Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
126
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57d617229478686f7e8b456e/cara-jitu-mengatur-gaji-untuk-30-hari
Kadang kita terlena, saat tanggal gajian tiba. Tagihan-tagihan harus dibayar tepat waktu, tetapi keinginan untuk berbelanja sering kali tak dapat ditahan. Ujungnya, belum tengah bulan, kita sudah kehabisan uang. Berikut ini adalah tips & trik mengatur gaji untuk 30 hari. 1. Membuat anggaran belanja Tiap bulan kita wajib merencanakan anggaran belanja ketika menerima gaji. Akan lebih baik jika kita
Lapor Hansip
12-09-2016 09:46

Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari

Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari


Kadang kita terlena, saat tanggal gajian tiba. Tagihan-tagihan harus dibayar tepat waktu, tetapi keinginan untuk berbelanja sering kali tak dapat ditahan. Ujungnya, belum tengah bulan, kita sudah kehabisan uang. Berikut ini adalah tips & trik mengatur gaji untuk 30 hari.



1. Membuat anggaran belanja


Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari


Tiap bulan kita wajib merencanakan anggaran belanja ketika menerima gaji. Akan lebih baik jika kita meninjau kembali pengeluaran selama tiga bulan terakhir. Dengan cara ini kita dapat mengetahui, uang kita digunakan untuk apa saja.

Catat pengeluaran rutin tiap bulan termasuk untuk hobi, seperti makan di luar, fashion, atau hobi lainnya. Saat mengetahui tipe pembelanja seperti apa diri kita, kita akan mudah melakukan penghematan. Lalu mulailah membuat anggaran belanja untuk memudahkan mengatur gaji. Kesuksesan langkah ini terletak pada rencana pengeluaran yang disusun secara realistis dan menggambarkan pola hidup kita sebenarnya.



2. Miliki dua rekening bank


Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari


Kita wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Sementara yang kedua, digunakan untuk menabung.
Untuk yang kedua ini, pilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah dan jaringan mesin ATM-nya terbatas. Kita pun bisa menyimpan kartu ATM di tempat tidak mudah dilihat sehingga kartu ini jarang digunakan.

Pengalaman ane gan, ane punya 2 rekening. Satu buat tabungan masa depan ane emoticon-Malu satu lagi buat gajian tiap bulan, nah yang ini ane nabungnya di Bank C*MB Niaga, dimana dengan ane nabung, ane udah dapet gratis asuransi 1juta perhari untuk rawat inap. Jadi buat biaya rawat inap kalo sakit ane udah aman deh. Selain itu uang tabungannya pun bisa ane ambil kapanpun dan dimanapun ane butuh, diberbagai jaringan ATM. Mantap kan.



3. Lunasi utang dan cicilan


Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari


Segera lunasi segala tagihan yang menumpuk setelah menerima gaji agar nantinya kita lebih mudah mengatur gaji. Hal ini membantu penghitungan anggaran untuk jangka panjang. Apabila, utang tersebut tidak dapat dilunasi dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran yang harus disetorkan hingga utang tersebut lunas. Jika ingin mencicil sesuatu, sebaiknya disesuaikan dengan 30 persen pendapatan atau gaji kita. Dari perhitungan tadi, berpikir ulanglah sebelum membeli barang dengan berutang.



4. Catat!


Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari


Langkah selanjutnya adalah membuat buku harian yang berisi catatan pengeluaran dan pemasukan selama sebulan. Kita bisa mencatat barang atau jasa yang dibeli, jumlahnya, nominal transaksi, waktu pembelian, dan tempatnya. Memang butuh ketekunan, tapi ini membantu kita dalam mengerem pengeluaran.



5. Bandingkan Pengeluaran dengan Anggaran


Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari


Langkah terakhir untuk mengatur gaji untuk 30 hari adalah membandingkan rencana anggaran pengeluaran dengan buku harian pengeluaran kita. Apabila rencana anggaran berbeda jauh dari kenyataan, maka kita perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali agar kitamengetahui pengeluara terbesar untuk kebutuhan apa.




Begitulah 5 cara yang mungkin bisa membantu kita mengatur uang gaji untuk 30 hari. Semoga bermanfaat.
emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh moceana
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 7
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:18
kebutuhan ane gratis dan diluar gajo pokok emoticon-army
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:23
Rasanya pengeluaran tambah banyak emoticon-Ngakak
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:30
Quote:Original Posted By angelinasophia
Serius deh, menurut pengalaman ane. Punya 2 rekening itu penting, biar uang kita g kecampur2 dan g cepet habis. Jadi kita bisa misahin uang kita khusus buat keperluan lain direkening yang berbeda.

Misalnya ane sekarang, ane kalo buat belanja atau buat kebutuhan sehari2 pake tabungan yg dari C*MB Niaga https://www.cimbniaga.com/in/persona...iaga-xtra.html disana kalo kita nabung, kita juga dapet gratis asuransi 1juta per hari buat rawat inap. Dan lagi uangnya juga bisa diambil diberbagai jaringan ATM. Jadi memudahkan banget buat ane sih.

Mantap sist.. ngomong2 syarat buka tabungannya apa aja?
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:35
Gaya hidup harus tetep sederhana gan, biar lebih hemat.
Makan, pakaian ga usah pake yg mahal, yg penting fungsinya bukan merknya
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:36
Kuncinya menabung dan berhemat...
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:46
sip ini yg selalu ane lakukan ketika gaji turun emoticon-Ultah
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 12:48
nice info gans... thax for sharing
emoticon-Jempol
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 13:29
mantap tipsnya gan emoticon-thumbsup
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 14:09
Yg bikin trhead udh pernah ngerasain gaji belum???

Gw udh nyobain smua teori

Tp saat pelaksanaan mah beda jauh gan...
Kdg ada kbutuhan yg gk msuk akal shingga hrs masukin krtu k atm.

Teroi mah gmpang bos
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 14:25
harus bisa menabung gan
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 14:26
Quote:Original Posted By gpandita
Kuncinya menabung dan berhemat...

setuju gan jangan banyak jajan diluar emoticon-Big Grin

0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 14:32
gue setuju seribu persen dengan reply2 yg menyatakan : bedakan kebutuhan dan keinginan.

Lantas, ya belanjakan uang anda pada kebutuhan saja, bukan pada keinginan.
Beres. emoticon-Big Grin

Ngga peduli ente gaji bulanan kek, gaji 3 bulanan kek, gaji honorer kek, gaji hasil jualan kek, gaji kecil kek, gaji guede kek, pedomannya cuman itu doang di atas.
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 15:03
Hampir semua tips berusaha ane terapin gan tapi kadang gagal, karena tiap bulan ada aja pengeluaran tak terduga, misalnya ada undangan pernikahan, atau ada teman/saudara lahiran/ jenguk orang sakit atau tiba-tiba ada planing jalan-jalan ke tempat saudara emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 16:26
Kalau belum dapet gaji ngaturnya gimana gan?



Barcen? Kirim Dulu -> PM -> Kirbal emoticon-Smilie
1 0
1
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 18:04
klo yang jomblo tahan buat gak pacaran aja
dijamin hematnya pake banget dah emoticon-Big Grin
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
12-09-2016 18:13
Mesti pinter2 gan
nice aharenya
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
13-09-2016 01:06
Nyimak broo nais info nambah2 wawasan
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
13-09-2016 01:17
Masalah ginian tiru tionghoa gan.......
Tabungan bisa 70% dari gaji
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
13-09-2016 02:14
Amankan diri dari pacar matre
Itu sudah
emoticon-Cool
0 0
0
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari
13-09-2016 03:35
Copas ya gan ? sumurnya tongolin dong gan emoticon-Marahemoticon-Thread Kacau
0 0
0
Halaman 3 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia