Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
569
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57d4076bde2cf2192e8b4567/pengalaman-ane-sekolah-dengan-sistem-full-day-school
Selamat datang di thread edwardeor Kali ini Ane bakal berbagi pengalaman Ane sekolah di sekolahan yang mempunyai sistem full day school. Kayaknya masih anget nih di kalangan pelajar seluruh Indonesia kalau Ane bahas ini. Ane juga bakal meluruskan apa arti dari sistem full day school yang ternyata nggak seperti yang kalian kira. Pertama Ane mau usik dulu nih kenapa sistem full day school bisa geger
Lapor Hansip
10-09-2016 20:15

Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School

Past Hot Thread
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
Gak nyangka jadi hot thread gan..
Quote:
ANE BUKAN BERMAKSUD MEMBELA ATAU MENJELEK-JELEKKAN SISTEM FULL DAY SCHOOL, ANE HANYA INGIN BERBAGI PENGALAMAN (SESUAI JUDUL).

JANGAN TANYA ANE GIMANA JADINYA KALO DITERAPKAN DI SEKOLAH ENTE (SEKOLAH LAIN) KARENA MASING-MASING SEKOLAH BERBEDA KONDISI/SUASANANYA, PUNYA KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MASING-MASING.

JADI HARAP BACA PAGE PER PAGE UNTUK MEMBACA PENGALAMAN DAN PENDAPAT KASKUSER LAIN KARENA TIDAK SEMUANYA BISA ANE ANGKUT KE PAGEONE

Selamat datang di thread edwardeor
Kali ini Ane bakal berbagi pengalaman Ane sekolah di sekolahan yang mempunyai sistem full day school. Kayaknya masih anget nih di kalangan pelajar seluruh Indonesia kalau Ane bahas ini. Ane juga bakal meluruskan apa arti dari sistem full day school yang ternyata nggak seperti yang kalian kira.

Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School

Pertama Ane mau usik dulu nih kenapa sistem full day schoolbisa geger. Beberapa waktu lalu kan Pak Anis Baswedan a.k.a Menteri Pendidikan diganti sama Pak Muhadjir Effendy. Baru aja dilantik eeh udah ada berita kalau Pak Muhadjir bakal bikin kebijakan full day school bagi sekolah SD dan SMP.

Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School

Jelas aja lah langsung geger.. Yang orang awam tau full day school itu kalau diartikan langsung itu artinya "sekolah seharian di sekolah"
(ane juga awal ngiranya gitu sih). Munculah tulisan-tulisan yang menghujat kebijakan Pak Menteri baru, mulai dari meme, sampai artikel panjang yang intinya menolak sistem full day school.

Padahal Pengertian Full Day School adalah sebuah sekolah yang memberlakukan jam belajar sehari penuh antara jam 07.00-15.30/ 16.00 (sore). Banyak nih yang mengira kalau full day school itu berarti sekolah sampai malem bahkan sehari full. muke gileeee..


Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School

Ane mulai aja lah. Ehm.. perkenalan dulu kayaknya ya. Ane sekolah di sekolah swasta milik operator merah di kota ngapak (tau lah ya). Sekolah Ane dari awal didirikan sekitar 24 tahun lalu sudah menganut sistem full day school. Jadi setiap hari berangkat pagi pulang sore.


Saat jam pertama pelajaran (07.00 pagi) sampai jam ketujuh (12.00) mah biasa aja nggak ada yang beda dari sekolah lain. Nah setelah istirahat siang udah mulai kerasa, kekenyangan.. ngantuk.. kalau sekolah lain biasanya tinggal satu atau dua jam pelajaran lagi. Kalau di sekolah Ane masih tersisa empat jam pelajaran lagi.

Jam-jam kayak gini enaknya buat tidur, biasanya sih udah nggak semangat lagi tuh. Apalagi kalau mapelnya yang nguras otak kayak matematika atau gurunya yang ngajarnya malesin, yang nggak kuat biasanya gugur dalam medan perang alias tidur di kelas dan yang nggak kuat atas keadaan akan bikin surat dispensasi supaya bisa tidur di kostan (sebagian siswa di sini ngekost).
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
Sore menjelang (16.00) bel sekolah berbunyi, raut ceria mulai muncul kembali dari wajah kami. Tapi semua berubah ketika guru memberikan PR. Belum lagi kalau ada jam tambahan atau ekstrakulikuler, membuat pulang jadi tambah sore sekitar jam 17.00-18.00.
Malem hari ngerjain PR (bagi yang ngerjain) sampe habisin beberapa bungkus kopi. Besoknya kesiangan gara2 bergadang buat ngerjain PR (bagi yang ngerjain, yang gak ngerjain biasanya bergadang main PES).

Siklusnya setiap hari hampir sama kayak gitu.. awalnya sih kalau dijalani berat banget. Tapi ya lama kelamaan terbiasa juga. Enaknya sih saat hari sabtu dan minggu libur. Jadi bisa buat main atau tidur sepuasnya, mudik kalau yang mau mudik.. lumayan 2 hari bisa buat ketemu keluarga.

Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
Mungkin cuma segitu sih pengalaman Ane. Mungkin nggak jauh beda sama yang nggak pake sistem full day school. Tapi beda 2 jam itu udah beda banget hawa-hawanya, pulang cepet di sekolah Ane jarang banget bisa diitung pake jari, jadi kalau ada jam kosong di antara jam ketujuh sampai jam kesepuluh itu kami seneng banget. Dibilang capek sih capek, tapi kami sudah terbiasa dengan siklus seperti itu.

Sekarang yang jadi masalah itu gimana kalau full day school diterapkan di SD dan SMP?

Kalau kata Kak Seto sih..

"Hanya cara penyampaiannya terkesan terburu-buru dan kurang tersosialisasi sehingga menimbulkan polemik di masyarakat. Saya mendukung rencana tersebut selama tidak memasung hak anak, seperti hak bermain, hak beristirahat, dan hak berekreasi. Sebab, pada prinsipnya, sekolah harus ramah anak demi yang terbaik buat mereka," katanya.

"Full day school ini tidak bisa disamaratakan. Sebab, di beberapa sekolah yang telah menerapkan hal tersebut, banyak anak didik yang stres karena cara pengemasannya tidak ramah," katanya.

Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School


Pertanyaan Agan Kaskuser
Quote:Original Posted By aristelo
pertanyaan dri ane,..
1. apakah FDS ad istrahat untuk tdur siang?? klopun ad ap bkalsemua siswa bisa tdur siang biar jam bljar berikut.y bisa fokus.

2. gmna dengan anak yg kondisi.y kurang mampu?? sebgian besar anak kurang mampu itu jga ikut membantu mncri uang saat plng sekolah ataupun seblum ke sekolah( buat anak yg msuk sekolah siang)

3. d daerah kota kecil terutama desa2 jarak antara rumah n sekolah ad yg sangat jauh.. tkut plg kmleman, tau sendri d sebgian desa blum ad pnerangan jalan..

mohon d jawab..

Ane jawab ya,,

1. Tidur siang sih gak ada gan, tapi istirahatnya dari jam 12.00 sampe jam 13.00 jadi terserah mau ngapain aja satu jam itu

2. Kalo ini mah Ane kurang tau, soalnya di sekolah Ane rata2 mampu gan. Ane gak bisa jawab emoticon-Hammer2

3. Ane juga jarak rumah-sekolah 20 KM gan. Berangkat jam set 7 kurang, pulang jam 4 sore. Kadang kalo ada kegiatan Ane bisa sampe rumah jam 9 malem. Sekarang sih lumayan udah ada motor, dulu Ane naik bis sampe rumah bisa jam 10 malem

Quote:Original Posted By aduh..lupa
pertanyaan ane buat TS

1. setelah capek sekolah ampe sore, masih ada tenaga gak buat kumpul2 ngobrol sama keluarga setelah itu? udh keburu capek blom?
2. pergaulan agan TS diluar sekolah (temen beda sekolah dan tetangga dilingkungan rumah) terganggu gak? setau saya ini penting.
3. minat agan yg gak bisa tersalurkan karena tidak tersedia disekolah seberapa banyak?
4. setelah full day school apa masih ada tugas rumah?
5. agan sering gak merasa skip sehingga pelajaran disekolah masuk kuping kanan keluar kuping kiri kalo udah siang?

makasih, yg full day school juga minta jawabannya mungkin ada agan2 sekalian.. emoticon-Shakehand2


1. Ini sih relatif, Ane rata-rata sampe rumah jam 5 sore. Ortu Ane juga kalo pulang sore, bapak Ane pulang hari sabtu-minggu doang. Tapi Ane masih punya waktu buat ngobrol, Ane juga sering ngobrolin kegiatan Ane di sekolah. Sabtu-Minggu juga selalu dijadikan hari rekreasi keluarga. Kalo murid yg lain mah jarang ketemu ortu karna ngekost, sementara Ane anak rumahan emoticon-Hammer2

2. Selama di sini Ane gak punya temen beda sekolah karena Ane juga jarang keluar2. Tapi kalo temen sesekolah mah banyak, temen Ane malah emak2 karna di desa Ane jarang ada yg seumuran emoticon-Hammer2

3. Cuma satu sih, Anggar.. bukan karna sekolahnya sih.. tapi di kota ini gak ada komunitas olahraga Anggar jadi susah.. Minat Ane kebanyakan sudah tersalurkan di sekolah karena Ane pilih sekolah berdasarkan passion/minat Ane yaitu semua hal tentang komputer (hardware/software)

4. Masih, Ane ngerjain kalo lagi mood doang, biasanya Ane kerjain dari sebelum subuh sampe subuh, kalo belum selesai Ane nyontek punya temen emoticon-Wakaka

5. Kalo ini mah nggak cuma kalo udah siang aja, kadang baru jam pertama udah gini.. manusiawi lah murid kayak gini, kalo Ane mah tergantung mood. Kadang Ane nggak dengerin guru tapi saat disuruh ngerjain Ane bisa karena cara belajar Ane bukan hafalan dulu baru penerapan tapi penerapan sekalian dihafal
Ada yang bantu jawab nih
Quote:Original Posted By alvetamra


Ane jawab ya

1. Masih. Tercukupi malah. Kalo misalnya gak sempet masih ada Jumat-Sabtu (FYI, ane dulu jadwal pulang sorenya Senin-Kamis, Jumat-Sabtu kagak).
Kalo masalah ini tergantung ortunya juga ada waktu luang gak pas waktu itu. Kalo orang tua ane dulu alhamdulillah sih ada waktu.
2. Enggak. Malah sepulang sekolah hampir tiap hari ane maen bola sama anak2 sekitar rumah/tetangga
3. Jujur aja ane pas sekolah dulu gak tahu apa minat ane jd gak bisa jawab. Tapi kalo temen2 ane masih bisa kok ada yg latihan band, dll
4. Ada. Jumlahnya gak sedikit tp jg gak banyak2 amat. Kalo ane dulu ngerjainnya yg gampang2 dulu atau yg paling ane paham pelajarannya. Kalo yg susah2 bisa lah dikompromi alias dikerjain di sekolah emoticon-Big Grin
5. Tergantung gaya guru yg ngajar sm mood. Tp yg jelas ane pernah juga kayak gitu emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By eka1234
TS hanya kumpul keluarga ndak sampai 10 jam tiap minggu.. kacian dirimu ts... kebetulan saya lulusan ikip... jadi kalau dikaji bukan lama belajar yg penting.. tapi jamnya, penyampaian materi, dan materi tersebut cocok untuk usia, dan kecerdasan siswanya sendiri.... makanya di luar negeri masuk schooll itu di test iq dulu... agar nantinya anak tidak bosan dengan pelajaran itu... yg terpenting lagi tiap individu siswa kecepatam tanggapnya berbeda... sekian semoga klo menteri pendidikan itu bisa dari dosen-dosen ahli dari ikip atau universitas pendidikan yg mengerti pendidikan...


Bisanya gak sampe 10 jam?
Ane pulang sampe rumah jam 5 sore. Ortu dan sodara juga ada di rumah, paling cuma bapak Ane yang pulang cuma sabtu-minggu. Kalo diitung ya lebih dari 24 jam Ane kumpul bareng keluarga.

Di sekolah Ane rata2 muridnya ngekost, jadi Ane masih beruntung. Apa kami menyesal sekolah full day + merantau? Justru engga, kami jadi sangat menghargai waktu apalagi waktu untuk keluarga

Quote:Original Posted By iqbal.170290
Mau tanya :
1. Apakah agan dan sebagian besar temen2 agan bahagia dengan penerapan FDS ?
2. Bagaimana pendapar ortu agan dan sebagian besar ortu temen2 agan?
3. Apakah uang jajan ditambah?


Jawab lagi..
1. Relatif sih.. kadang bahagia kadang engga emoticon-Hammer2 Udah terbiasa jadi dibawa santai aja, tapi tetep seneng kalo pulang siang emoticon-Wakaka
2. Pendapat ortu Ane ya awalnya kasian kalo ane pulangnya sore atau bahkan malem, tapi lama2 juga terbiasa. gak pulang juga gak ditanyain emoticon-Hammer2 pendapat ortu temen? Ane kagak tau sih, tapi kayaknya sih sama kayak ortu Ane.. lagian temen2 Ane juga kebanyakan ngekost jadi udah biasa
3. Ane sehari 20-25 ribu, ini mah relatif tergantung kesejahteraan masing2 emoticon-Hammer2 Kalo tanggal tua 10 ribu perhari juga sering emoticon-No Hope

Quote:Original Posted By vodkabilly13
pengen tanya juga nih, apakah masalah percintaan agan masih sama jonesnya sama kayak anak yg sekolah ga fds?

WTF...
Pertanyaan macam apa ini emoticon-Mewek
No comment.

Quote:Original Posted By abepinarno
Pasti rasanya gak enak

Nggak juga kok gan emoticon-Malu

Quote:Original Posted By BrownJack
kalau anaknya gak mampu, duit ada buat ongkos doang. sedangkan full day gitu waktu pulangnya lebih banget dari jam makan siang, yg notabene mereka makan siang biasanya di rumah biar hemat.
kalau siswa sampai gak makan siang, terus kelaperan, apa proses belajar tetap optimal?

Di sekolah Ane rata2 anak kost gan,
Udah biasa makan pagi dijamak sampe sore emoticon-Hammer2


Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School

Sumber thread: Pengalaman pribadi emoticon-Hammer2
Sumber gambar/mulustrasi: Google Images
Polling
145 Suara
Sudahkah Sekolah Agan Menerapkan Sistem Full Day School? 
Diubah oleh edwardeor
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 21 dari 29
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:46
FDS dipandang udah negatif duluan, jadinya banyak lebay pikiran macem2.
Dulu waktu ane SMA di Bandung kelas 2 dan 3, sekolah ane ane mulai nerapin FDS jam 7-15, tp sekolah cuman Senin-Jumat, Sabtu-Minggu libur, Ekskul disarankan di hari Sabtu / Minggu (tp ada juga yg pas sore hari setelah pulang sekolah).
Malah ditambah les inggris dan bimbel di luar sekolah emoticon-Cool.
Biasanya sampe rumah magrib-isya, itupun jarak rumah ane lumayan jauh, stgh jam-an naik motor kalau lancar. Naek angkot bisa 1 jam lebih emoticon-No Hope

Berat? ngantuk? iya lah pasti karena biasa sekolah gak FDS. Tp namanya manusia, pasti bisa beradaptasi lama-lama.
Masalah ngerjain PR dan tugas, alhamdulilah ane masih bs ngerjain lancar (kalau mentok biasanya ngerjain di sekolah besok paginya emoticon-Hammer2)
Pergaulan juga alhamdulilah terjaga sama temen sekolah dan antar sekolah (lewat les/bimbel). Malah kadang sama temen2 sekolah plg sekolah langsung maen bola / basket atau ke gamenet maen dota emoticon-Leh Uga
Komunikasi sama keluarga alhamdulilah juga terjaga, plg sekolah masih bs makan malam bareng. Yah paling ngumpul ketika Sabtu Minggu itu. Intinya sama keluarga tuh bukan banyaknya waktu bersama, tapi kualitas saat bertemu. Kumpul sama keluarga 10 jam sehari kalau banyakan pegang gadget gak ada fungsinya bray. emoticon-Salaman

Cuman jujur ane gak setuju kalau SD juga diterapin FDS (kalau SMP bolehlah). Karena masa SD tuh harusnya banyakin main daripada belajar.

Segitulah numpang pendapat saya emoticon-Shakehand2
Diubah oleh rhaul
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:50
sabtu minggu libur buat rekreasi/main ?
btchpls emoticon-Big Grin paling enak tuh main sepulang sekolah siang2
gak perlu janjian, masih ada duit jajan, bisa hari apa aja, kemana aja sepi soalnya weekday, pulang pun masih sore.
emang libur masih dikasih duit jajan ?, kalo iya sih enak, tapi mau kemana2 ga asik, soalnya weekend pasti rame.
emoticon-Ngakak

ane sekolah cuma mikirin seneng2nya doang, karna sekolah bukan buat orang susah emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh xperianz.toro
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:52
MPOzZZZ sampe jam 4 emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Suruh yang bikin aja jadi murid lagi..
Seenak tadij bikin begituan..


Untung ane udah kelar emoticon-Cool
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:53
jam 7 sampe jam 4?
oalah smk ane dri dulu emg udah nerapin dong emoticon-Hammer2
awal2 emg susah
tpi lama2 dah bisa adaptasi
masih bisa tuh ke warnet pas pulang sekolah emoticon-Betty
Diubah oleh langaustin
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:54
berangkat sekolah dulu ya sist emoticon-Traveller
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:57
Salam kenal agan, ane juga dari sekolah operator merah tapi di kalimantan emoticon-Shakehand2
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 06:58
Gua nulis berdasarkan pendapat gua sebagai ortu, anak gua kelas 3 di sekolah biasa tapi dia autistic. Kondisi dia cukup bisa untuk masuk sekolah biasa selama dipandu.

Realistically pemerintah selalu memberi usul yang tidak pernah bisa dijalankan dengan baik. Pada saat bikin peraturan baru tidak di sosialisasikan dengan baik, akhirnya pihak dibawah yang harus terjemahkan sendiri.

Dilain pihak pengalaman sekolah full day berbeda tergantung dari setiap anak, ada anak yang suka ada yang tidak.
Kalau 1 pihak suka apakah berarti semua pihak suka, tidak usah ortunya, anaknya dulu.
Lalu apakah anaknya mampu atau tidak, setiap anak berbeda.

Pendidikan kita sudah aneh, Gua pernah ikut seminar montessori, salah satu pembicaranya menyatakan bahwa Ki Hajar Dewantara saja mengakui bahwa setiap anak special dan berbeda2 kemampuannya.
Namun sampai sekarang pendidikan anak2 diharapkan bisa semua hal.

Hal yang lain yang perlu diperhatikan, bagaimana dengan gurunya, apakah pemerintah siap apabila ada kenaikan gaji guru, be reasonable, guru juga capek, apakah secara gaji dan mental mereka siap.

Sebaik apapun full day school tidak akan pernah baik, karena terlalu banyak celah dan implementasi tidak mudah.
Harusnya pemerintah melihat cara supaya kurikulum lebih mudah bagi semua anak namun tetap menantang.
Memperbaiki kurikulum dan mental anak supaya negara tidak terpecah belah dari SARA.
Mental anak diperbaiki supaya tidak ada "bully".
Dan yang terakhir pemerintah harus berpikir supaya pendidikan untuk semua orang, cacat, miskin, dsb.

Gua lebih bayar guru/sekolah atau pajak lebih besar supaya sekolah di indo lebih banyak menjangkau semua anak daripada untuk bayar guru full day.
Itu yang seharusnya pemerintah pikirkan.
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:00
ada plus ada minus nyalah kalau Full day scholl,,, tergantung murid nya juga ,,, pemerintah kan mau nya kita kita nih jadi orang bener ,,,
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:03
Selamat datang di FULL DAY SCHOOL
dimana sekolah "kehidupan" sebenernya adalah justru di luar lingkungan gedung sekolah emoticon-Cool
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:04
ane dulu sekolah dari jam 07:00 s/d jam 16:30 gans. emoticon-Wkwkwk
awalnya doang berasa, lama" biasa.
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:11
ane udah dari kls 10 (tahun2013-2016) pulang sore terus. masuk jam 7 pulang jam 3 kadang jam 5 kalo ada ekskul
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:16
Begini full day school?
Gila gua tiap hari malah plg jam 4 gegara k13.
Dan istirahat cuma 15menit.
Kayanya parahan k13 deh emoticon-Ngakak
Sabtu masuk gk? Ane masuk plg jam 1an plus pramuka(wajib). Total hari sabtu plg jam 3
Untung dah lulus emoticon-Ngakak
Diubah oleh yon110997
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:20
Ane juga sempet ngerasain FDS gan, tapi cuma 3 semester pertama di SMA. Masuk jam 7.30, balik jam 19.00. Cuma ane sih yang ngekos, sisanya tinggal di rumah sendiri-sendiri. Sayangnya, yang lain pada ga punya waktu kumpul ama keluarga walau di rumah sendiri karena udah kemalaman.
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:33
beneriin dulu fasilitas di sekolah,kaya toiletnya.rata2 toilet di sekolah dasar negeri jauh dari kata layak.dari jaman ane sekolah ampe anak ane sekolah,toiletnya kaga ada nyang beres.gimana pelajar mau nyaman berlama lama di sekolah.
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:34
adek ane juga sekolah ampe jam 3 atau jam 4, SMP & SMA, sekolah sampe jumat doang.
Sabtu aslinya libur, tapi tetep ke sekolah buat ikut ekstrakulikuler wajib,
hari jumat mata pelajaran cuma ampe jam solat jumat, seudah itu ada yg langsung pulang atau jumatan di sekolah terus latihan ekstrakulikuler non wajib(di sekolahnya wajib ikut minimal 2 ekskul satu wajib (PMR, PRAMUKA, PKS) dan satu nya bebas, adek ane ikut banyak ekskul, gak jarang balik sekolah itu jam magrib.
Dia gak ngerasa cape, biasa aja, gak pernah ngeluh, anak umuran gitu kan seneng lama2 barengan sama temen2 nya.

PR juga normal aja, ada terus tapi gk tiap hari, banyakan tugas kelompok,
Jadi ya gak ngaruh peraturan full day schoolnya, udah terbiasa malah.
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:34
wah kalo cuma jam segitu mah sekolah ane juga dulu gitu, kebetulan sekolah ane negeri dan mantan rsbi. awalnya nerapin masuk jam 06.30 kegiatan awal buat tadarus. bayangin aja biasa berangkat jam 07.00 itu juga sering telat suruh berangkat lebih awal lagi. tapi lama-lama pada bisa beradaptasi kok (walaupun setiap harinya banyak banget yang suruh lari pagi keliling lapangan).. dan plusnya ane sekarang jadi ga kesulitan berangkat pagi ke kampus (jarak 35km-an)
setelah kebijakan berangkat pagi, gatau kenapa mulai muncul kebijakan balik sore 14.30, kira-kira dari jadwal asli nambah satu pelajaran lagi. awalnya 13.30 kayaknya udah 8 pelajaran deh. tapi plusnya disini istirahat siang nambah sedikit. sayangnya pas kebijakan ini ada, posisi ane kelas 3 dan awal semester udah ada intens, buat persiapan un. baliknya jam 17.00 an :v
kayaknya di pageone ane liat keluhan tidur siang emoticon-Malu (S) kita anak cowo sering tidur siang juga kok pas istirahat, setengah jam cukup trus lanjut makan & ibadah bagi yang menjalankan. tidur pas pelajaran udah biasa, dulu pas jam normal juga banyak yang ketiduran ah emoticon-Shakehand2
negatifnya, ane kurang bisa bersosialisasi sama lingkungan rumah, tetangga dan desa. soalnya pas ane balik udah pada istirahat.
kalau masalah yang jauh gimana, itu harusnya jadi tanggung jawab sekolah juga.. di sekolah ane dulu, pas muncul kebijakan ini, mulai muncul juga pertanyaan dan jawaban tentang masalah itu. tinggal gimana pihak sekolah dan siswa bikin jalan keluarnya aja. pas jaman ane yang emnag jauh banget dan ga mampu disuruh ngekos, dibiyayain (karena sedikit) yang agak jauh bisa dianter. jadi menurut ane tinggal menyesuaikan situasi kondisi disitu emoticon-Traveller
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:37
untung ane dah gak ngerasain sekolah lagi emoticon-Big Grin
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:46
Awalnya sih terasa berat gan, apalagi sekolah ane baru selesai direnovasi emoticon-Hammer

Eh menjelang lulus, baru sekolah ane udh enak dr segi fasilitasnya emoticon-Nohope
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:47
ane baca pengalaman ente yang sekolah FDS langsung lemes gan, padahal cuma baca doang loh emoticon-Ngakak
0 0
0
Pengalaman Ane Sekolah Dengan Sistem Full Day School
13-09-2016 07:52
Gapapalah biar terbiasa nanti kerja ama jam kantor.
0 0
0
Halaman 21 dari 29
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia