Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
841
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/57a89426a2c06ece448b456a/sekolah-menjadi-seharian-penuh-mulai-dibahas-mendikbud-agan-setuju-nggak
Jam belajar di sekolah akan ditambah menjadi seharian penuh, ide atau gagasan tersebut dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy seperti dilansir dari Detik (8/8/2016). Alasan jam belajar di sekolah ditambah seharian penuh atau full day school yakni agar pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki waktu untuk mendapat pendidikan karakter selain p
Lapor Hansip
08-08-2016 21:16

Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?

Past Hot Thread
Jam belajar di sekolah akan ditambah menjadi seharian penuh, ide atau gagasan tersebut dilontarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendy seperti dilansir dari Detik (8/8/2016). Alasan jam belajar di sekolah ditambah seharian penuh atau full day school yakni agar pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) memiliki waktu untuk mendapat pendidikan karakter selain pendidikan dasar yang telah dipelajari di jam belajar biasanya.

Mendikbud juga memiliki visi agar dengan program full day school ini bisa menghindarkan pelajar SD dan SMP dari penyimpangan yang berpotensi terjadi di luar jam sekolah. Mendikbud Muhadjir Effendy menambahkan, ketika seorang anak pulang sekolah jam 1 siang, banyak orang tua yang masih bekerja hingga selesai kerja jam 5 sore. Waktu antara jam 1 siang sampai jam 5 sore ini diduga rentan adanya penyimpangan – penyimpangan karena kurangnya atau tidak adanya pengawasan dari orang tua.

Gagasan inipun telah disampaikan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla. Nantinya sekolah seharian penuh ini tidak hanya di dalam kelas, tapi juga bisa dilakukan di luar kelas. Tentunya belum semua sekolah sudah bisa menerapkan sistem full day school ini. Maka dari itu, Jusuf Kalla menyarankan agar diterapkan di beberapa sekolah dulu, sebagai percontohan.

foto anak sd


Menurut kamu penting nggak sih jam belajar di sekolah ditambah menjadi seharian penuh ? Atau dengan kata lain, kamu setuju nggak kalau sekarang sekolah seharian penuh sampai jam 5 sore ?
Wah padahal sekolah sampai jam 1 jam 2 saja kadang sudah pengen buru – buru cabut ya ? Ini masih harus pulang jam 5. Masih harus catat mencatat pelajaran, padahal udah capek, udah ngantuk, udah laper, ujung – ujungnya catatannya berantakan kayak ceker ayam, sampai rumah tulisannya nggak kebaca, nggak bisa dipakai belajar, nggak bisa belajar jadi nggak bisa ngerjain ujian, nggak bisa ngerjain ujian akhirnya nggak lulus sekolah, waduh janganlah ya !

Hmm, sebenarnya bagus sih tujuannya, yaitu agar para pelajar, khususnya adik – adik yang masih SD sama SMP jadi terhindar dari warnet dan game online. Eh tapi kan di warnet juga bisa belajar ya ? Belajar membuat video tutorial game di YouTube (game lagi ujung-ujungnya).

Jumlah atau kuantitas waktu belajar di sekolah juga sepertinya tidak menjamin seorang pelajar bisa menyerap semua pelajaran, baik itu pelajaran atau pendidikan dasar maupun pendidikan karakter seperti yang menjadi tujuan dari rencana sekolah seharian penuh ini. Ya walaupun ada maksud lain, seperti agar para pelajar tetap sibuk dengan kegiatan yang positif.

foto ekskul


Jadi nggak ya ini diterapin, jadi..nggak..jadi..nggak..jadi..



Ya udah sambil nunggu keputusan jadinya gimana, mending baca - baca thread lainnya kuy !


Bonus
bonus


Tambahan dari kaskuser

Quote:Original Posted By yavidrahmat
mungkin akan semakin banyak siswa yg ingin melampiaskan rasa stress, rasa penat, dengan kegiatan-kegiatan yg mungkin saja bersifat negatif.

iyalah, sekolah dijadiin seharian. jam tidur sama belajar lebih banyak jam belajar.
bukannya tambah pinter yg ada tambah dodol itu otak emoticon-Cape d...

yah, semoga emang cuma sekedar wacana emoticon-DP

nah ini yg sepertinya tidak/kurang diperhatikan, sekarang aja udah pada demen work hard play hard, jangan2 abis study hard, play nya juga hard ya gan, waduhemoticon-Mewek

Quote:Original Posted By gfm17
Waktu keluarga malah bakalan berkurang. Anak jadi lebih deket sama temen2nya daripada keluarganya sendiri. Pulang-pulang udah cape langsung istirahat gak bisa berkumpul sama keluarga. Jam pulang sekolah akan lebih menambah kemacetan karena bareng pekerja kantoran pulang juga. Anak bakalan sering pulang malem karena banyak alasan. Guru jam ngajarnya semakin panjang. Kalo menurut ane ini sangat gak efektif. Gimanapun juga pendidikan keluarga itu juga penting.

terus anak2 pada ngelawan pas dimintain tolong nyak babenya, karena udah kecapekan sekolah, karena gak nurut, ortunya marah sampe mukulin anaknya, akhirnya masalahnya jadi makin kompleks emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By balagendir
Pas liat judulnya, spontan rasanya ane ga setuju. Buat orang kayak ane, bisa-bisa depresi berat. Ane butuh me time banyak2. Pergi pagi pulang malem, tidur 2-3 jam, sakit-sakitan. Buat apa, bisa-bisa mati muda.
Tapi pas baca tujuannya ... hmmm mungkin ada benernya juga.
Asalkan tenaga pendidiknya sudah siap dan capable buat pendidikan karakter. Plus kurikulumnya juga jelas. Kalau konsepnya pendidikan karakter itu di dalam kelas kayak belajar matematika, ane bilang BIG NO. Ga akan ngaruh kali, cuma formalitas aja kayak PKN.
Orang tua harusnya ikutan juga pendidikan karakter atau parenting. Percuma kalau anaknya dididik buat jadi orang baik tapi lingkungan di rumahnya ga kondusif buat si anak jadi orang baik. Bisa-bisa si anak kena krisis jati diri,


Quote:Original Posted By WakBroe
ane rasa susah gan diterapin..secara tu anak udah kecapean dari pagi2 buta siap kesekolah biar ngga kena macet, trus belajar seharian sampe ngantuk2 dikelas...eh malah ditambah jam pelajarannya...trus pulang sore lagi..dan...kena macet lagi bareng org yg pulang kerja, nyampe rumah kecapean trus besok pagi2 buta harus ngulang rutinitas membosankan itu selama 6 hari kedepan...alamat bakalan stress tu anak, trus ane rasa guru2 juga pasti kecapean ngajar dari pagi sampe sore gan...dan ujung2nya bukan kualitas yg didapat malahan kebobrokan kualitas pendidikan karena harus dipaksakan sistemnya...semoga nantinya ketika diterapkan akan ada pembahasan atau pengujian yang matang sehingga para murid dan guru tidak menjadi "korban" dari ego-ego politis para petinggi negeri ini...

ane rasa tu pak menteri coba disuruh ngerasain dulu gimana rasanya sekolah dari pagi sampe sore sampe dower baru bisa buat kebijakan gituemoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By AirFie
jadi inget waktu ane sebelum un + tryout.
gila aja brangkat jam 7 pulang jam 5, sampe dirumah, mandi-makan-tidur-bangun berangkat lagi. dikiranya robot? emoticon-Blue Guy Bata (L)

kalo diterapin kaya gitu bisa cepet stres itu bocah2! orang hidup kebutuhannya beda2, ada yg mau tidur, maen, les, skola sore, bantuin usaha ortunya, dll. ane ga setuju banget kalo diterapkan! pinter ga bego iya. kasian kalo yg rumahnya jauh, trus pulang sendiri, bisa maghrib sampe rumah emoticon-Berduka (S)

tambah lagi guru yg jagain siswa-siswi emangnya ga capek, pingin pulang, ngurus anak sendiri (yg punya)?

kualitas pendidikan yg diperbaiki bukan jamnya yg ditambah!


Quote:Original Posted By BANGSINGHAN
Makin d gembleng untuk belajar belajar dan belajar,,,semakin pintar anak karena belajar membuat anak menjadi seorang yg pintar dan jenius,,semakin pintar dan jenius anak semakin banyak bertanya,,semakin banyak bertanya akan berakhir dgn mempertanyakan kenapa dirinya lahir,apa itu Tuhan,kenapa ada Tuhan,kenapa kita menjalankan perintah Tuhan,kenapa ada agama? Ujung2nya keblinger jd atheis or bunuh diri emoticon-Hammer2


Quote:Original Posted By bon123456789
nggak ada waktu buat bandel kalo seharian buat belajar disekolah. yang ada nanti telat bandelnya. TAU AKIBATNYA KAN??

wah ini, ini yg gaswat, karena ngerasa udah "dirantai" terus, pas udah lepas ya bebas sebebas bebasnya, jangan sampai deh, kasian

Quote:Original Posted By alharam
full day school udah diterapin di ekolah ane sejak awal berdiri. menurut ane ya positif begatif gan. karena sekolahnya sekolah islam, ya positifnya menurut ane salah satunya adalah ibadah anak-anak didik terjaga walaupin sedikit terpaksa karna diawasi guru emoticon-Big Grin
selain itu untuk ortu pekerja jadi aman menitipkan anaknya sampai sore, jadi beragkat kerja ngdrop anaknya dan pulang kerja sambil jemput anaknya.
negatifnya ya itu kayak kata agan2,, potensi stres anak2 akan bertambah saking banyaknya tuntutan tugas mereka.



Quote:Original Posted By browser
anak ane dah biasa full day school sejak sd.
sekolah dari pagi ampe jam 3 sore. Senin sd Jumat.
Sabtu minggu libur.
Menurut ane mendingan begitu drpd bengang bengong di rumah atau kluyuran ga jelas.
Quality time buat keluarga ga ngaruh, toh semuanya ngumpul pas malem2. Yang terpenting di sekolah jelas kegiatannya harus lebih bermanfaat.
Dan sabtu minggu bisa jalan2 bareng keluarga ga keganggu ama sekolah di hari sabtu.



Quote:Original Posted By kangjangkrix
Kalau saya setuju gan.
Alasannya gini:
1. Menghindari hal Negatif diluar sekolah. Kita bisa lihat disekitar kita, anak sekarang maennya apa? Kalau jaman dulu, okelah. lebih banyak positifnya, bermain bareng2. Kalau sekarang gan, paling juga main Hp, PS, Warnet. Yang parah, main kuda2an ma gebetan.
2. Untuk yang bekerja, pada saat jemput waktunya bisa bareng. Gak perlu suruhan orang buat jemput. Anak lebih senang jika dijemput / diantar orang tua.
3. Mungkin metode sekolahnya yang perlu di modifikasi. Anak memang butuh bermain. Sekolah harus bisa membagi waktu agar belajar dan bermain di sekolah / istirahat bisa seimbang.

Usulan yg bagus nih agan2 emoticon-Request

Quote:Original Posted By abtopus
jadwal ideal kalo full day school diterapkan menurut ane

berangkat sekolah jam 08.00 supaya pagi2 ada waktu keluarga, sarapan dan yg paling penting nggak usah bangun pagi2 buta emoticon-Leh Uga

08.00-11.30 belajar di kelas
11.30-12.30 makan siang
12.30-14.00 kegiatan sesuai minat
14.00-15.00 TIDUR SIANG emoticon-Wakaka
15.00-17.00 kegiatan di luar ruangan (olahraga, berkebun, kegiatan2 kayak sekolah alam ala green school gitu)
terakhir pulang deh

gimana gan jadwal ideal menurut ane kalo jadi full day school? emoticon-2 Jempol emoticon-Shakehand2
silahkan jika agan2 ada yg mau nambahin emoticon-Toast


Quote:Original Posted By firdausnesta
Kalo menurut ane bisa aja dibikin full time. asal harus ada beberapa yg dibenah, seperti:
1. Mengurangi bahkan menghilangkan PR
karena waktu sang pelajar yg lebih banyak di sekolah sehingga saat dirumah adalah saat istirahat dan kegiatan lainnya dapat dilakukan... kalo PRnya masih seabreg bisa stress nanti...
2. ada waktu khusus untuk tidur siang
karena dengan lebih lama waktu pelajar di sekolah pasti membuat mereka cepat lelah, kalo dibuat waktu tidur siang pasti kelelahan itu dapat diminimalisir
3. makan siang disediakan minimal nasi lah, pasti lapar kalo harus belajar sampe sore...

udah itu aja...


Quote:Original Posted By mercusuarlight
gambarnya cantik2 gan, pengen balik sekolah lagi ane.... emoticon-Leh Uga

entah knp sy kurang setuju, hidup itu sudah seperti tempat belajar, bisa juga malah sebaliknya jamnya dikurangi tp bobot/muatannya ditambahi sisa nya cari diluar sekolah sambil belajar praktek cari bahan ilmu, jd waktu di sekolah itu bener2 waktu yg dinantikan murid untuk mendapatkan ilmu, ini berarti murid yg butuh/minat ilmu bukan guru yg butuh murid...

tp sekali lagi, cara didik orang itu beda dan guru pun blm tentu bisa mengajar dg baik...

ada bbrp guru yg sangat tolol sekali sudah tahu murid datang ke sekolah itu mbayar harapan orang tua agar didik supaya pintar, lha blm pintar malah di goblok2in didepan umum sambil gaya dengan gelar sarjana nya...

ada guru yg tidak begitu jago tp malah seperti teman sendiri, tidak ada perasaan malu atau dipermalukan jika blm paham apa yg ia sampaikan sehingga murid bener2 paham apa yg ia ajarkan atau malah antusias dg materi yg ia berikan...

pola pikir bbrp guru dirubah...
aku ini adalah gurumu, tp aku jg teman terbaikmu, aku akan mengantarkanmu agar kamu faham tentang ilmu ini dan ini, dan aku dapat kamu andalkan karena aku juga tidak akan menyerah agar engkau faham dg ilmu ini dan ini...

tugas guru itu membimbing maka ketika murid masih guoooooblok maka gurunya itu gimana...

masalah budi pekerti murid itu serahkan pada orang tua nya, jika murid nya menjadi buangsat cobalah mengaca pada kedua orang tua nya agar koreksi diri cara hidup masa lalu nya atau jika baik2 saja cobalah lihat pergaulan sekitarnya, jangan hanya bisa nyalahin guru...
sangat banyak yg perlu dirubah,

kalau jam nya saja yg ditambah ini seperti orang sakit yg jelas perlu di bedah (oprasi) dan memerlukan banyak terapi tp tidak dilakukan hanya dosis obat kimianya saja yg ditambahin sementara kita tahu obat itu bener bermanfaat tp jika kebanyakan bisa over dosis jd berbalik jd pembunuh yg kejam...

saya curiga nanti jika jam sekolah ini ditambah maka akan ada perubahan dlm bersosial atau cenderung murid hanya fokus pada sekolah aja hidupnya, sementara yg kita lihat skrg sekolah itu media untuk menempa (blm sempurna) masalah nanti mau tajam atau landep itu pasti diluar sekolah, tempaan kehidupan yg real menjadikannya tangguh dan tak terkalahkan.... emoticon-Metal


Quote:Original Posted By co_bunder2
masalah full day dilihat dolo bagaimana porsi2nya

disini maksud saya porsi belajar berapa persen dr full day

karena dari yang saya baca, maksud full day ini yang waktu jam belajar sampe jam 1 siang, sedangkan sisanya untuk tambahan kegiatan ekstrakulikuler yang dolo ga wajib skrg jadi wajib. gtu aja sih sepengetahuan gw

gw rasa sih bagus2 aja utk sekolah2 yg kondisinya bagus dan berada di wilayah perkotaan, sedangkan buat sekolah yang kondisinya kurang dan berada di wilayah2 terpencil susah diterapkan

emoticon-Big Grin


*Note
Maaf gan/sis gak bisa bales komeng/pm berhari-hari, karena kemarin2 bedrest
Sampe gak tau kalo thread sederhana ane ini sempet jadi HT, terima kasih buat agan sista, momod dan semua penghuni kaskus baik yang udah komeng maupun yang SR emoticon-Shakehand2
Diubah oleh nabilatama
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 38 dari 43
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 01:37
ane stuju ama ente Quote:Original Posted By mortaliz
percaya lah, 10 tahun setelah lulus sekolah, yg sukses (kebanyakan) secara materi maupun karir adalah yg pas sekolah nya bandel, keluyuran sampe tengah malem, sering bolos..

pengalaman sendiri,,temen yg bandel2 rata2 jd wiraswasta sampe ceo start up..
yg dulu nya pinter2 kebanyakan karyawan biasa..

jd itu kebijakan mentri perlu dikaji ulang,, jgn sampe tingkat bunuh diri pelajar di indo jadi sama kayak jepang
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 01:48
yang ada itu anak sd smp otaknya ngehang.
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 02:28
Aku ikut mana baiknya saja emoticon-Smilie
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 02:29
Quote:Original Posted By m.lu
setuju banget


Boleh tau alasannya gan
Kenapa agan setuju banget emoticon-Smilie
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 02:55
Bentuk karakter kreatifitasnya bukan pendidikan formal mulu.

Banyakin wadah. Bikin perlombaan.

Jd 50:50

Formal mulu mah cepet ubanan hahaha.
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 03:52
mendikbud isinya orang orang apa sih? gila kali gak ada ngaruhnya jam belajar sama perilaku anak keles dasar payah emoticon-Blue Guy Bata (L)
justru kalo jam belajar diperpanjang anak anak malah gampang stres malah menurut ane harusnya jam belajar diperpendek asalkan efektif percuma juga kalo belajar seharian tapi gak efektif dasar mendikbud o'on emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 04:28
Kebijakan yg sangat tidak bijak.
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 05:40
Quote:Original Posted By urtin3


Emg pemerintah bakal baca ato peduli sm change.org? emoticon-Big Grin


Kalo rame kan lumayan gan buat bahan berita para awak media emoticon-Ngakak
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 05:45
bonusnya update dong gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:28
gambarnya cantik2 gan, pengen balik sekolah lagi ane.... emoticon-Leh Uga
Diubah oleh mercusuarlight
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:37
Apa gak ada cara yang lebih ajib, selain full di sekolah.. ehmm. Menteri kok pikirannya dangkal.

Menteri Pendidikan yang baru, lebih ngaco dan ngawur, Anak sekolah kok 11 Jam di sekolah,, Gilaaaaa benerr. Anak itu kan butuh kumpul dan berkomunikasi dengan orang tua, mengaji dan kegiatan lain bersama keluarga, membantu dan belajar bersama orang tua, bersosialisasi dengan teman dilingkungan sekitar rumah, butuh istirahat. Sudah gila kali menterinya. Kok setiap ganti menteri ganti program. Aneh negara ini, cuma untuk kelinci percobaan para menterinya. Presidennya Pening Menteri Tambah Pening.! buat program tambah ngaco gak karuan.!!!
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:39
Quote:Original Posted By amosatus
mendikbud isinya orang orang apa sih? gila kali gak ada ngaruhnya jam belajar sama perilaku anak keles dasar payah emoticon-Blue Guy Bata (L)
justru kalo jam belajar diperpanjang anak anak malah gampang stres malah menurut ane harusnya jam belajar diperpendek asalkan efektif percuma juga kalo belajar seharian tapi gak efektif dasar mendikbud o'on emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)


kita kok sepikiran ya gan, agan rajin mbolos tidak....wkwkw
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:44
Sekolah dari jam 7 smpai jam setengah 3 ajah dah stress , ini mau full day school.. Bisa" orang" stress makin bertambah di indo.
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:46
masalah full day dilihat dolo bagaimana porsi2nya

disini maksud saya porsi belajar berapa persen dr full day

karena dari yang saya baca, maksud full day ini yang waktu jam belajar sampe jam 1 siang, sedangkan sisanya untuk tambahan kegiatan ekstrakulikuler yang dolo ga wajib skrg jadi wajib. gtu aja sih sepengetahuan gw

gw rasa sih bagus2 aja utk sekolah2 yg kondisinya bagus dan berada di wilayah perkotaan, sedangkan buat sekolah yang kondisinya kurang dan berada di wilayah2 terpencil susah diterapkan

emoticon-Big Grin
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:50
Ane Anak SMK, ga aneh kalo fullday 😁
Menurut ane ide ini ga salah, yang nolak pasti anak SMP/SMA yang suka jalan" ke mall 😁.. pengecualian buat anak SD. Kasian kalo fullday
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 06:52
mantap betul emoticon-Leh Uga
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 07:56
yah kasihan yg gak punya jajan kayak ane waktu sekolah... siang makan apa coba?.. mau pulang jauh.
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 07:58
bertujuan benar tapi dengan cara yg gsk tepat. ane sih udah SMA, tapi adek2 aneh masih SD ama SMP. kasian mereka. gak kebayang gimana jadwal mereka dlm sehari kalo masih ada les, ekskul terus kegiatan2 lain. belum lg nanti ada PR atau belajar buat besok ujian. btw sistem full day skull ini kayaknya udah lama ya? iya nggak sih? soalnya di depan sekolah ane ada tulisan "full day school"
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 08:03
Masih belum pantas diterapkan di Indonesia.
0 0
0
Sekolah Menjadi Seharian Penuh Mulai Dibahas Mendikbud, Agan Setuju Nggak ?
11-08-2016 08:16
ane tiap hari sekolah dari jam 7 sampai jam 6 gan.. klo udah biasa ya enjoy aja sih emoticon-Big Grin
0 0
0
Halaman 38 dari 43
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia