum dimakan jadi gampang banget. Segampang 1-2-3!



Sama yang kayak ane bilang tadi di awa, Gan. Tempat ngerobek bungkusnya ini tuh gampang banget dan tinggal narik-narik aja. Simple banget sampe ane terharu.
Makasih, Jepang! HAHAHAHA.

Tahapan digambar dengan jelas



5.SUARA AIR BANJUR DI TOILET

Mungkin udah pada tau soal teknologi Jepang yang ini. Tapi pasti ada yang belum deh! Hehehe.
Jepang itu sebetulnya orang-orangnya pemalu(malu-in). Hahaha. Jadi di toilet Jepang itu ada tombol yang fungsinya buat nyamarin suara yang ditimbulkan saat kita buang air kecil atau besar. Suaranya itu hampir sama kayak suara toilet dibanjur dan besar-kecil suaranya bisa disesuaikan dengan seberapa hebohnya kita pas buang air. Kalo pas mules, yaaa, dipol-in aja itu volumenya. Hahaha.

Dulu waktu ane belom terbiasa ama fungsi toilet ini, termasuk cuek juga sih sama suara-suara. Mau tiba-tiba pas mules terus ken*ut misalnya. Hahahhaa. (kemudian mulai pake-pake bahasa absurd).
Tapi sekarang, jangankan buang angin, suara buang air kecil aja bakalan jadi malu banget kalo kedengeran orang juga.

Yaa, gitu deh. Hehe. emoticon-Malu (S)

>>>Info tambahan:
Di negara semaju Jepang yang teknologinya udah luar biasa, percaya nggak kalo di tiap sisi jalan raya masih ada telepon umum yang berfungsi dengan baik dan bisa dipakai untuk telepon di dalam dan luar negeri?
Walaupun telepon umum itu fasilitas umum yang udah jadul banget, tapi keberadaannya jadi berarti banget terutama buat turis yang misalnya ga ada hape atau ga bawa WiFi portable dan nyasar atau cuma mau kasih tau orang rumah kalo mereka udah sampe di Jepang.
Atau misalnya pas hape lagi lowbat dan yang ada cuma telepon umum pasti bakalan ngebantu banget yaa..


Enaknya tinggal di negeri yang “Customer Oriented” tuh kurang lebih kayak yang ane contohin di atas, Gan. Produsen di Jepang sebisa mungkin menempatkan dirinya di kaki konsumen. “Kalau saya sebagai konsumen, buat bungkus kacang ini cara buka yang paling enak gimana ya?” dan lain-lain. Jadi, semua produk-produk yang kasat mata diciptain dengan pemikiran khusus. Semua diberlakuin hukum “Sebab-Akibat”.

Bukannya ane bolak-balik muji negara tetangga ya, Gan. Tapi karena Jepang selalu berpikir selangkah lebih maju dengan persiapan yang selalu luar biasa matang, kayaknya udah waktunya kita juga mengikuti jejak mereka yang selalu kreatif tapi dalam hal yang positif.
Anak negeri kita banyak banget yang akhirnya malah kerja ke negeri lain karena ngerasa negara lain lebih nyaman atau lebih ini dan itu. Semoga yang baca thread ini bisa jadiin ini sebagai bahan kreatifitas buat majuin fasilitas atau produk bangsa sendiri yaaa ^^

Udah waktunya kita bangkit! emoticon-Peluk
Indonesia nggak kalah dari Jepang! emoticon-Ngacir2


OOKINI!

Follow info dari kita supaya nggak ketinggalan ya!
Facebook: https://www.facebok.com/karaksatours.id/
Instagram: http://www.instagram.com/karaksatours.id/
Twitter: http://www.twitter.com/karaksatours_id/
Website: http://www.karaksatours.com/
Hotel website: https://www.karaksahotels.com/

Diubah oleh karaksa
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 18
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
13-10-2016 14:11
emoticon-Wow
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
13-10-2016 18:59
jadi kangen eh pengen ke jepang emoticon-Malu
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
14-10-2016 07:50
Quote:Original Posted By ripginandjar
wah demen banget ama tempat kartu comuternya,, emoticon-Big Grin


hahaha ane juga

Quote:Original Posted By bintarsam
それな。面白いね。この内容見たら、日本へ行きたくなる。いつか!絶対!!


いってらっしゃい~

Quote:Original Posted By kanasiaw
nice trit gan emoticon-Toast


Thanks, Gan!

Quote:Original Posted By anakskolahan
Tepat sekali yg dikatakan sama agan TS tentang Jepang yg Customer Oriented
ane rasa itu perlu ditiru sama Indonesia (Negara kita kan emang adaptif oriented) emoticon-Ngakak
Sebenernya orang Indonesia itu tau kenapa Jepang sangat maju secara umum, kenapa Finlandia punya pendidikan yg bagus, knapa negara A makmur, knapa negara negara B sampe Z blablabla, dan pd akhirnya bilang "kita harus niru sistem/policy mereka", udah sampe ditahap itu kita brenti dan terus bilang negara Indonesia gak maju2 dan masih ketinggalan sma negara lain. Sebenernya cuma 1, blm ada niatan utk maju aja sih dari SEMUA orang, klo dr ane ato ente mungkin udah.
Walopun ane cuma pernah tinggal setaun di Jepang, yg ane rasain emang beda atmosfer manusianya gan, tapi yg mereka suka dr orang Indonesia itu orang Indo ramah2 dan murah senyum, dan yg menonjol tu kita gak jaim/kita terbiasa mengungkapkan apa yg kita rasain..


ner anet, gan emoticon-Big Grin
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
14-10-2016 09:01
Quote:Original Posted By karaksa


hahaha ane juga




bisa lah gan kirim kirim keindo emoticon-Malu (S)
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
17-10-2016 22:59
Baru baca trit, emg keren eh. emoticon-Smilie
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
18-10-2016 10:01
ya kita mesti belajar dari negara jepang dalam hal teknologi dan cara berpikir
kemudian etos kerja nya juga
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
18-10-2016 13:59
Quote:Original Posted By viniest
kecuali konami emoticon-Ngakak


iya gan semenjak H.Kojima di DO sama Konami wkwkw .
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
19-10-2016 10:59
Quote:Original Posted By xaberius
ya kita mesti belajar dari negara jepang dalam hal teknologi dan cara berpikir
kemudian etos kerja nya juga

hahaha butuh berapa puluh atau bahkan berapa ratus tahun buat belajar kayak mereka gan emoticon-Gila
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
19-10-2016 15:23
gw yg heran onigiri yg dijual dimari norinya keslempit bungkus plastik...kampretttemoticon-Wakaka
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
20-10-2016 17:04
Quote:Original Posted By anakskolahan

hahaha butuh berapa puluh atau bahkan berapa ratus tahun buat belajar kayak mereka gan emoticon-Gila


hahaha
jangan meremehkan orang indo
setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing2 tidak bisa membandingkan dari 1 sisi
jepang hebat dalam produk dan pelayanan tapi dalam hal SDM dan tingkat stress mereka kalah dengan kita
buktinya angka bunuh diri mereka tinggi
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-10-2016 02:02
Quote:Original Posted By xaberius


hahaha
jangan meremehkan orang indo
setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing2 tidak bisa membandingkan dari 1 sisi
jepang hebat dalam produk dan pelayanan tapi dalam hal SDM dan tingkat stress mereka kalah dengan kita
buktinya angka bunuh diri mereka tinggi


benr gan, mereka punya tingkat stress tinggi karena etos kerjanya bagus gan, mereka punya yg namanya semangat bushido, indonesia jg punya semangat yg mirip sama itu. Seorang pimpinan aja klo buat kesalahan trs mundur. Indonesia angka stress pressure rendah sekali karena kebalikannya dr jepang.
Ane gak ngeremehin orang kita sendiri, posisi kita masih sebagai konsumen gan, utk jadi produsen kayak jepang yaa kita belajar dari mereka dan negara2 lainnya yg berkaitan dg mental manusianya, karna ane percaya bgt gan orang kita tu pinter2 bangeettt. Jangan malu dan gengsi utk belajar hal positif dr negara lain. emoticon-Shakehand2
Diubah oleh anakskolahan
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-10-2016 11:41
Quote:Original Posted By anakskolahan


benr gan, mereka punya tingkat stress tinggi karena etos kerjanya bagus gan, mereka punya yg namanya semangat bushido, indonesia jg punya semangat yg mirip sama itu. Seorang pimpinan aja klo buat kesalahan trs mundur. Indonesia angka stress pressure rendah sekali karena kebalikannya dr jepang.
Ane gak ngeremehin orang kita sendiri, posisi kita masih sebagai konsumen gan, utk jadi produsen kayak jepang yaa kita belajar dari mereka dan negara2 lainnya yg berkaitan dg mental manusianya, karna ane percaya bgt gan orang kita tu pinter2 bangeettt. Jangan malu dan gengsi utk belajar hal positif dr negara lain. emoticon-Shakehand2


yang pasti di jepang gak ada orang tambal ban yang ada ke bengkel ganti ban
trus ga ada sistem infus dan sutik tinta printer
orang indo bisa melakukan itu

0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-10-2016 14:26
eh ada onigiri.emoticon-Cool

jadi laper nih ane. emoticon-Traveller
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-10-2016 15:15
Quote:Original Posted By xaberius


yang pasti di jepang gak ada orang tambal ban yang ada ke bengkel ganti ban
trus ga ada sistem infus dan sutik tinta printer
orang indo bisa melakukan itu



Hahaha bener gan, pokoknya orang indo tu pinter2 dan kreatif gan emoticon-Shakehand2
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
21-10-2016 19:49
banyak sih yang mungkin kita perlu tiru dari mereka, dri sudut pandang mereka keknya jga ada yang mereka ingin tiru dari kita emoticon-Ngakak
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
22-10-2016 10:17
Ga bkl susah jg meskipun ga bisa masak sama sekali..
Ada bento box..isinya bisa chicken katsu, unagi kabayaki, karagee dll..tinggal dipanasin..
emoticon-Kaskus Banget

Diubah oleh hikarinosenshi
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
23-10-2016 22:18
keren gan. bagus infonya. semoga indonesia bisa menirunya. like!
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
24-10-2016 16:14
Quote:Original Posted By anakskolahan


Hahaha bener gan, pokoknya orang indo tu pinter2 dan kreatif gan emoticon-Shakehand2


jadi jangan remehkan orang indonesia
dan kita juga jangan sampai kalah dengan negara lain

para pemimpin kita sudah berubah dan kita juga ikut berubah jangan cuma duduk manis tunggu hasil dan jadi tukang kritik klo belum ada perubahan di depan mata kita

kita bukan penonton
mau berubah ya rubahlah diri kita dulu
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
25-10-2016 04:19
Quote:Original Posted By xaberius
jadi jangan remehkan orang indonesia
dan kita juga jangan sampai kalah dengan negara lain

para pemimpin kita sudah berubah dan kita juga ikut berubah jangan cuma duduk manis tunggu hasil dan jadi tukang kritik klo belum ada perubahan di depan mata kita

kita bukan penonton
mau berubah ya rubahlah diri kita dulu


Pemimpin kita keknya belum pd berubah deh gan hehehe...
ngomongin sifat n sikap orang2 kita emang seringkali bikin ketawa2 sendiri gan, kadang sambil geleng2 kepala, apalagi ngomongin orang2 atas n politik hehehhe
0 0
0
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET
25-10-2016 08:40
Quote:Original Posted By anakskolahan


Pemimpin kita keknya belum pd berubah deh gan hehehe...
ngomongin sifat n sikap orang2 kita emang seringkali bikin ketawa2 sendiri gan, kadang sambil geleng2 kepala, apalagi ngomongin orang2 atas n politik hehehhe


ya kan bapak Ahok dan bapak jokowi pemimpin tertinggi dki dan indonesia telah menunjukkan perubahannya.
ya merak yang harus kita conto. yang lain biarkan aja.
kita manusia cenderung melihat yang jelk tapi kita mesti belajar melihat sisi baiknya
kemudian berubahlah sampai orang lain meniru perubahan kita
ga perlu digembor2kan supaya orang lain liat kita berubah.
biasanya klo gembor2 saat berubah itu cuma pencitraan

belajar juga dari tanaman. tanaman bertumbuh bukan saat matahari ada tapi saat malam datang.
mereka tumbuh tidak untuk dilihat tapi untuk memberi manfaat
0 0
0
Halaman 16 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
journey-of-decision
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia