• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [SHARE] Pengalaman Ngurus Balik Nama STNK/BPKB Motor Wilayah Tangerang

rio_sanAvatar border
TS
rio_san
[SHARE] Pengalaman Ngurus Balik Nama STNK/BPKB Motor Wilayah Tangerang
Haloo...agan2 skalian...salam kenal dari nyubi...

Ane mw share aja nih, pengalaman pertama ane balik nama STNK motor ane.
Cerita dikit boleh ya gan. Awalnya sih pengen bayar pajak aja, karena udah 3 bulan kelewat (maklum, baru pny motor, jd ga sadar klo udah lewat, ga pernah ngcek STNK emoticon-Big Grin). Tp pas mw minjem KTP pemilik terdahulu, orangnya udah pindah entah kmana emoticon-Nohope akhirnya mw ga mw harus balik nama deh...

Saran ane, buat yg penghasilannya pas2an, mending ngurus ndiri gan, selisih biayanya GUEDE gan...

Informasi singkat:
Domisili ane: Larangan, Tangerang
Domisili pemilik sebelum ane: Ciledug Indah, Tangerang
SAMSAT: Ciledug
Motor: Honda Supra X (100CC)
Lama Proses: 4 hari (Tgl 25 & 28 Sept, 9 & 16 Okt 2010)
Total Biaya: Rp 486.000,- (termasuk denda keterlambatan bayar pajak)


Sebelum ke SAMSAT, agan harus siapin dulu:
1. STNK asli & fotokopi
2. BPKB asli & fotokopi
3. Kwitansi Pembelian asli & fotokopi
4. KTP asli & fotokopi (milik sendiri)
5. Duit pastinya gan (klo ga salah biaya tergantung jenis kendaraan...CMIW)

NB: Ga perlu KTP pemilik sebelumnya
setiap fotokopi dilebihin aja, buat jaga2 klo kurang (saran ane, 3 rangkap tiap fotokopi)


Hari Pertama (Sabtu, 25 September 2010)

Sampe di SAMSAT langsung aja menuju Loket Cek Fisik, ga usah tanya2 lagi, kecuali klo ga tw lokasi Loketnya. Soalnya klo tanya2 ntar dicaloin gan, banyak calo internal maupun eksternal.

Di loket ini agan serahin berkas2nya (STNK asli, KTP asli [pny agan], Kwitansi Pembelian asli, BPKB asli). Abis itu ntar disuruh bawa motornya ke deket Loket Cek Fisik, untuk di Cek Fisik tentunya, dikerok2 deh tuh rangka & mesin motor emoticon-Big Grin. Klo udah selese dikerokin, disuruh pindahin lg motornya ke parkiran gan, biar ga menuh2in tempatnya emoticon-Big Grin.

Abis itu nunggu dipanggil gan. Sebelom dipanggil siapin uang Rp 25.000,- utk biaya administrasinya. Klo udah dipanggil, ntar dibalikin lg berkas2 yg td kita serahin, plus 2 lembar kertas keterangan hasil cek fisiknya (yg satu lembar hasil kerokannya, yg satu lg keterangannya gt).

Setelah selesai di Loket Cek Fisik, segera menuju ke bagian TU (tata usaha) untuk minta formulir pendaftaran, bilang aja mw balik nama, sembari menunjukkan berkas2 yg dari Loket Cek Fisik. Isilah formulir pendaftaran tersebut sesuai STNK, BPKB, KTP kita. Oiya, sebelum mendaftar, fotokopi dulu 2 lembar hasil Cek Fisik tadi sebanyak 1 rangkap aja (klo mw dilebihin jg gpp buat jaga2)

Setelah formulir diisi segera menuju Loket Pendaftaran Balik Nama yang berada di lantai 2.Loketnya yang ada plang nama "BBN II". Serahin semua berkas2 tadi, yang asli dan fotokopiannya masing2 1 rangkap aja. Trus nunggu dipanggil.

Setelah dipanggil, petugas akan nyerahin BPKB asli dan 4 lembar fotokopian (Kwitansi pembelian, STNK, dan 2 lembar hasil Cek Fisik), di belakangnya ada cap yang bertuliskan "STNK ASLI SEDANG DALAM PROSES DI SAMSAT CILEDUG TANGERANG". Trus disuruh dateng lagi 2 hari berikutnya (Senen, 27 September 2010) Pukul 14.00, atau hari Selasa pagi. Mungkin karena besoknya libur, jadi disuruh dateng hari Senen, klo ngurusnya hari Senen-Jumat mungkin disuruh dateng besoknya...CMIW.


Hari Kedua (Selasa, 28 September 2010)

Karena ane kerja, Senen siang itu ane ga bisa dateng. Jadi hari Selasa ane baru bisa dateng lg. Itu jg kebetulan ane lg ada tugas keluar kantor, jd skalian aja mampir, hehe...

Oiya, jangan lupa bawa berkas yang dikasih kemaren (BPKB asli dan 4 lembar fotokopian). Sesampainya di SAMSAT Ciledug, ane langsung menuju ke Loket Pendaftaran Balik Nama/BBN II (Loket terakhir di Hari Pertama) yang berada di lantai 2.

Di loket, langung aja serahin berkasnya (cuman diambil sebagian, trus dibalikin lg buat ngurus BPKBnya). Trus disuruh ngantri di Loket Pembayaran. Jangan lupa, siapin duitnya biar ga ribet pas di depan Loket. Begitu dipanggil langsung deh mnuju ke depan Loket, trus dikasih struk yang berisi total biayanya. Bayar deh, ada sumbangan buat PMI jg Rp 2.000,-.

Udah gitu ngantri lagi di Loket Pengambilan STNK-nya. Pas dipanggil, langsung mnuju ke depan Loket, ambil deh tuh STNK-nya.

Udah dapet STNK, masih ngantri lagi gan, di Lantai 1 (dasar) di Loket Pengambilan Plat Nomor. Kasih STNK-nya ke petugas di Loketnya + duit Rp 30.000,-, ntar nunggu dipanggil lg. Pas dipanggil, langsung mnuju ke depan Loket, dikasih STNK-nya dan Plat Nomor (dengan nomor baru tentunya). Di Loket ini nih yang ane agak BeTe. Jadi, pas nyerahin STNK & Plat Nomor, petugasnya bisikin gini gan: "seikhlasnya aja pak!". emoticon-Hammer2 Pas lg ga ada recehan lg, yg ada di dompet 10rebuan, udah ane kasih aja. Cabut dah...


Udah selesai???

Belom gan, belom selesai perjuangan ane ngurus balik nama. BPKB yang barunya mana???
yup...untuk ngambil BPKB yang baru harus ngurus lagi, ngantri lagi...di mana???

Di POLDA METRO JAYA (selanjutnya disebut PMJ) gan!

NB: di hari Kedua ini memakan waktu kurang lebih 1 jam lah...ga lama2 bener...


Hari Ketiga (Sabtu, 9 Oktober 2010)

Hari Sabtu, tanggal 2 Oktober rencananya mw ngurus BPKB-nya, tapi karena kesiangan ga jadi deh, ditunda minggu depannya lagi,

tanggal 9 Oktober 2010. Ane saranin, klo mw ngurus hari Sabtu, sebaiknya berangkat pagi, sampe PMJ jam 8 - 9an lah. Soalnya cuman setengah hari, ngantrinya juga ajib bgt gan, nomer antriannya aja ampe ribuan, ckckck... emoticon-Cape d...

Sebelom berangkat ke PMJ, siapin dulu berkas yang dari SAMSAT, fotokopi KTP agan, fotokopi STNK yang baru. Sesampainya di PMJ langsung aja menuju ke Gedung yang berwarna Biru, atau tanya aja bilang mw ngambil/ngurus BPKB.

Klo udah ketemu gedungnya, langsung aja masup menuju loket pembayarannya di Bank BRI, di pojok sebelah kiri dari pintu masup. Ngisi formulir setoran (biasa kaya mw nabung aja gan), tulis jumlah yang mw disetor sesuai jenis kendaraan (liat aja di kacanya ditempelin tarif2nya kok). Klo ane tulis Rp 80.000,- (motor). Udah gitu kasih formulirnya + duitnya ke kasir, ntar dikasih stiker barcode gt gan, buat ditempelin di formulir pendaftarannya.

Udah gt, menuju ke receptionist dulu, ngisi formulir. Setelah formulir diisi, serahin aja formulir + berkas2 yang tadi udah disiapin sebelom brangkat + stiker barcode ke petugas yang di receptionist. Ntar dibantuin nyusun berkas2nya. Trus udah gt dikasih nomer antrian, trus antri lagi deh...lama bet ngantrinya klo datengnya kesiangan kaya ane...ngantri hampir 2 jam lah...untung ane bawa buku & MP3, sahabat di kala menunggu...

Saat nomer antrian dipanggil, langsung aja menuju ke loket pendaftaran (Loket 5 - 9 CMIW). Serahin deh tuh berkas2nya smuah, trus dikasih selembar kertas (bukti pengambilan), semacam kupon untuk ngambil BPKBnya nanti. Ditulisin juga di selembar kertas itu tanggal pengambilannya. Biasanya seminggu dari hari pas agan ngurusnya. Udah gt pulang deh...


Hari Keempat (Sabtu, 16 Oktober/ Hari ini)

Jadi hari ini adalah hari terakhir perjuangan ane ngurus balik nama STNK/BPKB, haha...akhirnya...

Yang perlu disiapin sebelom ke PMJ adalah, selembar kertas bukti pengambilan + fotokopi KTP (disteples jadi satu gan!). Sesampainya di PMJ, langsung aja ke Gedung biru itu, menuju ke Loket Pengambilan BPKB. Eits, tp sebelom itu ambil nomer antriannya dulu (ke receptionist aja gan, tanya nomer antriannya, soalnya ane kesiangan td, jd ga dapet nomer antrian, untung masih bisa). Klo nomer antriannya udah dipanggil, langsung aja menuju ke Loket Pengambilan BPKB, serahin selembar kertas Bukti Pengambilan + fotokopi KTP agan ke petugasnya, trus nunggu dipanggil deh.

Inget! pasang telinga baik2, soalnya nama agan akan dipanggil pake microphone, biar jelas dengernya gan. Klo nama agan dah dipanggil, langsung aja menuju Loket untuk ngambil BPKB (baru) nya, hehe...sebelum pergi, agan disuruh nulis di buku pengambilan BPKB yg ada di Loket...


SELESAIIII...That's all folks...


Semoga bermanfaat buat agan2 yang mw ngurus Balik Nama STNK/BPKB

jangan lupa kirim emoticon-Blue Guy Cendol (L) yah gan, aus nih ngetik panjang2...hehe...


emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus
DumPapPap
DumPapPap memberi reputasi
1
99K
196
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.