News
Batal
KATEGORI
link has been copied
804
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57b662921854f7a3778b4567/harga-rokok-rp-50-ribu-ylki-beberkan-manfaatnya-buat-ri
Liputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus. Itu artinya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus menaikkan tarif cukai signifikan supaya rokok dijual seharga tersebut. Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mendesak Kemenkeu segera menaikkan tarif cukai rokok sehingga harga jual rokok di Indonesia setara atau
Lapor Hansip
19-08-2016 08:36

Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI

Quote:
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI


Liputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mendukung usulan kenaikan harga rokok menjadi Rp 50 ribu per bungkus. Itu artinya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus menaikkan tarif cukai signifikan supaya rokok dijual seharga tersebut.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi mendesak Kemenkeu segera menaikkan tarif cukai rokok sehingga harga jual rokok di Indonesia setara atau lebih dari negara lain. Contohnya di Singapura, Malaysia dan Thailand yang menjual rokok seharga Rp 30 ribu-40 ribu per bungkus.

"Cukai rokok harus naik tinggi supaya harga rokok bisa Rp 50 ribu per bungkus. Tujuannya mengendalikan konsumsi rokok dan mendulang penerimaan negara, karena selama ini kan penerimaan dari cukai rokok masih kecil," ujarnya saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Jumat (19/8/2016).

Tulus memperkirakan, jika harga rokok naik lebih dari dua kali lipat, misalnya dari harga Rp 15 ribu atau Rp 20 ribu per bungkus menjadi Rp 50 ribu per bungkus, maka pemerintah bisa mendapatkan kenaikan pendapatan cukai lebih dari 100 persen.

"Jika sekarang ini penerimaan cukai rokok Rp 150 triliun, maka dapat naik sampai Rp 350 triliun. Jadi tidak perlu tuh dana dari tax amnesty," ia menerangkan.

Dampak positif lainnya, dengan harga rokok Rp 50 ribu per bungkus diyakini Tulus, dapat menekan konsumsi rokok, utamanya kalangan remaja dan anak-anak. Ia mengaku, selama ini salah satu pengeluaran terbesar masyarakat miskin adalah untuk rokok.

"Kalau harga rokok lebih mahal, orang tidak akan membeli atau mengurangi konsumsi rokok, termasuk remaja dan anak-anak. Tapi menghapus (konsumsi rokok) tidak bisa," ucapnya.

Syaratnya, kata Tulus, pemerintah harus mengeluarkan aturan pelarangan rokok dijual eceran atau ketengan. Menurutnya, sebagai barang kena cukai dan berdampak negatif bagi kesehatan, rokok harus dijual dengan harga lebih mahal.

"Kalau butuh uang banyak, pemerintah harus secepatnya menaikkan cukai rokok. Apalagi anggaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan habis untuk meng-cover peserta yang punya penyakit akibat rokok," paparnya.

Terkait potensi maraknya peredaran rokok ilegal akibat kenaikan harga rokok, dikatakan Tulus, itu merupakan tanggung jawab pemerintah untuk melakukan penegakan hukum dan memberantas secara masif.

"Sekarang saja rokok sudah murah masih saja beredar rokok tanpa cukai. Ini perlu diberantas, penegakan hukum terhadap rokok ilegal harus berjalan, bahkan ditingkatkan," jelas Tulus.

Tulus juga menyebut bahwa industri rokok tak akan bangkrut jika harga rokok dinaikkan menjadi Rp 50 ribu.

"Industri rokok tidak akan mati kalaupun harganya naik sangat mahal. Di negara lain juga dijual mahal," katanya.

Dia menggambarkan kondisi industri rokok yang masih berjaya saat krisis moneter melanda Indonesia 1997-1998 silam. Sementara industri lain mencatatkan penurunan pendapatan, bahkan bangkrut.

"Industri rokok satu-satunya yang tidak terdampak krisis, malah naik terus keuntungannya, termasuk saat ekonomi melambat sekarang ini. Makanya kalau pemerintah yang bilang industri rokok mati akibat harga rokok Rp 50 ribu, berarti sudah dicekokin industri," tegas Tulus.

http://bisnis.liputan6.com/read/2580...aatnya-buat-ri


bakal efektif g nih ya.. emoticon-Shakehand2
profile-picture
nona212 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 16 dari 41
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 13:44
Quote:Original Posted By kampret.rider
klo mnurut ane sih ni cmn utk kampanye pengurangan rokok aja..
makanya ane berani asumsi tret ts cmn berdasar asumsi doang emoticon-No Hope



keliatan ya disini rokok jadi kambing hitam anak ngerokok yang disalahin rokoknya ortunya ngapain coba
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 13:48
gk masalah buat aneemoticon-Cool
karna ane kgk ngerokokemoticon-Najis
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:01
ane nanem tembakau sendiri gan, jadi aman gak kena cukai
emoticon-Wakaka
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:02
ngerokok enaknya sama ngopi
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Toastemoticon-Traveller
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:03
semoga berbanding lurus dengan kenaikan gaji buruh pabrik rokok
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:04
harga rokok naik -> pekerja yg perokok gak bisa beli -> kalo gak ngerokok kerja gak produktif -> kerjaan keteteran -> chaos

emoticon-Big Grin emoticon-Peace
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:10
industri rokok itu sunset industry, cuma indonesia saja industri rokok masih bertahan
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:12
pendapatan jadi besar tapi pembeli nya pd hilang, apa bedanya ??? emoticon-Betty
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:18
Intinya sih..
Kalo gak kuat beli rokok yaa jangan ngerokok.
emoticon-Cool
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:18
dibanding naikan harga rokok mending berantas para koruptor dulu sampai ke akar-akarnya dah, baru harga rokok dinaikin... emoticon-Malu (S)
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:24
Ane ga ngerokok jadi aman-aman aja emoticon-Ngakak
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:38
rokok elektrik ikutan gak? tuh bakal jadi pelarian yg lebih terjangkau dah
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:38
ane usia 32 th dan perokok yg aktiv sehari 1 s/d 2 bungkus sampoerna mild. Kalau jadi harga rokok di naikan 50 rb, sepertinya ane berterimakasih dengan pemerintah karena secara tidak langsung memaksa ane untuk berhenti merekok, dan ane bisa mengalihkan anggaran rokok buat keperluan lain...
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:50
yg jd pertanyaan bakal banyak yg beli ga nih klo cukai rokok di naikan,klo banyak yg ga pd beli sama juga bohong donk,jual barang mahal tp sedikit pembeli apa beli barang murah tp banyak pembeli.. tunggu tanggal mainnya aja
Diubah oleh ladahitam46
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 14:51
nanti karyawan pabrik rokok yg di PHK rame2 datang ke kantor YLKI aja bawa golok

anggotanya dicacah satu-satu
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 15:00
Dampak rokok naik, jatah utk org rmh berkurang. Hahaha
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 15:03
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
gurih gurih nyoy
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 15:23
Kalo perokok beralih jadi penyimeng gimana hayo?
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 15:38
ane msh g paham ama loginya pak tulus ini.
beliau bilang pendapatan negara akan naik dr 150 T ke 350 T tp dia jg ngomong klo rokok mahal orang g akan pada beli.
dimana coba logikanya
pendapatan negara bs nyampe segity klo konsumen rokok tetap dg cukai naik, lah klo cukai naik tp g ada yg beli ya sama aja boonh.
bisa2 pendapatan negara dr cukai rokok akan semakin turun, konsumen akan beralih ke jalan lain misal aja rokok ilegal tanpa cukai
0 0
0
Harga Rokok Rp 50 Ribu, YLKI Beberkan Manfaatnya buat RI
20-08-2016 15:38
wah.klok beneran uang gajian cuma beli rokok doang nih...
mahal bingits....emoticon-Wkwkwk
0 0
0
Halaman 16 dari 41
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia