Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1073
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57abe4c8c1d770310c8b4580/tegur-murid-yang-tak-kerjakan-pr-guru-ini-dianiaya-orangtua-siswa-pantaskah
JIKA TAU LAGU HYMNE GURU, BACA DAN NYANYIKAN DENGAN HIKMAT Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku Semua baktimu akan kuukir didalam hatiku S'bagai prasasti terimakasihku 'ntuk pengabdianmu Engkau bagai pelita dalam kegelapan Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa Quote: Pantaskah guru dianiaya seperi i
Lapor Hansip
11-08-2016 09:36

Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?

Past Hot Thread
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?


JIKA TAU LAGU HYMNE GURU, BACA DAN NYANYIKAN DENGAN HIKMAT

Terpujilah wahai engkau Ibu Bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir didalam hatiku
S'bagai prasasti terimakasihku 'ntuk pengabdianmu
Engkau bagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa, tanpa tanda jasa


Update kronoligisnya
Quote:Masih hangat diberitakan kasus AA dan anaknya MAS menganiaya Dasrul, guru SMKN 2 Makassar. Akar masalahnya adalah ayah dan anaknya tidak terima dengan tamparan yang diberikan Dasrul pada MAS ketika dia tidak membawa tugas sekolah yang diminta. Ketidakutuhan cerita MAS pada AA juga turut menyumbang keruwetan masalah ini.

Bagaimana sebenarnya kejadian utuh peristiwa tersebut? Berikut kronologi lengkapnya.

MAS (15) hari itu tidak membawa apa yang ditugaskan oleh Dasrul pada pertemuan sebelumnya. Sebab tidak membawa bahan, MAS diminta untuk duduk di kursi kelas bagian belakang. MAS tidak sepenuhnya menerima permintaan Dasrul. Dia memang duduk di kursi belakang, namun membuat suasana menjadi ribut karena mengganggu teman-temannya. Dasrul menegur. MAS diminta untuk keluar kelas karena ulahnya itu.

Seorang teman kelas MAS ynag bernama Malik urun pengakuan. Ketika berjalan keluar kelas, kaki MAS tersangkut meja. Hal itu menyebabkan MAS terjatuh dan semakin merasa dirinya dipermalukan. Malik membantah apa yang diungkap oleh MAS bahwa dirinya dipukul oleh Dasrul hingga jatuh. Setelahnya, sembari keluar kelas MAS menyampaikan kata "sundala" pada Dasrul. MAS juga menendang pintu kelas. Dasrul sempart reaktif meresponssikap buruk MAS dengan memberikan tamparan untuk mendisiplinkan. Sementara proses belajar-mengajar dilanjutkan, MAS menelepon ayahnya tentang kejadian yang baru dialaminya, namun dengan kronologi versinya. Pemakaian ponsel ini merupakan bukti bahwa AA anak yang sedikit bandel. Sebab, sekolah tersebut tidak memperkenankan siswanya membawa ponsel ke sekolah.

Di telepon, sang ayah Adnan Ahmad (43) mengaku mendapat kabar bahwa anaknya telah dipukul oleh gurunya. Tentang alasan pemukulan yang ditangkap dari penjelasan sang anak tidak jelas. Pengakuan ini disampaikan AA ketika di Mapolsek Tamalate.

Setiba di sekolah, ayah dan anak itu langsung mencari Dasrul. Oleh sebab tidak tahu pasti keberadaan sang guru, mereka bermaksud menuju ruang kepala sekolah. Namun dalam perjalanan mereka berpapasan dengan Dasrul. Adnan mempertanyakan alasan Dasrul memukul anaknya. Menurut Adnan yang dalam keadaan emosi itu, jawaban Dasrul berkesan menantang. Refleks Adnan memberikan bogem mentah ke wajah sang guru sebanyak dua kali. Akibatnya, Dasrul mengalami luka memar pada bagian pelipisnya. Hidungnya juga mengeluarkan darah hingga membercaki pakaian putih yang dikenakannya waktu itu. MAS pun turut memukul Dasrul. Adnan tidak membantah hal ini.

Nah bagaimanakah sampai bisa terjadi pendarahan dari hidung Dasrul?

Jika diperhatikan dengan jeli, di salah satu jari tangan kanan Adnan tampak sebuah cincin batu akik dengan mata hijau yang cukup besar. Keberadaan cincin ini bisa menjadi penyebab pendarahan dari hidung Dasrul.

Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?

Seperti diketahui, terdapat tulang hidung dan dan tulang rawan. Ketika tulang hidung retak atau pecah, maka sekat tipis pemisah hidung menjadi dua bagian yang bernama septum akan bergeser dari tempat awal. Rongga hidung menjadi menyempit. Gumpalan darah dalam hidung itu dapat disebabkan oleh patahnya tulang hidung, kondisi ini dinamakan hematoma septum. Jika sudah begini maka akan ada kemungkinan tulang rawan ikut pecah. Dampak lain yang lebih serius adalah indera penciuman berkurang atau bahkan hilang.

Keadaan ini hanya bisa disembuhkan dengan metode non-bedah yang disebut closed reduction atau melalui operasi. Pada closed reduction, dokter akan menyetel tulang hidung pasien menggunakan alat khusus secara manual, tanpa pembedahan. Jenis pengobatan ini dapat dilakukan jika tidak lebih dari 14 hari setelah cedera. Sedangkan jalan operasi harus dilakukan jika kondisi hidung tak kunjung membaik. Tujuannya adalah meluruskan kembali tulang hidung sekaligus mengembalikan bentuk hidung (rhinoplasty).


Quote:Pantaskah guru dianiaya seperi ini atau memang siswanya yang tidak tau cara mengerjakan PR. Pendidikan sekarang ini mana yang benar dan mana yang salah. Jika siswa memang benar bersalah langsung ngadu ke orangtua. Sudah banyak guru-guru yang menjadi korban. Beliau juga manusia biasa, ingin mendidik siswanya menjadi lebih baik nantinya. Jangan salah kan guru, tetapi lihat pada siswanya dan juga orangtua mendidiknya.



Kasus kekerasan terhadap guru kembali lagi mencoreng dunia pendidikan di negeri ini. Dasrul, salah seorang guru di SMKN 2 Makasar dianiaya orangtua siswa hingga berdarah-darah pada Kamis (11/8). Kasus ini pun membuat prihatin banyak pihak, apalagi guru itu sudah cukup tua.

Pihak Kepolisian Sektor Tamalate, Makasar menuturkan, kasus penganiayaan guru ini sudah ditangi pihak kepolisian. Melalui akun resmi media sosialnya, Kamis (11/8), Polsek Tamalate menjelaskan kronologi kasus penganiayaan terhadap guru tersebut.

"Siswa ditegur (karena tidak mengerjakan PR), namun siswa tersebut malah memaki gurunya dengan kata-kata kotor. Setelah itu datang orangtua siswa dan memukul guru tadi hingga berdarah," ujar pihak kepolisian Sektor Tamalate.

Foto siswa dan orangtua siswa yang melakukan kekerasan guru ini pun kemudian viral di media sosial dan menuai banyak kecaman. Yang lebih menyedihkan lagi, foto guru yang menjadi korban penganiayaan juga membuat banyak orang teriris. 

1. Foto korban penganiayaan dari orangtua siswa
Pic 1


2. Baju putih yang berlumur darah
Pic 2


3. Nama guru yang dianiaya
Pic 3


4. Orangtua siswa yang melakukan penganiayaan
Pic 4


5. Maaf Kalo salah jika ini bukan fotonya
Pic 5



Quote:Original Posted By marulzz
Update

foto siswa smkn 2 makasar


Update :



==========================================
Pantaskah guru kita yang bertugas mendidik kita agar kelak kita menjadi orang sukses di masa depan nanti
SaveGuru



"Lindungi Guru"


SUMUR : Liputan6.com dan Brillio.net
Diubah oleh arieschucky
profile-picture
tien212700 memberi reputasi
1
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 40 dari 55
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:13
Quote:Original Posted By SPeeDwiLLz

klo anak saya ga kerjain PR trus omong kotor di depan muka saya maka langkah saya adalah menegur aja dan memberikan nasihat.. namanya juga jaman2 ababil itu jaman SMA wajarlah..
kecuali klo anak saya berbuat kriminal (mencuri, tawuran, narkoba dsb) bru saya tabok dan hajar habis2an anak saya sendiri..

guru tidak berhak melakukan kekerasan fisik pada murid beratasnamakan kata "Mendidik" cuma ortu aja yg berhak..


haha lucu, anda mau tahu apa yang akan saya lakukan jika saya berada pada posisi anak anda ?
jika saya anak anda saya akan terus berbicara kotor dan ga ngerjakan PR, KENAPA ? karena saya tahu kalo saya ketahuan paling hanya ditegur doang..

bukannya guru itu pengganti orang tua. jadi guru punya HAK dong utk menghukum.
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:14
Hari ini banyak anak dan bapaknya sama sama goblog
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:14
Anak bego, ortu tolol
Lengkap sudah
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:19
Quote:Original Posted By beerus.


Sekolahin anak ente di sekolah banci aja sana ya,, anak kurang ajar kok di bela, di hajar dong hhahaha

Ada kata2 saya ngebela anak kurang ajar?
Protes bukan berarti membela.
Membela bukan berarti membenarkan perilaku nakal.


0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:24
Quote:Original Posted By rstarzs


Nakal karna ngehina orang tua ane anggap wajar gan buat kena sentilan, apalagi yg dihina ini guru (orangtua yg ngedidik dia supaya jadi manusia beradab).. trus ini anak udah SMK.. dah tau lah mana yg baik buruk nya buat dia sendiri.. Gampar karna ulah sendiri trus ngadu ortu? ane heran sama ortu yg malah ngebela.. malah ane sih malu klo pnya anak nakal trus ngadu2 gtu.. risih gan.. malah makin manja tar nya..

lahh kalo dari awal nya aja udah manja, dan ngga ada peningkatan, ke depan nya bakalan tumbuh jadi dewasa yg manja pula..
Gak mungkin anak manja, gk ada peningkatan kedewasaan bakalan tumbuh jadi manusia yg mandiri.. tetep aja ngandalin orang lain... emoticon-Cape d...

Klo kasus ini...sya g heran, namax ortu emosi anak d gampar (walopun nakal), walpun carax salah maen pukul tuh guru. sya juga ga heran guru nampar krn dimaki. Sama2 maklum.

Sama gan...ane juga malu...tp gmn lagi, ttp anak saya....saya saja yg gampar emoticon-Big Grin

0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:25
itu murid sm orang tuanya geblek emang emoticon-Big Grin
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:28
Quote:Original Posted By aburatu


saya aslinya juga tidak setuju guru dikit dikit main fisik. cuma dalam kasus ini saya maklumi dia sampai ditabok. kita memang harus fair pada keadaan. Demi Allah gan, kalo itu anak ane, pulang pulang ane tambain hajaran buat dia. kurang ajarnya sudah keterlaluan, banci lagi.

Haha...idem gan....klo itu emang anak saya, udah saya tampar jg. Seprotes protes saya ke guru krn nampar, g akan maen pukul ky tu bapak, apalagi nempuh jalur hukum,

0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:30
gausah bikin sekolahan gan.
percuma. gua lebih setuju skolah buat orang orang yang berduit aja.
biarin orang orang yg gapunya duit ngajarin tuh anak mereka baca tulis sndiri Dan Liat bisa ga mereka ngajarin anaknya sendiri .
Liat berita kek gini pen bilang bangsaat ke orangnya tapi lokasi Pada jauh jauh mau gimana lg cuman bisa mengumpat dalam hati doang

semoga kedepannya gaada lagi kasus kasus serupa dimana guru guru yg dirugikan. Dan buat anak anak GOBLOG yang terlalu dimanja sama ortunya mending lu Pada gausah repot repot dateng sekokah mending lu dirumah kalo emang gapunya niatan belajar sama sekali .

guru ga mungkin mukul muridnya kalo emang muridnya udah bener bener keterlaluan. itu pun guru juga salah klo smpe mukul tpi mau gmn ? klo didiemin malah makin gatau diri kan otaknya udah Pada keracunan micin Dari ciki ciki gajelas.

NOOB buat pelajar pelajar BODOH yang ada di indonesia
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:34
miris yaa...
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:36
Quote:Original Posted By rstarzs


Hukuman kekerasan hanya untuk tindak akhir guru bila si murid malah bertindak melebihi batas2 seorang murid.. dalam konteks ini murid menendang pintu (properti sekolah), dan mengeluarkan kata2 kasar untuk guru tersebut, apakah kenakalan seperti itu pantas untuk seorang murid?
Apakah pantas si murid mengadu ke ortu setelah apa yg di perbuatnya?
Coba renungkan sama agan..


Sejak awal, saya g membenarkan perilaku tu anak.
Ngadu jg g salah, agar ortu tau nakalx anak, syg sikap bapakx tuh yg maen pukul aja. Klo anak salah, ya hukum.
Entahlah..klo syg pribadi, guru g berhak melakukan kekerasan, jika murid buandel minta ampun dihukum bolak balik g mempan, kluarin aja dr skolah biar dididik ortux.
Piss ya gan...saya jgn di bully emoticon-Stick Out Tongueeace
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:36
murid sekarang lembek2 digaplok doang bawa2 bokap padahal udeh sma pantes aje sekarang remaja2 pade gak tau sopan emoticon-Cape d...
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:38
punya anak kayak gitu mending ane lego ke tukang daging emoticon-Marah
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:39
Quote:Original Posted By manggor18


baca pernyataan gw... dia guru kejam bukan berarti ringan tangan... Kejam maksudnya marah kalau gak ada yg dengarkan, marah kalau gak ada yg ngerjai pr...
cuma gara gara gitu ada murid yg ngelapor.. untung damai...(pasti dibayar pake duit.. entr tau penghasilan guru berapa?) kalau ente diposisi guru yg ane jelasin ente masih mau ttp pada metode ente? pasti ente ngubah kan? dari pada marah marah kena kasus lagi...
BTW nih guru guru Matematika.. dan anak yg bermasalah anak IPA wajar dia agak kejam... karena bertujuan untuk bekal dia pas masuk PTN nanti... IPA MM itu beda kaya IPS bro

Tugas guru berat mau dijadiin sampah atau berlian?
Murid juga manusia, apalagi jiwa remaja masih mencari jati diri mase putih bersih dia akan menyerap apapun dengan cepat dari awal dibiasakan dengan kekerasan mungkin dewasany sudah biasa dengan kekerasan hadapi masalah dengan kekerasan, emosi dikedepankan, solusi nanti setelah emosi reda, sama seperti nasi sudah menjadi bubur
Seorang guru sudah selayakny mendapatkan gaji yang tinggi, karna dituntut fokus dalam pekerjaannu tidak sampai memikirkan lagi sumber penghasilan lain, kemajuan suatu negara berbanding lurus dengan perkembangan sdm ny, jadi profesi guru suatu profesi kerja paling mulia sama seperti pemuka agama menjadikan manusia itu menjadi berlian atau menjadi sampah, kalo guru mengedepankan kekerasan baik verbal maupun fisik patut dipertanyakan niat menjadi guru apakah panggilan untuk mencerdaskan anak MANUSIA atau sekedar gengsi ingin dipandang orang sekitar?
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:40
Quote:Original Posted By manggor18
HADEHHHH..... TUH GURU JUGA NGAPAIN NEGUR NEGUR SEGALA
GURU ANE DULU PAS SMA JUGA PERNAH BERMASALAH SAMA ORTU MURID... NIH GURU EMANG AGAK KEJAM GAN.. NAH SI ANAK INI GAK TERIMA NGELAPOR SAMA BAPAKNYA...BAPAKNYA DATANG KE SEKOLAH MARAH MARAH... AKHIRNYA BERDAMAI.. ANAK ITU PINDAH SEKOLAH AKHIRNYA...

NAH SKRG TUH GURU GAK MARAH MARAH LAGI... DIA DAH UBAH METODE NGAJARNYA... DIA BILANG
SEKARANG SAYA JADI GURU TINGGAL NGAJAR AJA... MAU NGERTI KALIAN MAU NGGAK GAK URUSAN SAYA.. MAU NGERJAIN PR ATAU ENGGAK GAK SAYA HUKUM LAGI.. GAK URUSAN SAYA...

YANG PENTING SAYA DIGAJI... KALIAN BODOH BUKAN URUSAN SAYA
DAH JADI KAYA DOSEN GITU
emoticon-Big Grin

KEBETULAN JUGA BAPAK ANE GURU GAN... ANE SEDIH KALO BAPAK ANE DIGITUIN..
emoticon-Frown

Anak Alay kaskus.


iye gan tergyuncang sangat emoticon-Big Grin
tapi kalo gurunya cuman yg penting digaji, udah pensiun aja, gausah ngajar toh dapet pensiun juga emoticon-Big Grin

percuma ngajar kalo ga ada niat mencerdaskan otak dan perilaku sosial anak

emoticon-Traveller
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:41
Quote:Original Posted By mr.goodsyn
Hari ini banyak anak dan bapaknya sama sama goblog


bagusnya dipenjarain satu sel sama bang ipul tuh mereka emoticon-Marah
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:45
Quote:Original Posted By manggor18

bnyk guru yg melakukan tindakan tegas... terhadap murid malah dilaporkan dan ditahan
banyak juga guru yg berdamai dgn membayar sejumlah uang.



guru bertindak tegas itu wajar gan kalo memang si anak didik SUDAH LEWAT BATAS. masing2 orang memiliki batasannya sndri2 (baik guru maupun pihak orang tua) sehingga itu balik lgi ke individu masing-masing, bisa dibilang oknum (bukan stereotipe).

mungkin kedepannya pemerintah bisa ikut turun tangan dengan lebih menjabarkan secara detail hukum kekerasan pada anak sehingga kita semua tau mana batasan hukuman yang TEGAS dan KEKERASAN.

tq wkwkwkwk
Diubah oleh aduh..lupa
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:48
Quote:Original Posted By catatanforexq
Tugas guru berat mau dijadiin sampah atau berlian?
Murid juga manusia, apalagi jiwa remaja masih mencari jati diri mase putih bersih dia akan menyerap apapun dengan cepat dari awal dibiasakan dengan kekerasan mungkin dewasany sudah biasa dengan kekerasan hadapi masalah dengan kekerasan, emosi dikedepankan, solusi nanti setelah emosi reda, sama seperti nasi sudah menjadi bubur
Seorang guru sudah selayakny mendapatkan gaji yang tinggi, karna dituntut fokus dalam pekerjaannu tidak sampai memikirkan lagi sumber penghasilan lain, kemajuan suatu negara berbanding lurus dengan perkembangan sdm ny, jadi profesi guru suatu profesi kerja paling mulia sama seperti pemuka agama menjadikan manusia itu menjadi berlian atau menjadi sampah, kalo guru mengedepankan kekerasan baik verbal maupun fisik patut dipertanyakan niat menjadi guru apakah panggilan untuk mencerdaskan anak MANUSIA atau sekedar gengsi ingin dipandang orang sekitar?


yg ente jelaskan justru berbanding terbalik dgn kenyataan....
jgn banding" kan guru Indonesia dgn negara yg sistem pendidikannya sdh maju.. dari sisi kapasitas dan kredibilitas saja sudah jauh... di Indonesia S1 sdh bisa jadi guru... sementara di negara yg pendidikannya sudah maju minimal S2

justru kekerasan fisik perlu untuk pendidikan kaya di Indonesia... karena mengutamakan kedisiplinan..
seragam harus sesuai.. sepatu harus hitam, rambut gak bisa gondrong...
liat Sekolah di luar Baju bebas, rambut boleh gondrong dsb..
karena sistem pendidikannya sudah beda..
Jgn ente berharap Pendidikan kaya di negara maju kalau gurunya blum sejahtera dsb...
So ane blg kekerasan perlu bagi pendidikan karena mengikuti sistem pendidikan...
emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:49
Quote:Original Posted By denieko416
iye gan tergyuncang sangat emoticon-Big Grin
tapi kalo gurunya cuman yg penting digaji, udah pensiun aja, gausah ngajar toh dapet pensiun juga emoticon-Big Grin

percuma ngajar kalo ga ada niat mencerdaskan otak dan perilaku sosial anak

emoticon-Traveller


kalau anaknya gak terima dikasih tindakan tegas? trus ngelapor?
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:51
merinding gan kalo ke inget sama hymne guru. dijaman kita dulu guru itu sosok yg sangat berwibawa dan lebih kita takutin dari orang tua ye, tapi sekarang...

ahh ntah lah kasian liat mental anak sekarang
0 0
0
Tegur Murid Yang Tak Kerjakan PR, Guru Ini Dianiaya Orangtua Siswa. Pantaskah?
12-08-2016 12:51
Orangtua siswa yg meh banget emoticon-Cape d...
0 0
0
Halaman 40 dari 55
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia