zhouxianAvatar border
TS
zhouxian
Mahasiswa Tiongkok Belajar Bahasa Indonesia di Jember
JEMBER - Tiga mahasiswa asal Jiangsu Agri-Animal Husbandary Vocational College, Tiongkok secara intensif belajar Bahasa Indonesia di Politeknik Negeri Jember (Polije), Jawa Timur selama 12 hari.

Kepala Badan Kerja Sama Polije, Nantil Bambang Eko Sulistiyono mengatakan mata kuliah Indonesia Language and Culture (Budaya dan Bahasa Indonesia) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari program pertukaran pelajar antara Polije dengan Jiangsu Tiongkok.
BERITA REKOMENDASI

"Mempelajari bahasa nasional setempat menjadi komitmen kedua belah pihak, agar para mahasiswa yang belajar di Indonesia maupun Tiongkok bisa beradaptasi menggunakan bahasa negara setempat," tuturnya.

Menurutnya, pemberian mata kuliah Indonesia Language and Culture bermanfaat untuk menyiapkan dan mempermudah proses adaptasi ketiga mahasiswa asal Tiongkok tersebut dari aspek bahasa, serta pengenalan atmosfer akademik.

"Hal tersebut dilakukan agar mereka segera bisa menyesuaikan dengan sistem pembelajaran dan masyarakat di kampus Polije," katanya.

Sementara, Kepala Unit Pelayanan dan Pelatihan Bahasa (UP2B) Agus Setiabudi mengatakan strategi pengajaran Bahasa Indonesia untuk angkatan ketiga dalam program pertukaran mahasiswa tersebut dilakukan sedikit perubahan, dengan lebih menitikberatkan pada pengucapan kata yang sehari-hari digunakan.

"Perbedaan pengucapan kata yang hampir semua tidak diakhiri dengan huruf konsonan atau huruf mati, dan hal itu yang menjadi masalah utama mahasiswa Tiongkok dalam mempelajari Bahasa Indonesia yang lebih beragam," tuturnya.

Berdasarkan pengalaman sekian tahun pertukaran mahasiswa, kata dia, pada umumnya mahasiswa asal Tiongkok lebih mudah beradaptasi dalam belajar Bahasa Indonesia dibandingkan mahasiswa dari Thailand.

"Bagian akhir program pertukaran pelajar nanti, mahasiswa asal Tiongkok diuji untuk melakukan presentasi dengan menyusun kalimat dalam Bahasa Indonesia berkaitan dengan pengalaman sehari-hari," ujarnya.

Direktur Polije Nanang Dwi Wahyono memberikan apresiasi kepada mahasiswa asal Jiangsu Tiongkok yang bersemangat beradaptasi dan mengikuti jadwal kuliah dan praktikum di Kampus Polije.

"Kami mengapresiasi atas semangat beradaptasi dengan lingkungan kampus, aktif mengikuti kuliah dan praktek, serta berbaur dengan mahasiswa Polije lainnya dengan baik," katanya.

Selain mempelajari Bahasa Indonesia, tiga mahasiswa asal Tiongkok tersebut akan belajar budaya Indonesia dengan belajar Tari Remo, sehingga diharapkan kemampuan mereka dapat ditampilkan pada upacara wisuda Polije pada bulan Desember 2016.
(sus)

http://news.okezone.com/read/2016/10...esia-di-jember

belajar gan
Diubah oleh zhouxian 06-10-2016 04:30
0
1.5K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.