• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Cuma Pahala, Ini 5 Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Berkurban

KASKUS.EditorAvatar border
TS
KASKUS.Editor
Bukan Cuma Pahala, Ini 5 Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Berkurban


"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah."(QS.Al-Kautsar 1-2)


Nonton kurban Gan! Klik dimari :
LIVE STREAMING : Kurban Digital On Location

Dalam hitungan hari, umat muslim diseluruh dunia akan merayakan Idul Adha. Kayak yang kita tau, Idul Adha juga dirayakan dengan proses pemotongan hewan kurban. Selain meningkatkan ketakwaan, ternyata ada banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil dari berkurban loh Gan dan tentu bisa semakin meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Diantaranya yang banyak itu, ada lima yang TS rangkum nih, cekidot!

1. Ikhlas jadi hal yang penting ketika Agan memutuskan berkurban



Masih ingat cerita Nabi Ibrahim yang akhirnya dengan ikhlas merelakan anaknya, Nabi Ismail untuk disembelih? Yak, itu adalah awal mengapa umat muslim dianjurkan untuk berkurban. Sama halnya dengan berkurban, kita diajarkan untuk ikhlas memberi hewan ternak yang dibeli dengan jerih payah sendiri untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

2. Berkurban jadi bukti cinta dan syukur kepada Allah SWT



Dengan mengorbankan sesuatu yang kita miliki karena Allah SWT itu bisa menjadi wujud rasa cinta dan syukur atas apa yang sudah diberikan oleh-Nya selama ini. Balik lagi ke kisah Nabi Ibrahim, karena rasa cintanya yang besar kepada Allah, beliau mampu menyembelih anak kandungnya sendiri. Nah, bedanya kalau kita diberikan cara yang lebih mudah dengan berkurban hewan ternak. Meski cuma hewan ternak, tapi itu jadi wujud rasa cinta dan syukur sama apa yang sudah Allah SWT berikan kepada kita selama ini.

3. Menanamkan rasa peduli sesama dan mereka yang membutuhkan bisa jadi pelajaran penting dari berkurban



Rasa peduli sesama manusia emang harus kita tanamkan dalam diri sendiri ya, Gan? Seperti yang kita ketahui, hewan kurban nantinya akan diberikan kepada mereka yang memang membutuhkan. Dengan Agan berkurban, kesempatan untuk lebih memiliki rasa peduli sesama juga akan semakin meningkat.

4. Bukan cuma disekitar, tapi berbagi kebahagian dengan mereka yang membutuhkan di pelosok negeri juga bisa Agan lakukan



Percaya atau enggak, ternyata masih banyak orang-orang di pelosok negeri yang tidak bisa bahkan belum pernah menikmati lezatnya daging. Dengan berkurban Agan bisa nih membuat mereka juga merasakan daging-daging yang enak. Apalagi sekarang ada program kurban digital yang semakin memudahkan Agan untuk berbagi dengan sesama di berbagai daerah. Kurban digital ini nantinya akan membantu Agan dengan menyalurkan daging kurban di seluruh daerah di Indonesia. Persis! Kayak program Kurban Digital KASKUS dengan BAZNAS yang bikin gampang saat Agan mau berkurban.

5. Ikhlas, niscaya pahala dengan hitungan bulu-bulu hewan kurban pasti Agan dapat



Dengan berkurban, pahala pasti Agan dapatkan, eits tapi harus dengan ikhlas yah. Tapi, tahukah Agan karena ternyata pahala yang didapatkan itu berlimpah?

Dari Zaid ibn Arqam, ia berkata berkata: “Wahai Rasulullah SAW, apakah qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Qurban adalah sunnahnya bapak kalian, Nabi Ibrahim.” Mereka menjawab: “Apa keutamaan yang kami akan peroleh dengan qurban itu?” Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai rambutnya adalah satu kebaikan.”Mereka menjawab: “Kalau bulu-bulunya?”Rasulullah menjawab: “Setiap satu helai bulunya juga satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan ibn Majah)

Yup! Ternyata pahala yang didapat saat berkurban dihitung dari satu helai bulunya. Nah, kebayang kan sebanyak apa bulu kambing atau sapi Gan? emoticon-Blue Guy Peace

Intinya, saat kita ikhlas melakukan kebaikan, maka akan ada pelajaran yang bisa kita ambil. Sama nih kayak KASKUS yang juga punya niat untuk memberikan kemudahan buat Agan yang ingin berkurban. Yok ram-rame kita Kurban Digital bersama KASKUS dan Baznas, caranya gampang dan pasti sesuai syariat dong!



Quote:


Semoga apa yang TS sampaikan juga bisa memberikan pelajaran buat kita semua ya.
Selamat berkurban, Gan!

emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
Diubah oleh KAJUBEL.Official 11-09-2016 12:06
0
20.6K
215
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.