moceana
TS
moceana
Cara jitu mengatur gaji untuk 30 hari



Kadang kita terlena, saat tanggal gajian tiba. Tagihan-tagihan harus dibayar tepat waktu, tetapi keinginan untuk berbelanja sering kali tak dapat ditahan. Ujungnya, belum tengah bulan, kita sudah kehabisan uang. Berikut ini adalah tips & trik mengatur gaji untuk 30 hari.



1. Membuat anggaran belanja





Tiap bulan kita wajib merencanakan anggaran belanja ketika menerima gaji. Akan lebih baik jika kita meninjau kembali pengeluaran selama tiga bulan terakhir. Dengan cara ini kita dapat mengetahui, uang kita digunakan untuk apa saja.

Catat pengeluaran rutin tiap bulan termasuk untuk hobi, seperti makan di luar, fashion, atau hobi lainnya. Saat mengetahui tipe pembelanja seperti apa diri kita, kita akan mudah melakukan penghematan. Lalu mulailah membuat anggaran belanja untuk memudahkan mengatur gaji. Kesuksesan langkah ini terletak pada rencana pengeluaran yang disusun secara realistis dan menggambarkan pola hidup kita sebenarnya.



2. Miliki dua rekening bank





Kita wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Sementara yang kedua, digunakan untuk menabung.
Untuk yang kedua ini, pilih bank yang menerapkan biaya administrasi rendah dan jaringan mesin ATM-nya terbatas. Kita pun bisa menyimpan kartu ATM di tempat tidak mudah dilihat sehingga kartu ini jarang digunakan.

Pengalaman ane gan, ane punya 2 rekening. Satu buat tabungan masa depan ane emoticon-Malusatu lagi buat gajian tiap bulan, nah yang ini ane nabungnya di Bank C*MB Niaga, dimana dengan ane nabung, ane udah dapet gratis asuransi 1juta perhari untuk rawat inap. Jadi buat biaya rawat inap kalo sakit ane udah aman deh. Selain itu uang tabungannya pun bisa ane ambil kapanpun dan dimanapun ane butuh, diberbagai jaringan ATM. Mantap kan.



3. Lunasi utang dan cicilan





Segera lunasi segala tagihan yang menumpuk setelah menerima gaji agar nantinya kita lebih mudah mengatur gaji. Hal ini membantu penghitungan anggaran untuk jangka panjang. Apabila, utang tersebut tidak dapat dilunasi dalam waktu singkat, lakukan analisa, dan hitung berapa kali pembayaran yang harus disetorkan hingga utang tersebut lunas. Jika ingin mencicil sesuatu, sebaiknya disesuaikan dengan 30 persen pendapatan atau gaji kita. Dari perhitungan tadi, berpikir ulanglah sebelum membeli barang dengan berutang.



4. Catat!





Langkah selanjutnya adalah membuat buku harian yang berisi catatan pengeluaran dan pemasukan selama sebulan. Kita bisa mencatat barang atau jasa yang dibeli, jumlahnya, nominal transaksi, waktu pembelian, dan tempatnya. Memang butuh ketekunan, tapi ini membantu kita dalam mengerem pengeluaran.



5. Bandingkan Pengeluaran dengan Anggaran





Langkah terakhir untuk mengatur gaji untuk 30 hari adalah membandingkan rencana anggaran pengeluaran dengan buku harian pengeluaran kita. Apabila rencana anggaran berbeda jauh dari kenyataan, maka kita perlu melakukan revisi terhadap anggaran tersebut. Periksa kembali agar kitamengetahui pengeluara terbesar untuk kebutuhan apa.




Begitulah 5 cara yang mungkin bisa membantu kita mengatur uang gaji untuk 30 hari. Semoga bermanfaat.
emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh moceana 12-09-2016 03:08
0
14.4K
126
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.