BeritagarID
TS
MOD
BeritagarID
Publik Tiongkok marah karena insiden salah bendera di Olimpiade 2016

Bendera Tiongkok versi salah, berkibar dalam prosesi penyerahan medali di cabang olah raga voli putri. Tim Tiongkok meraih medali emas dalam cabang olahraga itu.
Tim voli putri Tiongkok berhasil mengalahkan Serbia (3-1), dalam perebutan medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janerio, Brasil, Sabtu (20/8) waktu setempat. Tiongkok sudah menunggu 12 tahun untuk membawa pulang emas voli putri, yang terakhir mereka raih di Olimpiade 2004, Athena, Yunani.

Namun ada noda tersisa dalam perayaan kemenangan itu. Pasalnya, bendera Tiongkok yang berkibar selama upacara penyerahan medali adalah bendera yang salah desain. Seperti dilaporkan BBC Trending, insiden salah bendera itu telah memicu kemarahan warga Tiongkok.

Di media sosial populer Tiongkok, Sina Weibo, muncul tagar khusus seputar insiden ini, yang telah dibagikan hingga delapan juta kali. "Olimpiade Rio menggunakan bendera nasional Tiongkok yang salah," demikian terjemahan bebas tagar tersebut.

Publik Tiongkok menyebut kesalahan itu sulit diterima, sebab tak hanya sekali terjadi. "Membuat kesalahan yang sama berulang kali, benar-benar tidak masuk akal! Warga Tiongkok tidak bisa menerima permintaan maaf dari Komite Olimpiade Rio," demikian terjemahan bebas komentar salah seorang pengguna Sina Weibo.

Kekeliruan telah terjadi sejak hari pertama Olimpiade 2016. Ketika itu, dua atlet putri cabang olahraga menembak, Du Li dan Yi Siling meraih perak serta perunggu. Namun dua bendera Tiongkok yang berkibar dalam prosesi pengalungan medali adalah versi nan keliru.

Kekeliruan itu jadi sorotan pula di media massa Tiongkok. Media pemerintah, People Dailly menyebut, "bendera nan keliru, telah menjadi sumber kekecewaan publik Tiongkok, mulai dari netizen hingga pemirsa." Adapun stasiun televisi milik pemerintah menuliskan judul: "Bendera nasional merupakan simbol negara! Kesalahan yang tak bisa ditolerir."
#Rio2016 used an incorrect #CHN flag during medal ceremonies. What's worst, the flag was made in #China. @XHNews [URL="https://S E N S O Rq4LDQGzm58"]pic.twitter.com/q4LDQGzm58[/URL]
— Patrick Yuen (@PatrickYuen_36) August 8, 2016
Saat kekeliruan ini mulai disorot, Komite Olimpiade Rio sudah menyampaikan permohonan maaf.

"Kami memahami bahwa ada masalah dengan bendera," kata Direktur Komunikasi Komite Olimpiade Rio, Mario Andrada, seperti dilansir CNN.

Sempat pula muncul kabar bahwa bendera yang keliru itu justru diproduksi perusahaan asal Tiongkok. Namun hal itu sudah dibantah. Komite Olimpiade Rio menyebut bahwa penyedia bendera adalah pihak ketiga non-Tiongkok. Investigasi pun tengah dilakukan dalam kasus ini.

"(Kesalahan) ini sangat kecil. Anda harus sangat akrab dengan bendera Tiongkok, untuk bisa memahami bahwa telah terjadi kekeliruan," ujar Mario.

Bendera Tiongkok memuat satu bintang besar, dan dikelilingi empat bintang kecil. Bintang berwarna kuning, dengan latar belakang merah.

Bintang besar merupakan perlambang Partai Komunis Tiongkok. Sedangkan empat bintang lainnya melambangkan solidaritas kelas sosial dan etnis Tiongkok yang bernaung di bawah payung Partai Komunis Tiongkok.

Dalam versi yang benar, empat bintang kecil digambarkan seolah hendak lepas landas. Posisi bintang itu dibikin berputar menuju ke puncak bintang yang lebih besar. Sedangkan yang terjadi di Olimpiade Rio, empat bintang kecil posisinya cenderung datar --sejajar satu sama lain.

Ini bukan pertama kalinya kasus salah bendera terjadi di Olimpiade. Salah satu yang mungkin akan terus diingat terjadi di Olimpiade 2012, London, Inggris.

Saat itu, tim sepak bola putri Korea Utara memutuskan meninggalkan lapangan, karena panitia justru menampilkan bendera Korea Selatan di layar raksasa, sebelum laga mereka melawan Kolombia.



Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...olimpiade-2016

---

anasabila
anasabila memberi reputasi
1
57.5K
64
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beritagar.id
Beritagar.id
icon
13.4KThread723Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.