muridhukumAvatar border
TS
muridhukum
Hati hati kalau beli asuransi campur investasi
Harganya bisa jauh lebih mahal dan lebih mahalnya bisa ratusan kali lipat tanpa anda tahu

Jadi di beberapa perusahaan asuransi ada biaya yang letaknya tersembunyi. Anda tidak akan diberitahu oh biaya ini 100 juta misalnya. Yang ada adalah ditengah tengah kontrak yang cukup tebal akan ada tulisan biaya sekian persen dari premi dasar atau apa lah. Boleh dibilang di majoritas perusahaan asuransi memang biaya tidak ditulis terlalu jelas sih. Tapi satu perusahaan kayaknya jauh lebih parah dari perusahaan lain.

Yang kayaknya sering terjadi di perusahaan itu adalah agen agennya mengclaim kalau semua investasi dan berharap customernya akan kelewat waktu baca. Jadi asuransinya bisa dibuat jauh lebih mahal dari harga normal lalu agen tinggal bilang semua investasi. Customernya tidak menyangka manfaat kecil biaya bisa besar mungkin baca kontrak agak sekilas. Kalau customernya baca kelewat ya semua uang yang "diinvestasikan" hilang untuk biaya tersebut dan agennya dapat komisi besar. Customernya dianggap "sepakat" untuk keluar uang sebanyak itu. Fungsi utamanya adalah membayar agen yang menjelaskan kalau ini semua "investasi"

Artinya untuk asuransi yang bisa dibeli dengan harga 100 ribu biaya bisa ratusan juta. Jadi perusahaanya tidak menjual asuransi atau investasi. Penjualnya ya menjual almost nothing begitu. Agen bilang ini semua investasi tapi semua atau sebagian besar uang hilang untuk biaya. Mungkin maksudnya investasi dengan biaya 100% dari yang diinvestasikan.

Dan setau saya itu uang betul betul hilang. Boro boro duit balik dapat penjelasan saja susah. Nanti customernya yang disalahkan karena tidak baca kontrak teliti.

Kalau ada yang mau bantu verifikasi bisa pm saya. Kita sudah coba verifikasi tidak ada niat baik dari perusahaan untuk menjawab. Bukti kalau manfaat kecil dan biaya besar jelas ada. Bukti tentang apa yang tertulis juga ada. Percakapan dengan agen beberapa tertulis. Ada kemungkinan agennya luar biasa nakal dengan sengaja menyembunyikan kertas penting. Tetapi setau kita itu bukan yang terjadi. Kayaknya perusahaanya memang tidak menunjukkan biaya dengan jelas. Dan beberapa tindakan perusahaan memberi kesan seolah olah memang mereka jualannya begini.

Kita mau tunggu korban lain atau orang lain yang tahu masalah ini dan memastikan kalau semuanya betul dulu sebelum bicara terlalu banyak.

Di banyak perusahaan biaya memang bisa dimahalkan. Fungsinya supaya agen dapat komisi lebih banyak. Tapi biasanya biaya itu ditulis jelas dan ada batasnya. Jadi customernya betul betul setuju. Di satu perusahaan setau kita biaya letaknya tersembunyi dan tidak ada batas. Perusahaanya tidak mau membuat pernyataan resmi dan ucapan beberapa orang yang bermaksud "membela perusahaan" memberi kesan kalau ini secara factual 90% betul. Tinggal masalah PR dan marketing spin saja.

Kita curiga agen agen lain dari perusahaan menjual dengan cara yang sama. In anyway, barang 100 ribu biaya bisa puluhan atau bahkan ratusan juta ya tentu saja rugi.

Kira kira ada tidak badan swasta atau hukum atau siapa yang ingin membantu mencegah hal ini terjadi ke customer lain?
Diubah oleh muridhukum 08-09-2016 09:02
0
3.5K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Perencanaan Keuangan
Perencanaan Keuangan
icon
9.1KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.