News
Batal
KATEGORI
link has been copied
322
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57cd2bfac1d770b7058b456b/utang-pemerintah-capai-rp-3359-triliun-bagaimana-cara-melunasinya
Jakarta - Pemerintah merasa tidak perlu khawatir tentang utang yang terus meningkat, karena rasio terhadap produk Domestik Bruto (PDB) baru sebesar 26,7%. Bila utang terus digunakan untuk hal yang produktif, maka ke depan utang bisa dilunasi. Demikianlah disampaikan Robert Pakpahan, Direktur Jenderal Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) di Gedung Frans Seda, Kemenkeu, Jakarta, Senin (5/9/201
Lapor Hansip
05-09-2016 15:25

Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?

Jakarta - Pemerintah merasa tidak perlu khawatir tentang utang yang terus meningkat, karena rasio terhadap produk Domestik Bruto (PDB) baru sebesar 26,7%. Bila utang terus digunakan untuk hal yang produktif, maka ke depan utang bisa dilunasi.

Demikianlah disampaikan Robert Pakpahan, Direktur Jenderal Pengelolaan, Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) di Gedung Frans Seda, Kemenkeu, Jakarta, Senin (5/9/2016).

Diketahui total utang pemerintah pusat sampai dengan akhir Juli 2016 tercatat Rp 3.359,82 triliun. Turun tipis Rp 2,92 triliun dibandingkan akhir Juni 2016, yaitu Rp 3.362,74 triliun

Menurut Robert, utang masih dibutuhkan untuk memenuhi belanja yang tidak dapat dipenuhi oleh pendapatan. Belanja sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Kan semua negara punya utang. Kalau negara nggak berutang, berarti menahan diri dalam pengeluaran. Kalau pemerintah menahan diri dalam pengeluaran ekonomi malah kontraksi lagi," ujar Robert.

Maka dari itu pentingnya menjaga belanja negara terus diarahkan kepada hal yang produktif. Seperti yang dilakukan sekarang dengan belanja infrastruktur, dibandingkan dengan pemberian subsidi.

"Karena diharapkan pemerintah spend sehingga ekonomi hidup lagi. Kalau ekonomi tumbuh kan jadi income. Sehingga (ke depan) membayar utang jadi lebih gampang. Jadi jangan berpatok utang segini, tapi dengan menambah utang, itu ekonomi bertumbuh bisa tinggi dan otomatis income nasional bertambah," paparnya.
(mkl/ang)


http://m.detik.com/finance/read/2016/09/05/142555/3291261/4/utang-pemerintah-rp-3359-triliun-bagaimana-cara-melunasinya
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 17
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:00
utangnya kenceng bener emoticon-Cape d... (S)
baru 2 thn naik 2X lipat

buat bayar rakyat diperas terus
lama2 rakyat tinggal tulang ama kentut nih emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:03
Quote:Original Posted By butetyogya
Tinggal jual ginjal rakyat satu satu


Ginjal ada, tinggal kita mau Jual atau Ngga ?


Yah ngak usah di bayar saja sekalian paling kena sangsi ekonomi doang beberapa tahun... Plus ngak ada yg mau bgutangin lagi emoticon-Big Grin
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:16
Quote:Original Posted By dxdl
utangnya kenceng bener emoticon-Cape d... (S)
baru 2 thn naik 2X lipat

buat bayar rakyat diperas terus
lama2 rakyat tinggal tulang ama kentut nih emoticon-Ngakak (S)


wkwkwkwk, tinggal tulang ama kentut doang.
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:27
masalahnya,

orang yg teken hutang itu

dan

orang2 yang harus membayar nya itu berbeda

orang yg teken hutang ada kepentingan untuk nambah hutang terus lagi.......gak bener ini
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:38
Jual aja mebel sebanyak mungkin.
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:39


sekarang aku paham artinya

"kerja... kerja.. kerja... "

ternyata

"utang... utang... utang... "
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:50
Gampang, uangnya gak ada, tinggal kita mo ngibul apa enggak..?? emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:51
Kenapa harus khawatir...?, santai aja kan ada anak cucu yang akan bayarin (fuck !!!)
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:55
klo gaji ane dipake buat bayar tuh utang ampe kiamat gak bakalan lunas kayaknya emoticon-No Hope
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 09:57
nastak alergi ginian ya
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:04
Quote:Original Posted By slider88

pendapatan indonesia sangat kecil jgn samain ma amrik. apbn aja gak pernah gak defisit. jauh bgt ma amrik yg biasanya positif



Yang gw tanyakan kan, ngapain dilunasi??
Karena judul trit ini kan "...... cara melunasinya".
Ga usah dilunasi lah utang2 Itu ( USA aja masih ngutang ko). Kalo utangnya dikelola saya setuju.
Kadang mikirnya kejauhan, kapan Indonesia nglunasi utang. Padahal ga ada negara yg ga punya utang.
Diubah oleh segarakidul
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:05
Quote:Original Posted By j0ng0swi
Ya biar d lunasi kodok tolol ama nastak tolol lah ngohahahahahaha emoticon-Wakaka


Mau nastak nyumbang kek ngohahahahah emoticon-Wakaka


Mau nastak jual ginjal kek ngohahahahah emoticon-Wakaka


Ato jagal nastak gw gak peduli ngohahahahah emoticon-Wakaka


Itu khan ide tolol kodok sm nastak ngohahahaha emoticon-Wakaka


Avatar Ente foto siapa sih gan emoticon-Ngakak
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:06
Quote:Original Posted By 33th.
Cara melunasinya ya di bayar


Benar sekali emoticon-shakehand:
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:09
jokita utang buat pembangunan.. beye utang hasilnya apa?? emoticon-Ngakak
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:12
Harus kemana bayar'y nih? Biar ane yg bayarin emoticon-Cool
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:20
Pake duit pajak rakyat aja emoticon-Cool
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:24
bikin kartu lagi lah emoticon-Blue Guy Bata (L)
andalan jokodog tuh kartu mulu
emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:27
biarlah nasbung aja yg mikirin utang ampe stres...

Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:29
Paling naikin harga barang lagi ntar
0 0
0
Utang Pemerintah Capai Rp 3.359 Triliun, Bagaimana Cara Melunasinya?
06-09-2016 10:33
Quote:Original Posted By maxline


Avatar Ente foto siapa sih gan emoticon-Ngakak


Si pembayer pajek 8 juta sama jongos koki bray ngohahahahahahaha emoticon-Wakaka
0 0
0
Halaman 6 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia