Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
353
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57df98af1cbfaa305e8b456b/8-perbedaan-sistem-pendidikan-yang-baik-dan-buruk
Beberapa waktu lalu sempat dihebohkan gara2 wacana full day school gan, ada yang bilang ini bagus ini gak bagus. Sebenernya apa sih ciri-ciri sistem pendidikan yang baik itu gan?
Lapor Hansip
19-09-2016 14:50

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Past Hot Thread
Quote:
Selamat datang di trit ane gan emoticon-Big Grin


HT


8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk


Quote:
Beberapa waktu lalu sempat dihebohkan gara2 wacana full day school gan,
ada yang bilang ini bagus ini gak bagus
Sebenernya apa sih ciri2 sistem pendidikan yang baik itu gan?
Cekidot


Quote:
1. Jangan lupa soft skill

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Kebanyakan pendidikan yang kurang baik, hanya berfokus pada hard skill. Sejauh anda pintar pelajaran, anda dikategorikan sangat sukses disekolah. Mengapa demikian? Karena hal itu lebih mudah. Pendidikan yang baik tidak hanya berfokus pada hard skill namun juga soft skill. Mereka mengajarkan bagaiaman bekerja kelompok, presentasi di depan umum, mempertahankan argumen dan kemampuan lainnya yang sangat berguna di kehidupan nyata.


Quote:
2. Membuat senang

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Sebagian besar siswa akan senang sekali ketika sekolahnya libur… Mengapa demikian? Banyak sekolah yang membuat siswanya takut / benci dengan sekolah dengan gurunya yang tidak bersahabat / killer atau pelajaran yang membosankan. Pendidikan yang baik harus membuat siswa betah di sekolah dengan materinya yang menyenangkan. Pelajaran sejarah tidak harus melulu menghafalkan tahun berapa kerajaan Majapahit berdiri dan sebagainya, namun lebih menceritakan hal – hal yang menarik pada kerajaan Majapahit. Menonton film Majapahit, bercerita kesuksesan Raja – rajanya, tiap anak berkelompok membuat drama cerita Majapahit sehingga siswa akan sangat tertarik mempelajari Majapahit, dan tidak sabar mendengar kelanjutan.


Quote:
3. Pertumbuhan Menyeluruh

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Banyak sekolah yang hanya memperhatikan nilai akademis siswanya. Sejauh siswa ini memiliki nilai bagus di rapot, urusan selesai. Namun bukan begitu seharusnya sekolah yang baik. Banyak sekali faktor yang harus diperhatikan seperti kecerdasan jasmani, emosional, spiritual dan lainnya. Bagaimana siswa dapat miliki badan sehat, bergaul dengan baik, menyelesaikan masalah antar sebayanya, saling mendukung dan mendoakan satu sama lain.


Quote:
4. Boleh Membuat Keputusan Sendiri

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

“Jawabanmu benar, tapi karena tidak sesuai cara yang bapak/ibu guru ajarkan nilai mu dikurangi”, Betapa banyak siswa yang tidak boleh membuat keputusan sendiri, mengambil kelas apa yang diinginnya, cara mengerjakan soal yang diinginnya, semuanya harus sesuai dengan keinginan sekolah dan pengajar. Sehingga siswa tidak menjadi individu yang bebas, namun seperti tahanan penjara yang harus melakukan segala sesuatunya berdasarkan peraturan. Bayangkan jika siswa boleh memilih tugas akhirnya sendiri. Siswa dengan kesukaan menggambar, membuat komik kemerdekaan, siswa dengan kesukaan menyanyi mengkomposisi lagu dengan tema nasionalis, siswa dengan kesukaan berpuisi membuat puisi kemerdekaan. Pada kehidupan nyata hampir semua keputusan berada ditangan individu entah pilihan karir, tempat tinggal, pasangan hidup dan lainnya. Apa jadinya generasi masa depan jika dididik dengan pemikiran“ikut gurunya saja, daripada salah dimarahi”



Quote:
5. Belajar Cara Belajar

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Hal di dunia ini sangat banyak yang bisa dipelajari. Lebih baik mengajarkan siswa memancing, daripada memberikan ikannya. Sama dengan pembelajaran, lebih baik mengajarkan siswa cara belajar, dengan begitu apapun yang ingin diketahui dapat dikuasai oleh individu tersebut. Berapa banyak guru yang mengajarkan siswa “bagaimana cara belajar”. Ada teori yang mengajarkan bahwa anda dapat belajar apapun dalam 20 jam, bagaimana caranya? Pecahlah bahan pelajaran tersebut dengan sekecil mungkin.

Contohnya: “Belajar bermain bulu tangkis”

Belajar memegang raket
Belajar posisi berdiri/footwork
Belajar teknik memukul
Belajar teknik berpasangan
dst…

Ternyata teknik memegang raket juga banyak bisa dibagi lagi menjadi:

Memegang posisi netral
Memegang posisi forehand
Memegang posisi backhand

dan seterusnya… Banyak sekali teknik belajar yang membuat proses belajar menjadi lebih efektif, namun sayangnya pendidikan yang kurang baik masih belum mengajarkan hal – hal ini disekolah, namun hanya mengajarkan materi pembelajarannya saja.


Quote:
6. Mendorong Pemikiran Kritis

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

“Jangan banyak tanya” “Pokoknya ya begitu” “Kamu ini kurang ajar ya, menantang guru”, kalimat diatas merupakan ciri pendidikan yang kurang baik. Dimana siswa harus menerima mentah – mentah yang diajarkan pendidik, dan tidak boleh bertanya atau mengasah topik lebih dalam. Pendidikan yang baik akan mendorong siswa untuk menguji teori yang telah ada. Bayangkan jika semua siswa pasrah saja ketika guru di kelas menjelaskan bahwa matarilah yang mengitari bumi. Tidak ada orang yang berani berpikir bahwa ada kemungkinan teori ini salah. Guru / ilmuan juga manusia, semua ilmu yang berada di buku tulis tidak bisa dijamin 100% kebenarannya, siswa yang terlatih berpikir kritis, terbiasa mengolah segala informasi yang ada, tidak hanya mentah – mentah menerimanya.


Quote:
7. Mendorong siswa untuk beropini

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Bagaimana jika pertanyaan pada ujian bukan “Apakah ideologi yang paling baik?” Dan jawaban yang benar sudah tercantum pada buku jawaban, selain itu salah. Melainkan “Apa menurutmu ideologi yang paling baik?”. Semua jawaban dapat dibenarkan, baik yang menjawab sosialis, komunis, liberal ataupun kapitalis. Mengapa demikian? karena untuk menjawab pertanyaan tersebut, siswa harus menguasai semua ideologi, apa kelebihan dan kelemahannya, dan bagaimana jika ideologi itu diimplementasikan ke kondisi masyarakat yang ada saat ini. Semua boleh memiliki pandangannya masing – masing, semua boleh berpendapat asalkan berlandaskan teori yang benar. Seberapa banyak siswa yang dapat mencontek? Tidak ada orang yang memiliki pemikiran 100% sama, pendidik tidak perlu menjaga siswa untuk tidak mencotek, semua bebas memberikan opini.


Quote:
8. Membantu siswa menemukan bakatnya

8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk

Di sistem pendidikan yang buruk banyak siswa yang tidak bisa matematika, dan tertekan karena dianggap bodoh oleh guru dan teman sebayanya. Pendidikan yang baik tidak mempermasalahkan siswa yang lemah di suatu bidang, dan membantu mereka menemukan bidang terkuatnya. Tidak ada yang peduli apakah Lionel Messi / Cristiano Ronaldo jago di bidang matematika. Jika mereka menganut sistem pendidikan yang buruk, mereka mungkin akan dianggap kurang berbakat karena nilai matematikanya jelek. Tapi pendidikan yang baik tidak berfokus pada kelemahan siswa, namun ke bakat yang kemungkinan dimilikinya. Tidak masalah tidak pintar matematika, namun bisa jadi pelukis. Tidak masalah tidak pintar fisika, namun bisa menjadi sastrawan hebat.


Quote:Original Posted By mrgets
Komen Bermutu


emoticon-Cool

Membahas sistem pendidikan yang sempurna ga akan ada habis-habisnya.

Kalo gue bercermin pada diri gue waktu masih sekolah dan kuliah dulu, mungkin gue akan ikut-ikutan apa kata orang Indonesia lainnya seperti sistem pendidikan Indonesia bobrok, ga lebih baik dari malaysia, harus bercermin dari Finlandia, bla bla bla dan seterusnya.

Menteri Pendidikan bukan orang bodoh. Mereka pasti rajin melakukan riset pendidikan di dunia internet dan mendegarkan apa pendapat rakyat soal sistem pendidikan yang baik. Dan gue percaya, siapapun menteri pendidikannya pasti pengen sesegera mungkin mengubah sistem pendidikan kita seperti yang selama ini kita idam-idamkan.

Sayangnya mereka terkendala hal-hal berikut ini:

1. Jumlah penduduk Indonesia yang sangat padat
2. Jumlah sekolah yang masih kurang (faktanya ada anak yang masih ga sekolah walaupun jumlahnya semakin hari semakin berkurang)
3. Infrastruktur sekolah masih terpusat di pulau Jawa dan Sumatera, mau ekspansi ke pulau lain terkendala biaya yang sedikit
4. Uang BOS keburu di korupsi sama birokrasi pemerintah
5. Kebijakan sekolah gratis baru terlaksana menyeluruh baru-baru ini, sebelumnya sudah ada tapi hanya di segelintir propinsi
6. Guru pada tua, sistem ngajarnya masih gaya tua, boro-boro mau upgrade skill, cara buka Google aja masih nanya muridnya
7. Masih belum adanya sistem yang secara pasti dapat meng-asess pola pikir, daya belajar, pemikiran rasional, kreativitas, dan segudang aspek pendidikan anak lainnya yang patut dipertimbangkan secara menyeluruh untuk seluruh Indonesia.

Ah, kalo gue tulis disini akan banyak banget deh.

Kalo ente semua berkaca sama negara maju pun seperti Amerika Serikat, sistem pendidikan mereka sendiri masih dinilai bobrok sama masyarakatnya sendiri. Dan ini diamini oleh beberapa pakar di negara itu sendiri. Salah satu yang cukup populer adalah mengenai sistem pendidikan Amerika Serikat yang 'katanya' membunuh kreativitas siswa-siswinya sehingga pikiran mereka begitu kaku dan cenderung menggunakan otak kiri.



Gue bukanlah guru, dan gue setuju sama apa yang disebutkan si TS. Cuma saat ini yang gue perhatikan pendidikan kita tidak ubahnya seperti infrastruktur internet kita. Yakni masih di fokuskan pada pemerataan. Sejauh yang gue tau, pada saat ini pemerintah berusaha semaksimal mungkin agar anak-anak di pedesaan bisa menikmati pendidikan yang setara dengan mereka yang di kota. Soal sistem pendidikan yang kita inginkan selama ini masih begitu jauh dari harapan.

Mau sekolah gratis 100% dan guru-gurunya bergelar S2 semua seperti Finlandia? Maka bersiap-siap aja semua nilai pajak kita naik berlipat ganda dan semua harga produk dalam negeri kita melonjak drastis.

emoticon-Cool

Dah segitu dulu aja..

BTW, sekedar komeng ya...

Gue dulu SD swasta di Sumatera. Pada saat itu, gue melihat temen-temen gue adalah pelajar yang bersemangat. Nggak ada jam pelajaran yang tidak diisi dengan hujanan pertanyaan dari murid-muridnya sampe-sampe wali kelas gue waktu itu kewalahan menjawab pertanyaan temen-temen sekelas gue.

Begitu beranjak ke SMP negeri, mental temen-temen gue yang SD dulu semangat pada melempem... Kalo bertanya pas jam pelajaran mau habis, dihujat, dianggap menghalangi kelas pulang cepet. Kalo bertanya banyak, dibilang sok pintar, sok cari perhatian sama guru. Efeknya, dianggap sebagai nerds dan dikucilkan. Kalau diskusi, semuanya dilempar ke bocah-bocah yang pintar, sisanya pada males dan bermental 'yang penting punya nilai'.

Aneh ya... We still judge people based on their scores.. And why is that? emoticon-Cape d... (S)




Quote:


Sumur: Apaperbedaan.com
Diubah oleh jacknicholso
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 18
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 17:49
Banyak sih skrng guru cuma ngajarnya dari materi cuma suruh hafalin. Ulagan yg dihafalin jadi nilai. Udh itu doang. Ada juga guru ane ngajar nggk ikhlas kalo ngajar ama kelas ips. Maunya sama ipa, gw gk tau kenapa kelas ips selalu yg kena. Padahal kelas ane ips malah gk ada yg nakal". Dia bahkan sering ngejelek"in semua kelas ips. Jadi males kalo pelajaran ama die emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh ikhsandolon
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 17:49
Tergantung sifat muridnya gan
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 17:50
Kalau pelajaran produktif ane suka banget Gan emoticon-Big Grin
Tapi kalau non produktif seperti MTK, PKN, dll bikin bosen Gan emoticon-Hammer2
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 17:51

Kenyataannya

Baik di perkuliahan maupun sekolah yang dianggap TOP pun pasti masih ada aja yang kanan itu.

Tapi semua tergantung murid, kalau memang ga suka belajar, mau diapain lagi?
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 17:53
Pelajaran yg buruk kok spt belajar dogma agama samawi y. Apa2 dilarang. Tidak boleh berpikir kreatif out of the box krn dosa. Suka memberi rasa takut dgn konsep neraka dan konsep tuhan yg kejam.
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 17:58
Quote:Original Posted By badakhanyut12
soalnya dedek lucu dan imut sih..cocok buat jadi sasaran serudukan om..emoticon-Big Grin
emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2
emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir Pasukan Bajay...bersiap...!!!!!
emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir2


8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
adek lapor polisi nih

0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:00
ya mungkin kedepannya sistem pendidikan di indonesia bisa lebih baik,semua kan ada prosesnya.
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:00
Quote:Original Posted By iyan.raambo123
ane lebih demen ama guru yg friendly ama murid gan apalagi guru yg inget2 masa mudanya gan dia tau gmn perasaan pas msh jd murid( nah abis itu gk belajar dah jadi cerita pengantar tidur dikelas ) emoticon-Jempol

Betul gan emoticon-Jempol guru yang sering cerita emang nyenengin
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:04
Ane seorang guru gan, dan dr apa yg ane lihat dilapangan, peran orang tua sangat sangat dan sangat penting, beda tuh gan cara nerima pelajarannya murid yg bener diperhatiin ama ortunya dan yg tdk, murid yg kurang perhatian ama ortu susah fokus, suka "lupa", dan kurang tanggap ama pelajaran, meskipun ane bahkan ngulangin terus penjelasannya, pas dikasi tugas yg eh, malah lupa ama yg udah dijelasin, ane ngajarnya dilingkungan menengah kebawah bree, dimana hampir 70% ortunya kurang merhatiin bgmn keadaan anaknya dan terkesan cuek, dgn dalih "yg penting sekolah"

Jadi bukan serta merta salah sistem 100% gan, bahkan mindset orangtua murid juga itu sangat penting

Bagaimanapun bagusnya kita buat sistem klo mindset orang tua gk maju2, yah sama aja boong, kan kemajuan suatu negara jg ditentukan mindset rakyat
Diubah oleh keyboard.tua
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:06
Umur ane udah 33 tahun, pantasan ane gak sukses-sukses semenjak duduk dibangku SD hingga PTN. Ternyata sistem pendidikan kita buruk emoticon-Cool
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:07
Metodenya bagus. Tapi bisakah diterapkan di indonesia yang dimana guru2 maupun menteri pendidikannya sendiri tidak melalui pola pembelajaran yang baik sprti contoh diatas tsb?

Mengganti langsung dgn banyak efek seperti memaksa guru yg skrg membuat kurikulum berbasis keunggulan individu seperti di eropa.ane yakim 90% guru2 tidak mau.

Menggangi dgn generasi baru yg dipaksa menerapkan pola tsb hei dilingkup pekerjaan indonesia seorang pegawai adalah yg bisa segalanya biarpun tdk mendalam. Beda dgn diluar negeri yg job desk nya jelas lah di indo?? Manager aja harus bisa jadi supir dst.

Intinya ya diindonesia itu siklus mya begini.mau merubah??? Haduh susah bos bth minimal 3 generasi minimal 1 abad agar bisa.maju baik akal dan jasmaninya,lha wong buang sampah aja msh sembarangan. Tapi ane suka thread ini minimal ini adalah impian bagaimana pendidikan di indonesia 200 tahun dari sekarang...
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:09
Tapi kalo kerja kelompok terus ane beban gan...:''',,pulang sekolah jam 4 blm ngerjain pr + kerja kelompok terus menerus karena di setiap mata pelajaran pasti ada kerja kelompok ,,belom smp rmh udh kerja kelompok pulang malem,,belom ngerjain pr yang seabrek" :''
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:10
Quote:Original Posted By eranmaru12


Mau di upgrade gimana nih bos? gua jg eneg sebenernya, tp gua juga gatau yg bener gimana haha emoticon-Wakaka tp ya maklumin aja tua mah, rada kolot, senggol dikit lgsg kebakar.

Klo soal guru dateng ngasih tugas trus ilang gua angkat tangan, klo di sma gua dulu rata2, rapat, panggilan dinas (biasanya rapat) sakit. dll.Pernah jg ada yg ikut lomba. ga pernah ada yg sengaja ngilang

Bisa ikut pelatihan/workshop biar update perkembangan belajar-mengajar, ane masih inget waktu sma dateng mahasiswa cagur aka cagur dari suatu ptn di Jkt, mereka ngajarnya beda banget, bisa membuat diskusi terbuka dikelas malah sampai debat, beda banget sama guru yang ngajar dengan cara baca lks/paket, hapalin, kerjain soal. Dikira flashdisk.
Ane pernah ketemu guru yang hampir ga pernah ngajar dalam satu semester, guru matematika. Pelajaran yang ketinggal satu bab serasa ketinggalan 500 tahun, gurunya ada di kantor terus emoticon-Leh Uga. Menurut ane rapat ga seharusnya mengganggu kbm.
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:16
Quote:Original Posted By lucretiya
Metodenya bagus. Tapi bisakah diterapkan di indonesia yang dimana guru2 maupun menteri pendidikannya sendiri tidak melalui pola pembelajaran yang baik sprti contoh diatas tsb?

Mengganti langsung dgn banyak efek seperti memaksa guru yg skrg membuat kurikulum berbasis keunggulan individu seperti di eropa.ane yakim 90% guru2 tidak mau.

Menggangi dgn generasi baru yg dipaksa menerapkan pola tsb hei dilingkup pekerjaan indonesia seorang pegawai adalah yg bisa segalanya biarpun tdk mendalam. Beda dgn diluar negeri yg job desk nya jelas lah di indo?? Manager aja harus bisa jadi supir dst.

Intinya ya diindonesia itu siklus mya begini.mau merubah??? Haduh susah bos bth minimal 3 generasi minimal 1 abad agar bisa.maju baik akal dan jasmaninya,lha wong buang sampah aja msh sembarangan. Tapi ane suka thread ini minimal ini adalah impian bagaimana pendidikan di indonesia 200 tahun dari sekarang...


Setuju gan... orang Indonesia emng rada bebel
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:17
guru2 dan dosen2 muda skrg kayanya udh mendingan kok cara ngajarnya
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:17
"Katanya" baik gan
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:22
perlu sinergi yg solid antar semua stakeholder dalam pendidikan
0 0
0
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:29
Kurikulum yg wajib dibenahi
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 06
8 Perbedaan Sistem Pendidikan yang Baik dan Buruk
20-09-2016 18:36
pendidikan yg sebenernya baru mulai di perguruan tinggi bro, sd/smp/sma mah sistem belajarnya cacat, terlalu banyak matpel yg tdk penting.
0 0
0
Halaman 8 dari 18
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia