Minta ijin kepada para moderator untuk mulai thread diskusi F&B ini (kyknya sih belum ada thread serupa ya, kalaupun ada mungkin sudah terpendam di page kesekian), karena udah sekitar 1 bulan gw nongkrong di forum entrepreneur ini dan nemu byk tersebar thread2 pertanyaan F&B, tapi karena terlalu tersebar, jadinya banyak jawaban2 bermutu yang sebenernya bisa menjawab&membantu banyak orang, tapi jadi kurang efektif karena threadnya cuma sebentar nongol terus langsung tenggelam.. alangkah lebih bagus kalo ada thread yang bisa mengumpulkan semua diskusi F&B disini, jadi kita bisa saling belajar dan bantu satu sama lain!!
karena menurut gw bisnis F&B itu salah satu bisnis yang sulit (kalo dibandingkan trading misalnya) karena sifat produknya yang sangat sensitif, pelayanan jasanya juga sensitif, dan saingannya baaaaannyyyyaaaaakkkkk.... (terutama karena banyak orang mikir, ahhh.. bisnis makanan paling gampang, ga ada matinya, asal enak pasti laku..)
- bagian ga ada matinya sih bener, karena semua orang pasti tetep makan (dibandingin bisnis rental vcd misalnya), tapi tetep aja ada trend2 makanan tertentu setiap tahunnya (tahun ini lagi tahunnya Jepang, setelah kemarin2 dibombardir makanan peranakan malaysia)
- asal enak pasti lakunya udah harus ditinggalkan jauh2.. karena saat ini branding&ilmu2 marketinglah yang menentukan penjualan anda, dengan ditopang produk yang bagus juga pastinya
- dll pakem2 lain yg harus mulai ditinggalkan..
anyway, disini kita bisa diskusi semua mengenai F&B, dari produksi/marketing/handling customer/dll semuanya bisa kita diskusiin disini.. kalau ada yang punya case-case tertentu juga bisa dijabarin disini untuk kita bahas rame2 jalan keluarnya
disarankan untuk para master2 disini untuk mulai perkenalan diri dulu biar bisa saling tahu background masing2, siapa tahu ada yang bisa partneran..
------------------------------
terpaksa edit first post karena lupa secure beberapa post pertama buat post2 bagus
PEMBUATAN BUSINESS PLAN
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1574
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...postcount=1579
Quote:
Wahh..salut nih jiwa entrepreneur nya mantap..kembangkan terus..
ane sedikit sharing ya pembuatan proposal ane dan ini harus di siapkan dengan sangat matang dan penuh perhitungan karena patokan bisnisnya tertera dalam sebuah business plan, isinya sekitar 30-50 halaman dan waktu pembuatan 2-3 bulan, ane bkn udh 2 bln tapi blm kelar2, paling sulit bikin rencana keuangannya, harus di hitung sedetail mungkin, makanya ane nanya jg di atas ke pakar yg udh jalani usaha..
ini susuanan proposal yg ane bikin :
1. executuve summary -> isinya rangkuman secara ringkat semua yg akan di jabarkan lebih detail pada bab2 berikutnya, fungsinya adalah spy calon investor bisa lgsg mendapat gambaran singkat ttg perusahaan tanpa hrs liat detailnya masing2.
2. Produk
2.1 Ide awalnya ttg produk itu sendiri
2.2 Customer value -> maksudnya keuntungan yg di dapatkan customer dengan produk yg kita tawarkan, kalo customer value nya tinggi, customer rela membayar lebih mahal di bandingkan produk lainnya.
2.3 Unique selling proposition -> ide unik apa aja yg kamu punya terhadap produk tsb sehingga membedakan dari produk yg sudah ada, semakin kita berbeda dari yg lain, tentu semakin gampang bersaing dan mendapat customer baru.
2.4 Deskripsi produk -> jabarkan produknya apa aja misal di resto : disini di tulis semua jenis menu makanan dan minuman yg bakal di jual
2.5 harga secara detail atas produk2 yg sudah ada.
2.6 continous attractivity -> spy secara berkelangsungan dan tetap dpt customer, kita harus tau bgmn cara spy customer ttp datang ke resto/cafe kita misal dengan bikin menu baru, inovasi rasa yg berbeda, atau di sesuaikan sama musim tertentu, misal di bln puasa ada produk2 yg menarik utk org berbuka puasa di resto kita.
2.7 Paten ( jika di butuhkan, produk atau nama perlu di patenkan spy tidak di ambil sama pesaing kita)
2.8 Production & Quality -> penjelasan cara produksi dan cara menjaga kualitas produk.
3. market & competition,
3.1 market secara umum
3.2 analisis segmen pasar dan tujuannya -> apa resto/cafe itu menbidik pasar abg, mahasiswa, pengusaha muda, ato bahkan kalangan tua. perlu di analasia apakah konsep resto/cafe sesuai dgn segmen pasarnya.
3.3 costumer needs : kebutahan apa saja dari calon customer yg bisa kita penuhi dgn produk/ato konsep resto/cafe yg ada.
3.4 competition analysis : analisa semua resto/cafe yg juga menawarkan produk yg sama, perlu membuat tabel nama2 pesaing utama dan menu makanan apa aja yg di tawarkan yg bisa menjadi pesaing kita. sesudah itu jabarkan kelebihan konsep resto/cafe beserta produknya di bandingkan resto yg lain.
3.5 SWOT-analysis -> menyangkut kekuatan, kelemahan, kesempatan dan risiko perusahaan.
3.6 manafement risiko ( risk management) -> kira2 apa saja yg bisa membahayakan perusahaan, faktor dalam dan luarnya hrs di perhatikan ( misalnya faktor cuaca, faktor supplier bahan baku, dll)
4. Sales & Marketing
4.1 marketing sebelum dan disaat pembukaan -> apakah pengenalan produk melalui media cetak ( koran,spanduk, plakat,dll) ato media lainnya spt radio, dan internet. Ini berfungsi sbg media pengenalan krn nama resto ato produk kita blm dikenal sebelumnya.
4.2 marketing berkelangsungan -> semua iklan yg di lakukan terus menerus untuk menarik customer.
5. Management dan Organisasi
5.1 Management team --> siapa saja yg terlibat dalam pengelolaan resto/cafe itu, dan posisinya masing2 sbg apa, jg riwayat singkat masing2 timnya (nama,tgl lahir, pendidikan saat ini, dan fungsinya di perusahaan nantinya)
5.2 Organisasi perusahaan --> perlu juga di tentukan siapa melakukan apa dan bagaimana proses pengambilan keputusan penting. disini di uraikan lebih jelas tim yg sudah dipilih dan di bentuk dalam tugasnya masing2 dgn lebih detail, misal ; Mr.X bertanggung jawab Controlling dan Production, Mr.Y bertugas untuk marketing dan belanja, Mrs. Z untuk service pelanggan dan controll karyawan, dll
5.3 Badan hukum ( kalau mendirikan resto yg bsr mgkn bisa ikut di pertimbangakn, tapi biasanya tidak ada badan hukum jg gak masalah)
5.4 Lokasi --> penjelasan tentang pemilihan lokasi tempat dan keuntungan serta kerugian memilih lokasi itu.
5.5 Business system --> System restonya bagaimana, apakah semua produk di produksi sendiri, atau melakukan kontrak kerja sama dgn supplier dan hanya berfungsi "menjual" saja..untuk cafe misalnya produk pastry dan bakery tinggal pesan ke supplier (bukan produksi sendiri) dan hanya menjual lagi aja.
6. Action plan -> pembahasan lengkap tentang kapan apa yg di lakukan
Misal : pembukaan resto bulan april, tanda tangan kontrak sama suplier bulan feb/maret, kontrak sewa tempat bulan maret, renovasi selama 2 minggu terkahir maret, iklan di 2 mggu awal saat pembukaan, iklan berikutnya bulan okt, pebuatan menu baru bulan des.,dll. bisa cari di google contoh pembuatannya.
7. Financial plan --> sangat menentukan dan perlu data2 yg sangat mirip dengan yg kafe/resto yg sudah jalan, spy perkiraannya gak melesat.
7.1 Kalkulasi omset --> perkirakan harga masing2 produk, dan jumlah pengunjung per hari, dan perkiraan produk apa terjual brp byk setiap harinya.
7.2 Kalkulasi gaji pegawai --> gaji masing2 dan berapa lama jam kerja dan tunjangan2 yg mgkn di berikan harus secara detail dan realistis
7.3 Investasi --> jumlah investasi secara keseluruhan yg di perlukan apa saja dan brp persen bagiannya masing2 dr budget investasinya
misal : renovasi dapur 65% dr budget, alat perlengkapan makan(piring,gelas,dan keperluan lainnya) 10%, furniture : 14%, dekaorasi interior dll 11% ( ini hanya angka2 pemisalan, harus di sesuaikan sama budgetnya)
7.4 Biaya2 lainnya termasuk operasional cost, biaya listrik, air, telefon, internet, sewa, mesin, iklan, dan byk lagi
7.5 perkiraan keuntungan :
dari data2 dan angka2 yg sudah di kumpulin perlu di buat perkiraan omset per bulannya dan juga perkiraan pada tahun2 berikutnya. dari jumlah omset di kurangi semua biaya lainnya untuk perkiraan keuntungan dan kapan BEP nya..
7.6 "worst case scenario" --> menurut ane ini yg paling menarik dan kdang terlupakan, kita mikirannya untung tapi kalo rugi gak tau bertindaknya gimana..nah di sini disusun skenario kegagalan apapun faktornya yg membuat resto/cafe kita kurang jalan ( makanan gak enak ato lokasi gak strategis,dll) disini di perkiraan jika jumlah pengunjung berkurang 10-15% dari yg di harapkan, berarti omsetnya berkurang, dan ada langkah2 lainnya yg harus di ambil ( misal pengurangan pegawai, ganti menu,dll)..dari situ juga bisa di perkirakan omset bulan2 berikutnya dan perkiraan kembali modalnya kapan.
segitu aja, ane harap bisa membantu. yh lainnya jg bisa ikut menanmbahkan, krn ane blm pernah terjun ke F&B dan bisa juga realitasnya jauh beda dari teorinya..