edwardeorAvatar border
TS
edwardeor
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School


Gak nyangka jadi hot thread gan..
Quote:

Selamat datang di thread edwardeor
Kali ini Ane bakal berbagi pengalaman Ane sekolah di sekolahan yang mempunyai sistem full day school. Kayaknya masih anget nih di kalangan pelajar seluruh Indonesia kalau Ane bahas ini. Ane juga bakal meluruskan apa arti dari sistem full day schoolyang ternyata nggak seperti yang kalian kira.



Pertama Ane mau usik dulu nih kenapa sistem full day schoolbisa geger. Beberapa waktu lalu kan Pak Anis Baswedan a.k.a Menteri Pendidikan diganti sama Pak Muhadjir Effendy. Baru aja dilantik eeh udah ada berita kalau Pak Muhadjir bakal bikin kebijakan full day school bagi sekolah SD dan SMP.



Jelas aja lah langsung geger.. Yang orang awam tau full day school itu kalau diartikan langsung itu artinya "sekolah seharian di sekolah"
(ane juga awal ngiranya gitu sih). Munculah tulisan-tulisan yang menghujat kebijakan Pak Menteri baru, mulai dari meme, sampai artikel panjang yang intinya menolak sistem full day school.

Padahal Pengertian Full Day School adalah sebuah sekolah yang memberlakukan jam belajar sehari penuh antara jam 07.00-15.30/ 16.00 (sore). Banyak nih yang mengira kalau full day school itu berarti sekolah sampai malem bahkan sehari full. muke gileeee..



Ane mulai aja lah. Ehm.. perkenalan dulu kayaknya ya. Ane sekolah di sekolah swasta milik operator merah di kota ngapak (tau lah ya). Sekolah Ane dari awal didirikan sekitar 24 tahun lalu sudah menganut sistem full day school. Jadi setiap hari berangkat pagi pulang sore.


Saat jam pertama pelajaran (07.00 pagi) sampai jam ketujuh (12.00) mah biasa aja nggak ada yang beda dari sekolah lain. Nah setelah istirahat siang udah mulai kerasa, kekenyangan.. ngantuk.. kalau sekolah lain biasanya tinggal satu atau dua jam pelajaran lagi. Kalau di sekolah Ane masih tersisa empat jam pelajaran lagi.

Jam-jam kayak gini enaknya buat tidur, biasanya sih udah nggak semangat lagi tuh. Apalagi kalau mapelnya yang nguras otak kayak matematika atau gurunya yang ngajarnya malesin, yang nggak kuat biasanya gugur dalam medan perang alias tidur di kelas dan yang nggak kuat atas keadaan akan bikin surat dispensasi supaya bisa tidur di kostan (sebagian siswa di sini ngekost).

Sore menjelang (16.00) bel sekolah berbunyi, raut ceria mulai muncul kembali dari wajah kami. Tapi semua berubah ketika guru memberikan PR. Belum lagi kalau ada jam tambahan atau ekstrakulikuler, membuat pulang jadi tambah sore sekitar jam 17.00-18.00.
Malem hari ngerjain PR (bagi yang ngerjain) sampe habisin beberapa bungkus kopi. Besoknya kesiangan gara2 bergadang buat ngerjain PR (bagi yang ngerjain, yang gak ngerjain biasanya bergadang main PES).

Siklusnya setiap hari hampir sama kayak gitu.. awalnya sih kalau dijalani berat banget. Tapi ya lama kelamaan terbiasa juga. Enaknya sih saat hari sabtu dan minggu libur. Jadi bisa buat main atau tidur sepuasnya, mudik kalau yang mau mudik.. lumayan 2 hari bisa buat ketemu keluarga.


Mungkin cuma segitu sih pengalaman Ane. Mungkin nggak jauh beda sama yang nggak pake sistem full day school. Tapi beda 2 jam itu udah beda banget hawa-hawanya, pulang cepet di sekolah Ane jarang banget bisa diitung pake jari, jadi kalau ada jam kosong di antara jam ketujuh sampai jam kesepuluh itu kami seneng banget. Dibilang capek sih capek, tapi kami sudah terbiasa dengan siklus seperti itu.

Sekarang yang jadi masalah itu gimana kalau full day schoolditerapkan di SD dan SMP?

Kalau kata Kak Seto sih..

"Hanya cara penyampaiannya terkesan terburu-buru dan kurang tersosialisasi sehingga menimbulkan polemik di masyarakat. Saya mendukung rencana tersebut selama tidak memasung hak anak, seperti hak bermain, hak beristirahat, dan hak berekreasi. Sebab, pada prinsipnya, sekolah harus ramah anak demi yang terbaik buat mereka," katanya.

"Full day school ini tidak bisa disamaratakan. Sebab, di beberapa sekolah yang telah menerapkan hal tersebut, banyak anak didik yang stres karena cara pengemasannya tidak ramah," katanya.



Pertanyaan Agan Kaskuser
Quote:

Ane jawab ya,,

1. Tidur siang sih gak ada gan, tapi istirahatnya dari jam 12.00 sampe jam 13.00 jadi terserah mau ngapain aja satu jam itu

2. Kalo ini mah Ane kurang tau, soalnya di sekolah Ane rata2 mampu gan. Ane gak bisa jawab emoticon-Hammer2

3. Ane juga jarak rumah-sekolah 20 KM gan. Berangkat jam set 7 kurang, pulang jam 4 sore. Kadang kalo ada kegiatan Ane bisa sampe rumah jam 9 malem. Sekarang sih lumayan udah ada motor, dulu Ane naik bis sampe rumah bisa jam 10 malem

Quote:


1. Ini sih relatif, Ane rata-rata sampe rumah jam 5 sore. Ortu Ane juga kalo pulang sore, bapak Ane pulang hari sabtu-minggu doang. Tapi Ane masih punya waktu buat ngobrol, Ane juga sering ngobrolin kegiatan Ane di sekolah. Sabtu-Minggu juga selalu dijadikan hari rekreasi keluarga. Kalo murid yg lain mah jarang ketemu ortu karna ngekost, sementara Ane anak rumahan emoticon-Hammer2

2. Selama di sini Ane gak punya temen beda sekolah karena Ane juga jarang keluar2. Tapi kalo temen sesekolah mah banyak, temen Ane malah emak2 karna di desa Ane jarang ada yg seumuran emoticon-Hammer2

3. Cuma satu sih, Anggar.. bukan karna sekolahnya sih.. tapi di kota ini gak ada komunitas olahraga Anggar jadi susah.. Minat Ane kebanyakan sudah tersalurkan di sekolah karena Ane pilih sekolah berdasarkan passion/minat Ane yaitu semua hal tentang komputer (hardware/software)

4. Masih, Ane ngerjain kalo lagi mood doang, biasanya Ane kerjain dari sebelum subuh sampe subuh, kalo belum selesai Ane nyontek punya temen emoticon-Wakaka

5. Kalo ini mah nggak cuma kalo udah siang aja, kadang baru jam pertama udah gini.. manusiawi lah murid kayak gini, kalo Ane mah tergantung mood. Kadang Ane nggak dengerin guru tapi saat disuruh ngerjain Ane bisa karena cara belajar Ane bukan hafalan dulu baru penerapan tapi penerapan sekalian dihafal
Ada yang bantu jawab nih
Quote:


Quote:


Bisanya gak sampe 10 jam?
Ane pulang sampe rumah jam 5 sore. Ortu dan sodara juga ada di rumah, paling cuma bapak Ane yang pulang cuma sabtu-minggu. Kalo diitung ya lebih dari 24 jam Ane kumpul bareng keluarga.

Di sekolah Ane rata2 muridnya ngekost, jadi Ane masih beruntung. Apa kami menyesal sekolah full day + merantau? Justru engga, kami jadi sangat menghargai waktu apalagi waktu untuk keluarga

Quote:


Jawab lagi..
1. Relatif sih.. kadang bahagia kadang engga emoticon-Hammer2 Udah terbiasa jadi dibawa santai aja, tapi tetep seneng kalo pulang siang emoticon-Wakaka
2. Pendapat ortu Ane ya awalnya kasian kalo ane pulangnya sore atau bahkan malem, tapi lama2 juga terbiasa. gak pulang juga gak ditanyain emoticon-Hammer2 pendapat ortu temen? Ane kagak tau sih, tapi kayaknya sih sama kayak ortu Ane.. lagian temen2 Ane juga kebanyakan ngekost jadi udah biasa
3. Ane sehari 20-25 ribu, ini mah relatif tergantung kesejahteraan masing2 emoticon-Hammer2 Kalo tanggal tua 10 ribu perhari juga sering emoticon-No Hope

Quote:

WTF...
Pertanyaan macam apa ini emoticon-Mewek
No comment.

Quote:

Nggak juga kok gan emoticon-Malu

Quote:

Di sekolah Ane rata2 anak kost gan,
Udah biasa makan pagi dijamak sampe sore emoticon-Hammer2




Sumber thread: Pengalaman pribadi emoticon-Hammer2
Sumber gambar/mulustrasi: Google Images
Polling
0 suara
Sudahkah Sekolah Agan Menerapkan Sistem Full Day School?
Diubah oleh edwardeor 13-09-2016 12:50
0
106.5K
569
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.