banjaranhilir
TS
banjaranhilir
JALUR ALTERNATIF Bagian 1: Jakarta - Tasik (Via TOL CIPALI)
Bagi agan para pemudik dari JAKARTA yang akan menuju ==> TASIKMALAYA, Banjar, Ciamis, Pangandaran, dan sekitarnya. Atau agan akan ke JAWA TENGAH, DIY, dan JAWA TIMUR Biasanya kan agan lewat TOL CIPULARANG kemudian Exit Gerbang Tol Cileunyi lanjut ke Nagreg, Limbangan, Malangbong, Gentong, dan seterusnya..

Spoiler for Penampakan Gerbang Tol Cileunyi:


Tapi seperti kita ketahui bersama kalau lewat Nagreg - Malangbong - Gentong itu langganan macet, hari-hari biasa aja bisa macet parah, apalagi musim arus mudik, macetnya bukan main bisa berjam-jam. TS pernah kejebak macet di jalur tersebut, dari Limbangan ke Tasik yang harusnya 1,5- 2 jam aja nyampe ini TS menghabiskan 8 - 10 jam. GILA BUKAN?

Spoiler for Penampakan Macet Nagreg:


Gimana gak macet gan? Jalur tersebut padatnya bukan main, kendaraan banyak, jalannya sempit, dan berkelok-kelok. Nah dalam Thread ini ane ingin sharing atau berbagi informasi buat agan-agan semuanya. ALTERNATIF JALUR dari JAKARTA ke TASIKMALAYA dan sekitarnya TANPA LEWAT NAGREG - GENTONG. Kemana kah itu?


  1. Dari Jakarta seperti biasa ambil Tol Jakarta Cikampek
  2. Jangan belok ke arah TOL CIPULARANG (Arah Bandung), tapi agan EXIT TOL CIKAMPEK, Masuk TOL CIKOPO PALIMANAN (TOL CIPALI)
  3. Masuk TOL CIPALI
    Spoiler for Penampakan Tol Cikopo:

  4. Ambil EXIT KERTAJATI (Majalengka), Jangan EXIT Cirebon gan kejauhan.
    Spoiler for Petunjuk arah EXIT KERTAJATI:

  5. Keluar dari Pintu/Gerbang Tol Kertajati agan akan berhadapan dengan pertigaan/simpang 3 (lampu merah), disana agan belok kanan arah ke Kadipaten/Majalengka, kalau kiri ke Jatibarang Indramayu.
    Spoiler for Pertigaan lampu merah exit Kertajati:

  6. Ikuti terus, nanti akan sampai di Kadipaten (dari gerbang Tol Kertajati ke Kadipaten kurang lebih 2Km, jalan bagus, mulus, dan lebar).
  7. Dari lampu merah Kadipaten lurus terus ke arah KOTA MAJALENGKA (Kalau agan bingung, disana banyak petunjuk arah, atau tanya aja, kadipaten kotaya lumayan rame kok)
  8. Ikuti jalur Kadipaten - Majalengka, kurang lebih 18 km, jalannya bagus, mulus, lebar, dan JARANG MACET, walau musim arus mudik pun.
    Spoiler for Rute Kadipaten - Majalengka:

  9. Sampai di kota Majalengka tidak perlu bingung, agan ikuti jalur utama (Jl. KH. Abdul Halim) LURUS TERUS ikuti, sampai ke BUNDERAN CIGASONG, Kalau bingung lihat petunjuk arah atau tanya BUNDERAN CIGASONG (lumayan terkenal).
    Spoiler for Bunderan Cigasong:

  10. dari BUNDERAN CIGASONG ambil belok kanan ke ARAH CIKIJING, lihat petunjuk arah atau tanya juga disana arah CIKIJING kemana? (sangat mudah)
  11. Bersiaplah dengan jalur yang agak menanjak tapi tidak terlalu ekstrim, agan akan memasuki kawasan pegunungan, pesawahan, perkampungan, tentunya pemandangan yang asoy geboyyy, dengan suhu dingin.
  12. Jalur MAJALENGKA (Bunderan Cigasong) ke CIKIJING ini jalur Provinsi, sangat bagus, mulus, lebar, banyak perkampungan. Tidak perlu khawatir kehabisan BBM banyak tersedia SPBU, Rumah Makan, Kantor Polisi, Minimarket 24 Jam, Bengkel, dsb. JARAK Majalengka - Cikijing kurang lebih 35 Km. JARANG SEKALI MACET, Walaupun musim arus mudik lebaran.
  13. Ceritanya agan sampai nih di Cikijing, Cikijing ini adalah sebuah kecamatan di Majalengka bagian selatan.
  14. Dari pertigaan/simpang 3 Cikijing (dekat kantor Polsek Cikijing/Indomar*t Cikijing. jangan khawatir persimpangannya besar mudah dicari), dari pertigaan tersebut kalau agan dari arah Majalengka belok kanan ambil arah CIAMIS, TASIKMALAYA, dan sekitarnya (Pasti ada petunjuk jalan), kalau agan lurus itu ke Kabupaten KUNINGAN (Bisa juga ALTERNATIF ke CIREBON, dan KE JAWA TENGAH).
    Spoiler for Pertigaan Cikijing:

  15. Setelah belok kanan agan berarti sudah masuk ke JALUR CIREBON - TASIKMALAYA itu jalur besar, dan jarang macet juga.
  16. Ikuti jalur tersebut, sampai agan sampai di Kec. PANAWANGAN, Kec. KAWALI, kemudian Kota Ciamis, dari Ciamis agan pasti tahu kemana ke Tasik, ke mana ke Banjar, ke mana ke Pangandaran, ke mana ke Jawa Tengah.

Spoiler for JAKARTA - TASIK (Via Tol Cipali):

SIMPELNYA BEGINI GAN:Jakarta - Tol Jakarta Cikapmek - Tol CIPALI - Exit Kertajati (Majalengka) - Kadipaten (ada SPBU, dan bengkel) - Majalengka (ada SPBU dan bengkel) - Maja (ada SPBU dan bengkel) - Talaga (ada SPBU, dan bengkel) - Cikijing (ada SPBU, dan bengkel) - Panawangan (ada SPBU, dan bengkel) - Kawali (ada SPBU, dan bengkel) - CIAMIS (ketemu lagi dengan jalur selatan dari nagreg)

MASIH BINGUNG?? Cek di Google Maps gan, kebetulan rute ini 100% terbaca Google Maps

UNTUK JALUR ARUS BALIK (DARI JATENG - CIAMIS - JAKARTA) Info lengkapnya bisa KLIK DISINI

TIPS EKSTRIM: Dari Cikijing ke Tasikmalaya bisa lebih cepat 2 jam dengan lewat jalur Cikijing - Sukamatri - Panjalu - Panumbangan - Rajapolah (ketemu lagi dengan jalur Bandung-Nagreg-Malangbong-Gentong-Tasikmalaya), kalau mau pakai rute ini, tanya aja kalau agan sudah sampai Cikijing, "Kemana jalur Tasik lewat Panjalu?" tapi ini khusus kendaran kecil, dan khusus pengemudi yang terbiasa medan ekstrim. Kalau mau yang mudah-mudah aja lewat Kawali Ciamis aja.

KEUNTUNGAN LEWAT JALUR INI:
  1. Jalur ini masih belum banyak orang tahu, jarang banget macet.
  2. Dari Jakarta, akses sangat mudah lurus terus tol Cipali, keluar langsung Kadipaten Majalengka
  3. Jarang terjadi kriminalitas (baik siang ataupun malam)
  4. Melewati pemandangan yang lumayan menarik, dengan udara sejuk segar kaki gunung Ciremai (pedesaan, pegunungan, pesawahan, perkembunan, dsb)
  5. Jalan cukup besar, dari Kadipaten – Majalengka – Cikijing – Ciamis adalah jalan Provinsi, jadi tidak perlu khawatir jalan sempit.
  6. Jalan cukup bagus, menggunakan aspal hotmix. Apalagi musim arus mudik lebaran, biasanya jalur ini 90% bagus tanpa lubang.
  7. Fasilitas umum sangat memadai: Hotel/Penginapan (di Kota Majalengka dan Kadipaten), SPBU 24 Jam (Hampir di semua kota kecamatan yang anda lalui), Rumah Sakit/Klinik 24 Jam, Mesjid, Polisi, Bengkel, Rest Area, Rumah Makan, dsb
  8. Penerangan jalan lumayan memadai
  9. Petunjuk jalan lumayan banyak dan informatif
  10. Minim pasar tumpah
  11. 100% rute ini bisa diakses melalui GoogleMaps dan Google Street View
  12. 100% rute ini bisa diakses GPS baik online maupun offline
  13. Jarak tempuh relatif sama dengan via Nagreg – Malangbong – Gentong – Tasik (versi GoogleMaps)
  14. Bisa dipergunakan untuk akses ke Jawa Tengah, D.I.Y, dan Jawa Timur

KALAU PAKAI MOTOR GIMANA? BISA BANGET GAN!
  1. Dari Jakarta biasa lewat Bekasi
  2. Bekasi menuju Sadang/Purwakarta
  3. Menuju Subang
  4. Ambil arah menuju Kadipaten (Majalengka), dengan melalui jalur Cikamurang
  5. Sampai di Kadipaten, ikuti petunjuk jalur diatas (sama saja)

JARAK TEMPUH DARI POINT TO POINT (versi GoogleMaps)
  • Etape | : Jakarta - Cikampek (Via Tol) : 75 Km
  • Etape II: Cikapek/Cikopo - Exit Kertajati (Via Tol) : 98 Km
  • Etape III: Exit Kertajati - Kota Majalengka : 20 Km
  • Etape IV: Kota Majalengka - Cikijing : 35 Km
  • Etape V: Cikijing Ciamis : 56 Km
    TOTAL 284 Km
    Perbandingan dengan Via Nagreg - Malangbong - Gentong
  • Jakarta - Exit Cileunyi (Via Cipularang) : 161 Km
  • Exit Cileunyi - Ciamis : 131 Km
    TOTAL 292 Km

Terima kasih atas perhatian agan, semoga bermanfaat, kalau menurut agan informasi ini bermanfaat, silahkan di share ke teman-teman agan. selamat mudik, tetap hati-hati di perjalanan, tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas, semoga selamat sampai tujuan, keep safety.

emoticon-Travelleremoticon-Traveller emoticon-Traveller
INFO WISATA DAN TEMPAT-TEMPAT MENARIK DI MAJALENGKA
Silahkan mampir ke instagram @ngetrip_mjlk atau klik linknya https://www.instagram.com/ngetrip_mjlk/

emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller


Oia, gan maap-maap ni gan kalau jaka sembung bawa golok. Dalam thread ini ane ingin sedikit mensosialisasikan kegiatan sosial ane (100% non profit alias ga mencari keuntungan) kebetulan di Kabupaten Majalengka juga. Penasaran apa kegiatan sosial yang sedang ane garap sama teman-teman ane?

Spoiler for P2AIA - www . banjaranhilir . org :

Spoiler for Foto-foto kegiatan P2AIA:

Apabila agan tertarik menjadi donatur. atau agan penasaran lebih lanjut dengan kegiatan P2AIA ini agan bisa mengunjungi website kami www.banjaranhilir.orgatau instagram kami @banjaranhilir

Terima kasih, Hatur Nuhun atas kunjungan agan ke thread ane, jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau di emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star asal jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)

Sekali lagi kalau info ini bermafaat di silahkan di share yaaaaa.....


TESTIMONI PARA KASKUSER YANG COBA JALUR INI


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh banjaranhilir 21-07-2016 04:12
0
57.9K
144
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.