sandisutisna012Avatar border
TS
sandisutisna012
5 Group Band yang Dirindukan untuk Menggebrak Musik Indonesia

Musik Indonesia saat ini bisa dibilang dalam keadaan terpuruk. Keadaan terpuruk maksud saya adalah keadaan ketika musik yang hadir kurang memikat. Acara musik yang ada di televisi pun terkesan remeh temeh terhadap terhadap penampilan dan hanya menampilkan kekonyolan MC-nya.

Padahal, industri musik tanah air sempat mengalami kemajuan di dua dekade sebelumnya. Pada saat itu, industri musik diramaikan dengan gropu band yang menghadirkan lagu-lagu yang banyak disuka dan lagu-lagunya tidak mudah hilang ditelan zaman.

Mungkin karena pengaruh era informasi yang cepat dan juga generasi baru yang lebih membutuhkan musik instan, musik saat ini mudah dilupakan. Band yang hadir minggu lalu, bisa mudah dilupakan minggu ini. Begitupun juga dengan lagunya.

Karena itu, musik Indonesia agaknya membutuhkan sosok-sosok lama, terutama group band untuk menghadirkan kembali musik yang banyak disuka dan tidak lekang oleh waktu.

Beberapa band yang cukup dirindukan untuk hadir kembali dan menggebrak musik Indonesia adalah sebagai berikut.
1. Slank

Band legendaris dan salah satu band papan atas ini memiliki fans yang besar. Tidak kalah dengan suporter bola. Hal ini terbukti dengan serin munculnya bendera Slank di konser apapun, yang bahkan Slank tidak tampil di dalamnya.
Spoiler for gambar:

Punya fans yang cukup fanatik membuat Slank terus hadir di belantika musik Indonesia. Grup yang didirikan oleh Bimbim pada pada 26 Desember 1983 ini sebenarnya masih eksis di belantika musik Indonesia. Mereka sering menghadirkan album dan lagu-lagu menarik.

Sayangnya, lagu-lagu Slank tidak menggebrak seperti dulu lagi. Seperti lagu-lagu pada album Generasi Biru (1994) atau pada album Virus (2001).
2. Dewa 19

Mari kesampingkan dulu kehidupan pribadi. Ahmad Dhani yang selau menuai pro dan kontra itu. Suka atau tidak pada Ahmad Dhani, dia adalah musisi jenius yang mampu menghadirkan lagu-lagu memikat, romantis, dan enak didengar.
Spoiler for gambar:

Dengan bendera band bernama Dewa 19, yang sempat berganti nama menjadi Dewa dan sering ganti personil ini, merupakan sebuah band yang juga basis fans yang cukup kuat. Hal ini lantaran lagu Dewa 19, baik ketika Ari Lasso menjadi vokalis ataupun ketika Once menjadi Vokalis begitu memikat di telinga orang Indonesia.

Tentu saja kita tidak akan bisa melupakan lagu “Kangen” yang menyentuh dan klasik. Atau jangan lupakan album “Terbaik-terbaik’ dan “Bintang Lima” sebagai salah satu Album terbaik Dewa 19. Cinta kan membawamu Kembali, Cukup Siti Nurbaya, Roman Picisan, Risalah Hati, adalah lagu menarik yang tak mudah dilupakan oleh waktu.

Jangan lupakan juga dengan lagu “Pupus” yang merupakan salah satu lagu tergalau yang pernah ada.

Kini, Dewa 19 sudah tidak aktif lagi. Ahmad Dhani, sang pentolan juga lebih banyak disibukan sebagai seorang pebisnis di bidang musik dibanding sebagai musisi langsung. Ia juga terlibat dalam panggung politik karena merupakan simpatisan salah satu partai.

3. Padi

Industri musik ketika tahun milenium hadir dihadirkan dengan grup band yang banyak. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah kehadiran group band Padi. Grup yang melambungkan nama Piyu dan Fadli ini punya lagu-lagu menarik yang tidak kalah puitis dengan Dewa 19.
Spoiler for gambar:

Grup yang menghasilkan lagu-lagu seperti Bayangkanlah, Mahadewi, Sobat, Begitu Indah, dan lain-lain memang selalu ditunggu kehadirannnya di atas panggung. Apalagi suara Fadli yang cukup khas membuat karakter Padi cukup kuat.

Oh yah jangan lupakan juga lagu Kasih tak Sampai yang tak kalah galau dibandingkan Pupus itu.

Padi masih cukup aktif sebenarnya. Hanya saja, kini Piyu lebih aktif sebagai pencipta dibandingkan membawa nama Padi itu sendiri.
4. Sheila on 7

Sheila on 7 selalu identik dengan nama Duta dan Erros. Tidak aneh sih karena Erros adalah salah satu personil yang menciptakan hampir semua lagu Sheila on 7. Sementara Duta adalah sang vokalis yang suaranya cukup disukai oleh para pendengar musik saat mereka pertama kali hadir.
Spoiler for gambar:

Yah, Sheila on 7 sebagai band baru adalah fenomenal. Betapa tidak, 3 album pertama mereka terjual sangat laris. Tidak aneh, jika para pendengar musik Indonesia takan asing dengan lagu seperti Dan, Sephia, Jadikan Aku Pacarmu, Seberapa Pantas, dan lain sebagainya.

Sheila on 7 Sebenarnya masih aktif sampai sekarang. Sayangnya, lagu-lagunya kini kurang greget. Tidak seperti dulu lagi.


5. Noah (Perter Pan)

Lagu Mimpi yang Sempurna adalah lagu yang mengantarkan Ariel dan kawan-kawan ke belantika musik Indonesia. Betapa tidak, lagu yang enak didengar itu melambungkan grup yang dulunya bernama Peter Pan ini.

Spoiler for gambar:

Lagu-lagu seperti "Sahabat", "Aku dan Bintang", "Semua Tentang Kita", "Topeng”, dan lainnya adalah lagu-lagu lanjutan yang membuat band ini semakin terkenal. Selain lagu-lagunya, kharisma Ariel sebagai vokalis dan video klip mereka yang unik membuat mereka diterima oleh para penikmat musik Indonesia.

Sayang, kasus yang menimpa Ariel membuat band ini harus vakum. Setelah itu, band ini kembali lagi dan menghadirkan lagu-lagu baru. Lagu-lagu yang cukup menarik sebenarnya tetapi tidak semenarik dahulu ketika mereka masih bernama Peter Pan.

Nah itulah 5 band yang dulunya menggebrak lewat lagu-lagu mereka. Sayang, meskipun mereka masih aktif, tetapi lagu-lagunya kurang menggebrak. Mungkin juga sih karena selera pendengar musik yang berubah yang membuat lagu-lagu mereka jadi tidak terkesan menggigit.

Sumber : plimbi.com
0
7.9K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.