maffers402Avatar border
TS
maffers402
[DISKUSI UMUM] Tentang Hammock & Hammock-ing
Mudah2an trit ini dapat berguna buat agan2 yang belom mengenal seni hammock-ing dan cara2nya...
buat agan2 senior hammock-ers alangkah baiknya kalo kita berbagi di trit ini gan...

Quote:


Quote:


ISejarah Hammock

Spoiler for pertemuan pertama orang eropa dengan bangsa amerika yang menggunakan hammock:


Antropolog banyak yang percaya bahwa Hammock ditemukan sekitar 1.000 tahun sebelum colombus menemukan Amerika, di mana masyarakat adat Maya dan lainnya membuat hammock mereka dari kulit pohon atau serat tanaman. Hammock menawarkan perlindungan dari tanah, ular, tikus dan makhluk beracun lainnya. Menurut sejarah pada abad ke-16 para penjelajah akan menempatkan bara panas atau api kecil di bawah tempat tidur gantung mereka untuk tetap hangat atau menangkal serangga saat mereka tertidur.
Diperkirakan bahwa Columbus dan anak buahnya menjadi orang Eropa pertama yang melihat dan merasakan tempat tidur gantung ketika secara luas di kalangan masyarakat Taino dari Bahama dan sebagian Amerika Selatan. Mereka membawa beberapa contoh jaring tidur anyaman kembali ke Spanyol. Selama masa kolonial, orang Spanyol dan Eropa lainnya membawa kapas, kanvas dan kain lainnya ke Dunia Baru, banyak yang akhirnya digunakan oleh penenun hammock tradisional bersama dengan lebih banyak bahan. Pero de Magalhães Gandavo, penulis sejarah kolonial, Brasil menulis pada tahun 1570, "Sebagian besar tempat tidur di Brasil tempat tidur gantung, tergantung di rumah dari dua kabel. "
Pada pertengahan abad ke-16, angkatan laut Inggris dan Spanyol telah mengadopsi tempat tidur gantung sebagai tempat tidur utama mereka di dek tidur.. Pelaut memakai hammock karena lebih nyaman digunakan di laut lepas dan pastinya lebih aman digunakan apabila tiba2 terjatuh karena hantaman ombak dibanding bunkbed biasa, termasuk selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Dari Perang Saudara hingga Perang Vietnam, anggota Angkatan Laut AS juga menggunakan tempat tidur gantung untuk tidur di mana saja.
Kalo di Indonesia mungkin tempat tidur gantung anak yang biasa kita pakai waktu kecil juga bisa disebut hammock….

IIHammock-ing masa kini



Hammocking semakin populer sebagai pengganti tenda, dan dibeberapa negara, seperti USA dan Canada popularitas dan fanatisme ber-hammocking ria sedemikian besar terutama setelah filosofi "Leave No Trace" diperkenalkan sebagai etika dalam berkegiatan outdoor.
Pada Umumnya Hammocking kebanyakan hanya menggunakan 2 batang pohon, akan tetapi sebenarnya bisa dimana aja gan, seperti di tebing, batu besar ato dimana saja
Hammock-ing di masa kini semakin populer karena kegunaannya yang semakin mudah dan dapat dibuat sendiri dengan bahan2 yang ada di sekitar rumah, walaupun banyak juga produsen dan pengrajin hammock yang ada disekitar kita.
Selama setahun ini kebetulan ane sudah menerapkan “system no tent-better in hammock”, terutama setelah punggung ane suka sakit kalo tidur di tenda apalagi kalo abis jalan jauh, dan tenda ane ditempel di tembok kamar anesebagai pajangan
Tentunya di hammock itu sendiri perlu juga perlindungan terhadap cuaca, nyamuk dan serangga serangga lainnya. Beberapa merk hammock seperti Ticket To The Moon, JacksRbetter dan ENO sudah dilengkapi dengan berbagai aksesoris perlindungan seperti Flysheet dan kelambunya, merk premium seperti Hennessy Hammocks dan Warbonnet Blackbird juga telah dilengkapi dengan Flysheet yang menempel darisananya sehingga agan ga perlu repot2 memasangnya, tinggal cari pohon, pasang suspensi & cantelin aja.
Ane sendiri memakai Hammock merk Ticket To The Moon sebagai body hammock ane dan memilih menggunakan suspensi dan rainfly DIY berbentuk hexagonal agar lebih puas dan bisa ngembangin system sendiri yang lebih mudah buat ane.

hammock-ing diatas sungai gan

Alasan ane make Ticket To The Moon(TTTM) sederhana aja gan, selain buatan Indonesia(Bali, ownernya org eropa) , Hammock ini juga super nyaman sekali karena terbuat dari parachute yang bahan dan jahitannya tidak kalah dengan merk ENO ato merk premium lainnya(ane make yg size Double gan, kuat hingga 200kg emoticon-Hammer ), menurut ane TTTM mungkin merk hammock terbaik di Indonesia dan Asia, ane juga pernah ketemu beberapa traveler bule yang make ni merk, pernah ngebandingin ama ENO mirip2 dari segi bahan dan jahitan(bedanya cumen EnO pake Karabiner di suspensinya dan TTTM make S type biner).

III Jenis jenis Hammock

Sama seperti tenda, Camping Hammock juga memiliki bentuk & tipe berbeda beda, diantaranya yaitu :
ada tipe Parachute Hammock
Spoiler for TTTM Parachute hammock:


ada juga yang tipe Jaring jaring ato Rope Hammock
Spoiler for Rope Hammock:


yang tipe Tent Hammock
Spoiler for Tent Hammock:


dan masih banyak jenis2 hammock lainnya gan, tinggal nyesuain ama bajet n kebutuhan agan2 yang budiman sekalian


IV cara tetap kering di Hammock

Tetap kering di Hammock mungkin lebih mudah daripada di tenda karena Anda tidak perlu khawatir tentang air yang mengalir bila hujan,dan yang pasti tidak perlu menggali gali tanah untuk selokan. Kebanyakan orang hanya menggantung terpal di atas body & suspensi hammock dan mendapatkan semua keuntungan dan kenyamanan berhammock, juga mendapat ventilasi yang sangat baik terutama bila menggantung di pinggir pantai.

V Cara memilih Fly sebagai atap

Untuk sesuatu yang begitu sederhana, flysheet memiliki beberapa pilihan . Ketika memilih terpal, hammocker harus mempertimbangkan hal-hal sederhana seperti ukuran, bentuk, berat, dan harga, tetapi ada beberapa pertimbangan lain juga. Apa ukuran yang Agan inginkan? Bagaimana dengan guylines dan memilih fly sesuai kebutuhan... (ilustrasi patokan ada di halaman bawah gan)

Ada 3 pertimbangan dalam memilih flysheet gan, yaitu
UKURAN
Ukuran . dilihat dari bahan yang sama, jelas fly yang lebih kecil beratnya lebih enteng dan mengambil lebih sedikit ruang dalam tas. Hal ini juga akan memberikan perlindungan kurang terhadap hujan dan angin, tetapi pemandangan yang lebih luas dan tentunya ventilasi yang lebih baik.
Pemilihan lokasi yang juga dapat mengurangi banyak bentuk yang bisa kita pilih
Akan tetapi keuntungan lain flysheet yang lebih besar antara lain mengurangi efek angin dan hujan dan juga dapat berbagi terpal bersama hammocker lain apabila tempatnya memungkinkan.

Spoiler for berbagi rainfly:


Bentuk
Bentuk utama untuk terpal antara lain persegi panjang(rectangle), aimetris diamond atau persegi, hexagonal, 4 season tertutup dll.
flysheet masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
FYI ane memakai flysheet Hexagonal gan biar bisa beradaptasi kalo dipakai di gunung ato di pantai, tinggal nyesuain sudut2nya ajaa...

Bahan
Bahan yang kita pilih tentunya berpengaruh terhadap ketahananya terhadap cuaca, bahan yang bagus haruslah memenuhi beberapa kriteria antara lain, tahan air, enteng, tahan banting, tidak gampang jamuran.
nama bahan yang bagus untuk dibuat flysheet antara lain Sylnilon, Urethane coated, PU Coated, bahan payung juga bagus untuk flysheet.


Spoiler for contoh penerapan Tarp/flysheet:
Diubah oleh maffers402 02-05-2013 07:21
0
281.8K
1.6K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Gear
Outdoor Gear
icon
344Thread1.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.