• Beranda
  • ...
  • Japan
  • BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET

karaksaAvatar border
TS
karaksa
BEBERAPA BUKTI KALO JEPANG ITU “CUSTOMER ORIENTED” BANGET


MAIDO!

Halo Agan & Aganwati.
Wah, ane seneng banget baca-bacain respon dari Trit kita kemaren tentang hal-hal yang ga disukain sama orang Jepang dari para turis asing. >>> Link Thread "Hal yang tidak disukai orang Jepang dari turis asing"

Ane setuju dan terharu sama pendapat-pendapat Agan & Aganwati semuanya yang berharap di Indonesia juga bisa setertib Jepang. Paling ngga ada kemungkinan anak cucu kita bisa ngikutin niat mulia Agan & Aganwati semuanya yak! Hehhe..
Soalnya kan kebaikan itu harus bermulai di satu titik dan satu waktu biar bisa menular. AMIN! emoticon-Kiss

Buat trit kali ini, ane mau nulis tentang hal-hal yang dipikirin sama perusahaan Jepang, terutama di dunia servis atau produsen makanan. Hal-hal di bawah ini beneran bikin konsumen nggak pusing dan kalo menggunakan atau makan atau minum atau apalah, semuanya jadi lebih mudah dan praktis. (Jadi tugas Product Development di Jepang biasanya bakalan berinovasi terus menerus, Gan!).

Apa aja sih hal-hal yang dipikirin sedemikian rupa sama perusahaan di Jepang sebelum launch produk mereka supaya si konsumen juga seneng? ….psssst, kadang orang Jepang sebagai konsumen malah ga sadar lhooo kalo teknologi yang mereka ciptakan itu mempermudah kita melakukan banyak hal. Yang biasanya ngeh sama praktisnya barang-barang mereka adalah orang asing, termasuk ane! Apa aja sih contoh-contohnya? Simak di bawah ini nih, Gan:

1. KEMASAN PLASTIK YANG MUDAH DIBUKA

Apa sih maksudnya?
Jujur, Gan, sebelum ane nyobain camilan khas Jepang, ane juga ga menyadari ini. Jadi kalo Agan beli camilan (coklat, biscuit, permen, dll), Agan harus buka bungkus plastiknya kan?
Atau misalnya kemasan isi ulang shampoo, conditioner, atau sabun badan juga agan harus sobek ujungnya baru dituang ke dalam botol kan?

Nah, yang namanya Jepang itu, ga perlu tenaga atau bahkan gunting buat buka di tempat yang disebut di bungkus “potong di sini”. Semua kemasan ini gampang banget dibuka di tempat yang udah ditentukan.
Kecuali kalo tangan Agan licin atau keringetan, disaat tangan dalam keadaan kering ga akan diperlukan alat khusus kayak cutter, gunting, atau yang lainnya buat ngebuka kemasan itu.

Jadi kalo ada tulisan “sobek di sini”, percayalah, Gan, itu ga bikin kesel. Hahaha.
Ga percaya? Coba nanti pas ke Jepang dibuktiin langsung yaa..

Spoiler for Bungkus Snack di Jepang yang Kemasannya Mudah dibuka:


2. SEDOTAN MINUMAN KEMASAN YANG IMUT DAN MUDAH DILEPAS DARI KEMASANNYA

Ngomongin soal minuman kemasan seperti kopi, coklat, atau yang lainnya, ane masih keinget versi Indonesianya. Gimana ane harus nyabut kemasan sedotan dari lem keras yang nempel di kemasan kertas, nyobek ujung pembungkus sedotan, dan baru bisa dipake buat minum.

Di Jepang, sedotan dibuat sangat praktis untuk kemasan minuman. Emang ga semua kemasan pake sedotan jenis ini, tapi kalo dia dibuat jadi satu dengan kemasan minuman itu, gampang banget ngambilnya.

Agan cuma perlu dorong sedotan ke arah bawah, dan nanti sedotan itu bakalan keluar dengan mudah. Apalagi sedotan itu kadang dibuat bertumpuk. Jadi sedotannya kayak punya lantai hahahaa (susah jelasinnya). Liat aja fotonya ya.

Spoiler for Foto minuman kemasan dan sedotannya. Cara ngambil sedotannya cukup didorong aja nggak perlu tenaga:



3. WADAH KARTU COMMUTER YANG PRAKTIS!

Di Jepang, bisa dibilang kendaraan umum seperti kereta adalah kendaraan yang jadi andalan buat berpindah tempat. Apalagi buat pulang-pergi kerja. Nah, jam-jam rush hour di Jepang yang selalu berdesakan membuat kita malas dan jadi ga praktis kalo harus berkali-kali ngeluarin dompet cuma buat ambil kartu commuter. Apalagi kalo naro kartunya itu di dompet atau kantung kemeja juga kalo pas didorong orang sana-sini bisa aja jatuh dan hilang. *SAD…… emoticon-Hammer (S)

Makanya di Jepang itu yang namanya tempat kartu khusus buat kartu commuter laris manis tanjung kimpul. Kita ga perlu repot-repot ngeluarin kartu dari dalam tas atau sibuk ubek-ubek kantong buat nemuin si kartu.

Cukup tarik tempat kartunya, dan voila! Bisa sampe ke tempat sensor kita harus menempelkan kartu deh supaya bisa keluar dari stasiun. Praktis banget!
Saking jadi barang yang esensial, yang jual juga banyak banget dan banyak yang dihias lucu-lucu. Yang ane punya ini Cookie Monster dari serial anak-anak Sesame Street. Ada juga yang lain-lain dan harganya juga beragam. Keliatan banget ya kalo kebutuhan buat naro tempat kartu commuter itu besar.

Salah satu contoh tempat kartu commuter. Kalo ditarik, talinya yang fleksibel bisa sampe ke layar gerbang masuk stasiun
Spoiler for :


4. ONIGIRI


Buat pecinta Onigiri dan pernah makan onigiri di Indonesia yang dijual di Convenience Store, kualitas yang dibikin sam bungkus plastik di Jepang beda. Hehehhe.

Spoiler for Penampakan bungkus Onigiri dan angka sebagai tahap membuka bungkusnya:


Jadi Onigiri ini termasuk makanan yang laku banget di Jepang buat ganjel lapar. Bentuknya yang segitiga atau bulat dan dibungkus apa pun selain nori, bisa ga terjamin kebersihannya kalo kita makan pas sambil jalan dan ga ada tempat cuci tangan.
Jadi solusi yang dikasih sama Jepang adalah, teknologi bungkus yang dibuat sedemikian rupa jadi pas kita buka itu bungkus onigiri sebelum dimakan jadi gampang banget. Segampang 1-2-3!



Sama yang kayak ane bilang tadi di awa, Gan. Tempat ngerobek bungkusnya ini tuh gampang banget dan tinggal narik-narik aja. Simple banget sampe ane terharu.
Makasih, Jepang! HAHAHAHA.

Spoiler for Tahapan digambar dengan jelas:



5.SUARA AIR BANJUR DI TOILET

Mungkin udah pada tau soal teknologi Jepang yang ini. Tapi pasti ada yang belum deh! Hehehe.
Jepang itu sebetulnya orang-orangnya pemalu(malu-in). Hahaha. Jadi di toilet Jepang itu ada tombol yang fungsinya buat nyamarin suara yang ditimbulkan saat kita buang air kecil atau besar. Suaranya itu hampir sama kayak suara toilet dibanjur dan besar-kecil suaranya bisa disesuaikan dengan seberapa hebohnya kita pas buang air. Kalo pas mules, yaaa, dipol-in aja itu volumenya. Hahaha.

Dulu waktu ane belom terbiasa ama fungsi toilet ini, termasuk cuek juga sih sama suara-suara. Mau tiba-tiba pas mules terus ken*ut misalnya. Hahahhaa. (kemudian mulai pake-pake bahasa absurd).
Tapi sekarang, jangankan buang angin, suara buang air kecil aja bakalan jadi malu banget kalo kedengeran orang juga.

Yaa, gitu deh. Hehe. emoticon-Malu (S)

>>>Info tambahan:
Di negara semaju Jepang yang teknologinya udah luar biasa, percaya nggak kalo di tiap sisi jalan raya masih ada telepon umum yang berfungsi dengan baik dan bisa dipakai untuk telepon di dalam dan luar negeri?
Walaupun telepon umum itu fasilitas umum yang udah jadul banget, tapi keberadaannya jadi berarti banget terutama buat turis yang misalnya ga ada hape atau ga bawa WiFi portable dan nyasar atau cuma mau kasih tau orang rumah kalo mereka udah sampe di Jepang.
Atau misalnya pas hape lagi lowbat dan yang ada cuma telepon umum pasti bakalan ngebantu banget yaa..


Enaknya tinggal di negeri yang “Customer Oriented” tuh kurang lebih kayak yang ane contohin di atas, Gan. Produsen di Jepang sebisa mungkin menempatkan dirinya di kaki konsumen. “Kalau saya sebagai konsumen, buat bungkus kacang ini cara buka yang paling enak gimana ya?” dan lain-lain. Jadi, semua produk-produk yang kasat mata diciptain dengan pemikiran khusus. Semua diberlakuin hukum “Sebab-Akibat”.

Bukannya ane bolak-balik muji negara tetangga ya, Gan. Tapi karena Jepang selalu berpikir selangkah lebih maju dengan persiapan yang selalu luar biasa matang, kayaknya udah waktunya kita juga mengikuti jejak mereka yang selalu kreatif tapi dalam hal yang positif.
Anak negeri kita banyak banget yang akhirnya malah kerja ke negeri lain karena ngerasa negara lain lebih nyaman atau lebih ini dan itu. Semoga yang baca thread ini bisa jadiin ini sebagai bahan kreatifitas buat majuin fasilitas atau produk bangsa sendiri yaaa ^^

Udah waktunya kita bangkit! emoticon-Peluk
Indonesia nggak kalah dari Jepang! emoticon-Ngacir2


OOKINI!

Follow info dari kita supaya nggak ketinggalan ya!
Facebook: https://www.facebok.com/karaksatours.id/
Instagram: http://www.instagram.com/karaksatours.id/
Twitter: http://www.twitter.com/karaksatours_id/
Website: http://www.karaksatours.com/
Hotel website: https://www.karaksahotels.com/

Diubah oleh karaksa 14-09-2016 07:35
0
88.7K
338
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Japan
Japan
icon
1.3KThread636Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.