News
Batal
KATEGORI
link has been copied
427
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b6a9c3a09a39e2328b4578/mengapa-indonesia-masih-harus-berutang
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) didampingi Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi (kiri) dan Dirjen Anggaran Askolani (tengah) memberikan keterangan pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (5/8). Sri Mulyani memperkirakan penerimaan pajak tahun 2016 tidak akan mencapai target sesuai APBN-P 2016 yang dipatok sebesar Rp1.539,2 triliun, namun akan lebih rendah Rp219 triliun karena sejumlah faktor diant
Lapor Hansip
19-08-2016 13:40

Mengapa Indonesia masih harus berutang?

Past Hot Thread
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kanan) didampingi Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi (kiri) dan Dirjen Anggaran Askolani (tengah) memberikan keterangan pers di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (5/8). Sri Mulyani memperkirakan penerimaan pajak tahun 2016 tidak akan mencapai target sesuai APBN-P 2016 yang dipatok sebesar Rp1.539,2 triliun, namun akan lebih rendah Rp219 triliun karena sejumlah faktor diantaranya yaitu perlambatan ekonomi nasional.
Pemerintah tetap masih harus berutang pada tahun depan. Utang diperlukan untuk membayar suku bunga utang yang telah menumpuk. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2017 yang dibacakan Presiden Joko Widodo, Selasa lalu, disebutkan, pemerintah akan membayar bunga utang sebesar Rp221,4 triliun. Angka itu meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya sebesar Rp191,2 triliun.

Rincian bunga utang yang harus dibayar itu adalah bunga utang dalam negeri sebesar Rp205,6 triliun, naik dari 2016 yang sebesar Rp174 triliun. Kemudian untuk bunga utang luar negeri adalah Rp15,7 triliun, atau turun dari 2016 yang sebesar Rp17,2 triliun.

Liputan6.com menulis, posisi utang pemerintah pusat sampai dengan Juni 2016 sebesar Rp3.362,74 triliun. Realisasi ini membengkak dari posisi utang bulan sebelumnya yang sebesar Rp3.323,36 triliun. Utang ini merupakan akumulasi sejak pemerintahan Orde Baru hingga sekarang.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani utang pemerintah selama ini lebih banyak digunakan untuk membayar atau mencicil utang di masa lalu, bukan untuk kegiatan produktif.

"Kita mengalami defisit keseimbangan primer Rp111,4 triliun. APBN yang punya keseimbangan primer defisit dianggap APBN kurang sehat, jadi pengelolaan APBN harus hati-hati," kata Sri Mulyani.

Keseimbangan primer yang defisit, kata Sri, menandakan pinjaman atau utang yang dilakukan untuk membayar bunga utang. "Indikator kita meminjam bukan untuk investasi, tapi untuk menservis utang masa lalu," ujar mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Robert Pakpahan, mengakui bahwa fiskal Indonesia masih bermasalah pada keseimbangan primer yang mencatatkan defisit.

Kata dia, defisit keseimbangan primer tercipta karena belanja pemerintah lebih tinggi dibanding penerimaan perpajakan, meskipun pos untuk pembayaran bunga utang sudah dicicil melalui penerbitan utang."Sebagian utang kita dibayar untuk membayar bunga utang karena penerimaan perpajakan biarpun dikurang belanja masih kebanyakan belanjanya. Jadi memang sebagian utang buat tidak produktif, tapi tidak semua," kata Robert.

Idealnya, menurut Robert, keseimbangan primer mendekati nol alias positif. Solusi instan untuk mencapai hal tersebut adalah meningkatkan penerimaan pajak atau mengurangi belanja negara. Namun, kata dia, kondisi perekonomian domestik masih melambat akibat penurunan harga-harga komoditas ekspor.

Menurut Direktur Jenderal Anggaran (Dirjen Anggaran) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani salah satu cara agar bunga utang tak dibayar dengan cara berutang adalah dengan membenahi defisit keseimbangan primer.

Keseimbangan primer adalah selisih dari total pendapatan negara dikurangi belanja negara di luar pembayaran bunga utang. Bila keseimbangan primer defisit, itu berarti pemerintah berutang untuk membayar bunga utang.

"Gimana cara menguranginya, adalah menurunkan kembali defisit ke angka itu 1,2% terhadap PDB," ujar Direktur Jenderal Anggaran (Dirjen Anggaran) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani kepada detikFinance.
Mengapa Indonesia masih harus berutang?


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...harus-berutang

---

profile-picture
anasabila memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 22
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:32
Sbenernya butuh kesadaran dlam diri setiap penduduk Indonesia gan. Bukan pemerintahnya yg salah tp oknum tertentu dlam pemerintah itu yg hnya mementingkan dri sndiri. Dan jg kesadaran masyarakat dlam membayar pajak dan mencegah korupsi jg msih kurang gan. Jngan cman pejabat yg d cap korupsi, tp dri masyarakatnya budaya yg menjadikan korupsi msih ada kaga. Jd hrus ada kesadaran dlam diri sendiri gan buat jadiin Indonesia ini jd negara hebat tanpa mementingkan dri sendiri atau golingan. Klo smua orang baik dlam pemerintahan maupun masyarakat sadar akan potensi bangsa ini pasti Indonesia jd hebat gan
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:37
semangat indonesia emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:44
Itu bunga 200triliun bunga /bulan atau /tahun gan ?
terus defisit primer 114triliun yang termasuk pendapatan negara /bulan atau /tahun gan ?

gak paham ane gan 😂
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:47
Walaupun masih berhutang,tapi sekarang-sekarang ini ane bangga jadi orang Indonesia.ane yakin dengan segala kesulitan dan rintangan saat ini adalah bagian dari transformasi menuju negara maju.menuju Indonesia Hebat!!!
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:47
harapannya cuma di freeport doang. kalo misalkan dikelola oleh tenaga dalam negeri, utang ribuan triliun insya allah bisa lunas. maybe harta ghaib soekarno bakal nongol ke bumi. it's opinion
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:48
Ya begitulah.
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:52
ane juga gitu gan, kalo ditagih utang pura-pura jadi Haji bolot wkwkw emoticon-Wkwkwk Quote:Original Posted By breaker7
kalo ditagih pura2 lupa aja

temen ane dulu pas ngutang gitu emoticon-Wakaka


0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:59
gpp utang aja, yg penting bangun bangun bangun.. kerja kerja kerja !! emoticon-Hammer

emoticon-Ngacir
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 14:59
Quote:Original Posted By afrianska
Pemerintah kayaknya sudah ampun2 mau ngelunasin nih, gmn kalo rakyat bikin sumbangan aja ke pemerintah buat bayar hutang?

250juta penduduk endonesia udah lumayan tuh kalo bikin sumbangan bulanan.

emoticon-Ngakak



bener niiihh. sebulan pada sumbangan sejuta, setaon juga lunas..

emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:01
Quote:Original Posted By v1masku
duit monopoli bray emoticon-Leh Uga
3000 Triliun itu hasil hutang dari Jamban Orde Baru sampe sekarang dan bukan hasil hutang dari 1 periode presidenemoticon-Shakehand2



kasian jokowi gan ketumpukan utang
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:03
emoticon-Matabelo ternyata masi defisit y gan, makanya mesti ngutang, gegara lambat perkembangn ekonomi emoticon-Matabelo :
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:09
anggota DPR gajinya brp ya? semisal take home pay nya 40jt per bulan dikali 560 anggota saja uda 22.4M per bulan. Blum pejabat2 n pegawai kementrian, pejabat n pegawai pemerintahan daerah, pejabat n pegawai BUMN n anggota2 DPRD daerah, blum lagi subsidi2 ke BUMN / subsidi rakyat / biaya pembangunan,dll emangnya dari pajak doank bisa nutup ya?
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:10
emoticon-Traveller Banyak utang
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:11
Quote:Original Posted By karyanakbangs4
negara goblok, kenapa bayar utang dengan berhutang??
katanya negeri subur kaya tambang rempah rempah hasil bumi preeeett


Masih bocah belum ngerti apa2x, ntar kalau sudah mahasiswa belajar yg bener biar ngerti topik beginian.
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:11
peninggalan orde baru yang sangat luar biasa, HUTANG emoticon-Leh Uga
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:12
Quote:Original Posted By ragubasin
kasian jokowi gan ketumpukan utang


lebih kasihan presiden setelah jokowi gan... lumayan enak mah jokowi ditinggalin sedikit hutang ama sby


0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:14
Quote:Original Posted By breaker7
kalo ditagih pura2 lupa aja

temen ane dulu pas ngutang gitu emoticon-Wakaka



temen biasanya gitu 😂
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:15
andai uang yg di korupsi buat bayar utang. mungkin utang Indonesia berkurang emoticon-Cool
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:16
Speechless emoticon-Frown
0 0
0
Mengapa Indonesia masih harus berutang?
20-08-2016 15:17
Hutang untuk bayar bunga hutang?
Dan hutang itu dianggap sebagai kehinaan atau kebangaan ya?
Dulu yang bilang "Dananya ada, tinggal sistemnya" Dan bagaimana realisasi dan tanggung jawabya?

Hutang dan hutang, maka rakyatpun yg bakalan nanggung beban.
Imbasnya pun sampe ke anak cucu kita.

Harusnya dibikin policy yg jeas ttg hutang untuk pemerintah sekarang agar tidak membebani pemerintah selanjutnya.
So..Gak terjadi tumpang tindih dan saling menyalahkan.
0 0
0
Halaman 13 dari 22
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia